Panduan Singkat – Cara Ngeprint dari HP atau Tablet Android Kamu

Tablet atau HP Android juga bisa digunakan untuk ngeprin langsung ke printer. Setiap pembaharuan versi Android semakin dilengkapi dengan berbagai fitur mulai dari hiburan seperti musik, video, gaming, hingga pengolahan dokumen.

Sangat mungkin di waktu yang akan datang OS Android akan bisa menjadi alternatif terbaik untuk komputer desktop setara Windows, Linux atau juga Mac. Baca juga; cara mengubah Android jadi seperti Windows. Nah, jika kamu sering menyimpan atau mengolah dokumen di HP Android kamu, kamu perlu mengetahui bagaimana cara mengeprin dari HP kamu.

Untuk ngeprin dari HP Android, kamu tidak harus memiliki printer yang mendukung Wi-Fi. Tapi dengan printer Wi-Fi, ngeprin dari HP atau tablet akan lebih cepat. Nah, disini kita akan menjabarkan cara ngeprin dari HP atau tablet Android dengan atau tanpa fitur Wi-Fi.

Google, yang adalah pemilik Android, telah membuat jalan pintas untuk menghubungkan printer kamu ke akun Chrome dan ponsel Android kamu. Sehingga, mencetak dokumen melalui HP atau tablet pun akan menjadi mudah.

Sebagian besar printer keluaran terbaru bisa digunakan untuk mencetak dokumen melalui Bluetooth, Wi-Fi, atau cara cepat lainnya. Tidak semua orang punya printer yang mendukung fitur-fitur tersebut. Dan ada juga pengguna Android yang menjalankannya melalui cloud. Di situlah kelebihan Google Cloud Print. Pertama, kamu perlu mendaftarkan printer kamu ke Google Cloud Print terlebih dahulu. Lalu, pastikan printer tersebut terhubung ke internet. Dengan fitur yang satu ini, kamu bisa mengoperasikannya printer kamu dari mana saja asalkan terkoneksi ke internet dengan baik. Dengan demikian, kamu bisa ngeprint dokumen atau foto dari ponsel atau tablet Android.

Oleh karena itu, periksalah printer kamu apakah bisa dikoneksikan ke Google Cloud Print. Biasanya pada buku manual printer kamu sudah ada informasi kalau printer kamu mendukung fitur Google Cloud Print. Jika memang bisa, ikuti panduan di bawah ini.

Cara Ngeprint Melalui HP Menggunakan Fitur Google Cloud Print

  • Buka Google Chrome di komputer kamu.
  • Login ke Google Chrome jika kamu tidak langsung masuk secara otomatis.
  • Klik tombol Menu yang bertanda tiga garis horizontal atau tiga titik kecil di sudut kanan jika kamu menggunakan Chromebook.
  • Pilih Pengaturan (Settings).
  • Klik Tampilkan pengaturan lanjutan (Show advanced settings).
  • Gulir ke bawah sampai ketemu bagian Google Cloud Print dan klik Kelola (Manage).
  • Klik Tambahkan Printer (Add Printers)
  • Kamu akan diarahkan ke daftar printer yang cocok. Cukup centang opsi yang sesuai dengan nama dan tipe printer kamu. Klik Tambah Printer (Add Printers). Setelah itu, Chrome akan mendeteksi printer kamu.

Cetak Mencetak Dokumen dari Ponsel Android

Bawaan ponsel Android biasanya sudah dilengkapi dengan fitur Google Cloud Print. Tapi jika belum ada atau pernah dihapus, kamu tidak perlu kawatir. Kamu bisa mengunduh Google Cloud Print dari Google Play.

Setelah kamu klik download dan berhasil terinstal di ponsel atau table Android kamu, kamu tidak perlu menjalankan aplikasi tersebut. Google Could Print bisa juga berperan seperti add-on di perangkat ponsel Android. Tapi sebelumnya pastikan akun Google kakmu sudah terhubung dengan ponsel atau tablet yang juga kamu gunakan pada Google Chrome di panduan sebelumnya. Setelah itu, ikuti langkah di bawah ini.

  • Buka dokumen yang ingin kamu print, baik yang kamu simpan di Google Drive atau yang ada di ponsel kamu.
  • Pilih tombol Menu (tiga titik di sudut kanan atas).
  • Klik Cetak, kamu akan diarahkan ke halaman baru.
  • Klik panah bawah yang ada tepat di sebelah kanan Save as PDF.
  • Pilih printer yang ingin kamu gunakan untuk mencetak. Jika kamu tidak dapat menemukannya, centang atau klik semua daftar printer agar mencari setiap printer yang terhubung.
  • Setelah itu, klik tombol cetak (lingkaran biru bergambar printer).

Mencetak Halaman Website dan Pesan Gmail pada HP Android

Kamu juga bisa mencetak halaman web atau pesan Gmail melalui Google Cloud Print. Prosesnya hampir sama dengan panduan sebelumnyna. Ikuti panduan di bawah ini.

  • Buka Gmail atau Google Chrome.
  • Pada saat kamu sudah menemukan halaman website yang ingin kamu print, pilih tombol Menu (tiga titik).
  • Setelah itu daftar opsi akan muncul. Pilih Cetak
  • Halaman pencetakan akan langsung muncul dan kemudian pilih printer yang terhugung.
    Klik Cetak

Demikianlah cara ngeprin melalui HP atau Tablet Android. Jika kamu masih menemukan masalah dalam proses menyambungkan printer atau HP kamu ke Google Clod Print, jangan sungkan-sungkan bertanya di kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *