5 Cara Mengetahui Password WiFi pada Komputer Windows atau Mac

Mengamankan jaringan WiFi dengan menggunakan password.

Panduan ini akan menunjukkan cara mengetahui password WiFi yang terlupakan di komputer Windows atau Mac. Kamu bisa melakukan cara ini dengan menggunakan pengaturan komputer kamu. Atau dengan mengakses halaman pengaturan router yang kamu gunakan. Jika semuan usaha gagal, kamu bisa mengatur ulang router terserbut dan kemudian akan mengembalikan sandi WiFi default bawaan pabrik.

1. Mencoba Password WiFi Menggunakan Password Bawaan Router

Opsi 1: Tentukan apakah kamu menggunakan password bawaan router. Jika kamu menggunakan password bawaan router, kemungkinan besar kamu dapat mengetahu password WiFi kamu dengan memeriksa router tersebut atau dokumentasinya. Jika kamu pernah mengubah password router yang kamu gunakan, kamu harus menggunakan cara lain.

Opsi 2: Periksa sandi router. Sebagian besar produsen router menempatkan kata sandi router pada stiker yang ada di belakang atau di bawah router. Password router biasanya tertulis di dekat judul yang bertuliskan “SSID”. Banyak juga router yang manuliskan password bawaan berupa serangkaian huruf dan angka yang panjang, baik kombinasi huruf besar maupun kecil.

Opsi 3: Cari password WiFi kamu di buku manual atau kotak router yang kamu gunakan. Jika kamu masih memiliki kemasan atau buku manual router tersebut, kamu mungkin meilihat salinan detil login berupa salinan pada kemasannya, tercantum pada buku manual (atau di belakangnya), atau pada kartu yang disertakan dengan router. Cara ini diperlukan jika kamu tidak dapat mengetahui password WiFi bawaan router yang kamu gunakan. Sayangnya, kamu tidak dapat mencari dokumentasi router kamu secara online via internet, karena password router kamu unik, hanya untuk unit router yang kamu miliki.

Opsi 4: Pertimbangkan menggunakan pintas (bypass) untuk menghubungkan ke router kamu. Sebagian besar router memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan menekan tombol “WPS” di bagian belakang router dan kemudian memilih jaringan di komputer, ponsel, konsol, atau unit hiburan lain. Selama kamu memilih jaringan dalam waktu 30 detik atau lebih, cara ini memungkinkan kamu untuk menghubungkan komputer (atau gadget lain) tanpa menggunakan password WiFi.

Loading...

Tidak semua router memiliki fitur pintas seperti ini. Jadi, periksalah dokumentasi router yang kamu miliki, atau mungkin produsen router kamu menyediakan panduan online untuk fitur WPS (atau Wi-Fi Protected Setup).

Langkah ini tidak akan membantu kamu untuk mengetahui sandi WiFi, tetapi cara ini memungkinkan kamu agar terhubung ke internet. Yang dapat membantu untuk mengetahui password WiFi adalah dengan menggunakan cara-cara lain yang tercantum di bawah ini.

2. Cara Mengetahui Password WiFi pada Windows

Langkah 1: Klik ikon Wi-Fi persis seperti yang terlihat pada gambar di bawah. Kamu bisa menemukannya di sisi paling kanan taskbar bagian bawah. Setelah kamu klik, menu WiFi akan muncul.

Cara ini hanya berfungsi jika kamu saat ini terhubung ke jaringan WiFi yang kamu gunakan tapi lupa kata sandinya.
Jika kamu melihat ikon yang menyerupai monitor komputer dengan kabel, kamu terhubung ke router melalui Ethernet. Kamu tidak dapat menggunakan koneksi Ethernet untuk menentukan kata sandi Wi-Fi.

Langkah 2: Klik Network & Internet settings. Tautan ini ada di bagian bawah menu Wi-Fi.

Cara mengetahui sandi WiFi pada komputer Windows.

 

Langkah 3: Klik tab Wi-Fi di sisi kiri jendela Settings.

Cara mengetahui password WiFi pada Windows.

Langkah 4: Klik Change adapter options. Tautan ini berada di sudut kanan atas halaman Wi-Fi, tepat di bawah tajuk “Related settings”. Untuk melakukannya, buka haolaman Control Panel.

Langkah 5: Klik jaringan Wi-Fi kamu saat ini. Kamu akan melihat ikon berbentuk monitor dengan bilah hijau di sebelahnya di halaman tersebut; itu adalah jaringan kamu yang sedang aktif.

Langkah 6: Klik View status of this connection. Opsi tersebut adalah item menu tepat di bawah bilah alamat di bagian atas jendela Network Connections.

Langkah 7: Klik Wireless Properties yang terdapat di tengah-tengah jendela opsi tersebut.

Langkah 8: Klik tab Security yang terdapat di bagian atas jendela. Untuk melakukannya, buka halaman yang memiliki bidang “Network security key” di dekat bagian tengah halaman; Di situlah kata sandi WiFi kau tersimpan.

Langkah 9: Centang kotak “Show characters” yang terdapat di bawah bidang “Network security key”. Cara ini akan mengganti titik-titik hitam di bidang “network security key” dengan password Wi-Fi kamu.

3. Cara Mengetahui Sandi WiFi pada Mac

Langkah 1: Klik ikon aplikasi Finder yang bergambar wajah biru di Dock Mac kamu. Pada komputer Mac, kamu tidak harus terhubung ke jaringan WiFi kamu untuk menemukan sandi WiFi.

Langkah 2: Klik Go. Menu ini ada di deretan item menu yang terdapat di sisi kiri atas layar Mac kamu.

Langkah 3: Klik Utilities yang terdapat pada drop-down menu Go.

Langkah 4: KlikĀ  dua kali pada ikon Keychain Access yang bergambar kunci pada folder Utilities.

Langkah 5: Temukan nama jaringan kamu dan klik dua kali. Ini adalah nama yang kamu lihat saat Mac kamu terhubung ke jaringan WiFi. Anda dapat mengurutkan daftar Keychain berdasarkan abjad dengan mengklik kategori Name di dekat bagian atas jendela Keychain.

Langkah 6: Centang kotak “Show password” dekat bagian bawah jendela jaringan.

Langkah 7: Masukkan password administrator kamu saat dimintai. Password yang digunakan adalah kata sandi yang kamu gunakan untuk masuk ke komputer Mac kamu. Memasukkan password administrator dengan benar akan memaksa sandi WiFi ditampilkan di bidang kata sandi.

4. Cara Mengetahui Password WiFi Menggunakan Halaman Router

Langkah 1: Hubungkan komputer kamu ke router melalui koneksi Ethernet. Jika kamu tidak tahu password WiFi dan komputer kamu tidak terhubung ke Internet, Ethernet adalah satu-satunya cara kamu dapat terhubung.

Pada Mac, kemungkinan besar kamu harus membeli adaptor Ethernet to USB-C (atau Thunderbolt 3) sebelum dapat menghubungkan kabel Ethernet. Jika Ethernet bukan solusi pilihan kamu, kamu harus mengatur ulang router kamu ke pengaturan default.

Langkah 2: Temukan alamat IP router yang kamu gunakan. Untuk mengakses halaman router kamu, harus tahu alamat IP router-nya:

  • Pada Windows: Buka Start, klik ikon Settings, klik Network & Internet, klik View your network properties, dan lihat alamat di sebelah “Default gateway”.
  • Pada Mac – Buka menu Apple, klik System Preferences, klik Network, klik Advanced, klik tab TCP/IP, dan cari nomor di sebelah kanan “Router:”.
  • Alamat router pada umumnya 192.168.0.1, 192.168.1.1, dan 192.168.2.1, atau 10.0.0.1 untuk router Apple.
  • Pada beberapa model router, alamat IP tertera pada stiker di sisi router.

Langkah 3: Buka halaman router kamu. Buka browser pilihan kamu (Chrome, Firefox atau apapun) dan masukkan alamat IP router kamu ke bilah alamat browser. Kamu dapat menggunakan browser web apa saja untuk melakukan langkah ini.

Langkah 4: Masuk ke halaman router. Setelah memasukkan alamat yang benar, kamu mungkin dimintai nama pengguna dan kata sandi; jika demikian, masuklah dengan kredensial akun router kamu. Biasanya kredensial yang berbeda dari yang kamu gunakan untuk menghubungkan ke WiFi.

Nama pengguna default biasanya admin, dan kata sandi standar juga biasanya admin, password, atau biarkan saja kosong. Tapi kebanyakan pengguna mengubah kredensial tersebut setelah mengkonfigurasi router saat baru beli. Jadi, jika kamu tidak dapat mengingat nama pengguna dan kata sandi, kamu mungkin perlu mengatur ulang router kamu.

Jika kamu tidak pernah mengubah nama pengguna dan kata sandi default, seharusnya sesuai dengan yang dicetak dalam dokumentasi router atau disalin pada stiker di router itu sendiri.

Langkah 5: Buka bagian “Wireless”. Setelah kamu masuk ke router, cari bagian “Wireless” atau “Wi-Fi”. Ini biasanya dapat diakses dengan mengklik tab di bagian atas halaman atau menemukannya di menu navigasi.

Setiap antarmuka halaman router bervariasi, jadi kamu mungkin harus menavigasi melalui beberapa menu yang berbeda. Password router kamu mungkin ada di bagian atas halaman utama router.

Langkah 6: Temukan kata sandinya. Di halaman “Wireless”. Kamu akan melihat nama jaringan nirkabel (SSID) serta jenis keamanan atau enkripsi (misalnya, WEP, WPA, WPA2, atau WPA/WPA2). Di dekat opsi security, kamu akan melihat bidang “Passphrase” atau “Password”. Itu adalah password WiFi kamu.

5. Cara Mengetahui Sandi WiFi dengan Mengatur Ulang Router

Langkah 1: Pahami kapan harus menggunakan cara mengetahui sandi WiFi yang satu ini. Jika kamu tidak dapat mengetahui password router pada salah satu cara yang dijelaskan di keempat cara yang sebelumnya pada artikel ini, password WiFi kamu tidak dapat dipulihkan kembali dan kamu mau tidak mau harus mengatur ulang router kamu ke pengaturan pabriknya.

Mengatur ulang router ke pengaturan pabrik tidak akan memberi tahu kamu password WiFi yang kamu gunakan sebelumnya. Tetapi tetapi paling tidak bisa mengubah sandi router kembali ke sandi bawaan pabrik yang disalin di sstiker bagian bawah atau belakang router.

Dengan mengatur ulang router kamu juga akan memutuskan konelsi setiap perangkat yang terhubung ke routert tersebut. Dengan alasan tersebut, mengatur ulang router harus menjadi pilihan terakhir jika kamu tidak dapat mencari password WiFi kamu.

Langkah 2: Temukan tombol “Reset” router yang kamu gunakan. Tombol reset tersebut biasanya ada di belakang router. Kamu mungkin perlu menusuknya dengan kertas atau menggunakan jarum untuk menekan tombol “Reset” tersebut.

Langkah 3: Tekan dan tahan tombol “Reset” tersebut. Lakukan setidaknya selama 30 detik untuk memastikan bahwa router sepenuhnya diatur ulang seperti awal. Lampu pada router harus berkedip atau mati sebentar saat router berhasil diatur ulang.

Langkah 4: Cari informasi login default router kamu. Informasi login router biasanya ditemukan di bagian bawah router, dan termasuk yang berikut:

  • Nama jaringan atau SSID (Nama pabrik jaringan kamu yang bisa kamu lihat di menu WiFi).
  • Password atau Key (kata sandi bawaan jaringan kamu).

Langkah 5: Hubungkan ke jaringan kamu. Saat memasukkan password, gunakan password bawaan pabrik yang dicetak di bagian bawah router. Kamu mungkin ingin menggunakan opsi untuk mengubah password sebelum terhubung ke Internet demi mengamankan router WiFi kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *