Cara Menghilangkan Mata Panda Lingkaran Hitam atau Kantung Mata

Cara menghilangkan mata panda dan lingkaran hitam sekitar mata.

Mata panda atau mata bengkak dan terdapat lingkaran hitam di bagian bawah mata diakibatkan oleh banyak faktor. Bisa jadi merupakan ciri wajah yang diwariskan dari orang tua, faktor alergi, stres, mata lelah dan sifat tekstur kulit. Sebelum mengetahui cara menghilangkan mata panda atau mata bengkak, cobalah terlebih dahulu mengetahui penyebabnya.

Memang beberapa pengobatan tradisional seperti menggunakan irisan mentimun dapat meredakan mata panda atau kantung mata untuk sementara. Tapi untuk solusi yang lebih tahan lama tergantung penyebab yang mendasarinya.

Penyebab Mata Panda atau Kantung Mata dan Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Sebelum kita membahas beberapa trik menghilangkan mata panda, ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui sekilas mengenai beberapa faktor yang menyebabkannya.

Pembengkakan di sekitar mata diakibatkan oleh akumulasi cairan yang berlebihan, yang disebut dengan edema di sekitar jaringan kulit bawah mata. Karena kulit di sekitar mata merupakan bagian kulit tertipis di tubuh, pembengkakan dan perubahan warna bisa sangat menonjol.

Tapi mengapa cairan menumpuk dan membentuk kantung mata? Kantung mata atau mata panda umumnya diakibatkan oleh berbagai faktor, yakni:

Loading...
  • Konsumsi garam berlebihan, yang menyebabkan retensi cairan
  • Alergi bisa menyebabkan peradangan dan pembengkakan
  • Masalah sinus
  • Dehidrasi
  • Kelelahan dan kurang tidur
  • Stres
  • Menangis
  • Penuaan
  • Ciri wajah yang diwariskan

Faktor terakhir yang disebutkan di atas memang tidak terlalu mengenakkan, tapi memang benar bahwa banyak orang memiliki kantung mata karena ciri khas bawaan keluarga.

Pada faktor penuaan, kantung mata dapat disebabkan oleh jaringan lemak yang melindungi mata di dalam rongga mata mulai terdorong ke depan dan mengisi ruang di bagian bawah mata.

Hal tersebut terjadi karena proses penuaan yang menyebabkan penipisan membran atau “septum” yang menahan lemak di kelopak mata atas dan bawah. Saat membran menipis, lemak mengalami herniasi dan terdorong ke depan. Ini adalah saat kantung atau tonjolan mulai terbentuk di bawah mata yang mirip dengan mata panda. Itulah alasannya mengapa disebut dengan mata panda.

Apa yang Menyebabkan Mata Bengkak di Pagi Hari?

Saat kita tidur, kita tidak berkedip. Dan hal tersebut adalah bagian dari alasan mengapa mata bengkak saat bangun pagi.

Kelopak mata berkedip bisa diibaratkan seperti kaki yang berjalan. Saat otot menganggur, biasanya akan mengalami pembengkakan di ekstremitas bawah yang hilang begitu mulai berjalan dan otot-otot di kaki mulai memerah cairan yang terperangkap (edema) dan dilepaskan kembali ke sirkulasinya.

Hal yang serupa juga terjadi pada kelopak mata. Kelopak mata yang tertutup dan tidak berkedip selama tidur berpotensi membengkak pada orang-orang tertentu yang rentan terhadap masalah ini. Jadi, pada saat pagi hari baru bangun tidur, kamu mungkin bangun dengan deadaan kelopak mata bengkak tidak seperti biasanya. Setelah kamu membuka mata dan mulai berkedip, pembengkakan tersebut secara berangsur dapat berkurang sekitar satu jam.

Kapan Mata Panda Membutuhkan Penanganan Medis?

Mata bengkak terkadang butuh penanganan medis karena kondisi kantung mata bisa saja parah tanpa diduga-duga. Misalnya, penderita penyakit mata tiroid berpotensi mengalami pembengkakan jaringan dan otot di sekitar mata. Selain itu, mata yang membengkak bisa menandakan gangguan tiroid yang dikenal sebagai penyakit Graves.

Alergi mata seperti alergi rhinitis (hay fever) juga bisa mengakibatkan mata bengkak. Jenis alergi lain, seperti reaksi terhadap makanan atau bahan kimia tertentu, dapat menyebabkan kelopak mata bengkak.

Selama reaksi alergi, sel-sel tertentu dalam tubuh melepaskan zat kimia yang disebut histamin yang memiliki banyak efek buruk pada jaringan tubuh, termasuk kebocoran cairan dari pembuluh darah. Cairan ini menjadi terperangkap di jaringan sekitarnya, menyebabkan edema.

Kelopak mata bengkak atau sering disebut dengan mata panda, serta lingkaran hitam di bawah mata dapat terjadi ketika penderita memiliki infeksi mata seperti mata merah. Mata bengkak seperti ini disebabkan oleh peradangan yang terkait dengan infeksi mata, yang secara langsung mempengaruhi kelopak mata sebelah. Selain itu, mata kering juga dapat menyebabkan bengkak.

Penyakit sistemik termasuk gagal ginjal juga dapat menyebabkan pembengkakan di seluruh tubuh, termasuk di sekitar mata.

Cara Menghilangkan Mata Panda

Untuk menemukan solusi terbaik cara menghilangkan mata panda atau lebih tepatnya meredakan mata bengkak dan lingkaran hitam di sekitar mata, penting untuk mencari tahu penyebabnya.

Jika orang tua kamu memiliki ciri mata bengkak, kamu mungkin mewarisi sifat tersebut dari mereka. Dalam hal ini, kamu mungkin perlu mempertimbangkan operasi kosmetik untuk mengurangi bengkak di sekitar mata. Mata bengkak akibat penuaan juga mungkin membutuhkan solusi kosmetik.

Kamu mungkin perlu mendiskusikan dengan dokter mata atau ahli bedah kosmetik untuk mencari tau opsi yang tersedia untuk mengatasi masalah kelopak mata kamu. Tapi untuk sementara, tidak ada salahnya menggunakan cara menghilangkan mata panda yang sederhana sebagai pengobatan sementara. Jika bengkak di sekitar mata masih terus berlanjut, sangat disarankan untuk mengkonsultasikannya ke dokter mata.

Inilah pengobatan sementara yang dapat membantu mengurangi mata bengkak, seperti:

  • Menggunakan obat tetes mata untuk mengobati iritasi yang disebabkan oleh alergi.
  • Minum banyak air putih untuk mencegah dehidrasi.
  • Mengompres kelopak mata dengan es.
  • Menaruh irisan mentimun atau kantong teh dingin di atas mata tertutup.
  • Menggunakan krim dan produk kulit lainnya yang diformulasikan khusus untuk digunakan di sekitar mata.
  • Mengurangi asupan garam dalam menu sehari-hari.
  • Makan makanan yang kaya kalium, seperti pisang, untuk menghilangkan cairan berlebih di tubuh.
  • Memercikkan air dingin ke wajah dan sekitar mata.
  • Banyak tidur dan istirahat yang cukup.

Baca juga: Makanan untuk diet sehat.

Itulah tadi cara menghilangkan mata panda yang bisa kamu praktekkan di rumah. Untuk lebih lengkapnya, ada beberapa trik menghilangkan mata panda yang juga bisa kamu lakukan agar hasilnya semakin maksimal.

Trik Menghilangkan Mata Panda

Berikut adalah beberapa trik sederhana untuk membantu kamu menghilangkan mata panda, yang bisa kamu praktekkan sendiri di rumah. Akan tetapi, disarankan agar selalu berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan terdekat sebelum memulai perawatan medis apa pun.

  1. Gunakan teh. Rendam dua kantong teh celup berkafein dalam air hangat. Dinginkan selama beberapa menit di lemari es. Letakkan satu kantong di setiap mata selama lima menit agar mata terasa segar. Kafein teh membantu menyempitkan pembuluh darah mata, mengurangi mata bengkak.
  2. Oleskan krim wasir. Cara ini berguna untuk mengencangkan kembali area bengkak dengan cepat dan jgua mengurangi keriput. Jika kamu merasa terganggu oleh bau krim wasir, sebelum mengoleskannya, campurkan dengan pelembab kulit. Pastikan untuk tidak mengolesnya di dalam mata, jika tidak, akan berisiko iritasi atau reaksi alergi.
  3. Iris mentimun. Menggunakan irisan mentimun dapat membantu menghilangkan mata panda agar kulit sekitar mata kembali cerah dan perasaan lebih segar di sekitar mata. Potong beberapa iris mentimun dingin. Mentimun mengandung antioksidan yang membantu mengurangi iritasi. Letakkan satu irisan mentimun tersebut di setiap mata tertutup selama 30 menit. Mata akan terasa sejuk membantu mengurangi mata bengkak.
  4. Sentuhan sendok. Dinginnya logam membantu menyegarkan kembali mata yang lelah. Ambil dua sendok teh yang terbuat dari logam dan dalam keadaan bersih. Rendam kedua sendok tersebut di air es selama beberapa menit. Setelah itu, keluarkan kedua sendok tersebut dan biarkan selama 30 hingga 60 detik. Kemudian letakkan mangkuk sendok di atas kelopak mata; mangkuk sendok akan pas dengan rongga mata kamu.
  5. Kurangi asupan gula. Saat kamu mengkonsumsi gula, hal tersebut memicu peradangan di seluruh tubuh kamu. Karena kulit di bawah mata cenderung bengkak dan tipis, kamu akan melihat peradangan di daerah tersebut. Cobalah untuk mengurangi asuoan gula sebanyak mungkin dan kamu akan segera melihat peningkatan.
  6. Krim mata. Krim mata yang tepat dapat membantu menghilangkan mata bengkak. Carilah yang mengandung bahan antiinflamasi yang dapat meningkatkan sirkulasi. Temukan yang mengandung formula gliserin, vitamin C dan shea butter.
  7. Pembersih wajah. Pembersih wajah dapat meninggalkan sisa-sisa kotoran yang mungkin terperangkap di lipatan kelopak mata. Dan hal tersebut bisa menyebabkan mata bengkak atau mata panda.
  8. Taruh kentang. Tahukah kamu bahwa kentang bisa membantu menghilangkan mata bengkak? Kentang mengandung enzim pencerah kulit yang dapat membantu meringankan pembengkakan pada mata. Parut dua sendok makan kentang mentah. Masukkan ke dalam dua kantong teh kosong (untuk menjaga kebersihan) dan letakkan satu kantong di setiap mata.
  9. Hidrat. Dehidrasi dapat menyebabkan mata bengkak. Minumlah delapan gelas air minimal 8 ons setiap hari untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dan sehat. Dan berbicara mengenai minuman, hindari alkohol, karena bisa membuat dehidrasi.
  10. Sangga bantal. Posisikan kepala kamu lebih tinggi dari posisi jantung menggunakan bantal yang agak tebal atau dua bantal.Cara ini akan meningkatkan sirkulasi dan mencegah cairan mengendap di sekitar mata.
  11. Awasi asupan garam. Garam dapat membuat menahan cairan. Dan hal ini membuat kembung di mana-mana sekitar tubuh, terutama di dekat mata, di daerah yang memiliki sedikit ruang bagi cairan untuk menyebar. Turunkan kadar asupan garam dengan menghindari makanan tinggi sodium seperti sup, pizza dan keripik kentang.
  12. Buat kompres dingin. Letakkan handuk dingin di kelopak mata selama sekitar 10 menit. Cara ini dapat membantu mengalirkan kelebihan cairan dari bawah mata.
  13. Mengatasi alergi. Alergi dapat menyebabkan bengkak. Alergi dapat membuat kamu ingin menggosok mata, dan mata menjadi semakin bengkak. Konsultasikanlah dengan penyedia layanan kesehatan terdekat untuk membantu perawatan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *