7 Cara Menghilangkan Bau Sepatu Dengan Cepat

Cara menghilangkan bau sepatu dengan cepat.

Sebelum membahas cara menghilangkan bau sepatu, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui penyebab bau tak sedap pada sepatu. Ketika cuaca panas saat aktif beraktifitas, sepatu bisa jadi cepat berbau busuk. Bau sepatu yang tak sedap terjadi akibat suhu panas yang menyebabkan kaki berkeringat. Kaki berkeringat meninggalkan kelembaban pada sepatu yang menyebabkan baunya tidak sedap. Tapi membuang sepatu bau kesayangan kamu bukanlah opsi yang tepat. Karena artikel ini akan berbagi beberapa cara terbaik dan paling efektif untuk menghilangkan bau pada sepatu. Jika kamu mencari tahu bagaimana cara menghilangkan bau sepatu, kamu sedang membaca referensi yang tepat!

Rahasia menghilangkan bau sepatu adalah mengatasi masalah kelembaban pada sepatu tersebut. Banyak orang mencoba menghilangkan bau sepatu dengan menggunakan semprotan penghilang bau. Sebenarnya cara tersebut tidaklah menghilangkan bau sepatu, tapi itu hanya menutupi baunya saja. Jika kamu mengeringkan kelembapannya, kamu melakukan upaya yang tepat untuk dapat menghilangkan bau pada sumbernya yaitu membasmi bakteri penyebab bau pada sepatu. Ada beberapa cara untuk menghilangkan bau sepatu dengan cepat. Kamu bisa menggunakan salah satu cara yang paling kamu sukai, atau cara apa pun yang dapat kamu lakukan dengan menggunakan bahan-bahan yang sudah kamu miliki di rumah. Sehingga kamu bisa dengan cepat menghilangkan bau sepatu tanpa menunggu lama.

Cara Menghilangkan Bau Sepatu

Untuk menghilangkan bau sepatu, bahan-bahan yang tertera berikut akan membantu.

  • Baking Soda – Pewangi alami
  • Kapas – Dengan beberapa tetes minyak esensial.
  • Sinar matahari – Mengeringkan sepatu dengan cara menjemurnya dan mencegah pertumbuhan bakteri.
  • Kulkas – Dibungkus dalam kotak sepatu dengan kantong plastik.
  • Kulit Lemon – Menambahkan aroma segar pada sepatu.
  • Polesan Alcohol – Antiseptik alami yang cepat kering.
  • Sebatang sabut – Menyerap bau dan meninggalkan aroma segar.

Untuk mengetahui cara menggunakan bahan-bahan tersebut, baca terus artikel ini.

1. Gunakan Baking Soda

Kamu bisa menggunakan saringan kopi, soda kue dan karet gelang untuk menghilangkan bau sepatu. Cukup tambahkan beberapa sendok makan soda kue ke tengah saringan kopi, dan tambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk menambah aroma (tidak harus). Putar saringan yang sudah ditutup dan ikat dengan karet gelang. Letakkan baking soda sachet ke dalam sepatu dan biarkan semalaman untuk menyerap kelembapan dan bau tak sedap.

Loading...

Untuk membuatnya lebih cepat dan lebih mudah, kamu juga bisa membuat bubuk sepatu sederhana! Tambahkan beberapa tetes minyak esensial ke soda kue seperti yang dijelaskan di atas, lalu taburkan bedak ke bagian bawah sepatu. Biarkan semalaman, lalu buang bahan tersebut di pagi hari.

2. Gunakan Kapas

Teteskan beberapa tetes minyak esensial ke kapas, lalu letakkan di dalam sepatu dan biarkan semalaman. Disarankan untuk menggunakan minyak lemon, atau aroma jeruk pengharum lainnya!

3. Gunakan Sinar Matahari

Letakkan sepatu kamu di bawah sinar matahari. Kelembaban adalah masalah yang menyebabkan sepatu bau. Menjemur sepatu bau di bawah sinar matahari dapat mengeringkannya dan mencegah pertumbuhan bakteri pada sepatu tersebut.

4. Segarkan di Kulkas

Kamu dapat menggunakan kulkas untuk menghilangkan bau sepatu. Mulailah dengan membungkusnya dalam kantong tertutup rapat, kemudian tempatkan kantong tersebut di dalam kulkas dan biarkan semalaman. Temperatur yang membeku akan membunuh bakteri penyebab bau, sehingga akan membuat sepatu kamu kembali segar.

5. Gunakan Kulit Lemon

Taruh kulit lemon di sepatu kamu dan biarkan semalaman. Jika sepatu tersebut tidak lembab, cara ini akan membantu memberikan aroma segar pada sepatu yang bau.

6. Gosokkan Alkohol

Semprotkan alkohol ke bagian dalam sepatu kamu yang bau. Cara sederhana ini akan membantu mengeringkan sumber penyebab bau dan mudah-mudahan bisa langsung bisa kamu gunakan kembali secepat mungkin. Menggosok alkohol antiseptik ke sepatu yang lembab dan bau dapat menguapkan kelembaban tersebut dengan cepat. Sehingga, tempat bersarangnya barteri sudah kering. Kamu juga bisa menerapkan cara ini ke sumber kelembaban pada barang-barang yang lain. Daerah yang lembab akan segera menguap dan barang kamu bebas dari bakteri penyebab bau tak sedap.

7. Gunakan Sabun

Cara menghilangkan bau sepatu berikutnya adalah dengan meletakkan sebatang sabun di dalam sepatu kamu. Sifat sabun menyerap cairan, sehingga juga akan menyerap bau dan meninggalkan aroma segar dan bersih. Akan lebih bagus lagi jika kamu menggunakan sabun anti bakteri. Cara ini bagus untuk dicoba jika kamu sudah memiliki beberapa batang sabun cadangan.

Itulah tadi cara menghilangkan bau sepatu dengan cepat dalam semalaman atau beberapa jam pada saat dijemur di bawah terik matahari. Kamu bisa menerapkan cara-cara tersebut pada jenis sepatu apapun, baik jenis pantofel wanita, pantofel pria, sepatu olah raga, dan lain sebagainya. Untuk hasil yang lebih maksimal, sebisa mungkin padukan beberapa cara yang disebutkan di atas jika memungkinkan untuk diterapkan. Semoga sepatu kesayangan kamu kembali segar secepat mungkin dan segera bisa kamu kenakan kembali!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *