Wongunik.com

Buat hari-harimu lebih bermakna!

Cara Menghapus Akun Facebook Sendiri

Belakangan ini banyak orang ingin menghapus akun Facebook akibat kabar kontroversi mengenai Cambridge Analytica yang melihat data pribadi 50 juta pengguna Facebook tanpa disadari pengguna akun tersebut dan diberikan kepada perusahaan yang terkait kampanye presiden Donald Trump pada tahun 2016, banyak orang yang ingin menutup akun situs jejaring sosial, terutama menghapus akun Facebook.

Brian Acton mendukung aksi hastag #DeleteFacebook di akun Twitter nya.

Konon, Brian Acton, yang adalah sosok co-founder WhatsApp milik Facebook sendiri, men-tweet dukungannya terhadap penyebaran hastag #DeleteFacebook. Jika kamu juga ingin menghapus akun fb kamu, pada artikel ini akan dijelaskan persiapan penutupan akun dan cara menghapus akun Facebook menggunakan browser.

Sudah Yakin Ingin Hapus Akun Fb Kamu?

Sebelum kamu menghapus akun fb kamu, kamu mungkin perlu mempertimbangkan layanan Facebook yang kamu gunakan. Pada saat ini, situs atau aplikasi Facebook bukan hanya merupakan jejaring sosial untuk mempublikasikan status terkini, pertemanan online, dan chatting. Jejaring sosial yang paling terkena ini jgua sering digunakan sebagai opsi masuk atau login ke situs atau layanan aplikasi lain. Jadi, kalau kamu sudah tutup akun fb kamu, nantinya kamu akan kesulitan masuk ke berbagai situs atau aplikasi yang pada saat mendaftar menggunakan akun Facebook.

Nah, walaupun demikian, tapi kamu bersikeras harus menghapus akun Fb kamu, sangat disarankan terlebih dahulu mengetahui daftar situs dan layanan penting lain yang kamu gunakan. Karena banyak layanan online, situs penting, atau aplikasi game Android terbaik yang mungkin kamu gunakan dan menggunakan opsi login Facebook. Kemudian jika ternyata ada diantaranya yang memakai fitur opsi login via Facebook, perlu untuk mengganti opsi masuk tersebut dengan login menggunakan email dan password. Untuk melihat daftar situs yang menggunakan opsi login Facebook, ikuti panduan berikut.

Loading...

Pengaturan Situs dan Aplikasi Pihak Ketiga yang Memakai Akun Fb Kamu untuk Opsi Login

1. Pada situs Facebook, masuk, lalu klik menu Settings (Pengaturan) setelah mengklik tanda panah arah bawah yang ada di pojok kanan atas.

Klik Settings pada Fb untuk melihat daftar situs dan apps pihak ketiga yang menggunakan akun Fb kamu untuk login.

2. Setelah halaman Settings (Pengaturan) terbuka, lihat di daftar menu sebelah kiri dan klik Apps and Websites.

Klik Apps and Websites untuk melihat daftar situs dan apps yang terhubung ke akun fb kamu.

Nah, setelah kalmu klik Apps and Websites, kamu bisa melihat semua daftar aplikasi dan situs yang menggunakan akun fb kamu pada opsi login, seperti yang terlihat pada gambar di atas.

3. Teliti secara seksama aplikasi atau situs penting apa saja yang terdaftar di situ yang perlu kamu ganti opsi login-nya. Terkadang, jika ingin menonaktifkan opsi login via Facebook kamu, ada apps atau website yang mengharuskan kamu menghubungi layanan pelanggan agar bisa mengganti opsi login facebook ke alternatif lain seperti login menggunakan email dan password saja. Sebagai contoh, saya menganggap situs atau aplikasi Tokopedia penting, karena saya sering belanja di situs tersebut. Kemudian klik View and edit.

Klik View and edit untuk mengatur fitur opsi login situs pihak ketiga.

Setelah itu, jendela pengaturan opsi login akan muncul seperti yang terlihat pada gambar di atas.

4. Catat user ID akun kamu pada situs atau aplikasi yang menggunakan opsi login fb kamu atau klik Remove App untuk memutuskan hubungan login jika kamu tidak perlu lagi akun lama kamu pada situs tersebut.

Catat user ID kamu apda aplikasi atau situs yang menggunakan opsi login Fb.

Seperti pada tampilan gambar di atas, kamu bisa melihat user ID kamu yang bisa digunakan untuk menghubungi pihak aplikasi atau situs pihak ketiga perihal pengaturan opsi login alternatif. Atau jika tidak perlu lagi, langsung saja klik Remove App lalu ikuti panduan dari Facebook. Atau, jika kamu tidak perlu lagi akun kamu pada semua apps atau website pihak ketiga yang menggunakan opsi login Fb, centang semua situs dan aplikasi yang terdaftar, lalu klik Remove.

Menghapus semua opsi login aplikasi atau situs pihak ketiga yang menggunakan akun Fb.

Biasanya aplikasi Android atau iPhone dan situs yang menyediakan opsi login Fb, juga menyediakan fitur pengaturan login pada platform mereka masing-masing. Jadi, terkadang perlu mengatur opsi login di aplikasi atau situs layanan pihak ketiga yang menggunakan akun fb kamu untuk menghapus opsi login Facebook.

PENTING!

Seperti kasus Cambridge Analytica yang dijelaskan di paragraph pertama, pada halaman pengaturan Apps and Websites ini bisa diketahui apakah kamu salah satu korbannya. Karena pada halaman tersebut kamu bisa melihat situs atau aplikasi mana saja yang bisa mengakses data pribadi akun Fb kamu. Sementara, pada akun pengguna Facebook yang menjadi korban Cambridge Analytica, terdapat aplikasi survei yang bernama “ThisIsYourDigitalLife” yang memungkinkan Cambridge Analytica untuk mendaftarkan korban untuk mendaftar dan mengirimkan data pribadi mereka ke pihak tertentu tanpa sepengetahuan kamu. Bahkan juga bisa melihat info teman-teman para korban. Mungkin pihak Facebook sudah memblacklist aplikasi survey tersebut. Tapi ada baiknya untuk memeriksa dan mengetahui seperti apa aplikasi atau situs pihak ketiga yang bisa mengakses data pribadi kamu tanpa kamu sadari.

Nah, setelah urusan dengan opsi login facebook pada semua aplikasi dan situs pihak ketiga sudah selesai, kemudian ikuti panduan cara menghapus akun Facebook di bawah ini.

Cara Menutup Akun Facebook yang Aman

Menonaktifkan akun Facebook sendiri dengan maksud ingin menutup akun fb secara total tergantung sejauh mana kamu menggunakan situs jejaring sosial ini. Kamu mungkin memiliki banyak foto dan postingan status berharga mengenang momen-momen bersama teman atau keluarga. Untuk semua status foto-foto di Facebook kamu, kamu bisa mendownloadnya.

Jika kamu mendownload data akun Fb kamu pada ponsel dan datanya menguras ruang penyimpanan ponsel kamu, bisa ikuti cara memindahkan foto dari hp ke komputer dan simpan semua foto kamu di flashdisk atau CD agar ada backup-nya. Atau bisa menggunakan browser dengan mengikuti cara menutup akun Facebook yang akan diuraikan di bawah. Mendownload status dan semua foto sebelum menutup akun Facebook sangat disarankan supaya dilakukan di browser komputer. Karena ruang penyimpanan komputer lebih leluasa. Mari kita mulai dengan cara mendownload postingan Facebook sendiri.

Cara Mengunduh Semua Status Facebook Sendiri Termasuk Foto

1. Buka halaman Settings seperti yang dijelaskan pada panduan pertama di atas tadi.

Download status dan foto-foto akun Fb kamu sebelum menghapus akun Facebook sendiri.

2. Lalu, klik Your Facebook Information dan klik View untuk mengatur periode aktivitas Facebook kamu yang ingin kamu download. Termasuk juga mengatur format file dan kualitas gambar yang akan di downlaod. Lihat gambar di bawah ini.

Pengaturan download data status dan kualitas file foto-foto akun Facebook.

3. Setelah semuanya diatur, klik Create File. Tapi sebelumnya pilih Format filenya terlebih dahulu. Disarankan download dua kali dengan format HTML dan format JSON untuk mempermudah pada saat membuka data tersebut di berbagai software pada komputer kamu.

4. Steleah mengklik Create, lalu muncul jendela survey dari Facebook. Pada jendela tersebut, kamu bisa mencentang opsi apa saja lalu klik Send.

5. Tunggu sampai pembuatan file data Facebook kamu selesai diproses. Setelah selesai kamu bisa mendownloadnya.

Pembuatan file status dan foto akun Facebook sedang diproses.

6. Seperti yang terlihat pada gambar di atas, pembuatan file akun Fb kamu sedang diproses. Jika kamu ingin mendownload data status dan file foto yang periodenya tahunan, ukuran filenya mungkin sangat besar. Setelah file selesai dproses, kamu bisa mendownloadnya melalui tab Available Files.

Cara Menghapus Akun Facebook

Kamudian, setelah semua proses persiapan untuk menutup akun Facebook sudah selesai, saatnya menghapus akun Facebook kamu. Langkahnya sangat mudah, tapi pastikan semua persiapan pada beberapa panduan di atas sudah dilakukan agar tidak menyesal di kemudian hari. Kamu bisa menutup akun Fb di browser hape atau browser komputer yang terkoneksi ke internet. Ikuti panduan cara menutup akun Fb di bawah ini.

1. Klik ikon segitiga di sudut kanan atas akun Facebook kamu.

Panduan cara menutup akun Facebook sendiri.

2. Kemudian, klik Pengaturan atau Settings.

3. Pilih Manage Account.

Klik Manage Account untuk mengakses opsi hapus akun Fb.

4. Kemudian jendela pengaturan akun akan muncul.

5. Yang terakhir, klik Deactivate your account.

Cara menonaktifkan akun Facebook sendiri.

Kemudian, kamu boleh menghapus aplikasi Facebook yang ada di ponsel cerdas kamu. Semoga panduan menghapus akun Facebook ini bermanfaat! Jika ada yang ingin ditanyakan atau ada masukan, boleh berkomentar di kotak komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *