Wongunik.com

Buat hari-harimu lebih bermakna!

Cara Restore Data iPhone dari Backup di Akun iTunes

Banyak alasan yang bisa membuat data iPhone hilang, termasuk. Misalnya karena perbaikan yang mengharuskan data untuk di hapus dari ponsel. Ada juga yang dikarenakan secara tidak sengaja data iPhone terhapus, lupa password iPhone atau file-file nya rusak yang disebut juga dengan corrupted.

Kehilangan data iPhone bukanlah hal yang menyenangkan. Sementara mengembalikan data iPhone dari backup adalah tugas yang cukup simpel dan setelahnya iPhone kamu bisa aktif kembali dengan datanya dalam waktu singkat.

Setiap kali menyinkronkan iPhone secara otomatis untuk membackup data, pengaturan dan informasi penting lainnya bisa juga dicadangkan di komputer. Namun, jika situasinya harus memulihkan data iPhone, yang perlu dilakukan adalah mengunduh kembali data cadangan tersebut ke iPhone dan sistemnya akan berjalan kembali sebagaimana mestinya. Tapi sebelum merestore data iPhone dari iTunes, pastikan sebelumnya kamu sudah pernah membackup data iPhone kamu ke iTunes.

Tahap Awal Restore iPhone dari iTunes

Untuk mulai merestore atau memulihkan data iPhone dari cadangan di iTunes, sambungkan ponsel tersebut ke komputer. Biasanya ponsel iPhone akan ter sinkron ke data cadangan. Pastikan kamu pernah membackup data iPhone kamu ke komputer yang menympan data cadangan. iPhone juga bisa disinkronkan ke lebih dari satu komputer asalkan komputer tersebut memiliki cadangan datanya.Dan tinggal pilih komputer yang menyimpan data cadangan yang kamu inginkan.

Di tengah layar komputer akan terlihat jendela manajemen iPhone. Dari situ kamu melihat tombol Restore (Pulihkan). Tekan tombol tersebut.

Loading...

Setelah menekan tombol Restore, iTunes akan menunjukkan beberapa layar pengantar. Setelah itu, kamu harus menyetujui standar lisensi software iPhone. Setelah menyetujui, pilih Continue (Lanjutkan).

Masukkan ID dan Password Akun iTunes Kamu

Masukan ID dan password Apple kamu ke iTunes.

Kemudian kamu akan dimintai untuk memasukkan informasi ID Apple (alias akun iTunes) berikut password nya. Akun tersebut adalah yang sama yang kamu pakai saat membeli konten atau aplikasi dari iTunes Store atau juga akun yang yang kamu gunakan untuk mengaktifkan iPhone pada saat baru beli. Jadi, tidak perlu membuat akun iTunes baru.

Setelah itu kamu juga akan dimintai untuk mendaftarkan ponsel kamu. Disitu kamu perlu isi informasi yang diperlukan. Lalu, iTunes akan menawarkan uji coba gratis layanan Apple’s Mobile Me. Terima tawaran tersebut atau lewati saja, lalu tekan continue (lanjutkan).

Pilih Cadangan Mana yang akan Merestore iPhone Kamu

Memilih data cadangan yang ingin kamu restore ke iPhone.

Langkah berikutnya, iTunes akan menampilkan daftar cadangan data iPhone kamu yang bisa kamu restore ke iPhone. Biasanya hanya satu cadangan data, tetapi ada juga yang kadang tertera beberapa cadangan data. Nah, disitu kamu pilih cadangan data yang inngin kamu restore ke iPhone berdasarkan waktu backup yang paling baru. Atau mungkin disitu hanya ada satu-satunya cadangan data. Kemudian tekan Continue (lanjutkan).

Setelah data cadangan sudah dipilih, iTunes akan mulai memuat ulang data tersebut ke ponsel kamu. Prosesnya cukup cepat karena hanya mentransfer data dan pengaturan.

Setelah proses restore iPhone selesai, periksalah pengaturan di ponsel kamu dan di iTunes untuk mengetahui apa saja yang disinkronkan ke hape kamu. Walaupun fitur ini sebenarnya bagus, seringkali tidak ada pengaturan, sinkronisasi musik seperti podcast, pengaturan sinkronisasi email, dan konten lainnya.

Pilih Apakah Perlu Membagi Info Diagnostik

Tentukan pilihan apakah perlu membagi info diagnostik atau tidak.

Setelah tahap awal restore iPhone selesai, musik kamu belum disinkronkan ke ponsel. Oleh karena itu, iTunes akan bertanya apakah kamu ingin berbagi informasi diagnostik dengan Apple. Sebenarnya ini hanya pilihan opsional atau tidak harus dilakukan, meskipun informasi tersebut sangat berguna untuk membantu Apple meningkatkan produk-produknya di waktu yang akan datang. Jika kamu kawatir akan privasi ponsel kamu, kamu boleh menolak opsi ini. Karena fitur ini membagi berbagi data privasi kamu ke Apple mengenai bagaimana kamu menggunakan iPhone. Tentukan pilihan kamu dan lanjutkan.

Sinkronkan Musik dan Periksa Pengaturan

Mensinkronkan musik di iPhone kamu dan memulihkan pengaturannya.

Setelah semua konten dan aplikasi kamu tersinkron ke iPhone kamu, musik juga disinkronkan ke iPhone berdasarkan pengaturan backup yang kamu gunakan. Hal tersebut tergantung seberapa banyak lagu yang kamu sinkronkan. Proses ini bisa memakan waktu beberapa menit atau bahkan satu jam lebih. Saat musik selesai disinkronkan, kamu sudah berhasil merestore data iPhone kamu dari cadangan di iTunes.

Perlu diingan bahwa memeriksa pengaturan ponsel guna memastikan iPhone kamu dikonfigurasi sesuai dengan yang kamu sukai. Nah, ponsel kamu siap untuk digunakan seperti sebelum datanya terhapus atau dihapus.

2 thoughts on “Cara Restore Data iPhone dari Backup di Akun iTunes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *