9 Cara Menghilangkan Bau Mulut Tak Sedap Terbukti Ampuh

Cara menghilangkan bau mulut tak sedap.

Bau mulut tak sedap dapat terjadi pada siapa saja. Oleh karena itu, perlu mengetahui cara menghilangkan bau mulut agar nafas tetap segar dan percaya diri saat berbicara di depan orang lain. Sangat mudah menghilangkan nafas bau dan sekaligus menjaga gigi dan gusi lebih sehat. Cobalah tios sederhana yang dibagikan di bawah ini untuk membuat mulut terasa segar dan bersih dari aroma tak sedap.

1. Hindari Makanan yang Membuat Nafas Bau

Bawang merah dan bawang putih adalah makanan yang sering menyebabkan bau nafas. Dengan menyikat gigi saja setelah memakan makanan yang mengandung bahan bawang tidak cukup membantu menghilangkan bau mulut.

Zat-zat yang menyebabkan bau mulut masuk ke aliran darah dan kemudian diproses ke paru-paru, tempat kamu menghirupkan nafas, kata dokter gigi Richard Price, DMD, juru bicara American Dental Association. Sehingga, saat berbicara atau menghela nafas, bau mulut tak sedap tercium.

Jadi, salah satu cara menghilangkan bau mulut tak sedap adalah dengan menghindari makanan yang menyebabkan bau mulut. Atau setidaknya hindari dulu sebelum kamu pergi bekerja atau bertemu teman.

2. Rajin Sikat Gigi dan Flossing

Plak yang merupakan penumpukan yang lengket pada gigi membuat bakteri penyebab nafas bau hinggap dan berkembang biak. Hal tersebut menyebabkan bau mulut tak sedap. Sisa-sisa kunyahan makanan yang menempel di gigi juga menambah masalah bau nafas semakin sedap aromanya.

Loading...

Oleh karena itu, disarankan untuk menyikat gigi secara rutin setidaknya dua kali sehari dan melakukan flossing menggunakan benang atau dental floss setidaknya satu kali sehari. Jika kamu khawatir dengan bau napas tak sedap, lakukan kedua cara tersebut sesering mungkin.

Tapi jangan berlebihan juga. Karena menyikat gigi terlalu keras dapat merusak gigi, membuat tulang gigi rentan terhadap kerusakan.

3. Menggosok Lidah

Lapisan yang terbentuk di lidah bisa menjadi sarang bagi bakteri menyebab bau nafas. Oleh karena itu, untuk menghilangkan bau mulut tak sedap, gosok lidah kamu dengan lembut menggunakan sikat gigi.

Jika sikat kamu terlalu besar untuk mencapai bagian belakang lidah yang sempit, cobalah menggunakan scraper lidah. Alat ini dirancang khusus untuk memberikan tekanan merata di permukaan lidah. Cara ini bagus untk membasmi bakteri, sisa-sisa makanan, dan sel-sel kulit mati yang lengket di lidah. Menyikatnya saja tidak cukup,” kata ahli kebersihan Pamela L. Quinones, mantan presiden American Dental Hygienists’ Association.

4. Kumur-Kumur Secara Rutin

Selain menyegarkan napas, obat kumur dapat menambah perlindungan ekstra karena bermanfaat menyingkirkan bakteri yang ada di mulut. Obat kumur rasa mint yang segar bisa membuat mulut jadi terasa segar. Tapi pastikan obat kumur yang kamu gunakan bisa membunuh kuman yang menyebabkan bau mulut. Jangan gunakan obat kumur yang hanya menutupi bau dengan aroma segar. Kumur-kumur setiap hari dengan obat kumur yang bagus untuk menghilangkan bau mulut dengan cara memberantas sumbernya, yaitu bakteri.

Kumur-kumur menggunakan air putih sehabis makan juga membantu menghilangkan bau mulut. Karena kumur setelah makan membersihkan sisa-sisa makanan yang tersangkut di gigi.

5. Hindari Permen Setelah Makan Malam dan Kunyah Permen Karet Sebagai Gantinya

Bakteri yang hinggap di dalam mulut suka gula, termasuk permen, karena permen umumnya mengandung bahan gula kadar tinggi. Bakteri menggunakan gula untuk membuat asam. Asam tersebut merusak gigi dan menyebabkan bau mulut tak sedap. Sebagai ganti permen, kunyah permen karet tanpa gula.

“Gusi merangsang air liur, yang merupakan mekanisme pertahanan alami mulut terhadap asam plak, yang menyebabkan kerusakan gigi dan bau mulut,” kata Quinones.

6. Basahi Mulut Kamu

Resiko kerusakan gigi dan bau mulut semakin tinggi jika mulut tidak biasa dibasahi dengan air liur yang cukup. Jika mulut kamu kering, minumlah air di siang hari.

Kunyah permen karet tanpa gula atau emut permen keras bebas gula. Coba juga kipas pelembab di malam hari untuk melembabkan udara di rumah kamu.

7. Menjaga Gusi Tetap Sehat

Penyakit gusi menyebabkan bau mulut tak sedap. Bakteri berkumpul di celah-celah gigi bagian dasar yang menciptakan aroma tak sedap pada mulut.

Jika kamu memiliki penyakit pada gusi, dokter gigi kamu mungkin menyarankan kamu untuk mengunjungi seorang periodontis, seorang spesialis yang secara khusus menangani dan mengobati penyakit gusi.

8. Hentikan Kebiasaan Merokok

Selain menyebabkan kanker, merokok juga dapat merusak gusi, menginggalkan noda pada gigi, dan mengakibatkan nafas bau.

Terapi pengganti kecanduan nikotin atau produk-produk OTC nicotine yang dijual bebas dapat membantu meringankan dorongan keinginan merokok. Jika kamu perlu bantuan masalah berhenti merokok, buat janji dengan dokter untuk berkonsultasi mengenai program berhenti merokok atau obat resep yang dapat membantu bebas dari kebiasaan merokok.

9. Temui Dokter

Jika kamu sudah mempraktekkan semua cara menghilangkan bau mulut yang dibagikan di atas secara rutin tapi bau mulut terus berlanjut, meskipun sudah berusaha sebaik mungkin, buatlah janji dengan dokter untuk berkonsultasi. Dia akan memeriksa untuk melihat masalah ada masalah medis yang terkait dengan bau mulut tak sedap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *