Cara Menghilangkan Virus di Hp Android Dengan Manual

Cara Menghilangkan Virus di Hp Android Dengan Manual

Memanfaatkan Antivirus dapat dijadikan pemecahan masalah sebagai cara menghilangkan virus di hp Android. Tapi yang menjadi masalah adalah jika malware atau virusnya menginfeksi software Antivirus yang digunakan. Dampaknya, menghapus virus di hp Android menggunakan anti virus tidak bisa dilakukan. Alternatif yang paling mungkin adalah dengan menghilangkan virusnya dengan cara manual tanpa menggunakan antivirus.

Kebutuhan memasang software Antivirus di hp Android dapat ditentukan oleh pengguna hape. Namun, jika kamu ingin tau apakah ada virus atau jenis malware lain di ponsel pintar kamu, manfaatkanlah cara menghilangkan virus di hp Android yang akan dipandu di artikel ini tanpa memanfaatkan Antivirus.

Sebelum menghapus virus di hp Android kamu, kamu perlu melakukan back up data dan aplikasi yang kamu anggap penting sesudah tahapan pengecekan virus agar kamu punya cadangannya yang nanti bisa kamu kembalikan lagi ke hp Android kamu.

Cara Menghilangkan Virus di Hp Android Secara Manual

Menjalankan pengaturan ulang ke mode pabrikan (factory reset) acap kali menjadi cara jitu untuk menghapus virus di hp Android. Namun, dampaknya adalah, data yang ada di hp Android jadi terhapus seluruhnya. Selain itu, semua aplikasi yang terpasang di hp juga ikut terhapus. Oleh sebab itu, agar data yang ada di ponsel pintar kamu kondusif, kamu dapat melakukan cara di bawah ini!

1. Alihkan Hp Kamu ke Safe Mode

Loading...

Dengan beralih ke Safe Mode, hp Android kamu akan bisa berjalan lebih enteng karna cuma mengoperasikan software inti yang orisinil dari sistem. Ketika menjalankan Safe Mode, seluruh software atau aplikasi yang kamu pasang akan tidak terlihan untuk sementara waktu. Oleh karena itu, ketika hp kamu sedang menjalankan Safe Mode kamu dapat dengan bebas beralih dari sistem aplikasi yang satu ke yang lainnya tanpa hambatan. Selain itu juga mempermudah kamu dalam memeriksa maupun membersihkan file-file yang tidak diperlukan lagi, misalnya file cache dan menghilangkan virus di hp Android kamu jika ada.

Cara menghapus virus di hp Android

Adapun cara beralih ke Safe Mode di setiap tipe ponsel Android berbeda satu sama lain. Tapi kebanyakan hp Android ialah dengan memanfaatkan perpaduan tombol Volume dan Power ketika menjalankan booting sistem. Kalau belum yakin mengenai ini, kamu boleh mencarinya di mesin pencari mengenai topik Safe Mode untuk hp jenis Android.

2. Periksa Aplikasi Saat Hp Android Kamu Sudah di Safe Mode

Memeriksa aplikasi aneh saat proses menghapus virus di ponsel Android.

Ketika hp Android kamu sudah beralih ke Safe Mode, cobalah periksa aplikasi yang ada di hape kamu. Untuk memeriksanya, buka menu Settings – Apps, kemudian disitu tekan atau buka opsi tab Downloaded. Perangkat kamu akan menghapus seluruh list aplikasi yang bukan bawaan Android saat di Safe Mode, namun karna malware terinfeksi ke sistem Android, maka malware tersebut akan tampak seperti aplikasi yang bukan bawaan Android. Tapi bisa mengoperasikan fungsi sistem hape. Kalau Android kamu terkena malware atau virus, kemudian akan kelihatan aplikasi aneh yang tidak pernah sekalipun kamu pasang di hp Android tersebut.

3. Musnahkan Aplikasi Aneh yang Nakal

Uninstall aplikasi aneh saat proses penghapusan virus pada hape Android.

Jika anda mendeteksi aplikasi yang aneh dan berperilaku nakal, klik nama aplikasi tersebut dan tekan Uninstall. Tidak jarang ketika melakukan penghapusan virus di hp Android, aplikasi yang aneh dan nakal bisa di-uninstall, karna aplikasi seperti itu sudah tidak memblokir Akses Administrator.

4. Blokir Akses Administrator Aplikasi Aneh

Blokir akses administrator pada aplikasi aneh.

Ketika kamu menjumpai aplikasi aneh yang Akses Administrator-nya tidak terblokir, maka kamu harus memblokir aksesnya. Untuk melakukannya, tutup menu Application Settings, kemudian akses menu Settings – Security – Device Administrator. Hapus akses administrator aplikasi aneh jika ada. Berikutnya, balik lagi ke menu Application Settings dan cek aplikasi aneh yang akes administratornya sudah dihilangkan tadi, semestinya saat ini kamu telah dapat meng-uninstall-nya.

5. Keluar dari Safe Mode

Sesudah tahapan uninstall aplikasi aneh sudah beres, berikutnya adalah mengeluarkan mode Android kamu dari Safe Mode. Untuk melakukannya, melaksanakan tahapan Restart.

Baca juga: Cara rooting Android.

Bisa dikatakan bahwa cara menghilangkan virus di hp Android secara manual itu gampang. Kamu bisa menghapus virus di hp Android tanpa menggunakan aplikasi antivirus apapun. Setelah virus berhasil dihapus dari hp Android kamu, performa hp Android kamu bisa jadi lebih cepat dalam beroperasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *