ad banner

Wongunik.com

Buat hari-harimu lebih bermakna!

7 Fakta Menarik Mengenai Indra Penciuman Anjing

Indra penciuman anjing dipelajari oleh para ilmuwan sejak puluhan tahun silam. Salah satunya yang ditemui kira-kira seperti ini; “Bau manusia itu luar biasa indah buat anjing dan anjing peliharaan mencintai tuannya dengan alasan seperti itu”.

Sebelum mulai diteliti secara intensif, orang-orang sejah ribuan tahun silam sudah mengetahui bahwa indera penciuman anjing sangat unik dibandingkan indra penciuman kita. Tetapi ilmu pengetahuan baru-baru ini mempelajari berbatai jenis dan informasi menarik mengenai penciuman anjing. Berikut ini adalah tujuh temuan yang sangat menakjubkan mengenai indra penciuman anjing.

1. Indera Penciuman Anjing Jauh Lebih Kuat Dibandingkan Indra Penciuman Manusia

Anjing pelacak bisa mendeteksi benda atau manusia.Jika berbicara mengenai kemampuan penciuman anjing, hewan ini bisa dijadikan perpanjangan mata manusia. Karena, jika kita mendeteksi atau mengenal sesuatu menggunakan mata, anjing malah jauh lebih mampu untuk mengenali atau mendeteksi sesuatu menggunakan hidungnya. kembali lagi ke perhal indra penciuman, kemampuan hidung anjing jauh lebih hebat dibandingkan punya manusia.

Ada begitu banyak jenis anjing yang susah untuk dihitung jumlahnya. Secara keseluruhan, semua anjing memiliki kemampuan penciuman yang sangat baik. Tapi ada beberapa jenis anjing yang memiliki kemampuan indra penciuman terbaik dibandingkan jenis lain. Bahkan pada beberapa spesies, kemampuan indra yang satu ini bisa mencapai hingga 1.000.000 kali lebih baik dibandingkan kemampuan penciuman manusia. menurut ilmuwan, anjing dapat mendeteksi bau bagian benda yang ukurannya sepersetriliun kali lebih kecil dari ukuran utuhnya. Itu sebabnya kenapa anjing bisa mendeteksi jejak orang yang sudah lewat cukup lama.

Seorang psikolog dan sekaligus penulis buku tentang anjing yang bernama Stanley Coren memberikan perumpamaan seperti apa sensitivitas indra penciuman anjing pelacak. Katakanlah kamu sedang olah raga ringan di ruangan berukuran rumah biasa dan berkeringat. Pada keringat tersebut, terdapat unsur asam butirat dengan bobot hanya satu gram. Rata-rata orang lain masih cukup mampu mencium aroma asam butirat tersebut walaupun masih berada di depan pintu tertutup luar ruangan tersebut. Tetapi bagaimana jika analogi ruangan tersebut diganti menjadi sebuah kota seluas 130.000 kilometer persegi, yang kelilingnya dipagari dengan pagar beton setinggi 100 meter. Jika seekor anjing sniffer yang terlatih disuruh mendeteksi asam butirat tersebut dan boleh masuk melewati pagar pembatas tadi, dia masih bisa mendeteksi dimakan kamu berada.

Loading...

2. Buat Anjing Aroma Kamu Itu Bau

Buat hidung anjing aroma manusia itu bau menyengat.Sebersih apapun kamu mandi menggunakan sabun sebanyak mungkin dan setelah itu mengenakan parfum dan deodoran yang paling mahal, buat anjing kamu aroma kamu masih sangat bau. Setiap manusia memiliki aroma yang unik dan sekaligus menjadi penanda yang dibutuhkan anjing untuk membedakan dan mengenali orang. Buat anjing peliharaan kamu, aroma kamu adalah kamu. Pernyataan terebut dijelaskan oleh seorang penulis buku bernama Alexandra Horowitz yang menuliskan mengenai penciuman, penglihatan, dan segala sesuatu yang diketahui oleh anjing. Kesimpulan yang dikutip dari bukunya kira-kira seperti ini;

Manusia itu bau buat anjing. Ketiak manusia adalah salah satu sumber bau yang paling menyengat. Nafas manusia adalah melodi bau yang membingungkan buat anjing. Bahkan, alat kelamin kita juga sangat berbau menyengat buat anjing. Kulit yang menutupi tubuh kita mengandung keringat dan kelenjar sebaceous yang secara teratur keluar dalam bentuk cairan yang menjadi aroma unik kita. Ketika kita menyentuh suatu benda, kita meninggalkan bagian diri kita yang berupa serpihan kulit dengan bakteri yang terus mengunyah dan mengeluarkan kotoran. Dan anjingpun bisa mendeteksi aroma kita yang tertinggal pada benda tersebut.

Sebagai contoh, saya pernah kerja di perantauan jauh dari rumah. Dan tanpa saya ketahui, adik saya memelihara anjing di rumah tersebut. Seperti yang dijelaskan tadi, pasti banyak jejak-jejak serpihan kulit saya yang menempel di tembok, kasur, jendela dan pintu rumah tersebut. Anjing tersebut semakin bertumbuh besar dan menjadi dewasa, dan saya dengar kabarnya galak dengan orang tak dikenalnya. Pada saat itu saya belum pernah pulang ke rumah sementara anjing tersebut sudah lama tinggal di rumah kami.

Yang anehnya, ketika saya baru pulang setelah lebih dari lima tahun merantau, sebelum saya menginjak tanah turun dari mobil, anjing tersebut berlari sangat cepat menghampiri saya dengan raut wajah yang riang gembira. Tiba-tiba saya kaget, takut, pasrah dan tak tahu mau lari kemana. Ternyata anjing tersebut menyambut saya dengan perilaku yang gembira. Setelah itu, kami semua terheran-heran, kok bisa anjing bisa menyambut orang orang yang tidak dikenalnya dengan riang gembira.

3. Indera Penciuman Anjing Bisa Mencium Hal-hal yang Tidak Terlihat

Ini maksudnya bukan mahluk halus, lho! Memang banyak yang pernah bilang kalau anjing katanya bisa melihat (atau mencium) bau mahluk halus. Untuk pernyataan seperti itu belum ada pembuktiannya.

Setiap langkah yang kita buat menumpahkan banyak serpihan sel-sel kulit dan bertebaran. Setiap orang juga mengalami hal yang seperti itu. Kita menumpahkan 50 juta sel kulit setiap menit. Wow! Jika dilihat menggunakan alat seperti mikroskop maka bisa jadi seperti kepingan salju. Saya duduk di sini berjam-jam dengan hanya menggerakkan jari-jari di atas keyboard. Tentu sudah sangat banyak sel-sel kulit saya yang bertebaran di sekitar sini. Untungnya, kita tidak bisa melihat serpihan sel-sel kulit kita sendiri. Tapi, dengan kekayaan biologis yang dimiliki anjing, sel-sel kulit kita sangat “terlihat” oleh hidung anjing.

4. Kita Tidak Bisa Menipu Indra Penciuman Anjing

Penelitian menunjukkan bahwa kemungkinan besar indra penciuman anjing dapat mendeteksi ketakutan, kecemasan dan kesedihan. Hormon adrenalin yang bertebaran tidak terdeteksi oleh hidung kita. Tetapi anjing bisa menciumnya. Selain itu, rasa takut atau kecemasan sering dibarengi dengan peningkatan denyut jantung dan aliran darah, yang mengirimkan unsur kimia tubuh lebih cepat ke permukaan kulit. Jadi, menutupi perasaan sedih dengan tersenyum bisa menipu teman-teman kamu. Tetapi itu tidak bisa menipu sahabat terbaik kamu, yaitu anjing kamu.

5. Anjing Menggunakan Aroma Kencingnya Untuk Mengirim Pesan

Menurut peneliti anjing bernama Coren, anjing membaca dunia menggunakan hidungnya dan juga menulis pesan kepada anjing lain menggunakan air kencingnya kencing. Jika kamu melihat anjing kamu mengendus pada saat jalan-jalan, berarti dia sedang membaca situasi lingkungan. Barangkali dia mencium bau kencing anjing lain. Biasanya dia juga akan meninggalkan air seninya disitu.

6. Inilah Maksud Anjing Ketika Mencium Bagian Kemaluan Anjing Lain

Ketika anjing kamu mengendus bagian bawah anijng lain, kemungkinan anjing kamu belajar satu sama lain. Apa yang dipelajari oleh anjing dan apa informasi yang didapat anjing dari perilaku seperti itu? Sebenarnya belum diketahui dengan jelas oleh para peneliti. Mungkin berkomunikasi untuk mengatakan “Suasana kita hari ini sangat bagus!”, “Oh, kamu anjing yang baik, dan kamu makan daging ayam tadi dan umur kamu sekitar 3 tahun”.

7. Para Ilmuwan Masih Terus Mempelajari Hidung Anjing yang Masih Menyimpan Banyak Rahasia

Anjing juga merupakan hewan pendeteksi peledak rakitan terbaik di dunia militer.Hal ini mungkin karena peran anjing di militer sebagai pendeteksi alat peledak rakitan yang tak tertandingi. Atau mungkin hidung anjing begitu menakjubkan dan semakin kita tahu, rasa penasaran kita semakin tinggi. Indera penciuman anjing sedang dipelajari lebih lagi di universitas-universitas seluruh dunia.

Nantikan update terbaru artikel mengenai fakta unik dan menarik mengenai indra penciuman anjing.

One thought on “7 Fakta Menarik Mengenai Indra Penciuman Anjing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *