Cara Menggunakan Kamera HP Sebagai Kamera PC (Webcam)

Menggunakan IP Webcam untuk menggunakan kamera ponsel sebagai webcam.

Kamu tidak punya webcam pada komputer kamu untuk membuat video Facebook atau YouTube? Atau mungkin kamu sudah ada webcam tapi ingin menambahkan kamera kedua ke komputer kamu. Yang kamu perlukan hanyalah hp Android dan aplikasi webcam. Artikel ini akan mengupas tuntas cara menggunakan hp Android sebagai webcam di komputer.

Mengapa Menggunakan Ponsel Android sebagai Webcam?

Mungkin kamu ingin mengobrol dengan teman atau pacar melalui Skype. Atau mungkin membuat laporan lisan ke bos kamu, ingin konferensi jarak jauh untuk membahas laporan kerja yang kamu kirimkan. Atau untuk keperluan komunikasi visual jarak jauh lainnya. Tetapi kamu tidak memiliki webcam.

Baca juga: Cara mendapatkan uang dari YouTube.

Meskipun sekarang banyak produk monitor PC yang sydah dilengkapi dengan kamera webcam, misalnya jenis PC all-in-one, tidak semua orang memiliki webcam. Sekarang webcam merupakan periferal yang sangat umum, tetapi kadang sulit untuk dipasang ke komputer jika tidak mengerti teknisnya.

Solusi yang paling mungkin adalah dengan menjadikan kamera hape Android sebagai webcam di komputer kamu. Karena sekarang ini hampir semua pengguna ponsel ber-OS Android. Bisa jadi alternatif terbaik, karena kamu hanya perlu menginstal DroidCam dan kemudia beberapa sentuhan pengaturan. DroidCam adalah aplikasi Android yang mengubah hp kamu menjadi webcam portabel yang praktis.

Loading...

Sebelum Kamu Mulai, Pertimbangkan Mengenai Stabilitas

Kamu akan menyadari betapa mudahnya menjadikan ponsel Android menjadi webcam. Tetapi sebelum kamu melakukannya, saatnya untuk mempertimbangkan stabilitasnya.

Kebanyakan orang tidak suka menonton video dengan gambar yang kabur atau goyang. Untuk mengatasinya, kamu harus mencari tempat yang cocok untuk mendirikan ponsel kamu. Hal ini sangat sederhana, misalnya menggunakan Popsocket untuk menyandarkan ponsel kamu, atau kamu mungkin punya cara lain yang lebih praktis.

Selama kamu memiliki alat untuk menopang hape kamu, video yang dihasilkan bisa jadi lebih jelas dan stabil. Kamu mungkin memiliki kasing yang memungkinkan kamu untuk memegang ponsel kamu. Jika tidak, gunakanlah tripod yang dirancang khusus untuk ponsel kamera.

Baca juga: Emulator Android yang palin ringan untuk PC.

Cara Pertama: Webcam Nirkabel Menggunakan DroidCam

DroidCam hadir dalam dua bagian, antara lain: aplikasi Android gratis dari Google Play (versi premiumya juga tersedia), dan komponen desktop client, yang disediakan oleh Dev47Apps untuk Windows dan Linux.

Mulailah dengan menginstal aplikasi DroidCam di ponsel Android kamu. Setelah selesai, baru beralih perhatian ke PC kamu. Unduh aplikasi desktop client tersebut diatas, unzip dan jalankan, ikuti instruksi pada layar monitor komputer kamu.

Cara Menggunakan Kamera HP Sebagai Kamera PC

Setelah dijalankan, kamu akan melihat permintaan untuk memasukkan alamat IP DroidCam kamu. Cukup mudah untuk ditemukan, cukup jalankan aplikasinyta di ponsel dan langsung menunjukkan IP DroidCam serta nomor port-nya. Kembali lagi ke desktop client, kamu akan melihat sudah bisa untuk melakukan streaming audio dari ponsel kamu. Kamu juga dapat menyesuaikan kualitas video, pilih dari yang rendah, normal dan tinggi.

Jika Anda memilih untuk terhubung melalui USB, kamu butuh kabel USB yang biasa kamu gunakan untuk mengisi ulang baterai ponsel Android kamu.

Kemudian, klik Start untuk mulai streaming. Aplikasi tersebut akan mengirim gambar dari kamera ponsel ke komputer kamu. Untuk perangkat Android dua kamera, tekan tombol Settings pada aplikasi tersebut di ponsel kamu dan centang kotak yang sesuai untuk beralih ke kamera depan atau kamera belakang.

Cara menjadikan kamera HP menjadi kamera komputer.

Versi gratis DroidCam menawarkan beberapa opsi yang bagus, tapi mungkin tidak sesuai dengan yang kamu harapkan. Misalnya, kamu hanya dapat menggunakan webcam dalam mode landscape. Pembesaran gambar yang dibatasi, seperti resolusi, kecerahan dan berbagai kontrol lain yang tersedia menu di bagian bawah desktop client DroidCam.

Untuk mengaktifkan fitur-fitur andalan DroidCam tersebut, kamu harus upgrade ke versi berbayar, bernama DroidCamX. Disini hanya menyarankan, kamu hanya perlu upgrade jika kamku merasa memerlukan fitur-fitur tersebut. Jika tidak butuh, DroidCam versi gratis juga sudah cukup untuk melakukan webcam.

Baca juga: Cara Jadi Pemain Game yang Menghasilkan Uang

Cara Kedua: Menggunakan IP Webcam

Alternatif yang bagus untuk DroidCam adalah IP Webcam, juga tersedia gratis yang bisa diunduh di Google Play. Kamu juga bisa upgrade ke premium untuk memperoleh fitur yang lebih lengkap. Unduh PC viewer dari ip-webcam.appspot.com.

Cara setup nya kurang lebih sama dengan DroidCam. Tapi ada konfigurasi yang perlu kamu isi, IP Webcam mengharuskan kamu untuk melihat hasilnya melalui browser web.

Hanya browser Chrome atau Firefox yang berfungsi untuk IP Webcam, jadi pengguna Windows tidak bisa menggunakan browser Edge atau internet Explorer. Kamu harus menggunakan alamat http:// [ALAMAT IP]:8080/videofeed untuk melihat feed. Untuk alamat IP nya, bisa di lihat di layar ponsel Android kamu.

Aplikasi ini menawarkan berbagai resolusi video dan gambar. Hanya mendukung kamera belakang.

Baca juga: Aplikasi kamera terbaik untuk Android.

Setelah kamu menjalankan aplikasi ini, tekan tombol Actions pada hape Android kamu untuk memeriksa apakah aplikasinya berjalan dengan benar, untuk mematikan dan menghidupkan kamera, dan masih banyak lagi.

Menggunakan IP Webcam untuk menggunakan kamera ponsel sebagai webcam.

Sementara itu, jika kamu ingin cara mudah menyimpan video hasil rekaman menggunakan IP Webcam, tersedia plugin pengunggah Dropbox khusus yang bisa diinstal via Google Play.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *