10 Jenis Burung Tercantik di Dunia

      1 Komentar pada 10 Jenis Burung Tercantik di Dunia
Tombol berbagi:

Burung mana yang paling cantik di dunia? Siapa yang bisa menjawab pertanyaan ini? Tentu beda orang beda juga versi burung cantik nya dan beda juga info nya. Karena pada dasarnya sebagian besar semua jenis burung  yang ada di dunia ini terlihat cantik. Demikian juga halnya jika membanding-bandingkan jenis-jenis burung kicau dengan suara paling indah.

Meskipun demikian, beberapa jenis burung pasti memiliki penampilan yang indah dan mencolok dan termasuk unggul dibandingkan dengan jenis burung lain. Berikut ini adalah daftar 10 burung terindah di dunia.

1. Burung Kaung Emas

Burung Kaung Emas adalah jenis ayam yang cantik.

Sumber: Animalfacts.com

Burung Kuang Emas bernama latin chrysolophus pictus, atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Golden Pheasant. Di sebut juga dengan ayam Golden Pheasan. Burung indah ini terkenal dengan warna bulu yang cemerlang dan mengkilat. Kuang Emas memiliki jambul berwarna kuning keemasan dengan ujung merah. Bagian bawahnya berwarna merah cerah. Lehere bagian belakang memiliki bulu dengan bulu berwarna kuning dengan ujung hitam. Sedangkan leher bagian depan berwarna merah sama dengan tubuh bagian bawah. Bagian atas burung ini berwarna biru cerah berpadu dengan warna hitam. Sedangkan ekornya panjang  berwarna coklat pucat. Dari bentuk fisik, Burung Kaung Emas tidak ada bedanya denga bentuk fisik ayam. Perbedaannya hanya di warna yang mencolok.

Warna Burung Kaung emas jantan lebih indah ketimbang yang betina. Sedangkan Kaung Emas betina memiliki bulu berwarna coklat buram yang terlihat kusam. Dan ukuran pejantan dewasa lebih besar dari betina, sekitar 100 cm. Habitat asli burung cantik ini hidup di hutan lebat Cina Barat dan Tengah. Uniknya, panjang ekor burung Kaung Emas sekitar dua pertiga kali dari panjang tubuhnya. Burung indah ini sama seperti ayak, tidak bisa terbang dan berkeliaran di atas tanah. Sedangkan makan utamanya adalah berry, biji-bijian dan serangga.

2. Burung Macau Merah

Burung Macau Merah adalah salah satu burung tercantik.

Sumber: Thesprucepets.com

Macau Merah adalah salah satu jenis burung yang termasuk anggota keluarga macaw yang paling cantik dan terbesar. Tinggal di hutan hijau yang lembab dan berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Burung Macau Merah terkenal karena bulu indahnya yang berwarna-warni. Warna bulunya merah cerah dengan punggung berwarna biru. Sedangkan sayap bagian atas berwarna kuning dengan baris warna hijau.

Paruh burung Macau Merah sangat kuat dan melengkung. Bagian atas paruhnya berwarna putih dan ujungnya berwarna hitam. Pangang burung Macau Merah dewasa bisa mencapai antara 80-90 cm dan dengan berat hingga 1,5 kg. Ukuran yang sangat ideal dan bisa terbang dengan kecepatan hingga 60km/jam. Burung Macau Merah dapat bertahan hidup dalam jangka waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 40-50 tahun di alam bebas. Sedangkan Macau Merah yang hidup di penangkaran mampu hidup hingga 75 tahun lamanya.

Burung cantik ini berwarna merah tua yang mencolok dan juga termasuk burung paling cerdas di dunia. Di penangkaran, burung ini dapat dengan mudah mempelajari kata-kata, suara, dan trik. Bahkan, burung Macau Merah yang terlatih juga bisa membedakan warna dan bentuk.

Burung ini memiliki suara yang sangat keras. Macau Merah bisa membuat berbagai jenis suara mulai dari suara jeritan hingga suara kentut. Makanan utama burung indah adalahi kacang, biji-bijian, buah-buahan dan serangga. Dengan paruh yang sangat kuat dan melengkung, Macaw merah mampu mematahkan kacang apa pun dengan mudah, termasuk kulit biji kemiri.

3. Burung Flamingo

Sumber: Youtube.com

Burung Flamingo termasuk burung rawa yang paling terkenal di dunia. Warna merah-ungu bulunya yang indah membuat burung flamingo begitu istimewa di antara berbagai jenis-jenis burung. Ada 6 spesies burung flamingo di dunia. Burung indah ini bisa ditmukan di setiap benua kecuali Antartika.

Flamingo dewasa berukuran 120-150 cm kaki panjangnya dan beratnya bisa mencapai 3,6 kg. Leher burung flamingo panjang dan kurus dan juga memiliki paruh bengkok ke bawah yang unik. Kaki flamingo juga panjang, sekitar 75 dan 125 cm. Dengan kaki yang sangat panjang dan paruh yang khas memungkinkan burung indah ini menangkap ikan kecil, larva dan plankton yang ada di lumpur untuk dilahap.

Burung Flamingo hidup berkelompok dengan jumlah yang sangat banyak, mencapai ribuan ekor. Warnanya yang merah-ungu mencolok dikarenakan oleh makanan yang dimakan. Makanan utama burung flamingo adalah udang air asin, plankton, dan ganggang biru-hijau. Burung Flamingo juga menghabiskan waktu berjam-jam untuk meminyaki bulunya dengan kelenjar khusus. Hal ini membantu untuk menjaga bulunya agar selalu terawat dan awet.

4. Burung Merak

Burung merak adalah burung yang memiliki ekor tercantik di dunia.

Sumber: Getty Images

Ada tiga jenis burung merak di dunia, yaitu Merak India, Merak Kongo dan Merak Hijau. Merak India adalah jenis merak yang paling umum ditemukan di seluruh dunia. Burung merak jantan terkenal dengan tampilannya yang berwarna-warni dan dengan bulu ekor yang memiliki nilai seni dengan paduan warna yang sangat indah.

Ukuran burung merak dewasa bisa benapai 152 cm, dam ukuran tersebut menjadi salah satu jenis burung terbang terbesar di dunia. Bahkan, panjang ekor burung merak 60% dari total panjang tubuhnya. Bulu ekor burung merak yang berwarna-warni merupakan terlihat lebih indah pada saat merayu sang metina.

Pada momen tersebut, burung merak melebarkan bulu ekornya yang sangat besar untuk menampilkan pola warna-warni yang menyerupai bintik-bintik seperti gambar mata. Merak betina juga memilih burung merak jantan di sekitar yang memiliki ekor yang paling panjang dan yang memiliki lebih banyak bintik mata. Sudut pantulan cahaya yag berbeda membuat warna bulu ekor burung merak terlihat berbeda juga.

5. Burung Tukan

Sumber: Dreamstime.com

Burung Tukan adalah salah satu dari jenis burung yang paling cantik di dunia. Burung cantik ini memiliki paruh berukuran besar dengan panjang bis mencapai 20 cm. Paruhnya berwarna kombinasi hijau, merah dan kuning.

Terlepas dari penampilannya yang terlihat berat, paruh burung tukan sebenarnya berongga dan ringan. Paruhnya terbuat dari jenis protein yang disebut keratin. Burung cantik ini menggunakan paruh besar dan berwarna-warni tersebut untuk memikat betina selama musim kawin tiba dan juga sebagai senjata untuk bertahan.

Burung cantik ini menghuni di hutan di Amerika Tengah dan Selatan. Ukuran panjang burung tukan mencapai 20 cm dan berat hingga 4 kg. Sebagian besar bulu burung tukan berwarna hitam dengan tenggorokan dan dada berwarna kuning. Burung tukan tidak lihai terbang karena sayapnya yang berat. Hanya bisa bergerak di antara ranting pohon dengan melompat.

Burung tukan adalah jenis burung yang sangat sosial. Hewan ini membentuk kawanan kecil yang terdiri hingga tiga puluh burung. Sementara habitat aslinya adalah alam liar dan termasuk burung pelatuk yang membuat sarang dengan cara melubangi pohon. Makanan utama burung tukan adalah serangga, kadal dan telur.

6. Burung Puffin atau Burung Laut Atlantik

Burung Puffin juga disebut dengan Burung Laut Atlantik.

Sumber: Wikipedia

Burung puffin adalah burung laut yang kecil dan memiliki kemampuan beradaptasi yang baik. Burung cantik ini ditemukan di pantai Amerika Serikat bagian Utara dan Kanada Timur. Burung puffin juga dikenal sebagai ‘parrot laut’ karena ukurannya yang besar dan bulunya yang berwarna-warni dan warnanya mirip burung penguin. Burung cantik ini menghabiskan sebagian besar waktunya di laut. Bulunya yang tahan air menjaga tubuh burung ini tetap hangat pada saat berenang. Burung puffin mengepakkan sayap pada saat berenang di permukaan dan di dalam air.

Kemampuan menyelam burung puffin sangat baik, bisa menyelam mencapai hingga 60 m di bawah permukaan air. Makanan burung puffin biasanya belut pasir dan ikan. Selain menyelam, burung ini juga memiliki kemampuan terbang yang sangat baik. Kecepatan terbangnya mencapai kecepatan 90 km per jam dengan mengepakkan sayap hingga 400 kali per menit.

Burung puffin berkembang biak di setiap musim panas dan musim semi di pulau-pulau di Samudera Atlantik Utara. Sarang terbuat dari bulu dan rumput di liang tebing. Yang betina hanya bertelur satu dan membutuhkan waktu 45 hari untuk menetaskannya. Setelah menetas, induk puffin meninggalkan sarangnya untuk mencari makanan buat anaknya. Anak puffin memakan ikan-ikan kecil, sementara Puffin dewasa dapat memuat 10 hingga 30 ekor ikan di paruhnya.

7. Burung Jay Biru

Sumber: Audubon.org

Jay Biru adalah salah satu nama burung yang paling cerdas dan cantik di dunia. Terdapat di Amerika Utara bagian Timur dan Tengah. Bulu burung Jay Biru berwarna biru yang berpadu dengan warna putih dan hitam yang sangat memukau. Hal yang paling membedakan burung kicau ini adalah suaranya yang berisik dan unik. Tetapi bisa juga meniru kicauan jenis burung lainnya.

Selain penampilan warna bulunya yang mencolok, blue jay juga dikenal dengan kecerdasannya. Burung Jay mau mencuri sarang dan telur burung lain dengan cara meniru suara burung elang untuk menakut-nakuti atau menipu jenis burung lain. Selain itu, burung jay biru yang hidup di penangkaran juga bisa meniru ucapan manusia dan suara hewan peliharaan lainnya.

Jay Biru  adalah burung bersosial yang hidup dalam kelompok kecil. Tetapi pada saat musim dingin, selama migrasi ke bagian Selatan, burung cantik membentuk kelompok besar yang berjumlah hingga ratusan burung jay biru. Perilaku migrasi hewan unggas ini masih tetap menjadi misteri bagi para ilmuwan. Tidak semua burung jay biru bermigrasi selama musim dingin, ada juga yang menetap di wilayah asalnya.

8. Bohemian Waxwing

Sumber: Dnaindia.com

Burung Bohemian Waxwing adalah burung kicau yang berukuran sedang dengan jambul yang unik dan dengan kepala seperti memakai topeng hitam. Bulu badannya berwarna abu-abu kecoklatan dan tepi sayapnya berwarna hitam yang memiliki garis berwarna kuning dan bercak putih. Dengan demikian, Bohemian Waxwing adalah salah satu burung yang paling cantik di dunia.

Lilin Bohemian menghuni di hutan di Amerika Utara bagian utara dan Eurasia, sebagian besar jgua ada di Kanada dan Alaska. Pada saat musim dingin, burung ini bermigrasi dalam kelompok yang besar ke bagian Barat Laut Amerika Serikat. Bohemian Waxwing bersarang di ranting pohon. Jantan dan betina burung bohemian waxwing dikenal dengan kicauan yang bernada tinggi. Memang sepintas dilihat burung ini mirip dengan burung jay biru, tapi suara kicauannya sangat berbeda, melengking tinggi. Makanan utama burung ini adalah serangga dan buah beri.

9. Burung Cendrawasih

Sumber: Undp.org

Asli asal burung Cendrawasih terdapat di Indonesia bagian Timur, khususnya di kepulauan Torres. Juga bisa ditemukan di Australia Timur dan Papua Nugini. Sementara, spesies burung Cendrawasih terbanyak ada di Indonesia, yaitu sekitar 30 spesies, dan 28 diantaranya berasal dari Papua. Saat ini, sakin maraknya buruan burung Cendrawasih yang mengancam populasi burun cantik ini, burung Cendrawasih termasuk hewan yang dilindungi pemerintah.

Pejantan burung Cendrawasih cenderung lebih cantik ketimbang betinanya. Bulunya berwarna perpaduan hitam ,merah, coklat, oranye, putih, biru, dan kuning. Burung cendrawasih jantan menari dan bernyanyi di dahan untuk memikan sang betina agar mau diajak kawin. Ukuran cendrawasih dewasa bisa mencapai 110 cm denganberat bisa mencapai 43 kg. Setiap spesis Cendrawasih memiliki tarian yang berbeda-beda gerakan. Ada juga yang mau menari sampai bertengger terbalik di atas dahan pohon.

10. Burung Hyacinth Macaw

Sumber: Wikipedia

Dengan panjang cukup besar, yaitu 100 cm, hyacinth macau adalah burug yang terbesar dari semua spesies burung parrots terbang di dunia. Burung hyacinth macau tinggal di daerah semi terbuka dan padang rumput savana di Brasil Utara. Populasinya telah menurun dalam beberapa tahun terakhir. Sangat disayangkan, populasi burung hyacinth macau kurang dari 5.000 ekor yang tersisa di dunia. Penebangan hutan dan perburuan merupakan ancaman utama bagi burung cantik dan cerdas ini.

Burung hyacinth macau terkenal karena warna bulunya yang biru kobalt yang mencolok dengan lingkaran kuning cerah di sekitar mata. Burung cantik ini juga disebut dengan nama Macaw Biru. Ekornya panjang dan indah denga paruh hitam yang sangat kuat dan melengkung.

Dengan pelatihan yang tepat, burung hyacinth macau bisa menjadi hewan peliharaan yang luar biasa. Untuk membuatnya nyaman, kamu harus memberinya banyak ruang. Burung cerdas ini sangat suka bermain dan tidak begitu pintar meniru kata-kata seperti jenis burung keluarga Macaw lainnya.

Perlu diketahui bahwa paruh burung ini sangat kuat, dan tidak bisa dijamin juga kalau burung ini tidak akan mematok kamu bahkan dengan perhatian dan pelatihan yang tepat. Burung Hyacinth Macau juga bisa bersuara sangat keras ketika berada kelompoknya.

 

1 comment on “10 Jenis Burung Tercantik di Dunia

  1. Pingback: Daftar 10 Terbaik Jenis Burung yang Bisa Bicara Terpintar di Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *