ad banner

Wongunik.com

Buat hari-harimu lebih bermakna!

Cara Mengurutkan Abjad di Excel Berdasarkan Huruf Awal dan Angka

Sebagai persiapan untuk mengurutkan abjad di Excel, terlebih dahulu, pilih cell yang ingin kamu urutkan. Caranya, untuk mengurutkan hanya beberapa cell tertentu pada kolom, blok cell nya terlebih dahulu. Atau kamu juga bisa mengurutkan semua cell tepat berada di satu kolom dengan mengklik kotak huruf kolomnya terlebih dahulu. Artikel ini juga akan memandu kamu bagaimana cara mengurutkan abjad di Excel sekaligus mengikutkan data atau isi cell yang berada di sebelahnya.

Agar lebih jelasnya, disarankan menonton video tutorial excel berikut untuk mengikuti cara mengurutkan abjad di Excel.

Baca juga: Cara menghilangkan garis di Excel.

Mengurutkan Angka di Excel

Selanjutnya, pastikan tab yang terbuka adalah Home. Lalu, ke bagian Editing di sebelah kanan panel atas, buka opsi drop-down Sort & Filter. Setelah terbuka, disitu kamu bisa melihat beberapa opsi preset yang bisa kamu pilih. Untuk mengurutkan angka agar dimulai dari nilai terkecil hingga nilai yang terbesar, pilih opsi Sort Smallest to Largest. Atau mengurutkan angka agar dimulai dari nilai yang terbesar hingga terkecil, pilih opsi Sort Largest to Smallest. Jika ingin mengurutkan angka agar dimulai dari nilai terkecil hingga terbesar, pilih opsi Sort Smallest to Largest.

Loading...

Mengurutkan Data di Excel Berdasarkan Urutan Abjad Huruf Awalnya

Lakukan seleksi pada data yang mengandung huruf dengan memblok cell-nya. Kemudian langsung ke menu drop-down Sort & Filter tadi, lalu pilih Sort A to Z jika kamu ingin datanya diurutkan mulai dari yang berhuruf awal A kemudian diikuti data yang berhuruf awal B, C, D dan seterusnya. Atau, pilih Sort Z to A jika kamu ingin urutan kebalikannya.

Cara Mengurutkan Abjad di Excel dan Diikuti oleh Data pada Cell di Sebelahnya

Untuk mengurutkannya, pertama-tama blok semua kolom yang ingin diurutkan berdasarkan abjad agar diikuti oleh cell disebelahnya. Kemudian, ke menu klik menu Sort & Filter dan pilih Sort A to Z atau Sort Z to A. Nah, cara ini akan mengurutkan data berdasarkan abjad huruf awalnya dan diikuti oleh data cell di sebelahnya.

Itulah tadi cara mengurutkan abjad di Excel, semoga bermanfaat! Jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin menambahkannya, silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar di bawah! Terimakasih sudah berkunjung ke artikel tutorial excel ini!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *