Cara Rooting Andorid dengan Mudah Menggunakan Aplikasi

Cara rooting Adroid menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Apa itu root? Mungkin bagi sebagian orang masih asing dengar kata ini. Nah, pada pembahasan kali ini akan coba menjelaskan pertanyaan-pertanyaan yang mungkin belum kamu ketahui tentang apa itu rooting dan bagaimana cara rooting Android.

Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini, beberapa bahasa tidak kita ketahui. Seperti kita memiliki ponsel, namun kita menemukan bahwa ponsel kita bisa dilakukan rooting, namun kita tidak memahami apa itu rooting yang sebenarnya.

Seperti yang telah kita tahu bahwa android merupakan sistem operasi yang dibuat oleh Google. OS ini berlisensi Open Source, yang artinya siapa saja boleh dan bebsa memodifikasi OS Android yang digunakan.

Akan tetapi, meskipun kita bisa mengutak-atiknya, kita tidak dapat langsung mengutak-atik OS Android pada Hp Android yang kita beli. Karena untuk bisa sampat pada proses rooting Android, kita terlebih dahulu harus memiliki hak akses atau sebutannya Super User yang disebut dengan istilah Root.

Sekarang ini hampir semua vendor HP Android dengan sengaja mengunci botloader sehingga para penggunanya tidak dapat mengutak-atik ataupun memodifikasi dari sistem HP Android tersebut. Tindakan vendor juga sangat baik, karena agar sistem HP Android penggunannya tetap aman dan berlangsung dengan normal tidak ada kendala apa-apa.

Loading...

Cara Rooting Android Langsung di Hp

Untuk itu, proses rooting ini juga terbilang bagus untuk Andorid kamu. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba rooting Android milik kamu. Maka kamu bisa ikuti cara yang akan kami ulas berikut ini.

1. Rooting Hape Android Menggunakan Aplikasi KingRoot

Cara rooting Android menggunakan KingRoot.

Yang pertama, kamu bisa rooting Android milik kamu dengan menggunakan aplikasi Kingroot. Nah, apa kamu sudah pernah dengar nama aplikasi ini? Kingroot ini dinilai sebagai aplikasi rooting Andorid terbaik saat ini lho. Tidak heran jika penggunanya sudah abnyak, bisa dilihat dari jumlah yang sudah mendownload aplikasi rooting Android Kingroot ini di Playstore. Kingroot juga telah mendukung proses root lebih dari 100.000 tipe smartphone berbasis Android.

Tahapan pertama yang harus kamu lakukan untuk rooting Andorid kamu adalah dengan mendownload terlebih dahulu aplikasi root terbaik Kingroot yang ada di Playstore, atau kamu juga bisa download secara langsung di website Kingroot. Setelah mengunduh aplikasinya, kamu bisa langsung memasang atau menginstalnya di hp Android kamu. Instalasinya sama seperti menginstal apps lain yang biasa diinstal di Android.

Setelah itu kamu bisa buka aplikasi Kingroot yang sudah terpasang, kemudian model hape kamu secara otomatis di-scan. Jika hape Android kamu kompatibel, maka kamu bisa langsung dapat rooting hp Android milik kamu.

2. Rooting Android Tanpa PC Menggunakan FramaRoot

Cara rooting Android menggunakan FramaRoot

Nah yang kedua ini ada aplikasi rooting Android yang bernama Frama Root. Aplikasi ini tidak jauh beda dari KingRoot. Dalam aplikasi ini jika kamu gagal me-root hape android kamu dengan KingRoot, maka kamu bisa langsung coba cara kedua dengan menggunakan aplikasi FramaRoot. FramaRoot juga telah banyak di download oleh penggunanya.

Agar kamu bisa menggunakan aplikasi rooting ini tidak jauh berbeda seperti menggunakan aplikasi rooting lain. Untuh FramaRoot terlebih dahulu dari situs resminya lalu instal di hp Android kamu. Setelah terinstal, kamu dapat langsung membuka aplikasi rooting FramaRoot tersebut.

Berikut langkah-langkah cara rooting Android tanpa PC dengan FramaRoot :

  1. Buka terlebih dahulu aplikasi FramaRoot, setelah itu kamu akan melihat opsi Select an action to execute after root menggunakan salah satu dari dua opsi yang tersedia, antara lain; Superuser atau SuperSU. Kedua opsi root tersebut sama saja. Pilih satu diantaranya.
  2. Lalu klik opsi Gandalf atau Aragorn yang fungsinya juga sama.
  3. Setelah itu, hape android kamu akan melakukan rooting dengan sendirinya. Kamu bisa tunggu beberapa saat. Karena untuk tiap tipe Android ini berbeda-beda waktu rootingnya.
  4. Nah selesai deh, hape Android kamu telah selesai melakukan rooting pada hape Android kamu.

3. KingoRoot

Rooing Android menggunakan KingoRoot.

Cara ketiga ini kamu bisa gunakan aplikasi rooting Android lainnya yaitu KingoRoot. Aplikasi ini terbilang lebih gampang dari aplikasi sebelumnya. Karena proses rootnya juga lebih mudah.

  1. Caranya kamu download terlebih dahulu aplikasi KingoRoot ini di website resmi KingoRoot
  2. Lalu klik One Click Root maka otomatis hape Android kamu akan melakukan rooting. Tunggu beberapa saat hingga hp Android kamu telah berhasil ter-root.

Itulah tadi cara rooting HP Android yang bisa langsung kamu aplikasikan di Hp android kamu dengan menggunakan aplikasi rooting. Walaupun langkahnya mudah, kamu mesti siap menerima semua kemungkinan yang akan terjadi pada hape android kamu jika rootnya berhasil dilakukan. Ada juga kemungkinan gagal dan jika demikian, hape Andoid kamu tidak bisa berfungsi lagi seperti biasa. Mau tidak mau harus di instal ulang agar bisa berfungsi lagi.

Kenapa kamu perlu mengetahui cara rooting langsung di hape android? Karena rooting langsung di HP biasanya lebih simple bagi beberapa pengguna Android. Namun tahukah kamu kalau rooting Android di PC sebenarnya jauh lebih aman dan kemungkinan berhasinya juga lebih tinggi ketimbang melakukan rooting di HP Android langsung. Kamu bisa rooting hape Android kamu dengan menggunakan salah satu dari sekian banyak software root PC yang bisa kamu dapatkan di internet.

Alternatif Lain untuk Rooting Android

Nah berikut ini juga ada alternatif lain untuk rooting HP Andorid. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Mengaktifkan Fitur USB Debugging

Kamu bisa mengaktifkan USB Debugging, adapun kegunaan USB debugging ini yaitu untuk membuat koneksi antara hape android dengan komputer. Untuk menghidupkan fitur USB Debugging, akses menu Settinsg pada HP Android kamu, cari opsi About phone, pada opsi About Phone cari opsi Build Number lalu klik sampai terlihat pemberitahuan yang mengatakan You are now a developer.

Setelah itu kamu bisa kembali ke menu Settings lalu pilih menu Developers Options atau Opsi Pengembang. Cari opsi mode Debugging USB, setelah itu centang pada opsi tersebut. Sesudah itu, buka lagi menu Settings dan temukan pengaturan Security. Di menu Security ini kamu bisa melihat opsi Unknown Source, centang opsi ini.

2. Rooting Android Menggunakan Software di PC

Selanjutnya kamu bisa lakukan rooting di hape Andorid dengan aplikasi yang ada di komputer. Caranya, sambungkan hape Android kamu ke PC menggunakan kabel USB. Setelah itu kamu download aplikasi rooting Android. Ada berbagai macam software rooting HP android untuk PC yang dapat kamu download di Internet. Aplikasi tersebut adalah Root Genius, iRoot, MobileGO, KingoRoot, OneClickRoot dan software-software sejenis lainnya.

Cara melakukannya kurang lebih persis seperti cara menggunakan apps rooting di Android. Terlebih dahulu unduh softwarenya ke PC dan instal seperti biasanya kamu menginstal software PC. Kemudian kamu bisa langsung menjalankan rooting pada hape Andorid kamu.

Demikianlah informasi cara rooting Android bagi kamu yang ingin meroot hape Android. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *