Cara Menggunakan Aplikasi Alexa pada Ponsel Android

Aplikasi asisten suara bernama Amazon Alexa tidak hanya terbatas digunakan untuk speaker bluetooth Echo saja. Kamu bisa mengunduh aplikasi Alexa pada hp Android kamu. Sehingga memerintah menggunakan suara seperti ke halaman Home ponsel kamu dan hal-hal lainnya. Contohnya menanyakan berita, cuaca, olahraga, menyalakan lampu pintar, dan masih banyak lagi.

Apa itu Aplikasi Alexa?

Cara menggunakan Aplikasi Amazon Alexa pada AndroidKalau kamu dengar kata Alexa, mungkin yang terlintas dipikiran adalah mengenai peringkat situs. Ya, memang situs Alexa dibuat untuk memeriksa peringkat situs tertentu. Tapi jika konteksnya aplikasi Android, fungsi Alexa sama sekali bukan seperti itu. Memang situs dan app Alexa sama-sama dari Amazon. Makanya aplikasi ini juga disebut dengan Amazon Alexa, supaya orang bisa tahu perbedaannya dengan yang versi site ranker.

Software Android ini pada awalnya merupakan aplikasi pengontor speaker bluetooth yang bernama Echo Alexa. Sementara, pada saat postingan ini dubuat generasi aplikasi Aleksa sudah dalam tahap generasi kedua dengan dilengkapi beberapa fitur baru. Pengembang aplikasi Android ini terus memperluas fitur musik, smart-home, dan juga asisten digital. Ketahui juga rahasia tips Android lainnya.

Orang awam lebih mengenal Amazon Alexa sebagai speaker nirkabel. Sementara kemampuannya bukan hanya sebatas pengontrol speaker bluetooth saja. Tapi, selain sebagai perintah suara pada Android, kamu juga dapat memutar musik, mencari web (mesin pencari), membuat daftar tugas atau belanja, berbelanja online, melihat laporan cuaca dengan cepat, dan mengontrol alat-alat smart-home (rumah pintar). Jadi, sepertinya perusahaan Amazon berinvestasi pada pengembangan Alexa untuk menciptakan sebuah aplikasi canggih yang super multi-fungsi yang muat dalam saku. (Kayaknya Google dapat saingan berat nih!)

Cara Menggunakan Aplikasi Alexa

Inilah yang perlu kamu lakukan untuk membuat aplikasi Alexa aktif dan berjalan di hp Android kamu. (Aplikasi Alexa juga ada versi untuk iPhone.)

1. Download dan instal aplikasi Amazon Alexa di hp Android kamu.

Aplikasi Amazon Alexa untuk ponsel Android

2. Kemudian, buka aplikasi Alexa. Jika instalasinya sudah versi terakhir, kamu akan melihat ikon kecil berwarna biru di bagian tengah bawah layar ponsel kamu.

Memeriksa informasi cuaca menggunakan Amazon Alexa.

3. Tekan tombol Alexa. Saat pertama kali kamu menggunakan fitur ini, aplikasi ini akan meminta untuk kamu untuk memberi izin tertentu.

Mencoba fitur Amazon Alexa pada Android.

4. Tekan Allow (Izinkan) untuk memberi izin kepada aplikasi Amazon Alexa untuk merekam audio. Permintaan izin seperti ini hanya perlu dilakukan sekali. Setelah, biasanya tidak meminta izin lagi.

Fitur perintah suara aplikasi Amazon Alexa

5. Lalu, tekan lagi Allow untuk membiarkan aplikasi Amazon Alexa untuk mengakses lokasi perangkat Android kamu. Permintaan inzin ini juga hanya perlu dilakukan sekali saja.

Tekan Allow untuk mengizinkan Aleksa mengakses lokasi perangkat.

6. Tekan Done untuk mulai menggunakan aplikasi Alexa.

Menggunakan fitur Alexa pada ponsel Android.

7. Kemudian, ucapkan sepatah kata perintah pada saat bilah biru muncul di bagian bawah layar Android kamu.

Melakukan perintah suara pada aplikasi Alexa.

8. Nah, perintah sudah siap dilaksanakan. Setelah itu, cukup tekan ikon Alexa di bagian bawah aplikasi tersebut untuk memulai Alexa. Tekan tanda silang (X) berwarna putih di lingkaran biru jika ingin membatalkan permintaan kamu.

Menggunakana Alexa App untuk Mengakses Situs

Demikianlah cara menggunakan Aplikasi Amazon Aleksa pada hp Android. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati manfaat salah satu aplikasi Android tercanggih ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *