15 Game PC Ringan Terbaik untuk Laptop atau Komputer Spek Rendah

Daftar game PC ringan terbaik untuk laptop spek rendah.

Baru-baru ini, game PC terbaik tidak hanya terbatas pada rig mahal dengan fitur keanggotaan online yang biaya langganannya bisa mencapai jutaan rupiah per tahun. Artinya, banyak gamers malah lebih prefer main game PC ringan ketimbang harus merogoh kocek sedalam-dalamnya hanya demi memainkan game grafis yang butuh spek PC high-end. Bahkan beberapa laptop gaming terbaik harga 15 jutaan pun masih belum bisa memainkan beberapa game PC terbaik keluaran terbaru saat ini. Misalnya saja Far Cry 5, salah satu game PC terbaik dengan kenyamanan yang bukan hanya sekadar menebus kurangnya keindahan visual di sekuel sebelumnya.

Hal tersebut diatas terbukti bahwa sebuah game PC ringan malah jadi yang paling favorit saat ini. Misalnya PUBG Mobile, sebuah game ringan yang bisa dimainkan di Android, iPhone dan PC, ber-genre FPS battle royale online yang sampai saat artikel ini ditulis, pemainnya sudah lebih dari 200 juta orang di seluruh dunia.

Cara memainkan PUBG Mobile di laptop.

Berkat bantuan emulator bernama Tencent Gaming Buddy, PUBG Mobile bisa dinikmati di PC. Bahkan banyak yang lebih prefer main PUBG Mobile di PC ketimbang di hape. Sebuah game yang mempertemukan para pemain secara online dari berbagai jenis konsol di seluruh dunia. Selain itu, masih bayak juga game PC battle royale mirip PUBG yang tentu tak kalah seru.

Siapa sih gamers sekarang yang tak kenal dengan PUBG Mobile? Jika kamu memainkan  game tersebut, kamu pasti akan menyadari bahwa laptop atau komputer spek rendah kamu bisa menjadi terkesan cantik tanpa harus mengandalkan grafik yang rumit.

Loading...

Daftar Game PC Ringan Terbaik

Nah, jika kamu pengen cari game PC ringan lain yang bisa kamu nikmati di rumah, ada banyak judul-judul game PC klasik yang juga tak kalah serunya. Misalnya Star Wars: Knights of the Old Republic yang mungkin terkesan jadul, tapi gameplay-nya masih lebih bagus dari game-game keluaran terbaru. Dan masih bertahan sampai sekarang dengan cerita stellar.

Intinya, apa pun gaya, jadwal dan spek PC gaming kamu, tidak selalu harus butuh PC gaming yang spek nya gila-gilaan. Sangat mungkin kamu bisa menemukan sesuatu yang kamu sukai dari daftar game PC ringan yang ada di daftar di bawah ini.

1. The Elder Scrolls V: Skyrim

Daftar game PC ringan terbaik untuk laptop spek rendah.

  • CPU: dual-core 2GHz
  • RAM: 2GB
  • GPU: yang kompatibel dengan DirectX 9
  • Genre: Action RPG
  • Tanggal rilis: 11 November 2011

Beberapa game PC ringan terbaik ada yang umurnya kurang lebih sama dengan Skyrim. Seharusnya terasa jadul, tapi dengan pemandangan grafis yang modern membuat game PC ini masih vital selama lima tahun terakhir sejak artikel ini dibuat. Menjadi game jadul bukan berarti harware sederhana tidak mampu mengejar ketinggalan persyaratan spesifikasi game terkesan seperti di kehidupan nyata.

Skyrim berjalan cukup mulus pada laptop ber-prosesor Intel seri Core. Bahkan kamu juga bisa memainkannya pada laptop atau komputer ber-CPU seri Atom atau Pentium dengan pengaturan grafis terendah. Jika kamu memiliki laptop jadul, ada juga setingan akan mengurangi pengaturan jauh yang disarankan game ini sendiri, yang disebut dengan setingan Ultra Low Graphics Mod. Cuma penamaan imajinatif saja. 🙂

Jika kamu bosan dengan game offline di laptop spek rendah kamu selama lima tahun terakhir, Skyrim menawarkan permainan massive RPG open-world yang memenangkan banyak penghargaan sejak dirilis kembali pada tahun 2011.

2. Broken Age

Broken Age meneriman pendanaan senilai jutaan dolar.

  • CPU: Dual core 1.7GHz
  • RAM: 2GB
  • GPU: Intel HD 3000 atau yang lebih baru
  • Genre: Petualangan, Point & Click
  • Tanggal rilis: 28 Januari 2014

Jika kamu sering menelusuri tentang perkembangan-perkembangan video game selama ini, kamu pasti ingat game yang menerima pendanaan senilai jutaan dolar di Kickstarter. Yang mana sebelum Broken Age hal-hal seperti itu tidak pernah terjadi lagi sejak pendanaan jutaan dolar yang terakhir kalinya. Broken Age adalah sebuah game point & click (bidik dan klik) yang dibuat oleh salah satu orang Monkey Island tahun 90-an.

Walaupun bukan satu-satunya, Broken Age menghidupkan kembali genre game Point & Click. Merupakan sebuah game dengan kisah yang menyenangkan dan sama sekali tidak membuat frustrasi seperti game-game petualangan tahun 90-an. Apalagi ceritanya mengenai sepasang kekasih nostalgia. Kamu bermain sebagai karakter pria dan juga wanita nya.

3. Thimbleweed Park

Game PC ringan tipe pixel art 2D bukan berarti sudah ketinggalan jaman.

  • CPU: 2 GHz
  • RAM: 4 GB
  • GPU: Intel HD 3000 atau yang lebih tinggi
  • Genre: Petualangan
  • Tanggal rilis: 30 Maret 2017

Pengembang video game veteran, Ron Gilbert, menyajikan sebuah game klasik di zaman canggih sekarang ini.

Tradisi hasil sempurna terus berlanjut dengan hadirnya Thimbleweed Park, sebuah game petualangan pixel art “point ‘n’ click” yang ingin mengembalikan masa kejayaan Maniac Mansion. Sekaligus menyajikannya dengan sentuhan yang sangat modern dari segi kreativitas.

Game Thimbleweed Park menyajikan gameplay cerita petualangan misteri pembunuhan. Agen FBI Reyes dan Ray, mirip pasangan fiksi terkenal saat ini, anggota biro yang mengejar UFO, tiba di kota yang tenang untuk menyelidiki kasus pembunuhan yang sangat mengerikan.

Layaknya seorang agen, kamu akan menghadapi berbagai teka-teki yang harus kamu pecahkan. Cerita yang pintar dan tokoh-tokoh aneh, dan yang paling berkesan adalah sesuatu yang tidak didapatkan di game PC canggih yang butuh modal besar sekalipun.

4. Cuphead

Permainan sederhana yang cukup untuk buat kesenangan saat waktu luang sendirian.

  • CPU: Intel Core2 Duo E8400, 3.0GHz atau AMD Athlon 64 X2 6000+, 3.0GHz
  • RAM: 2 GB
  • GPU: Geforce 9600 GT atau AMD HD 3870 512MB
  • Genre: Run and gun
  • Tanggal rilis: 29 September 2017

Kamu mungkin akan dibuat semakin penasaran dengan banyaknya tantangan. Tapi Wongunik menjamin, Cuphead layak dicoba. Sebuah game PC ringan dengan gaya seni yang penuh warna dan aneh menawan.

Game Cuphead dikembangkan oleh indie (studio independen) bernama Studio MDHR (kependekan dari Studio Moldenhauer), Nama tersebut dibuat setelah dua kakak beradik memulai proyek pengembangan game, Chad dan Jared Moldenhauer. Seluruh perusahaan tersebut terdiri dari anggota keluarga dan kerabat yang memiliki impian untuk menyelesaikan proyek pengembangan game.

Marija Moldenhauer, istri Chad, melakukan semua coretan tinta dan memasukkan semua yang digambar dengan tangan ke platform klasik 2D. Hampir sama seperti proyek Mega Man dan kartun Fleischer tahun 1930-an, Betty Boop. Pada tahun 2018, sekuel game Cuphead berikutnya memiliki lebih dari 19 bos, lebih banyak area, dan ada karakter baru yang dapat dimainkan.

5. Stardew Valley

Game simulator pertanian yang tidak butuh rig mahal.

  • CPU: 2 Ghz
  • RAM: 2 GB
  • GPU: memori video 256 mb, model shader 3.0+
  • Genre: Simulation, Role-playing
  • Tanggal rilis: 26 Februari 2016

Jika kamu suka game SIM pertanian (mengingat suksesnya penjualan Farming Simulator dan Harvest Moon), maka game ini mungkin akan membuat kamu senang dengan simulator pertanian yang tidak hanya buat kamu sibuk menyangkul dan menyiram tanaman.

Mengambil banyak inspirasi dari game Harvest Moon, karakter-karakter imut yang ada di game Stardew Valley terasa akrab berbaur bersama dalam sebuah komunitas. Selain bertani kamu juga bisa memancing, ke restoran, bar, kenalan, mengurus keluarga dan masih banyak lagi yang bisa dilakukan di dalam sebuah simulator komunitas imut.

Konsep intinya adalah merawat ladang kamu, memelihara ternak, dll, akan tetapi itulah keindahannya. Ada kedamaian yang bersahaja saat kamu memperluas pertanian, memancing di sungai dan menuju ke desa untuk memulai persahabatan dengan para pemeran NPC (Non-playable Character – karakter yang tidak bisa dimainkan). Bertani jadi lebih menyenangkan.

6. Night In The Woods

  • CPU: Intel i5 Quad-Core
  • RAM: 4 GB
  • GPU: Intel HD 4000
  • Genre: Petualangan
  • Tanggal rilis: 10 Januari 2017

Dalam banyak hal, kita bisa menggambarkan game Night in the Woods ibarat game Life is Strange digabung dengan Bojack Horseman. Segmen-segmen dialog interaktif terkesan seperti dari game Life is Strange. Sementara seluruh tema tembok dengan masalah kesehatan mental terkesan seperti terinspirasi dari game Bojack Horseman.

Game PC ringan ini dikembangkan oleh Unity by Infinite Fall. Sebuah studio virtual tempat pembuat kode dan komposer bernama Alec Holowka dan figur pelawak terkenal di Tiwtter sekaligus seorang ilustrator dan animator bernama Scott Benson. Mereka berdua tidak hanya menciptakan permainan, tetapi dunia fiksi yang indah penuh dengan karakter-karakter lucu.

Kamu memainkan peran seorang Mae, kucing yang DO dari perguruan tinggi dan kembali ke kampung halamannya di Possum Springs. Karena ini adalah game petualangan ber-genre “point-and-click” yang modern, game ini cenderung naratif, dengan sangat sedikit sentuhan gameplay yang menarik perhatian kamu. Jadi, jika kamu menyukai game Telltale atau Life is Strange, kamu juga mungkin akan menyukai Night in the Woods.

Disamping itu, game ini cukup lancar pada grafis terintegrasi (tanpa kartu VGA dedicated). Jadi tidak perlu harus membeli kartu grafis karena tidak terlalu menuntut, tapi gaya seninya tak kalah menarik.

7. Warhammer 40,000: Space Marine

  • CPU: 2.0Ghz Dual Core atau AMD X2 or atau yang lebih tinggi
  • RAM: 512 MB
  • Genre: Third-person shooter
  • GPU: Kartu grafis yang kompatibel dengan DirectX 8n minimal 32MB
  • Tanggal rilis: 5 September 2011

Jika kamu suka permainan katarsis virtual, maka game PC ringan yang satu ini bisa jadi pilihan kamu. Game ini merupakan sebuah simulator Ork pembunuh di wilayah Warhammer. Pengertian Warhammer dalam game ini adalah sebuah tema fantasi abad pertengahan yang mensimulasikan pertempuran antara pasukan darat dari berbagai golongan. Sedangkan arti Space Marine dalam game ini adalah pembantaian yang dilakukan bangsa Ork tanpa henti.

Buat yang suka game perang bernuansa abad pertengahan yang digabungkan dengan sentuhan modern, kamu bisa menikmati game ini mulai dari awal permainan dampai babak akhir. Termasuk game yang cukup lama untuk dituntaskan sampai tamat jika dibandingkan dengan game grafis tinggi saat ini. Akan tetapi, masih merupakan game PC standar yang tidak kalah serunya.

Standar framerate game PC ini lebih mantap dimainkan pada laptop dengan CPU Intel generasi ke-6 atau ke-7. Untuk komputer spek rendah mulai dari Core 2 Duo ke bawah butuh kartu grafis yang kompatibel dengan DirectX 8 minimal 32 MB. Sedangkan untuk CPU yang memiliki grafis sekelas Intel HD 4600 tidak perlu tambahan kartu grafis lagi.

Baca juga: CPU laptop sesuai kebutuhan.

8. Pillars of Eternity 2: Deadfire

  • CPU: Intel Core i3-2100T @ 2.50 GHz / AMD Phenom II X3 B73
  • RAM: 4 GB
  • GPU: ATI Radeon HD 4850 atau NVIDIA GeForce 9600 GT
  • Genre: Role-playing
  • Tanggal rilis: 8 Mei 2018

Walaupun game PC ini masih terbilang belum terlalu lama rilisnya,  followers nya cukup banyak. Jika grafis laptop kamu masih memakai grafis terintegrasi, masih mampu menjalankan Pillars of Eternity 2: Deadfire. Persyaratan sistem yang dibutuhkan juga sama seperti sekuel pendahulunya. Jadi, jika kamu sebelumnya adalah penggemar sekuel tersebut, seharusnya kamu juga dapat menikmati game PC ringan ini di laptop kesayangan kamu.

Cerita Pillars of Eternity 2: Deadfire menjatuhkan pemain ke kepulauan Deadfire dengan tugas untuk memburu dewa jahat. Dan sama seperti sekuel sebelumnya, memiliki fitur dongeng yang kaya dan gameplay RPG mendalam yang mengingatkan kita terhadap masa emas game berjudul Baldur’s Gate dan Neverwinter Nights.

Meskipun latar belakang game ini dituangkan dalam bentuk 2D ​​dan antarmuka top-down, game ringan ini terlihat indah dilihat. Selain itu, efek mantra yang tak terhitung banyaknya akan membuat pemain terpesona pada saat melalui pertempuran yang intens dan menggunakan taktis.

Karena game ini dikembangkan oleh Obsidian Entertainment, sebuah studio yang tersohor, game ini menjadi salah satu permainan RPG terbaik sepanjang masa. Dengan kata lain, studio top dunia yang terlibat pada game ini bisa meyakinkan kita akan mendapatkan permainan petualangan yang bermakna.

9. Endless Legend

  • CPU: Intel Core 2 Quad Q8300 @2.5Ghz atau yang lebih tinggi.
  • RAM: 2 GB
  • GPU: Yang kompatibel dengan OpenGL 1.4 atau yang lebih tinggi.
  • Genre: 4X, turn-based strategy
  • Tanggal rilis: 18 September 2014

Endless Legend adalah game PC ringan terbaik untuk gamer yang suka permainan gabungan fantasi dan petualangan. Cocok juga dimainkan buat gamer yang ingin memainkan 4X (game strategi berbasis board) saat bepergian. Jika laptop kamu tidak memiliki kartu grafis dedicated, game ini masih bisa kamu mainkan dengan lancar.

Intinya, merupakan kabar baik bagi para pecinta game strategi yang tidak ingin mengocek kantong lebih dalam untuk meningkatkan konfigurasi laptop atau komputer demi sebuah game.

10. Star Wars: Knights Of The Old Republic

  • CPU: Intel Pentium 3 1Ghz atau AMD Athlon 1GHz
  • RAM: 256
  • GPU: 32 MB dengan Hardware T&L
  • Genre: Action RPG, Massive MORPG
  • Tanggal rilis: 15 Juli 2003

Tidak perlu lagi meyakinkan gamer supaya memiliki koleksi PC game ringan yang berjudul Knights Of The Old Republic (KOTOR). Bisa dibilang game ini merupakan permainan Star Wars terhebat yang pernah ada. Ya! Bahkan lebih bagus dibandingkan dengan Dark Forces II dan Rogue Squadron. KOTOR membuktikan bahwa ingatan kita bisa kembali segar dan menggairahkan mengenai Star Wars di luar layar perak.

Game Star Wars ini dikembangkan oleh studio Bioware, studio asal Kanada yang akan terus membuat seri-seri Dragon Age dan Mass Effect, KOTOR menawarkan karakter-karakter yang menarik, aksi intens yang memadukan taktik real-time dan mekanis berbasis giliran. Merupakan sebuah game cerita galaksi yang terasa nyata.

11. Sleeping Dogs

  • CPU: Core 2 Duo @2,4 GHz atau Althon X2 @2.7 GHz
  • RAM: 2GB
  • GPU: Jenis dedicated yang kompatibel dengan DirectX 10 atau 11, Nvidia GeForce 8800 GT atau lebih tinggi, atau kartu ATI
  • Genre: Action-adventure, Beat ’em up
  • Tanggal rilis: 14 Agustus 2012

Jika Anda ingin memanjakan diri kamu dengan game open-world, maka Sleeping Dogs adalah game yang paling cocok untuk kamu. Tidak ada yang lebih bagus lagi dibandingkan dengan petualangan jalanan brutal Hong Kong. Game PC ringan ini dioptimalkan pada PC gaming. Akan tetapi juga masih cocok untuk pengguna laptop.

Jika kamu ingin memainkan Sleeping Dogs, akan lebih mudah menggunakan controller untuk mendapatkan pengalaman gaming yang lebih baik. Jika grafis komputer kamu masih grafis terintegrasi, pastikan minimal seri HD 2500 agar bisa berjalan dengan lancar. Terkadang kamu harus mencari sepeda motor dari jauh hanya untuk meninju lawan yang jaraknya di depan mata.

12. Chronicle: RuneScape Legends

  • CPU: Intel Core 2 Duo atau AMD Athlon 64X2
  • RAM: 2 GB
  • GPU: NVIDIA GeForce 100 series (512 Mb) atau Radeon HD 3xxx atau yang lebih tinggi
  • Genre: Turn-based strategy card game
  • Tanggal rilis: 26 Mei 2016

Jika kamu suga game CCG (permainan kartu koleksi), game berjudul Hearthstone cukup bagus untuk membuat kamu terhibur dengan paket kartu animasi. Tetapi jika kamu menginginkan sesuatu permainan CCG yang sedikit lebih nyaman, game berjudul Chronicle: RuneScape Legends bisa menjadi pilihan yang tepat.

Jika mengingat sentuhan klasik yang dituankan pada game berjudul Runescape, Chronicle menggabungkan transaksi kartu dengan pengaturan 3D RPG. Setiap kartu mewakili karakter pemain dan musuh yang muncul pop-up berbentuk 3D.

Kartu dimainkan secara berurutan, dengan karakter pemain yang saling menghadap (mulai dari musuh hingga kilapan kutukan), sebelum berhadapan satu sama lain di akhir. Permainan aneh, cemerlang dan cocok untuk sekedar permaian mengisi waktu luang.

13. The Sims 4

  • CPU: Core 2 Duo
  • RAM: 2GB
  • GPU: Intel HD 3000
  • Genre: Single-player, Simulation
  • Tanggal rilis: 2 September 2014

EA mendapat banyak kritik yang dinilai sebagai perusahaan paling dibenci di Amerika dua tahun terakhir. Akan tetapi, bukan berarti semua game-game keluaran EA dibenci juga. Contohnya seperti game berjudul The Sims 4 yang sangat fantastis dan merupakan salah satu game PC ringan terbaik saat ini. Biasanya game ini lebih disukai para remaja wanita. Tapi kenyataannya, banyak juga orang dewasa dan gamer pria yang suka memainkan game ini. Disamping tema permainan yang menarik, sangat mendidik juga, karena game ini adalah sebuah permainan berupa simulasi bisnis.

Pada game The Sims 4, kamu bekerja keras layaknya di kehidupan nyata. Berbisnis dunia fantasi untuk menghasilkan banyak uang dan mendesain berbagai wahana hiburan. Banyak juga Game EA lain yang tidak biasa dan berjalan lancar pada laptop spek rendah, misalnya Dead Space 1 sampai yang ke-3 dan Dragon Age: Origins.

14. Borderlands

  • CPU: 2,4 GHz atau prosesor setara dengan dukungan SSE2.
  • RAM: 1GB (atau 2GB untuk Windows Vista ke atas)
  • GPU: 256MB atau lebih tinggi (GeForce 7 series atau yang lebih tinggi / Radeon HD 3000 series atau lebih tinggi)
  • Genre: RPG, FPS
  • Tanggal rilis: 20 Oktober 2009

Borderlands adalah sebuah game menembak model FPS open-world bertema jarahan klasik (kurang lebih seperti jarahan di PUBG) yang dapat kamu mainkan dengan tiga teman. Sementara ada lucunya karena sudah terasa jadul, yaitu terburu-buru merobohkan bos dan melihat-lihat barang apa yang ditinggalkannya.

15. Half-Life 2

  • CPU: 1,7GHz
  • RAM: 512MB
  • GPU: kartu yang kompatibel dengan DX 8.1
  • Genre: Fps
  • Tanggal Rilis: 16 November 2004

Kamu mungkin langsung mengira hanya game 2D pada saat kamu memikirkan game yang bisa dimainkan dengan komputer jadul. Kenyataanya, ada beberapa game 3D yang terkesan mewah dan sangat baik dimainkan di laptop non-gaming. Game-game keluaran Source dari Valve sangat lancar dimainkan di mesin ber-GPU jadul. Dan membuat game klasik seperti Half-life 2 berjalan dengan baik pada laptop atau komputer dengan GPU terintegrasi.

Jika kamu adalah gamer pemula yang belum siap untuk permainan FPS di Half-Life 2, kamu mungkin bisa mencoba game first-person fantastis berjudul Portal 2 sebagai alternatifnya. Game portal 2 juga berbasis mesin Source. Portal 2 mengadopsi senjata portal dari Half-Life 2, yang membuat lubang teleportasi di dinding. Mungkin bisa dibilang salah satu game terbaik sepanjang masa.

Game PC Ringan Mana yang Kamu Suka?

Itulah tadi ke-15 game PC ringan terbaik untuk mewakili beribu-ribu game di luar sana yang bisa bikin kamu bingung dalam memilih. Sebenarnya masih banyak opsi lain selain ke-15 game di atas. Contohnya CSGO, Mark of the Ninja, Terraria, Shadowrun Hong Kong, Torchlight I dam II, Salt and Sanctuary, dan lain-lain. Akan tetapi, game-game yang terdaftar di atas sudah cukup untuk membuat waktu-waktu luang kamu jadi lebih bermakna.

2 thoughts to “15 Game PC Ringan Terbaik untuk Laptop atau Komputer Spek Rendah”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *