Cara Mengecilkan Pori-Pori di Hidung Agar Tidak Kentara

Cara mengecilkan pori-pori di hidung.

Sebelum membahas cara mengecilkan pori-pori di hidung, ada baiknya untuk terlebih dahulu mempelajari apa itu pori-pori hidung dan penyebabnya. Pori-pori hidung adalah bukaan ke folikel rambut di kulit sekitar hidung. Pada folikel tersebut melekat kelenjar sebaceous. Kelenjar ini menghasilkan minyak alami yang disebut dengan sebum yang membuat kulit tetap lembab.

Sementara pori-pori pada kutil berguna untuk kesehatan kulit, yang ukurannya bisa beragam pada kulit. Secara alami, ukuran pori-pori di hidung lebih besar daripada pori-pori yang terdapat di bagian kulit lain pada tubuh. Hal tersebut dikarenakan kelenjar sebaceous ada melekat bawahnya juga berukuran lebih besar. Dengan demikian, ukuran pori-pori di hidung kamu cenderung membesar jika kulit kamu berminyak. Ada juga pori-pori di hidung yang besar bersifat genetik.

Oleh karena itu, bukan tindakan tepat untuk mencari cara menghilangkan pori-pori di hidung. Karena kulit kamu membutuhkannya. Demikian juga, tidak ada cara mengecilkan pori-pori di hidung. Tetapi ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat pori-pori hidung tampak lebih kecil. Baca terus artikel ini untuk mengetahui penyebab pori-pori hidung yang membesar dan hal apa yang dapat kamu lakukan untuk mencegahnya.

Penyebab Pori-Pori di Hidung Tampak Besar

Seperti yang dikatakan tadi, pori-pori hidung memang sudah sifatnya lebih besar dibandingkan pori-pori kulit di area lain. Jadi, jika pori-pori di hidung kamu tersumbat, dapat membuatnya menjadi lebih terlihat. Sumbatan pada pori-pori biasanya terdiri dari campuran sebum dan sel kulit mati yang hinggap di bawah folikel rambut. Hal ini membuat sumbatan yang kemudian dapat mengeras dan memperbesar dinding folikel. Oleh karena itu pori-pori hidung jadi lebih terlihat.

Penyebab pori-pori tersumbat dan membesar lainnya:

Loading...
  • jerawat,
  • kuli menghasilkan minyak berlebih,
  • kurangnya eksfoliasi (pergantian sel kulit) yang menyebabkan penumpukan sel kulit mati,
  • peningkatan kelembaban kulit,
  • panas,
  •  paparan sinar matahari, terutama jika kamu tidak memakai tabir surya,
  • gen (jika orang tua kamu memiliki kulit berminyak dan pori-pori hidung besar, kemungkinan besar kamu juga demikian),
  • fluktuasi hormon, seperti saat menstruasi atau pubertas,
  • mengkonsumsi alkohol atau kafein (dapat mengeringkan kulit dan menyebabkan peningkatan produksi sebum),
  • pola makan tidak teratur (sementara tidak ada makanan yang terbukti menyebabkan jerawat, diet nabati dianggap membantu kesehatan kulit),
  • stres berlebih,
  • kurang merawat kulit yang buruk (seperti tidak mencuci muka dua kali sehari, atau memakai riasan berbahan dasar minyak),
  • kulit kering (ironisnya, kulit kering dapat membuat pori-pori lebih terlihat karena peningkatan produksi sebum dan meningkatnya sel-sel kulit mati pada permukaan kulit).

Cara Membersihkan dan Menyumbat Pori-Pori Hidung

Langkah pertama untuk menghilangkan pori-pori di hidung yang terlihat adalah dengan memastikan kebersihannya. Minyak, kotoran, dan makeup dapat menyebabkan pori-pori hidung tersumbat.

Hapus Makeup Sebelum Tidur

Menggunakan pembersih makeup bebas minyak dan noncomedogenic tidak menjamin menghilangkan kosmetik atau rias wajah sebelum tidur. Bahkan produk makeup paling ramah kulit pun bisa menyumbat pori-pori kulit jika dibiarkan semalaman.

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk membersihkan pori-pori di hidung adalah dengan memastikannya bebas kosmetik sebelum tidur. Kamu juga harus menghilangkan makeup sebelum mencuci wajah untuk memastikan cairan pembersih dapat bekerja langsung membersihkan pori-pori hidung lebih efektif.

Bersihkan Wajah Dua Kali Sehari

Cleansing dapat menghilangkan sisa make up, kadar minyak, kotoran dan bakteri yang menempel pada pori-pori kulit. Idealnya, perlu membersihkan wajah dua kali dalam sehari. Kamu mungkin perlu membersihkannya juga sehabis berolahraga.

Kulit berminyak lebih baik dibersihkan dengan pembersih lembut berbentuk gel atau krim. Cara ini akan membantu membersihkan pori-pori di hidung tanpa menyebabkan iritasi yang mengakibatkan lebih kentara.

Gunakan Pelembab yang Tepat

Jika pori-pori hidung kamu menghasilkan sebum terlalu banyak, kamu perlu menindaklanjuti dengan membersihkannya menggunakan pelembab. Cara ini berguna untuk mencegah terlalu kering yang dapat memperburuk masalah pori hidung. Cari produk pelembab cair atau gel yang tidak akan menyumbat pori-pori kulit. Bandingkanlah beberapa produk pelembab wajah terbaik di pasaran yang tepat untuk kamu gunakan.

Bersihkan Pori-Pori Hidung dengan Masker Tanah Liat

Masker tanah liat dapat membantu mengeluarkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit wajah dan juga dapat membantu mengecilkan pori-pori di hidung. Untuk hasil terbaik, gunakan masker tanah liat dua hingga tiga kali per minggu. Kamu juga bisa menggunakan masker tanah liat hanya di sekitar hidung saja.

Angkat Sel Kulit Mati pada Area Wajah dan Hidung

Gunakan produk pengangkat sel kulit mati dua hingga tiga kali dalam seminggu untuk membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati yang mungkin menyumbat pori-pori hidung. Kuncinya di sini adalah dengan memijat pengangkat sel kulit mati ke area hidung dan membiarkannya terangkat dengan sendirinya. Menggosok exfoliant ke kulit hanya dapat menyebabkan pemburukan yang lebih lanjut.

Produk dan Langkah Pencegahan Lainnya

Kamu juga dapat menjaga pori-pori hidung agar tetap bersih dengan menggunakan produk-produk yang tertera di bawah ini yang tersedia di toko obat atau toko online:

  • oil mattifiers,
  • asam salisilat,
  • kertas penghisap minyak,
  • strip hidung, dan
  • tabir surya noncomedogenic.

Cara Mengecilkan Pori-Pori di Hidung

Sekali lagi, sebenarnya ukuran pori-pori hidung lebih besar dibandingkan pori-pori kulit di area lain pada tubuh. Jadi cara mengecilkan pori-pori di hidung sebenarnya tidak ada. Tapi kamu bisa membuatnya tampak tidak kentara dengan menjaga kebersihan kulit di area hidung. Atau jika gen, lingkungan dan jenis kulit kamu mungkin masih membuatnya tampak terlihat. Pertimbangkan tips merawat pori-pori hidung berikut agar membuatnya terlihat lebih kecil. Perlu juga diketahui bahwa mungkin butuh beberapa minggu untuk melihat hasilnya.

Gunakan Produk Pencegah Jerawat

Obat jerawat yang dijual bebas biasanya mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida. Zat benzoil peroksida mungkin membantu jika kamu memiliki jerawat, tetapi tidak banyak mengurangi ukuran pori-pori hidung. Sedangkan asam salisilat jauh lebih membantu di area hidung karena mengeringkan sel-sel kulit mati yang ada di dalam pori-pori kulit dan tidak menyumbat.

Ketika digunakan secara rutin, asam salisilat dapat membantu mengecilkan pori-pori hidung atau lebih tepatnya membuat pori-pori hidung tampak lebih kecil di hidung karena sel-sel kulit mati dan kadar minyak menutup pori-pori. Pastikan tidak berlebihan, karena ttrik ini akan mengeringkan kulit. Untuk merawat pori-pori besar, gunakan pembersih, toner, atau produk perawatan kulit yang mengandung asam salisilat.

Mikrodermabrasi

Mikrodermabrasi adalah versi tamer perawatan dermabrasi profesional yang mungkin bisa kamu dapatkan di spa medis, dan tanpa efek samping berlebih. Cara ini menggunakan campuran kristal kecil atau alat berujung kristal berlian yang membantu menghilangkan lapisan atas kulit. Selama proses penerapannya, sel-sel kulit mati dan minyak di permukaan kulit juga dihapus. Anda dapat menggunakan kit mikrodermabrasi seminggu sekali di rumah. Pastikan pada saat hari dimana kamu menggunakannya tidak menggunakannya masker tanah liat atau pengangkat sel kulit mati lainnya, karena dapat mengeringkan kulit hidung.

Chemical Peels

Chemical peels juga dapat membantu mengecilkan pori-pori hidung. Seperti halnya perawatan mikrodermabrasi, chemical peels juga mengangkat lapisan bagian atas kulit. Secara teori, sel-sel kulit yang terletak di bawah lapisan kulit atas akan lebih lunak dan lebih rata. Tampilan kulit yang lebih merata juga akan membuat pori-pori hidung terlihat lebih kecil.

Asam glikolat adalah bahan yang paling umum untuk chemical peels. Asam sitrat, laktat dan malat adalah pilihan lain yang tersedia di pasaran. Semua zat tersebut merupakan kelas asam alfa-hidroksi (AHA). Diperlukan beberapa pengetesan untuk menentukan AHA mana yang paling tepat untuk pori-pori hidung kamu.

Kesimpulan

Cara mengecilkan pori-pori di hidung yang paling baik adalah dengan menjaga kebersihan kulit wajah. Jika perawatan yang kamu lakukan di rumah tidak menunjukkan hasil seperti yang diharapkan, kunjungi dokter kulit untuk berkonsultasi dan meminta saran. Mereka mungkin menawarkan perawatan tingkat profesional, seperti chemical peels kelas medis, perawatan laser, atau dermabrasi.

Referensi:

  • Acne. (n.d.) – aad.org
  • Acne. (2014).– kidshealth.org
  • Acne. (2017).familydoctor.org
  • Mayo Clinic Staff. (2017). Acne. mayoclinic.org
  • Mayo Clinic Staff. (2015). mayoclinic.org
  • Wójcik A, et al. (2013). ncbi.nlm.nih.gov

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *