Cara Mengetahui Emas Asli atau Bukan dengan 5 Tes

5 Cara Mengecek emas asli atau bukan.

Harga emas tua cukup mahal di pasar yang peredarannya tidak pernah surut hingga saat ini. Oleh karena itu, penting memahami cara mengetahui emas atau bukan. Sering orang ingin membeli emas asli, tapi banyak yang tidak yakin karena tidak tahu bagaimana cara membedakan emas asli dengan kuningan atau atau logam lain yang mirip dengan emas.

Harga emas murni yang terus naik membuat banyak orang memburu emas karena nilai investasi nya yang sangat potensial. Oleh sebab itu, tidak jarang juga ditemukan emas palsu juga atau logam lain berlapis emas beredar di pasaran.

Cara membedakan emas asli dan palsu.

Walaupun sekilas dilihat perbedaan emas asli dan palsu terlihat sama, sudah barang tentu ada perbedaan yang mencolok di antaranya. Dan yang lebih parahnya, logam lain yang dilapisi emas sama sekali tidak berharga, sedangkan perhiasan emas asli juga kadang terjual jauh dari harga pasaran oleh pemiliknya (pemakai). Jadi, bagaimana cara membedakan emas asli dan palsu atau logam lain yang hanya lapisannya saja emas? Tips yang akan diuraikan di bawah akan menunjukkan bagaimana cara mengetahui emas asli atau palsu.

Cara Cek Emas Asli

1. Lihat Hallmark-nya

Hallmark adalah tanda atau cap kemurnian pada emas atau logam yang disebut juga dengan cap resmi pengesahan mutu. Biasanya emas asli yang dijual secara sah dicap dengan ciri khas dengan catatan seberapa besar karat suatu perhiasan, misalnya 18K atau 24K. Cap ini biasanya ditemukan pada bagian dalam dudukan cincin emas, bagian tertutup pada kalung atau dudukan tangan pada gelang.

Loading...
Cap tanda keaslian cincin emas asli.
Sumber: Paltoday.ps

Kemurnian perhiasan emas buatan Amerika diukur dalam satuan Karats. Maka akan ada cap pada bagian dalam bperhiasan emas asli dengan nomor (ukuran karat) dan diikuti dengan huruf “K”. Angka tersebut menunjukkan seberapa murni emas yang terkandung dalam sebuah perhiasan, koin, atau balok emas. Emas murni adalah emas 24K (24 karat). Berarti, jika kode hallmark-nya menunjukkan angka 18K berarti kemurnian emas tersebut adalah 18/24 atau 0.75 atau murni 75%. Dan 0.25 nya adalah campuran logam lain.

Sementara itu, sistem pengecapan emas asli buatan Eropa sedikit lebih lugas. Yang mana emas Eropa ditandai dengan ukuran kandungan emas dalam bentuk hitungan desimal. Contohnya “.75” yang berarti 75% emas murni. Sedangkan emas 24K atau emas murni 100% ditandai dengan cap “.999” atau “1.000”. Meskipun demikian, jika sebuah perhiasan tidak di stempel dengan tanda hallmark atau cap resmi, perhiasan tersebut belum tentu emas palsu. Hal ini biasanya berlaku pada perhiasan yang lebih tua atau buatan zaman dulu.

2. Tes Keaslian Emas Menggunakan Asam Nitrat

Cara lain untuk mengetahui emas asli atau palsu adalah dengan mengujinya menggunakan asam nitrat. Jika kamu berurusan dengan tukan emas untuk melebur perhiasan emas kamu, emas tersebut biasanya akan diuji menggunakan asam nitrat untuk menguji apakah emas asli atau palsu. Perlu diketahu bahwa cara ini tidak disarankan dalam mengecek perhiasan emas kamu agar nilai estetika-nya tidak berkurang pada saat hendak dijual kembali.

Mengecek emas asli atau palsu menggunakan asam nitrat adalah dengan membuat sedikit goresan pada perhiasan, koin, atau balok emas menggunakan alat seperti kikir kuku atau semacamnya. Biasanya digoreskan pada bagian perhiasan yang tidak terlalu mencolok dilihat. Kemudia menggunakan sedotan kecil untuk meneteskan setetes asam nitrat ke goresan tersebut. Jika tidak ada reaksi kimia, maka perhiasan atau potongan emas tersebut kemungkinan terbuat dari emas asli. Akan tetapi, jika perhiasan tersebut adalah logam lain atau hanya lapisan luarnya saja emas, reaksinya akan berubah menjadi hijau. Emas murni akan meninggalkan zat seperti susu pada saat asam nitrat diteteskan ke goresan tersebut.

Mengecek keaslian emas menggunakan asam nitrat.
Sumber: Youtube.com/via channel Tooting11.

Pada saat asam nitrat bersentuhan dengan emas asli, tidak akan terjadi reaksi kimia. Selain itu, asam nitrat juga tidak bereaksi dengan logam campuran umum lainnya seperti perak, tembaga, dan seng. Jika kamu melihat reaksi kimia warna kehijauan, maka emas yang sedang kamu tes adalah emas palsu. Jika kamu ingin mengecek emas asli atau paslu menggunakan cara ini sendiri, pastikanlah tau caranya dan persiapkan semua keperluan keamanan yang diperlukan seperti sarung tangan, kacamata, ventilasi udara yang baik, dll. Karena asam nitrat adalah zat berbahaya jika terkena langsung ke kulit. Selain itu asam nitrat juga sulit untuk didapatkan karena bahan kimia ini bisa meledak di dalam kondisi tertentu.

3. Uji Keaslian Emas Menggunakan Foundation Cair

Cara mengecek keaslian emas yang satu ini cocok untuk dilakukan rumah. Tapi tidak bisa diandalkan, karena bergantung pada kondisi tertentu. Walaupun demikian, jika tau cara mengecek emas asli menggunakan foundation cair dengan baik, kamu bisa mengetahui dengan jelas apakah emas yang kamu tes adalah asli atau palsu. Untuk mencobanya, oleskan foundation cair dan bedak ke dahi kamu. Lalu gosokkan perhiasan emas kamu ke area yang kamu oleskan foundation cair dan bedak tadi. Jika ada tertinggal garis hitam tertinggal, kemungkinan besar perhiasan tersebut bukan emas.

Cara lain versi pengecekan keaslian emas ini bisa juga menggosokkan emas ke dahi orang yang tubuhnya memiliki zat besi rendah. Jika emas yang digosok asli, maka hemoglobin dalam darah akan naik dan membentuk tanda hitam pada kulit dahi orang tersebut. Tapi cara ini berfungsi hanya jika kadar besi dalam darah orang tersebut rendah, atau disebut jgua dengan anemia ringan.

4. Tes Keaslian Emas Dengan Magnet

Jatuhkan emas kamu ke dalam ember yang berisi air. Karena emas tergolong ke logam berat, maka jika emas kamu asli seharusnya tenggelam sampai ke dasar ember tersebut. Berat massa emas lebih berat dari pada air, sehingga emas asli akan tenggelam sampai ke dasar tertarik oleh magnet atau gravitasi bumi. Oleh karena itu, jika perhiasan yang kamu jatuhkan ke dalam ember berair tersebut mengapung, kemungkinan besar perhisan tersebut adalah emas palsu.

Mengecek emas asli menggunakan magnet juga bagus untuk mengetahui apakah sebuah perhiasan emas murni nyata atau palsu. Jika perhiasan emas kamu tertarik ke magnet, sudah barang tentu itu bukan emas asli. Tapi, perhiasan yang tertarik magnet belum tentu positif emas palsu, kemungkinan perhiasan tersebut tidak sepenuhnya terbuat dari emas melainkan mengandung campuran senyawa logam lain.

5. Penilaian Ahli Emas

Cara membedakan emas asli atau palsu.

Cara yang pasti untuk mengetahui emas asli atau bukan adalah dengan membawanya ke penjual perhiasan emas yang bereputasi baik. Penjual perhiasan emas atau dealer emas biasanya ahli emas. Mereka biasanya memiliki berbagai alat pengujian emas yang bisa digunakan untuk membedakan emas asli, murni, campuran, ataupun palsu. Biasanya toko perhiasan emas mengenakan biaya sedikit untuk mengecek emas pelanggannya.

Pada saat kamu ingin menjual emas tempahan atau perhiasan emas yang patah atau rusak dll, calon pembeli emas awam biasanya akan ragu apakah emas asli atau bukan. Atau jika kamu tidak tau membedakan emas asli atau bukan, emas yang akan kamu jual akan dihargai jauh lebih murah dari harga pasaran yang sebenarnya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mencari pembeli emas yang kompeten dan jujur, agar emas asli kamu mendapatkan penilaian yang jujur ​​dan adil berdasarkan harga emas murni yang sebenarnya, besar karat-nya dan nilai estetika perhiasan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *