Fakta Unik dan Mengerikan Mengenai Dunia Hewan Hutan Amazon

Gambar sungai amazon - Sungai terpanjang di dunia.

Hutan Amazon yang mengerikan adalah rumah bagi lebih dari 2.000 lebih spesies hewan. Berbicara hewan hutan Amazon dan sungainya tak akan ada habis-habisnya. Selain dunia binatang yang kaya ragamnya, di paru-paru dunia ini juga terdapat beberapa jenis binatang langka. Salah satunya adalah Gold Lion Tamarin yang terancam punah. Tak kalah menarik juga jika menelusuri dunia binatang Sungai Amazon yang aneh dan tak kalah mengerikan.

Dunia Hewan Hutan Amazon

Hutan Amazon biasa disebut dengan Rainforest Amazon atau jika diartikan ke bahasa Indonesia berarti Hutan Hujan Amazon. Selain itu, wilayah ini juga dikenal sebagai Amazonia atau, yang merupakan hutan hujan terbesar di dunia. Jenis hewan hutan Amazon terdiri dari 427 mamalia seperti jaguar, kungkang, lumba-lumba sungai dan masih banyak lagi. Dilengkapi dengan sekitar 1.300 jenis burung. Salah satu hewan hutan amazon dari jenis burung yang paling tekenal adalah jenis burung macaw. Beberapa diantaranya sudah dibahas di artikel mengenai burung tercantik di dunia.

Kemudian, hewan hutan amazon juga terdiri dari 378 jenis reptil. Yang mana diantaranya yang paling ikonik adalah ular anaconda atau kadal jesus. Sedangkan hewan amfibi ada lebih dari 400 spesies. Contohnya katak kaca dan katak panah beracun. Luas hutan Amazon mencakup 40% dari luas keseluruhan benua Amerika Selatan yang meliputi negara-negara berikut: Peru, Kolombia, Ekuador, Brasil, Venezuela, Brasil, Suriname, Bolivia, Guyana, dan Guyana Prancis.

Hutan Amazon terdiri dari beberapa macam ekosistem dan vegetasi dan dunia binatang di daerah ini sangat kaya akan spesies hewan. Sepersepuluh spesies hewan yang ada di dunia ada di Hutan Amazo. Sementara dari kategori burung, ada seperlima spesies burung dunia hidup di hutan ini. Amazon adalah rumah bagi 2.000 jebih jenis burung dan mamalia. Dan kali ini kita akan mengulas beberapa spesies hewan yang paling terkenal dari Hutan Amazon. Inilah hewan hutan Amazon yang paling dikenal di seluruh dunia.

Ular Anaconda

Ular Anaconda adalah penghuni hutan Amazon yang paling ditakuti.Jika mendengar kata Anaconda, pasti sudah tidak asing lagi di telinga kita. Hewan ini adalah ular terbesar di dunia, dan juga terberat dan yang paling kuat di dunia. Juga termasuk jenis ular paling terkenal di dunia. Anaconda dapat tumbuh hingga sepanjang 10 meter dengan berat hingga 275 kg. Ukuran ular segitu bisa dibilang sebagai ular raksasa. Apalagi kuat dan lincah, menjadikan anaconda sebagai salah satu penghuni sungai Amazon yang paling ditakuti. Tubuh ular anakonda terus berkembang selama masih hidup.

Loading...

Hal yang membuat hewan ini sebagai hewan mengerikan di sungai Amazon karena memakan mangsa sekitar 20 kg jika harus makan setiap hari. Sedangkan jika mendapat makanan yang lebih besar yang dilahap utuh, cukup untuk puasa berminggu-minggu. Anaconda betina biasanya lebih besar dari yang jantan dan melahirkan 20 hingga 40 ekor anak anaconda dengan panjang 60 cm.

Jaguar

Jaguar merupakan sosok raja hutan penghuni Hutan Amazon.Hewan hutan Amazon ini adalah raja hutan yang sesungguhnya. Jaguar adalah jenis kucing terbesar di Amerika. Tapi peringkat ketiga di seluruh dunia setelah singa dan harimau. Warna bulu dengan bintik-bintik mereka mirip bunga mawar pada tubuh jaguar membuat membuat hewan ini terlihat unik dari kucing besar lainnya. Jaguar memiliki kekuatan gigitan paling kuat dibandingkan dengan jenis kucing lainnya. Hal tersebut didukung oleh rahangnya yang sangat kuat yang tidak bisa dibandingkan dengan jenis kucing predator lainnya. Bahkan dengan satu gigitan jaguar, mampu menusuk tulang dan bisa juga menembus cangkang penyu laut. Hewan ini adalah hewan pembunuh yang hidup menyendiri dan biasanya memanjat pohon untuk memudahkan dalam menerkam mangsa.

Tenggiling Raksasa

Tneggiling raksasa juga memakan seranga, terutama semut.Hewan lamban ini suka memakan serangga seperti semut. Sama seperti tenggiling pada umumnya, moncong dan lidah panjang tenggiling raksasa cocok untuk menangkap serangga kecil dengan mudah di mana pun ia berada. Jenis tenggiling ini dibilang raksasa karena ukuran tubuhnya jauh lebih besar dari hewan pemakan semut lainnya. Ukuran panjang tubuh tenggiling raksasa dewasa lebih dari 2 meter. Yang unik dari penghuni hutan Amazon ini dibandingkan dengan hewan pemakan semut lainnya yaitu tetap berada di luar pepohonan atau tanah terbuka di hutan Amazon untuk mengembara mencari makanan, yaitu serangga.

Capybara

Capybara adalah hewan pengerat terbesar di dunia.Dari segi rupa, capybra mirip dengan dengan cavy dan babi air. Bulunya berwarna coklat gelap. Capybara dewasa memiliki tinggi sekitar 60 cm dari tanah sampai bahu bahu dengan panjang sekitar 120 cm. Beratnya bisa mencapai 75 kg. Dengan demikian, hewan hutan amazon ini termasuk hewan pengerat paling besar. Bayangkan jika ada tikus sebesar Capybara bersembunyi di dumah kamu? Pasti kagetnya luar biasa. Hewan ini bisa dikatakan sebagai tikus raksasa hutan Amazon. Hidupnya tidak jauh dari daerah basah seperti sungai Amazon dan lahan basah lainnya.

Elang Perampas

Elang Harpy sudah terancam punah akibat penggundulan hutan.Burung raptor cantik ini atau disebut juga dengan elang harpy, ada juga yang hidup di berbagai wilayah Amerika Tengah selain hutan Amazon. Meskipun elang perampas ini merupakan pemburu yang lihai, habitatnya sekarang sangat terancam dari aktivitas manusia. Hal ini disebabkan karena sebagian besar wilayah Amazon sudah dibuka untuk pengembangan lahan. Elang harpy jantan memiliki berat hingga 10 kg, sedangkan yang betina  bisa mencapai dua kali lebih besar daripada pejantannya.

Iguana Hijau

Iguana hijau juga banyak dipelihara orang.Banyak orang yang memelihara iguana hijau di berbagai penjuru belahan dunia. Iguana hijau kadang-kadang hanya disebut dengan iguana. Tidak seperti kebanyakan jenis reptil, kadal ini lebih suka makan sayuran, buah-buahan, bunga dan daging binatang lainnya. Iguana hijau adalah iguana raksasa yang dapat tumbuh hingga sepanjang 185 cm diukur dari kepala hingga ke ekor.

Kadal Jesus

Kada Jesus bisa berjalan di atas air dengan dua kaki belakang.Diberi nama dengan kadal jesus karena kemampuannya berjalan di atas air, sama seperti kisah Yesus yang berjalan di laut Galilea yang tertulis di Alkitab. Ketika kadal jesus melarikan diri mangsanya, biasanya ia menuju ke permukaan air seperti genangan air atau sungai dengan kecepatan aliran air maksimal kecepatan 10 km/jam hingga jarak 20 meter. Hewan hutan Amazon ini dapat melakukan aksi luar biasa dengan jari-jari kakinya yang memiliki selaput khusus. Hal tersebut memungkinkan kadal jesus berdiri dengan dua kaki belakang.

Golden Lion Tamarin

Golden Lion Tamarin termasuk penghuni hutan Amazon yang sudah langka.Hewan aneh ini sebenarnya adalah jenis monyet yang mendapatkan namanya diambil dari jenis kucing liar yaitu singa karena warna bulunya yang mengesankan. Bulunya tebal dengan warna seperti emas yang indah, dan di sekitar wajah berwarna hitam karismatik. Golden Lion Tamarin dapat tumbuh hingga sepanjang 25 cm. Sedangkan ekornya bisa lebih panjang dari ukuran tubuhnya hingga  38 cm.

Golde Lion Tamarin betina sering melahirkan anak kembar, sedangkan pejantannya memainkan peran sebagai perawat anak-anaknya dengan membawanya di punggung ketika mencari makan. Golden Lion Tamarin tidur di lubang-lubang pohon pada malam hari dan aktif mencari makan di siang hari. Hewan hutan Amazon ini hidup berkelompok yang terdiri dari 2 hingga 8 ekor yang masih anggota keluarga, dan memakai tanda-tanda bau atau suara-suara untuk memberi isyarat kepada golden lion tamarin lain yang menandai daerah kekuasaannya.

Serangga Berkepala Kacang

Serangga kelapa kacang adalah hewan yang sangat unik.Hewan berkepala berbentuk kacang ini disebut juga dengan peanut-head bug atau lalat lentera, ular terbang, serangga buaya atau jangkrik ular. Mirip seperti kupu-kupu. Serangga berkepala kacang merupakan mahluk misterius dari Amazon. Aneh karena bentuk tubuhnya yaitu kepalanya yang sangat mirip dengan kacang. Kepalanya besar dengan tonjolan bulat.

Para ilmuwan belum mengetahui apa fungsi kepala serangga ini. Tetapi sangat diyakini mungkin meniru kepala kadal untuk menyiasati predator agar bisa melarikan diri. Sedangkan sayapnya yang unik dengan bintik-bintik yang tampak seperti mata burung hantu. Ada mitos yang mengatakan bahwa gigitan serangga berkepala kacang bisa mematikan bergantung pada mood sayapnya. Tetapi faktanya adalah, serangga kepala kacang tidak berbahaya tak berdaya dan hanya merupakan serangga seperti yang biasa kita temui.

Katak Kaca

Bagian dalam tubuh katak kaca terlihat dengan jelas.Seperti namanya, kulit katak kaca tembus cahaya dan sebagian berwarna hijau limau. Tembus cahanya maksudnya kamu bisa melihat perut, jantung, hati dan berbagai organ tubuh lainnya. Seperti penglihatan menggunakan X-Ray. Hewan hutan amazon yang unik ini bebas melompat diantara pepohona dan kadang ke perairan apalagi pada saat telur-telurnya baru menetas.

Lumba-Lumba Sungai Amazon

Lumba-lumba sungai Amazon berwarna pink.Salah satu penghuni sungai Amazon yang paling dikenal adalah lumba-lumba sungai Amazon atau disebut juga dengan Boto. Hewan sungai Amazon ini terlihat cantik dengan tubuhnya yang berwarna pink dan bisa ukuran dewasa nya lebih besar dari ukuran manusia. Warna lumba-lumba ini berbeda dari jenis lumba-lumba lainnya karena kapiler darahnya berada di dekat permukaan kulit.

Kinkajou

Kinkajou adalah hewan yang aktif di malam hari.Kinkajou merupakan jenis rakun dengan kulit yang memiliki bulu keemasan dan dengan ekor yang bisa mencengkeram ranting pohon. Kinkajou lebih dikenal dengan nama beruang monyet atau monyet singa. Hewan hutan Amazon ini jarang terlihat karena hewan ini adalah hewan nokturnal (hewan malam) yang menempel di puncak pohon. Kinkajou menggunakan lidahnya yang panjang sepanjang 15 cm untuk memetik buah sebagai makanannya. Hewan ini juga suka menyedot madu bunga dan makanannya 90 persen adalah buah-buahan. Meski begitu, hewan ini tergolong ke jenis hewan karnivora. Ada juga kinkajou dibuat sebagai hewan peliharaan walaupun hewan ini membawa parasit, yaitu cacing gelang.

Kungkang

Kungkang adalah hewan yang paling malas dan paling lamban.Salah satu hewan yang paling untuk di dunia adalah kungkang. Hewan ini dikenal sebagai hewan mamalia berjari tiga yang sangat lamban. Hewan hutan Amazon ini serba lambat dalam segala hal. Mulai dari gerakannya dan juga perlu tidur selama 10 jam sehari. Sementara bergerak hanya jika diperlukan saja. Tidak hanya pergerakannya saja. Mencerna makanan agar jadi sumber tenaga juga butuh waktu sekitar sebulan. Selain itu, makanan utama kungkang adalah daun yang dipetik menggunakan lidahnya yang panjangnya bisa mencapai 30 cm. Tidak mengherankan jika dua pertiga tubuhnya terdiri dari isi perut. Sementara suhu tubuh kungkang rendah, yaitu 30 derajat celcius.

Katak Panah Racun

Katak panah racun termasuk hewan penghuni hutan Amazon yang unik.Katak panah racun bertentangan dengan namanya Tidak mematikan sama sekali karena spesies katak panah racun yang termasuk ke daftar hewan yang paling mematikan hanya 3 spesies. Sementara diantara semua katak panah racun yang paling berbahaya adalah katak panah racun emas. Katak panah racun biasa terlihat cantik dan menarik dengan berbagai warna termasuk warna emas, kuning, merah, tembaga, hijau, hitam atau biru. Warna-warna tersebut digunakan untuk menyiasati predator atau disebut juga sebagai pewarnaan aposematic.

Burung Macau

Burung Macau Merah adalah salah satu burung tercantik.Macau adalah burung hutan Amazon yang berasal dari Amerika Selatan. Hewan penghuni hutan Amazon ini adalah burung sosial yang biasanya terlihat berkelompok dengan ukuran tubuh sekitar 25 hingga 76 cm. Burung macau hanya setia satu pasangan hidup saja dan merupakan salah satu burung paling indah di dunia dengan warna bulu yang hidup. Paruhnya sangat kuat dan bisa memecahkan kacang atau kulit biji kemiri dengan mudah. Sementara lidah burung macau bersisik kering dan bertulang yang digunakan untuk menghisap buah-buahan. Beberapa jenis burung macaw termasuk dalam jenis burung yang bisa bicara.

Itulah tadi beberapa hewan yang paling ikonik penghuni hutan Amazon. Disamping itu, masih ada beberapa fakta hutan Amazon yang akan kita jabarkan di bawah ini;

Fakta Umum Mengenai Hutan Amazon

Gambar sungai amazon - Sungai terpanjang di dunia.

  • Para ilmuwan masih belum menemukan berbagai spesies hewan lain yang hidup di hutan Amazon. Sebagai contoh, murash tamarind yang merupakan spesies monyet yang baru ditemukan pada tahun 2009.
  • Beberapa hewan predator penghuni hutan Amazon adalah Jaguar, Anaconda, Caiman, dan Golden Poison Dart Frog yang kecil tapi mematikan.
  • Keragaman jenis hewan penghuni Amazon sangat banyak. Mulai dari yang kecil hingga yang berukuran besar, yang kelihatan imut-imut hingga yang terlihat aneh, pendiam hingga berisik, dan yang paling berbahaya hingga yang tidak berbahaya sama sekali.
  • Spesies ikan penghuni sungai Amazon sangat banyak jenisnya. Ada sekitar 3.000 spesies ikan mulai dari yang imut hingga yang menyeramkan. Sebagai penghuni sungai Amazon yang aneh-aneh dan bahkan misterius dan mematikan, sungai Amazon dianggap sebagai sungai yang paling ditakuti di dunia. Jarang orang berani berenang di sungai Amazon. Kalau ada yang berani juga dianggap sebagai orang nekat yang berani mati.
  • Spesies burung penghuni hutan Amazon lebih dari 1.300 macam. Dan beberapa diantaranya paling menarik perhatian orang-orang pecinta burung di dunia.
  • Sungai Amazon adalah rumah bagi lumba-lumba cantik berwarna Pink, juga dikenal sebagai Amazon River Dolphin. Dengan panjang lebih dari 1,8 meter menjadikan lumba-lumba cantik ini sebagai salah satu lumba-lumba air tawar terbesar di dunia.
  • Berbagai tumbuhan dan pohon membantu hewan hutan Amazon bertahan hidup. Selain itu, peran ttumbuh-tumbuhan yang ada di hutan Amazon disebut sebagai paru-paru dunia.

Fakta Hewan Hutan Amazon yang Terancam Punah

  • Yang mengherankan adalah, ada sekitar 35 spesies hewan hutan Amazon punah setiap hari. Sekaligus menjadi sesuatu yang disayangkan karena semakin banyak spesies yang terancam punah di paru-paru dunia ini. Beberapa hewan hutan Amazon yang saat ini terancam punah adalah jaguar, gorilla, katak racun panah, burung macaw hyacinth, Golden Lion Tamarin, dan kungkang.
  • Beberapa alasan penurunan populasi hewan penghuni hutan Amazon adalah penggundulan hutan, perburuan ilegal, perubahan lingkungan (seperti pemanasan global), dan penangkapan ikan yang berlebihan (baik legal maupun ilegal).
  • Banyak hewan penghuni hutan Amazon menghadapi ancaman penangkapan ilegal untuk diperdagangan sebagai hewan peliharaan. Contohnya adalah burung Scarlet Macaw, yang merupakan merupakan salah satu burung tercantik dan terpintar yang bisa bicara.
  • Diperkirakan sekitar 20% hutan hujan Amazon telah rusak karena pengundulan hutan sejak tahun 1960-an. Jika aktifitas ini terus berlanjut, diperkiraan bahwa sisa hutan ini yang tinggal setengahnya akan lenyap tujuh belas tahun ke depan. Ini berarti akhir dari habitat asli spesies yang tak terhitung jumlahnya dan penurunan jumlah spesies hewan yang drastis.
  • Bukan hanya manusia yang menjadi ancaman penghuni Amazon, tetapi juga faktor lingkungan seperti penurunan curah hujan dan pemanasan global yang berdampak negatif pada hewan.

Fakta Menarik Mengenai Sungai Amazon

  • Sungai Amazon adalah sungai terpanjang di dunia dengan panjang 6.992 kilometer dan dihuni oleh beribu spesies hewan air tawar. Beberapa speses penghuni sungai Amazon terkenal mematikan, termasuk anaconda dan aligator berukuran raksasa.
  • 15 juta tahun lalu, air sungai Amazon mengalir ke arah yang berlawanan dari arah sekarang.
  • Tidak ada satupun jembatan dibuat untuk menyeberangi Amazon. Mungkin karena daerah ini penuh dengan berbagai hewan yang berbahaya dan hutannya sangat lebat.
  • Sungai Amazon adalah satu-satunya rumah bagi lumba-lumba berwarna pink.
  • 20 persen air tawar yang berada di bumi terdapad di sungai Amazon.
  • Beberapa tahun lalu, para peneliti Brasil menemukan bahwa ada sungai lain 4 km di bawah sepanjang jalur sungai Amazon. Dan lebarnya diduga ratusan kali lebih lebar dari sungai Amazon.
  • Sungai Amazon membanjiri hutan Amazon sepanjang tahun.
  • Sungai Amazon dan hutannya kaya akan nutrisi yang sangat dibutuhkan di Afrika.
  • Selain Anaconda, predator terbesar dan paling ditakuti di Sungai Amazon adalah buaya Black Caiman.
  • Hewan yang paling tidak masuk akal yang bisa hidup di Sungai Amazon adalah hiu banteng yang biasanya hidup di air asin atau laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *