9 Cerita Hantu Terseram di Dunia yang Dikutip dari Kisah Nyata

Berbagai cerita hantu yang diangkat dari kisah nyata membuat banyak orang jadi penasaran. Mulai cerita horor sekitar 3.200 tahun lalu yang dituliskan di atas pecahan tembikar hingga video amatir di YouTube mengenai aktivitas berburu hantu. Kisah atau sejarah, foto dan rekaman video penampakan hantu, setan, jin dan goblin, sering didokumentasikan mulai dari zaman kuno hingga saat ini. Dan faktanya, banyak cerita hantu populer dunia memiliki kemiripan kisah antara yang satu dengan yang lainnya.

Cerita hantu atau pernyataan mengenai mahluk halus yang tidak kasat mata seperti hewan yang bisa melihat hantu, aktivitas paranormal ataupun peristiwa penampakan roh tidak didukung oleh ilmu pengetahuan. Bahkan kemampuan indigo pun tidak bisa dibuktikan secara sains. Akan tetapi, banyak cerita hantu yang masih bertahan sepanjang sejarah dan sampai saat ini masih membuat orang-orang penasaran dan bertanya-tanya. Apakah cerita hantu nyata atau hanya mitos? Tentu masing-masing kita punya kesimpulan tersendiri mengenai kisah horor yang pernah diceritakan orang-orang. Inilah beberapa cerita hantu terseram yang paling populer sepanjang sejarah.

Penampakan Hantu di Hutan Aokigahara

Hutan angker di jepang yang menajdi tempat bunuh diri.
Sumber gambar: Atlas Obscura

Di Hutan Aokigahara yang terletak di kaki Gunung Fuji, Jepang, tiak jarang ditemukan mayat korban bunuh diri selama dua dekade terakhir. Hutan ini menjadi tempat populer bagi warga Jepang yang punya masalah hidup lalu memutuskan untuk mengakhiri hidup mereka dengan cara bunuh diri. Jika kamu telusuri lebih dalam di internet mengenai hutan engker ini, kamu akan menemukan begitu banyaknya foto-foto mayat bergantungan atau tulang-belulang orang-orang yang mengakhiri hidupnya sendiri di Hutan Aokigahara. Merupakan pemandangan yang mengerikan sekaligus mengundang rasa penasaran bagi orang-orang yang haus sensasi horor dan para pemburu hantu.

Saat ini ada tanda-tanda peringatan di hutan tersebut untuk melarang orang agar tidak mengakhiri hidup mereka dan menyarankan untuk mencari bantuan. Dengan begitu banyaknya jumlah kasus bunuh diri yang telah terjadi di hutan tersebut, akhirnya banyak juga cerita hantu Hutan Aokigahara. Termasuk beberapa dokumentasi video yang bisa kamu lihat di YouTube, yang diduga merupakan fenomena penampakan hantu orang yang dulunya meninggal di sana.

Hantu Pria Tua yang Dirantai di Athena Kuno

Sumber gambar: Nick Pavlakis, Shutterstock.com

Senator Romawi bernama Pliny the Younger yang wafat pada tahun 113 M, menceritakan cerita hantu nyata yang sangat menakutkan dan masih bertahan hingga saat ini. Di Athena ada sebuah rumah besar dan luas yang memiliki nama kurang bagus. Sehingga, tak seorangpun bisa tinggal di rumah tersebut. Di tengah malam, sering terdengar suara mirip benturan besi. Jika suara tersebut didengarkan dengan seksama, terdengar seperti suara derak rantai. Jika kamu mengikuti sumber suara derak rantai tersebut, kamu akan mengarah ke sosok hantu berwujud lelaki tua dengan penampilan yang sangat kurus dan jorok, jenggotnya yang panjang dan rambutnya acak-acakan. Sesosok hantu yang sedang mengacak-acak rantai yang terikat di kaki dan tangannya.

Loading...

Sebenarnya tidak perlu dibahas bahwa rumah angker tersebut sudah ditinggalkan pemiliknya dan ditawarkan atau disewakan dengan harga murah. Ketika seorang filsuf bernama Athenodorus mendengar bahwa rumah tersebut disewakan dengan harga murah, ia langsung menyewa rumah angker yang besar dan luas tersebut. Dan setelah tinggal di situ, dia berhadapan dengan hantu berwujut pria tua penunggu rumah tersebut. Hantu tersebut muncul dan dengan diiringi suara derak rantai, lalu menghilang. Dengan tenang Athenodorus menandai area di mana hantu tersebut menghilang. Kemudian keesokan paginya, dia meminta agar area yang ditandai tersebut digali.

Berdasarkan dari penjelasan yang diterjemahan dari buku yang menceritakan kisah Pliny the Younger, The Harvard Classics, 1909-1914, itulah alasan penggalian tersebut dilakukan, dan alhasil ditemukanlah kerangka seorang pria di sana. Setelah jasad tersebut terbaring dalam waktu yang cukup lama di dalam tanah, tubuhnya membusuk dan berbekas ikatan rantai. Setelah jasadnya diberi penguburan yang layak, hantu tersebut pergi dan rumah seram tersebut tidak dihantui lagi.

Hantu Tu-Po

Kisah hantu nyata berwujud Tu-Po yang membunuh kaisar Hsuan dengan anak panah di depan sekumpulan bangsawan feodal.
(Sumber Gambar: Public Domain, Wikipedia)

Tu-po adalah hantu Tiongkok kuno yang menyimpan dendam di benaknya. Sebelum meninggal, Tu-Po menjabat sebagai menteri Kaisar Cina, Hsuan (hidup tahun 827-783 SM). Hsuan dan Tu-Po memiliki perselisihan, dan akhirnya Hsuan membunuh Tu-Po sekitar tahun 786 SM. Sebelum dibunuh, Tu-Po memberi peringatan bahwa dia akan kembali untuk menghantui Hsuan.

Berdasarkan tulisan yang ditulis oleh filsuf Cina bernama Mo Tzu (hidup tahun 470-391 SM, setelah selama tiga tahun dihantui oleh Tu-Po, pada 783 SM, Hsuan terbunuh dengan anak panah yang ditembakkan oleh penampakan hantu mirip Tu-Po di depan sekumpulan bangsawan feodal. (Diterjemahkan oleh Yi-Pao Mei dari buku “The Complete Book of Ghosts” oleh Paul Roland.) Tentu peristiwa penambapakan hantu di depan para bangsawan tersebut merupakan kejadian langka yang sangat mengerikan.

Hantu Penunggu Menara London

Menara London menyimpan cerita hantu yang paling seram di Inggris.
The Tower of London, Inggris

Banyak kastil di Inggris merupakan sumber-sumber cerita hantu yang melegenda sampai sekarang. Diantara semua cerita hantu kastil di Inggris, Menara London lah yang paling angker. Menara tersebut berusia sekitar 900+ tahun dan terkabar bahwa disanay banyak hantu. Dan berdasarkan pengakuan pejabat menara tersebut, Queen’s House (Rumah Ratu) merupakan salah satu lokasi yang paling angker di area tersebut.

Salah satu penunggu di Queen’s House adalah hantu Arabella Stuart, sepupu Raja James I. Arabella. Arabella Stuart membuat kesalahan dengan menikah dengan seseorang yang tidak diinginkan oleh raja dan kemudian dia dikirim ke menara untuk dihukum. Menurut cerita hantu tersebut, dia masih menjalani masa hukumannya.

Ada juga kisah seram lain dari Menara London, yaitu beruang hantu yang kabarnya menghantui satu area di Menara London. Area tersebut adalah Menara Martin. Seorang penjaga yang melihat beruang hantu tersebut jatuh mati karena syok. Menara London dulunya pernah difungsikan sebagai kebun binatang dan menampung berbagai jenis binatang, termasuk beruang.

Cerita Hantu dari Mesir Tahun 1200 SM

(Sumber gambar: Jose Ignacio Soto, Shutterstock.com)

Pada tahun 1915, seorang ahli Mesir Kuno bernama Gaston Maspero menerbitkan sebuah cerita hantu Mesir Kuno yang terjemahan dari tulisan aslinya yang berbahasa Mesir yang mungkin dikutip dari kota Luxor (Thebes kuno, terlihat di foto di atas) yang ditemukan di empat potong tembikar. Dalam cerita horor tersebut, hantu yang terlihat seperti mumi pria memberitahukan kondisinya saat ini kepada seorang imam besar pemuja dewa Amun.

Hantu tersebut berkata; “Aku tumbuh, dan aku tidak melihat sinar matahari. Aku tidak menghirup udara, tetapi kegelapan ada di hadapanku setiap hari dan tidak ada yang datang untuk mencariku.”(Terjemahan dari versi English-nya yang ditulis oleh Maspero yang menerjemahkan langsung dari bahasa Mesir).

Maspero, seorang ahli Mesir Kuno ternama asal Prancis, menyimpulkan bahwa hantu tersebut tampaknya mengeluh atas kecelakaan yang menimpa dirinya atau makamnya. Tetapi Maspero tidak bisa memahami apa yang menjadi subjek ketidakpuasannya.

Orang Mesir Kuno sangat percaya bahwa ada kehidupan setelah kematian, dan menciptakan serangkaian mantra yang disebut dengan “Kitab Orang Mati” yang dipercayai dapat membantu mereka mencapai akhirat.

Fenomena Hantu Pemandian yang Ditembok

Tempat mandi yang ditembok, Yunani.
Sumber gambar: Philipp Pilhofer, CC Attribution-ShareAlike 3.0 Unported)

Seorang penulis bernama Plutarch yang hidup dari tahun 45 hingga 120 M, menceritakan cerita hantu nyata akhir kisahnya jauh lebih sedih dibandingkan dengan kisah horor yang dari Athena. Berdasarkan sejarah dari kota Chaeronea, Yunani, ada seorang anak lelaki bernama Damon yang menarik perhatian seorang komandan militer Romawi. Komandan militer tersebut sepertinya mencintai Damon. Damon menolak cumbu-rayu komandan tersebut dan membuatnya jadi marah.

Mengetahui bahwa dirinya akan dibunuh jika dia tidak merespon bujuk rayu komandan tersebut, Damon akhirnya mengumpulkan sekelompok temannya, menyergap komandan Romawi tersebut (beserta beberapa tentara Romawi) dan membunuh mereka. Dewan kota Chaeronea mengutuk perbuatan Damon dan teman-temannya tersebut dan ingin menghukum mereka sampai mati. Setelah mendapat kabar tersebut, Damon yang belum sempat terbunuh malah membunuh dewan tersebut.

Damon dan teman-temannya kemudian pergi ke pedesaan dan menjarah di sana. Akhirnya penduduk kota mengizinkan Damon untuk kembali pulang, tetapi tak lama kemudian dia terbunuh di pemandian setempat.

Berdasarkan pernyataan yang ditulis oleh Plutarch dari buku di perpustakaan Loeb Classical Library, 1914; dalam kurun waktu yang cukup lama setelah persitiwa tersebut, hantu-hantu mulai bermunculan di pemandian tempat tewasnya Damon. Sering terdengar suara erangan di sana. Seperti yang pernah disaksikan para leluhur orang-orang setempat, bak pemandian uap tersebut akhirnya ditembok (ditutup), dan hingga saat ini, warga setempat yakin bahwa pemandian tersebut adalah sumber penampakan hantu dan suara-suara erangan yang mengerikan selama ini mereka dengar.

Brown Lady dari Raynham Hall

Sumber gambar: Hubert Provand, dipublikasikan di Country Life Magazine pada tahun 1936, diambil dari situs Wikimedia.

Pada tahun 1936, seorang fotografer memotret ruangan bangunan bersejarah bernama Raynham Hall yang berusia 300+ tahun di Norfolk, Inggris. Saat memotret tangga, ada penampakan hantu yang melayang menuruni tangga. Foto tersebut adalah salah satu foto hantu paling terkenal yang pernah diambil sepanjang sejarah. Akan tetapi beberapa ahli berpendapat bahwa fenomena tersebut terjadi disebabkan oleh paparan ganda (double exposure).

Bangunan tersebut merupakan rumah bangsawan Inggris yang meliputi area seluas 2833 hektar, memiliki cerita hantu yang kisahnya panjang. BBC mencatat bahwa hantu tersebut mungkin arwah gentayangan Lady Dorothy Townshend, istri viscount kedua. Wanita tersebut meninggal pada 1726, diduga karena cacar dan tepatnya setelah berselingkuh. Yang mana suaminya, Lord Townshend, sudah mengetahui perselingkuhan istrinya sebelum meninggal dunia. Arwah wanita istrinya tersebut dikatakan masih bergentayangan di rumah tersebut dengan mengenakan pakaian berwarna coklat.

Eksorsisme Roland Doe

Pada tahun 1949, terkabar bahwa seorang bocah laki-laki dari Cottage City, Maryland, yang disebut sebagai “Roland Doe” (bukan nama sebenarnya), harus mengalami eksorsisme (pengusiran setan) yang dilakukan oleh sekelompok imam Katolik Roma.

Ada laporan yang saling bertentangan mengenai dugaan kekuatan Roland: Beberapa cerita mengatakan bahwa Roland memiliki kekuatan gaib, dapat berbicara dalam bahasa kuno yang tidak diketahui oleh bocah tersebut dan dapat melayang di atas kasur tempat ia berbaring.

Sejak 1949, para penyelidik mempertanyakan banyak dari pernyataan tersebut, memberikan bukti bahwa Roland adalah seorang anak laki-laki yang memiliki masalah psikologis, benci bersekolah dan memiliki kemampuan supranatural. Oleh karena itu, pengusiran setan pun dilakukan terhadap anak tersebut. Peristiwa Roland Doe mengilhami sebuah novel yang terbit pada tahun 1971 berjudul “The Exorcist” oleh William Peter Blatty. Dan kemudian cerita novel tersebut menginspirasi film 1973 yang terkenal sempat populer.

Hantu Fotogenik – Skeleton

Hantu yang pernah tampak di Istana Hampton Court di Surrey dijuluki sebagai skeleton.
Sumber gambar: GhostWatching, YouTube

Istana Hampton Court di Surrey, Inggris, memiliki cerita hantu fotogenik, cerita hantu nyata adanya, yang mungkin kamu juga pernah melihat videonya jika kamu sedang menonton berita pada tahun 2003. Video tersebut juga masih viral hingga sekarang dan masih membuat orang penasaran. Video tersebut adalah hasi rekaman CCTV yang menangkap pergerakan sesosok tengkorak berjubah hitam pucat seperti pakaian yang sudah berusia berabad-abad. Hantu tersebut terlihat menutup pintu yang terbuka lebar. Hantu yang dijuluki “skeleton” tersebut menarik banyak perhatian media.

Berdasarkan postingan yang ditulis para pegawai di situs Hampton Court Palace hrp.org.uk, bukan hanya staf keamanan yang mengira bahwa mereka melihat hal ganjil. Seorang pengunjung yang menulis buku tamu istana pada hari ketika hantu muncul di kamera CCTV bahwa tamu tersebut juga berpikiran bahwa dirinya telah melihat hantu di daerah tersebut.

Skeletor bukanlah satu-satunya hantu penunggu Hampton Court Palace. Ada juga dugaan hantu Catherine Howard, salah satu istri Henry VIII yang dipenjara di sana dan diseret ke kamarnya sambil berteriak di sepanjang jalan. Area yang dihantuinya sekarang disebut dengan “screaming gallery” (ruangan berteriak).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *