Cara Upload Foto ke Instagram Lewat PC atau Laptop

Instagram adalah salah satu media sosial terpopuler saat ini yang bisa digunakan siapa saja untuk mengikuti stori teman, artis, perusahaan atau organisasi. Setiap pengguna juga bisa memposting foto atau video di akun Instagram masing-masing. Bahkan pekerjaan posting Instagram juga tidak hanya untuk sekedar selfie biasa. Karena faktanya banyak juga akun Instagram yang dijadikan media untuk berpromosi yang membutuhkan pengerjaan konten grafis di PC. Tetapi hal yang paling mengecewakan dari Instagram adalah sangat susahnya untuk upload foto ke Instagram lewat PC. Yang belum tau caranya mungkin mengira tidak ada cara untuk upload gambar ke Instagram dari komputer.

Sering kita butuh edit foto atau video di PC sebelum di upload ke Instagram agar pengerjaannya lebih cepat. Kalau setelah selesai edit harus memindahkannya lagi ke hp agar bisa di upload ke Instagram, pengerjaannya malah jadi kuran praktis. Apalagi jika kamu adalah seorang Social Media Manager yang sibuk memikirkan cara menambah jumlah follower Instagram, bisa repot jika harus kerja menggunakan hp.

Untungnya ada beberapa cara untuk upload foto dan video kamu ke Instagram dari laptop atau PC desktop tanpa mengandalkan aplikasi dari pihak ketiga. Pekerjaan edit + upload pun bisa jadi lebih praktis dan lancar. Langsung saja kita simak satu per satu caranya.

1. Menggunakan Mode Pengembang Browser Komputer

Cara terbaik untuk mengupload foto ke Instagram pada PC adalah menggunakan mode pengembang (developer mode) browser yang kamu gunakan. Ini adalah cara yang disarankan karena mudah dilakukan dan tidak perlu download aplikasi pembantu.

Pertama-tama, log-in ke akun Instagram kamu di browser komputer. Lalu masuk ke mode pengembang browser kamu. Jika kamu menggunakan browser Google Chrome, tekan F12 pada keyboard atau gunakan shortcut Ctrl+Shift+Del untuk masuk ke developer mode. Atau, bisa juga dengan meng-klik ikon menu yang bergambar tiga titik → More Tools → Developer Tools.

Loading...

Cara Upload Foto ke Instagram Lewat Chrome di PC

Mungkin kamu tidak menggunakan browser Chrome. Pada browser Firefox, kamu juga bisa mengakses opsi mode pengembang-nya dengan mengklik ikon menu bergambar tiga garis di sisi kanan → Web Developer → Toggle Tools.

Pengguna Firefox harus mengklik ikon yang terlihat seperti gambar hamburger pada sisi kanan di panel yang terbuka (dekan tombol X yang biasa digunakan untuk menutup browser).

Cara Upload Foto ke Instagram Lewat Firefox di Laptop

Untuk pengguna browser Opera versi PC, bisa mengaktifkan mode developer melalui Menu → Developer → Developer Tools. Bagi pengguna Microsoft Edge, aktifkan mode developer dengan menekan tombol F12 pada keyboard. Untuk lebih jelas, lihat screenshot di bawah ini.

Cara Upload Foto ke Instagram Lewat Browser Edge di Windows

Kemudian pilih emulation dari tanda panah yang mengarah ke bawah. Setelah itu, ganti kategori device ke mode Lumia.

Setelah kamu aktifkan mode pengembang, jendela browser kamu akan terformat untuk perangkat mobile. Selanjutnya, situs Instagram yang kamu buka di browser komputer seharusnya berfungsi seperi versi aplikasi mobile-nya. Di situ kamu juga akan melihat tanda plus beserta tombol home, kolom pencarian, aktivitu dan ikon profil di bagian bawah halaman web Instagram.

Klik tanda plus dan kemudian jendela file explorer akan muncul. Pada jendela tersebut kamu bisa memilih file gambar atau video dari PC untuk diupload ke akun Instagram kamu. Kamu mungkin tidak akan selalu melihat tanda plus dan ikon-ikon lain setelah masuk ke mode developer. Jika demikian, reload halaman Instagram dan biasanya tanda plus akan muncul kembali. Masih tidak melihat tanda plus? Kamu bisa mencoba menggandi user-agent kamu dari “responsive” ke mode ponsel lain. Opsi ini bisa kamu lihat diatas halaman Instagram tapi dibawah kolom alamat URL pada browser.

2. Menggunakan Emulator Android – BlueStacks

Cara lain untuk mengupload foto ke instagram dari PC adalah menggunakan emulator Android. Salah satu emulator Android terbaik yang paling disarankan adalah BlueStacks. Karena emulator ini bisa dibilang sudah dipercanggih berkat dukungan dana yang sehat dan bisa diseting untuk membawa versi Android terkini dan versi mesin smartphone kelas atas.

Emulator Android adalah program yang memungkinkan pengguna komputer menjalankan aplikasi Android di PC. Jadi yang dengan menggunakan software ini, kita bisa menjalankan aplikasi Instagram untuk Android di desktop atau laptop.

BlueStacks 4 adalah emulator Android paling terkenal dab bisa dibilang paling canggih. Jadi jika sistem komputer kamu memenuhi syarat, sangat disarankan untuk menginstal emulator ini di PC kamu. Karena sekarang sangat banyak aplikasi Android yang diperlukan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Misalnya main game Android di PC, membuat tulisan cantik dengan bantuan aplikasi Android, keperluan untuk mengetik cepat saat berinteraksi pada aplikasi perpesanan, dan lain-lain.

Setelah kamu menginstal BlueStack di PC atau laptop kamu, kamu bisa menginstal aplikasi Instagram ke PC kamu dengan mudah. Karena BlueStacks memiliki akses langsung ke Play Store. Sehingga memungkinkan kamu untuk menginstal Instagram dan aplikasi Android lain seolah-olah kamu sedang menggunakan ponsel Android.

Cara membuka aplikasi Android Instagram di PC.

Jika aplikasi Instagram sudah terinstal di BlueStack kamu, masukkan detil login kamu. Dari sini, kamu sudah bisa upload foto ke Instagram dari PC kamu dengan file explorer Windows.

3. Upload Foto ke Instagram Lewat PC Pakai Aplikasi IG Windows 10

Instagram juga memiliki aplikasi untuk Windows 10 yang bisa didapatkan melalui Windows Store, dan sepertinya aplikasi ini terlihat cukup solid pada pandangan pertama. Tetapi pengguna yang masih menggunakan PC atau laptop lama akan kecewa karena fungsi unggahan sama sekali tidak dalam aplikasi ini.

Sangat disayangkan bahwa perusahaan milik Facebook ini membatasi fitur upload foto Instagram hanya untuk perangkat Windows 10 yang mendukung layar sentuh. Misalnya tablet dan laptop convertible bermesin Windows 10. Untuk layar PC biasa fitur upload Instagram disembunyikan. Memang kedengarannya konyol, karena faktanya sampai saat ini banyak orang yang menyimpan foto-foto mereka ke PC karena mengedit foto di layar yang lebih besar lebih leluasa dan lebih cepat.

Memang fitur upload tidak hilang sama sekali pada komputer Windows yang menggunakan monitor PC biasa. Kamu masih bisa menemukan dan menggunakan fitur upload pada aplikasi Instagram Windows (terlepas dari jenis layar). Gunakan fitur search Windows untuk mencari aplikasi Instagram di bilah pencarian Windows 10 di sebelah tombol Start/Logo Windows. Kemudian, cari Instagram dan kamu akan melihat ada beberapa pintasan aplikasi muncul. Pilih new post (posting baru) untuk membuka pemilih file yang sangat sederhana. Cara ini tidak mengaktifkan file explorer Windows. Melainkan hanya melayani beberapa folder, misalnya Downloads, Saved Pictures, Camera Roll dan Pictures. Walaupun demikian, masih mendingan daripada tidak bisa upload sama sekali.

Cara Upload Foto ke Instagram Lewat WIndows 10

Tidak melihat fitur new post saat mencari Instagram di bilah pencarian Windows? Klik kanan pada aplikasi Instagram Windows dan pilih pin to taskbar untuk menyematkannya ke taskbar. Lalu, klik kanan ikon Instagram pad ataskbar tersebut dan disitu kamu bisa melihat fitur new post untuk upload foto Instagram lewat PC kamu. Klik new post dan kamu akan melihat pemilih file yang memungkinkan kamu untuk upload foto Instagram dari PC.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *