Cara Menyambung Keyboard USB ke Perangkat Android

Perangkat Android sudah menjadi alat yang kita gunakan sehari-hari untuk berbagai keperluan. Bahkan sejauh ini sudah bisa menggantikan laptop dan desktop untuk melakukan tugas sehari-hari, seperti membuat catatan, mengetik, berinteraksi di media sosial, dll. Akan tetapi, dengan berbagai pengembangan yang telah dibuat, ponsel Android masih sangat tertinggal di satu hal, yaitu: mengetik!

Tugas mengetik membutuhkan kenyamanan dan kemudahan jari-jari serta kecepatan pergerakan jari-jari yang maksimal. Jadi, keyboard virtual bawaan atau aplikasi keyboard apapun yang ada di Android tidak bakalan cukup untuk memenuhi syarat-syarat tersebut. Oleh karena itu, masih dibutuhkan hardware keyboard terbaik agar mengetik lebih nyaman, lancar dan cepat.

Banyak jenis aplikasi keyboard virtual alternatif untuk Android. Diantara semua itu, Gboard (sekitar 50 WPM (words per minute)) lah yang paling nyaman digunakan. Tetapi meskipun demikian, kita masih dapat mengetik tiga kali lebih cepat dengan menggunakan keyboard fisik. Saat kamu membutuhkan kecepatan dalam mengetik, menggunakan kedua jari jempol saja tidak cukup.

Nah, artikel ini akan mengungkap cara menghubungkan keyboard fisik ke ho Android apa pun dan mengubah Android jadi seperti Windows atau komputer desktop. Opsi yang paling mudah adalah menggunakan keyboard USB yang biasa kita gunakan bersamaan dengan PC desktop.

Persiapkan USB OTG

Adapter USB OTG

Perlu diketahui bahwa biasanya lobang koneksi kabel hp Android lebih tipis dibandingkan koneksi kabel USB. Jadi, bagaimana cara menyambung keyboard USB ke Android? Yaitu dengan menggunakan sebuah adaptor yang disebut dengan USB On-the-Go (OTG), yang hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran di pasaran.

Loading...
Hp Android model lama butuh kabel adapter USB-to-Micro-USB.
Adapter USB-to-Micro-USB

Untuk hp Android model lama, kamu memerlukan adaptor USB-to-Micro-USB dan model ponsel Android terbaru butuh adaptor USB-to-USB-C. Tidak yakin yang mana yang kamu butuhkan? Kamu bisa searching di internet mengenai berbagai jenis kabel USB dan cara mengidentifikasi kabel USB-C.

Hp Android model baru butuk adapter USB-to-USB-C.
Adapter USB-to-USB-C

Apa pun jenis kabel USB yang cocok untuk ponsel Android kamu, semuanya beroperasi dengan cara yang sama. Colokkan sisi kabel yang untuk perangkat Android, lalu colokkan juga sisi yang satunya ke keyboard USB kamu. Kemudian koneksi atakn tersambuyng.

Kamu juga dapat menggunakan gadget lain yang penggunaannya ada kaitannya dengan koneksi USB, seperti menyambung kamera DSLR ke hp Android.

Panduan Menyambung Keyboard USB Eksternal ke Hp Android

Setelah keyboard kamu terhubung ke Android, butuh waktu dua menit untuk menyetingnya dengan benar. Mungkin akan langsung berfungsi sehingga panduan ini tidak sepenuhnya diperlukan. Menyeting sambungan keyboard ke Android tidak lama dan kamu mungkin perlu menyesuaikannya sesuai dengan keinginan kamu:

Cara menyambung keyboard USB ke Android.

  1. Buka ke Pengaturan (Settings) pada perangkat Android kamu.
  2. Buka menu General management.
  3. Tekan Language and input.
  4. Tekan Physical keyboard.

Kemudian buka aplikasi apa saja dan mulai mengetik. Seharusnya keyboard fisik yang kamu gunakan sudah berfungsi sampai langkah ini. Selamat!

Screenshot di atas adalah untuk Samsung Galaxy S8 yang menjalankan Android 8.0 Oreo. Langkah-langkahnya mungkin agak berbeda dibandingkan dengan versi Android yang lain. Tergantung pabrikan perangkat Android, model dan versi Android yang kamu gunakan.

Tips Menggunakan Keyboard Eksternal Untuk Android

Satu hal yang perlu diketahui adalah bahwa Android sebenarnya mendukung sebagian besar tombol “spesial” yang terdapat pada keyboard. Mengingat bagaimana tampilan aplikassi keyboard layar sentuh yang tidak sama dengan keyboard fisik, ternyata hampir semua tombol spesial berfungsi juga untuk Android.

Misalnya, tombol Home, End, Page Up, Page Down dan Delete berfungsi digunakan untuk Android. Tombol-tombol tersebut sangat berguna saat mengetik panjang. Tombol Enter juga berfungsi dengan baik, menyisipkan baris baru atau mengirimkan formulir yang sesuai dengan konteksnya.

Tombol Print Screen juga berfungsi, yang menangkap tampilan layar. Jika mengambil tangkapan gambar layar di Android agak ribet, tombol print screen pada keyboard eksternal adalah solusi yang sangat sederhana, lebih nyaman dan cepat.

Tombol Windows (jika menggunakan keyboard Windows) dan tombol Command (jika menggunakan keyboard Apple) akan memicu fungsi khusus tergantung pada versi Android yang kamu gunakan. Di Samsung Galaxy S8, tombol tersebut menampilkan Google Assistant.

Ada dua kelemahan yang mungkin kamu temui saat menggunakan keyboard USB pada Android:

  1. Tidak ada cara cepat untuk beralih bahasa atau tata letak keyboard, dan
  2. Kehilangan akses ke hal-hal seperti emoji dan simbol khusus yang tidak dapat diketik menggunakan keyboard fisik.

Kenapa Tidak Menggunakan Laptop?

Mungkin kamu juga memiliki laptop yang sering kamu gunakan sehari-hari. Tapi jika kamu bisa menghubungkan keyboard ke Android, kamu mungkin bisa merasa lebih cocok dan lebih praktis dan ringan untuk dibawa kemana-mana ketimbang harus menjinjing tas laptop. Apalagi sekarang sudah ada keyboard elastis yang bisa digulung dan dimasukkan ke berbagai model tas.

Keyboard elastis cocok digunakan untuk Android.
Keyboard elastis + hp Android adalah alternatif laptop yang jauh lebih praktis untuk dibawa kemana-mana.

Selain alasan praktis di atas, perangkat Android dan keyboard fisik bisa dibeli dengan harga jauh lebih murah ketimbang harga laptop workstation yang biasanya harganya sekitar 3,5 juta keatas.

Kamu juga dapat mencopot keyboard dari ponsel dan menggunakan hp seperti biasa sesuai kebutuhan. Laptop 2-in-1 memang ada, tetapi harganya mahal.

Sama seperti pada laptop, kamu juga dapat menyimpan semua pekerjaan kantor atau dokumen kuliah di perangkat Android ketimbang menyinkronkannya dengan laptop.

Bisa juga enggunakan aplikasi Android tertentu yang kamu sukai yang tidak tersedia di laptop kamu. Bahkan pilihannya sangat banyak di Play Store.

Perangkat Android pada umumnya memiliki daya tahan dan masa pakai baterai jauh lebih lama daripada laptop.

Setelah berhasil menyambung keyboard USB ke Android dan berfungsi dengan baik, kamu bahkan dapat mengambil langkah lebih maju dengan memantulkan atau menampilkan layar Android ke komputer jika perlu layar yang lebih lebar. Mungkin tidak sering dibutuhkan, tetapi jika kamu sesekali butuh layar yang lebih besar, misalnya saat bermain game Android favorit kamu, cobalah! Jauh lebih menyenangkan main game Android dengan tampilan layar lebih lebar. Kamu juga dapat mengontrol Android menggunakan mouse komputer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *