Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Windows

Cara recover file yang terhapus dari recycle bin.

Kehilangan file penting adalah hal terburuk yang bisa saja terjadi. Saat semua cara sudah dilakukan untuk mengembalikan file yang terhapus secara permanen di laptop Windows kamu tapi tidak berhasil terasa seperti kiamat sudah dekat. 😀

Jangan berputus asa dulu, mungkin panduan ini dapat membantu mengembalikan file yang terhapus di laptop secara permanen. Baik itu file foto, audio, video, dokumen Office, dll, masih mungkin untuk dikembalikan.

Ya, ada beberapa cara yang dapat membantu kamu untuk mengembalikan file yang terhapus di Windows baik secara sengaja ataupun tidak sengaja. Kamu bisa mencobanya secara manual agar mendapatkan kembali file penting tersebut, atau menggunakan software data recovery untuk mengambil file yang hilang dari laptop atau desktop Windows kamu.

Semoga kamu yang sempat menyerah atas hilangnya file dari laptop, kembali semangat begitu membaca artikel ini berita ini. Dalam artikel ini, kamu akan mengikuti cara mengembalikan file yang terhapus permanen secara manual dan juga menggunakan sofware data recovery. Ada dua software yang disarankan di sini, yaitu menggunakan Advanced Disk Recovery atau menggunkanan Recuva. Kedua software tersebut terbukti dapat mengembalikan file yang terhapus permanen dalam periode waktu tertentu.

Jika File Terhapus Permanen Bisa Dikambalikan, Kenapa Tidak Terlihat di Komputer?

Mungkin pertanyaan yang muncul adalah: kenapa file yang terhapus tersebut tidak terlihat di storage komputer, sementara masiih bisa dikembalikan?

Loading...

Ketika file dihapus dari komputer, itu menghapus referensi ke file di hard drive. lalu, saat referensi dihapus, komputer tidak bisa lagi melihat file tersebut. Ruang yang diambil oleh file kosong dan tidak lagi dapat dibaca oleh komputer. Namun masih ada di hard drive, setidaknya sampai ada file lain disimpan ke lokasi yang sama.

Artinya, selama ruang penyimpanan (storage) yang kosong di drive laptop kamu tidak diisi dengan file yang lain, kemungkinan besar file yang terhapus permanen tersebut masih ada di laptop kamu. Hanya saja komputer kamu tidak bisa membacanya. Kira-kira seperti itulah penjelasannya.

Jadi, jangan khawatir! Kamu dapat mengembalikan file yang dihapus secara permanen seperti foto, audio, video, dokumen, menggunakan atau tanpa menggunakan software khusus.

Resiko Menggunakan Software untuk Mengembalikan File yang Terhapus

Jika kamu ingin mendapatkan kembali file yang terhapus, tetapi file tersebut tidak terlalu penting dan kamu tidak ingin repot-repot menggunakan cara manual, kamu bisa menggunakan software file recovery. Cukup instal software khusus file atau disk recovery dan langsung gunakan. Tapi jika kamu merasa file yang terhapus tersebut adalah file yang sangat penting, disarankan agar menggunakan cara manual yang akan dipandu terlebih dahulu di bawah.

Menggunakan software untuk recover file atau folder lebih berisiko karena melibatkan penulisan ke drive. Misalnya, saat kamu mengistal software file recovery di drive laptop kamu, “kemungkinan besar” instalasi nya dapat menimpa data file yang terhapus. Kemungkinan lain, program yang berjalan di background dapat menulis disk dan menimpa data yang terhapus tersebut, atau jika tidak tertimpa, file tersebut bisa jadi rusak.

Jadi, jika kamu harus menggunakan software, usahakanlah cari software file recovery “mode portable”, yang bisa diinstal di flash disk dan menjalankannya dengan menghubungkan flash disk tersebut ke laptop atau desktop Windows kamu. Nah, sebelum menggunakan software, coba dulu menggunakan cara manual untuik mengembalikan file yang terhapus permanen dari laptop kamu.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Windows Tanpa Menggunakan Software

Ada tiga cara mengembalikan file yang terhapus permanen di laptop Windows. Pada artikel ini, panduannya menggunakan Windows 10. Jadi, jika kamu menggunakan versi Windows yang lain, mungkin caranya hampir sama dan masih bisa kamu praktekkan. Langsung saja kita ikuti panduan dari ketiga cara manual tersebut satu per satu.

1. Menggunakan Restore Previous Versions untuk Mengembalikan File yang Terhapus

Langkah-1: Buka folder atau lokasi di mana kamu menyimpan file tersebut sebelum dihapus.

Langkah-2: Klik kanan pada folder dan pilih opsi Restore Previous Versions (kembalikan versi sebelumnya).

Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop.

Langkah-3: Anda akan mendapatkan opsi untuk memulihkan (Restore) folder tersebut.

Cara ini akan mengembalikan versi file sebelumnya sekaligus mengembalikan file yang hilang tersebut. Jika kamu tidak melihat opsi “Restore Previous Versions”, jangan panik, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

=======================

  • Buka Control Panel, atau ketik Control Panel di Run Window (tombol Windows dan R bersamaan).

  • Locate SystemSystem Protection (temukan di sisi kiri panel).

  • Kamu akan melihat jendela System Properties. Pilih drive dan klik Configure.

  • Pada jendela System Protection, klik tombol radio di sebelah Turn on System Protection.

Nah, sekarang kamu akan melihat “Restore previous versions” pada folder tersebut.

Jadi, ulangi langkah-langkah tersebut untuk mengembalikan versi sebelumnya.

2. Menggunakan Backup untuk Mengembalikan File yang Terhapus di Windows

Jika kamu menggunakan Windows Backup, maka ada kemungkinan untuk membatalkan penghapusan file pada laptop Windows kamu. Kamu dapat memeriksa cadangan file kamu dan memulihkan data yang hilang. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengembalikan file yang terhapus permanen di windows dengan menggunakan metode cadangan.

  • Hubungkan media penyimpanan cadangan kamu dengan laptop Windows kamu.
  • Tekan tombol Windows dan tombol I secara bersamaan untuk membuka Settings.

  • Temukan Update & Security → Backup

  • Klik Go to Backup & Restore
  • Klik Restore My Files.

Jika file tersebut tidak tersedia, pilih drive yang sesuai untuk mengakses cadangan lain untuk mengembalikannya dan ikuti petunjuk yang tampil pada layar laptop kamu.

3. Menggunakan Command Prompt untuk Mengembalikan File yang Terhapus Secara Permanen di Laptop Windows

Mengembalikan file yang terhapus pada Windows mungkin juga berhasil menggunakan Command Prompt. Selain itu, kamu dapat memperoleh kembali file tersebut meskipun sudah terhapus dari Recycle Bin. Yang perlu kamu lakukan adalah menghubungkan drive eksternal ke komputer kamu, bisa drive eksternal via USB. Untuk itu, kamu perlu menggunakan perintah atribut:

Langkah-1: Ketik Command Prompt atau CMD di kotak pencarian yang ada di menu Start laptop kamu. Klik Run as administrator untuk menjalankannya.

Langkah-2: Ketik chkdsk E: /f dan tekan Enter. (Artinya, E adalah huruf drive Eksternal saat kamu ingin emngembalikan file yang terhapus). Sedangkan chkdsk adalah perintah untuk memeriksa integritas hard disk kamu dan dilengkapi dengan kemampuan untuk memperbaiki berbagai kesalahan sistem file.

menggunakan command prompt untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop.

Langkah-3: Kemudian ketik Y untuk memungkinkan sistem diperiksa dan tekan Enter.

Langkah-4: Ketik E: lagi dan tekan Enter.

Langkah-5: Ketik F:\> attrib -h-r-s/s/d*.*

Perintah command prompt untuk mengembalikan file yang terhapus permanen pada Windows

Dimana,

  • –r artinya atribut Read-only.
  • –S artinya atribut sistem untuk file yang dipilih.
  • –H artinya atribut ‘Hidden’ ke file yang dipilih.
  • ‘/S’ artinya mencari jalur yang ditentukan yang mencakup subfolder.
  • ‘/D’ artinya berisi folder proses.

Setelah scan selesai, folder baru dibuat pada drive eksternal yang terhubung. File yang dipulihkan akan menjadi format .CHK. Kamu dapat mengubah format file tersebut dan memindahkannya ke lokasi yang diinginkan.

Cara Recover File yang Terhapus Permanen di Laptop Windows Menggunakan Software

Jadi, jika kamu beruntung, kamu akan mendapatkan file yang terhapus tersebut dengan menggunakan salah satu cara manual yang dipandu diatas. Jika kamu tidak mendapatkannya kembali, jangan panik dulu, kamu bisa coba menggunakan menggunakan software pihak ketiga untuk mengembalikan file yang terhapus permanen di komputer kamu. Software terbaik untuk mengembalikan file yang terhapus adalah Advanced Disk Recovery atau Recuva hanya dengan beberapa kali klik.

Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop Menggunakan Advanced Disk Recovery

Software yang bernama Advanced Disk Recovery adalah perangkat lunak yang dapat diandalkan untuk mengembalikan data yang terhapus secara tidak sengaja. Kamu dapat mengembalikan file atau folder jenis apa pun di laptop Windows kamu meskipun telah terhapus dari recycle bin. Untuk menggunakannya, ikuti langkah-langkah tutorial di bawah ini:

Langkah-1: Instal dan buka software Advanced Disk Recovery pada PC desktop atau laptop Windows kamu.

Langkah-2: Pilih lokasi dari mana kamu ingin mengembalikan file atau folder yang terhapus tersebut.

Menggunakan Advanced Disk Recovery untuk mengembalikan folder yang terhapus permanen.

Langkah-3: Kemudian pilih Drive dan klik ‘Start Scan Now’

Kamu akan diberikan dua opsi, Quick Scan (pemindaian cepat) dan Deep Scan (pemindaian mendalam).

Scan file yang terhapus di laptop menggunakan advanced disk recovery.

Langkah-4: Setelah pemindaian selesai, kamu akan melihat daftar file yang pernah terhapus dalam bentuk huruf font merah. Klik file yang ingin kamu kembalikan dan kemudian klik tombol ‘Recover’.

Langkah-5: Pilih lokasi tempat dimana kamu ingin menyimpan file atau folder setelah pemulihan dan klik tombol ‘Ok’.

Mengembalikan file yang terhapus berhasil dilakukan.

Itulah tadi beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di laptop yang bisa kamu praktekkan dengan mudah. Semoga tutorial ini membantu. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *