Cara Menggunakan Recovery Mode pada iPhone – Masuk dan Keluar

Menggunakan Recovery Mode pada iPhone jika tidak pernah menyinkronkan ke iCould atau iTunes.

Berbagai masalah iPhone bisa diatasi dengan hanya cara restart, tetapi ada juga kendala yang lebih rumit yang mengharuskan iPhone karus masuk ke Recovery Mode (mode pemulihan). Opsi ini bukanlah pilihan utama untuk mengatasi masalah yang terdapat pada ponsel iPhone. Tetapi sering juga berhasil mengatasi hal yang membuat iPhone tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Catatan: Panduan ini merujuk kepada cara menggunakan Recovery Mode pada iPhone. Tetapi sebenar-nya berlaku juga untuk semua gadget berbasis iOS.

Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Recovery Mode pada iPhone

Kamu perlu menggunakan recovery mode iPhone pada saat kamu:

  • Ingin menginstal pembaruan iOS dan perangkat kamu macet di loop restart yang terlalu lama. Hal ini biasanya terjadi pada saat ada yang salah dengan pembaharuan sistem operasi atau ketika baterai iPhone sangat rendah pada saat menginstal pembaharuan iOS.
  • Ingin memperbaharui sistem operasi atau memulihkan perangkat dari data cadangan tetapi prosesnya gagal dan iTunes tidak mendeteksi perangkat pada saat kamu menghubungkannya.
  • Mengupgrade dari versi beta iOS tapi ada bug (kesalahan).
  • Melihat logo Apple atau ikon Connect to iTunes di layar iPhone selama beberapa menit tanpa ada perubahan.
  • Lupa password iPhone dan ingin menggunakannya kembali. Tapi harus merelakan datanya hilang karena tidak pernah menyinkronkan ponsel kamu ke iCloud atau iTunes.

Memulihkan sistem iPhone menggunakan recovery mode akan menghapus semua data yang terdapat pada perangkat tersebut. Cara ini akan aman-aman saja terhadap data kamu jika kamu belum lama sebelumnya pernah mencadangan (backup) data iPhone kamu di iCloud atau di iTunes. Jika tidak, kamu akan kehilangan data iPhone kamu yang belum sempat kamu cadangkan. Itulah alasan mengapa disarankan untuk membackup data iPhone secara rutin.

Cara Memasukkan iPhone ke Recovery Mode

Agar iPhone masuk ke recovery mode, inilah langkah yang harus kamu lakukan;

1. Matikan iPhone kamu dengan menahan tombol sleep/wake yang terletak di sisi kanan iPhone 6 dan ke atas atau di sudut atas pada ponsel iPhone versi yang lain. Tahan tombol tersebut hingga slider muncul di atas dan kemudian geser slider tersebut. Jika ponsel kamu tidak merespon, tahan tombol sleep/wake dan Home secara bersamaan sampai layar menjadi gelap. Untuk ponsel iPhone 7, tahan volume bawah, bukan Home.

Loading...

2. Hubungkan iPhone tersebut ke komputer. Jika kamu tidak memiliki komputer atau laptop, kamu harus pergi ke Apple Store atau meminjam ke teman terdekat.

3. Lakukan hard reset pada ponsel iPhone tersebut. Untuk melakukan hard reset iPhone, dengan tekan tombol sleep/wake dan tombol Home secara bersamaan. Sekali lagi, pada iPhone 7 menggunakan tombol volume bagian bawah. Terus tahan minimal 10 detik. Pada saat logo Apple muncul di layar ponsel, terus tahan.

4. Lepaskan tombol pada saat layar Connect to iTunes muncul. Biasanya berupa gambar ikon kabel dan ikon iTunes yang seperti yang ditunjukkan pada gambar banner artikel ini. Pada saat tersebut iPhone sudah masuk ke mode pemulihan (Recovery Mode).

5. Kotak jendela pada iTunes yang menawarkan Update atau Restore iPhone akan muncul. Klik Update (memperbaharui). Opsi ini berguna untuk mencoba menyelesaikan masalah tanpa harus menghapus data yang terdapat pada ponsel.

6. Jika Update gagal, masukkan kembali iPhone kamu ke mode pemulihan dan kemudian klik Restore (memulihkan).

Cara Restore iPhone

Jika kamu perlu restore (memulihkan) perangkat iPhone, kamu bisa memilih opsi yang mengembalikan perangkat tersebut ke kondisi pabrik atau dari data cadangan yang kamu backup terakhir kali. Untuk restore iPod Touch caranya agak berbeda.

Cara Keluar dari Mode Pemulihan iPhone

Jika kamu berhasil memulihkan iPhone tersebut, ponsel kamu akan keluar dari recovery mode pada saat restart.

Kamu juga juga bisa mengkeluarkan iPhone dari mode pemulihan sebelum melakukan restore jika perangkat tersebut sebelumnya berfungsi sebagaimana mestinya. Jika tidak berfungsi seperti yang seharusnya, mode pemulihan masih merupakan opsi terbaik. Untuk keluar dari recovery mode iPhone, lakukan langkah-langkah di bawah ini:

  1. Cabut ponsel tersebut dari kabel USB yang terkoneksi ke komputer.
  2. Tahan tombol sleep/wake sampai iPhone tersebut mati, lalu lepaskan.
  3. Tahan lagi sampai logo Apple muncul kembali.
  4. Lepaskan tombol dan perangkat akan memulai.

Jika Recovery Mode Tidak Berfungsi

Jika memasukkan iPhone kamu ke recovery mode tidak menyelesaikan masalah, kendalanya mungkin lebih serius dan tidak bisa kamu atasi sendiri. Jika kasusnya seperti itu, kamu harus membuat janji di Genius Bar pada Apple Store terdekat untuk mendapatkan bantuan.

One thought to “Cara Menggunakan Recovery Mode pada iPhone – Masuk dan Keluar”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *