Wongunik.com

Buat hari-harimu lebih bermakna!

Cara Mengatasi Susah Tidur Karena Banyak Pikiran

Banyak orang yang susah tidur malam mengeluh karena tidak bisa menghentikan pikiran sementara waktu sudah menunjukkan jam tidur. Walaupun kita dalam situasi keheningan malam dan kasur yang empuk, keinginan cepat tidur sepertinya susah didapat jika pikiran terus berputar. Apa yang menyebabkan banyak pikiran di malam hari dan bagaimana cara menghentikan pikiran yang berputar pada saat ingin cepat tidur? Nah, pada artikel ini kita akan pelajari cara-cara menenangkan pikiran, mengurangi pikiran yang berkecamuk, meminimalkan efek stres atau kecemasan. Dan semoga mengetahui juga hal-hal penyebab susah tidur atau insomnia, sekaligus mengatasinya dengan teknik relaksasi.

Penyebab Banyak Pikiran dan Susah Tidur Malam

Susah tidur malam disebut juga dengan insomnia, yang dapat sewaktu-waktu dialami siapapun pada situasi dan kondisi tertentu. Apalagi pada saat sedang stres atau cemas. Stres merupakan penyebab tidak bisa tidur yang paling sering dialami kebanyakan orang. Ketika pikiran kita tidak sedang mengalami stres dan tidak sedang menghadapi kesibukan yang banyak, kita akan cepat tidur malam dan kualitas tidurpun bagus. Kekhawatiran juga membuat sulit tidur pada malam hari dan tampaknya seperti tidak bisa dikendadlikan. Padalah sebenarnya stres, kekawatiran, dan banyak pikiran sebenarnya bisa dikendalikan.

Pikiran yang terus bekerja dapat bermanifestasi dalam berbagai cara. Ada orang yang sering pikirannya berputar di sekitar film yang pernah ditonton pada malam hari menjelang tidur. Bayangan atau imajinasi cepat melesat menghinggapi alam sadar kita pada saat sedang berbaring dengan mata tertutup. Hal-hal yang seperti itu bisa juga menjadi penyebab tidak bisa tidur pada malam hari.

Untuk lebih mudah mengilustrasikan susah tidur karena banyak pikiran, kita ambil contoh proses memamahbiak. Seekor sapi secara perlahan terus mengunyah makanan yang dimuntahkan dari perutnya, lalu dikunyah dan ditelan kembali. Jika proses pencernaannya tidak sempurna, maka makanan yang sudah ditelan akan muncul kembali untuk dikunyah. Demikian juga sumber stres atau kecemasan yang muncul di pikiran kita lalu ditinjau kembali, direka ulang, dan diproses lagi. Dan setelah berhasil dihilangkan beberapa saat, kembali lagi ke pikiran, yang biasanya terjadi pada saat-saat tenang di malam hari.

Pikiran yang banyak tidak hanya dialami oleh orang yang lagi stres atau sedang mengalami kecemasan. Bahkan pada saat-saat tertentu, stres bisa muncul pada orang yang tidak sedang mengalami kekhawatiran. Hal tersebut kemungkinan bisa terjadi pada orang yang pernah mengalami stres luar biasa seperti kehilangan pekerjaan, perceraian, atau kemalangan setelah ditinggal pergi oleh orang yang dicintai. Pikiran yang berputar biasanya dipicu oleh hal-hal yang berhubungan dengan profesional, hubungan, keluarga, keuangan, kesehatan, atau hal-hal lainnya. Apapun penyebabnya, pikiran yang berkecamuk bisa sangat mengganggu dan membutuhkan penanganan yang khusus untuk mengatasinya.

Loading...

Cara Menghilangkan Pikiran Berkecamuk pada Malam Hari

Untuk menghilangkan pikiran yang berputar-putar pada saat ingin tidur cepat, kamu perlu mengosongkan “bahan bakar” yang dibutuhkan pikiran tersebut agar tidak berputar seperti roda mobil dalam kegelapan malam. Cara supaya cepat tidur tanpa gangguan pikiran adalah dengan mengelola stres, meluangkan waktu untuk bersantai sebelum tidur, dan menggunakan teknik distraksi dan relaksasi.

Tips cepat tidur: Sisihkan waktu di siang atau sore hari untuk mengatasi stres. Cara ini disebut dengan waktu stres yang dijadwalkan. Atau kalau tidak sedang stres tapi sering susah tidur malam, upayakan agar siang dan sore hari melakukan banyak aktifitas dan usahakan agar tidak tidur siang atau sore walaupun ngantuk.

Cara mengatasi susah tidur malam; luangkan waktu setiap hari untuk mencari tahu dan menyelesaikan apa saja yang menyebabkan stres, cemas, tegang, atau khawatir. Dan dilakukan dengan menyisihkan waktu pada siang atau sore hari. Menyelesaikan disini maksudnya meninjau hal-hal yang memicu stres dalam pikiran. Tulislah pada secarik kertas daftar hal-hal yang menurut kamu membuat pikiran kamu stres. Kemudian pada kolom kedua di setiap poin dari daftar tersebut, berikan action plan (rencana tindakan) yang paling memungkinkan bisa mengatasi atau menghilangkan stres.

Cara Menggunakan Waktu Khawatir yang Terjadwal

Misalnya, katakanlah kamu memiliki proyek besar yang harus selesai dalam dua minggu. Target penyelesaian tersebut dapat menyebabkan kamu mengalami peningkatan stres. Seolah-olah stres tersebut tidak bisa diatasi karena kamu merasa tidak mungkin bisa menyelesaikannya dengan tuntas dalam waktu dua minggu. Atau mungkin tidak tahu harus mulai dari mana. Stres seperti hal tersebut dapat membuat kita tidak berdaya. Daripada kewalahan, mendingan menyiasatinya dengan membuat bagian-bagian tugas yang terencana dan mulai mengerjakannya.

Jadikan bagian-bagian tugas tersebut sebagai bagian dari rencana tindakan (action plan). Contohnya, tinjau ulang file-file dokumen, bicarakan dengan rekan rekan (jika ada), jadwalkan pertemuan dengan klien atau bos, buat draf proposal, dan selesaikan presentasi. Saat kamu menyelesaikan bagian-bagian tugas tersebut hari demi hari, jangan lupa mencoret bagian yang sudah selesai. Akhirnya, stressor tersebut dapat dihilangkan dari pikiran sedikit demi sedikit. Alhasil, tidak bisa tidur karena banyak pikiran pada malam hari juga teratasi da npikiranpun jadi lebih tenang.

Mungkin ada beberapa daftar tugas yang tidak memiliki resolusi yang jelas. Hal tersebut dapat menyebabkan kecemasan dan mengurangi energi sepanjang hari. Katakan pada diri sendiri bahwa kamu harus membiarkannya untuk hari ini. Kembalilah besok untuk mencari jawabannya, kalau bisa diskusikan dengan rekan kerja atau diapun yang bisa memberi masukan. Seiring waktu yang berjalan, banyak hal berubah, bahkan inspirasi baru pun bisa muncul yang mungkin bisa jadi rencana penyelesaian agar bisa bergerak maju. Sementara itu, fokuskan upaya penyelesaian pada hal-hal yang bisa kamu lakukan.

Dengan menuliskan stressor, kamu tau sumber stres yang membuat pikiran berkecamuk. Cara ini juga membantu kamu supaya bisa cepat tidur pada malam hari tanpa beban pikiran. Kamu tidak perlu berulang-ulang memikirkannya atau berusaha mengingatkan diri sendiri agar tidak lupa. Dengan membuat daftar action plan, kamu sudah menemukan berbagai cara agar stres bisa lega kembali. Pada saat kamu menangani tugas-tugas, usahakanlah agar meninjaunya setiap hari, agar bisa menikmati kebebasan pikiran dalam mengatasi masalah.

Jadi, jika pikiran yang berhubungan dengan stres tadi muncul di malam hari, kamu perlu merespons dengan perprinsip; “Saya tidak perlu memikirkan ini sekarang. “Saya akan memikirkannya besok siang/sore pada jam waktu kuatir yang saya jadwalkan.” Dengan demikian, penyebab tidak bisa tidur pun hilang. Cara mengatasi susah tidur malam ini dapat menghilangkan aliran pikiran dan memungkinkan kamu untuk tidur cepat pada malam hari.

Menggunakan Teknik Relaksasi Sebelum Tidur Malam

Menjadikan malam sebagai saat-saat yang tenang merupakan cara yang dapat membantu lebih santai sebelum tidur.

Cara agar bisa tidur: Luangkan waktu pada malam hari setidaknya satu jam untuk bersantai ria.

Setidaknya satu jam sebelum tidur, hentikan aktifitas, matikan komputer dan jauhkan ponsel. Jika aktifitas tersebut masih dilanjutkan, akan selalu ada hal yang harus dilakukan. Lakukanlah semua aktifitas pada malam hari secukupnya. Lalu, saatnya untuk bersantai dan bersiap-siap untuk tidur. Isi waktu dengan kegiatan santai seperti membaca, mendengarkan musik, menonton televisi, meregangkan badan, merendam kaki dengan air hangat, bermeditasi atau berdoa. Perlu dicatat juga, hindarilah minum kopi pada malam hari. Karena kopi bisa jadi salah satu penyebab susah tidur pada malam hari. Bersantai ria pada malam hari bisa memudahkan diri supaya cepat tidur.

Pada saat-saat sebelum tidur malam atau masih terjaga pada malam hari, kamu mungkin perlu melakukan teknik relaksasi tambahan. Contohnya pernapasan atau relaksasi otot progresif. Kegiatan tersebut bisa mengalihkan perhatian dari pikiran yang berputar dan lebih cepat tertidur. Teknik sederhana ini bisa dipelajari dari buku atau media online lainnya.

Cara Cepat Tidur

Adalah mungkin untuk menghilangkan gejolak pikiran di malam hari menjelang tidur. Dengan meluangkan waktu untuk mengatasi stres di siang atau sore hari dan bersantai ria sebelum tidur, kamu bisa membuat tidur malam lebih nyenyak. Penggunaan teknik relaksasi yang bisa mengalihkan pikiran mungkin dapat membantu lebih lagi supaya cepat tidur. Kamu bisa mempraktekkannya sendiri singkirkan insomnia yang bisa mengurangi kualitas tidur malam yang mengakibatkan kurang fit keesokan harinya.

Jika sudah mempraktekan cara cepat tidur di atas tapi masih tetap susah tidur malam, mungkin kamu perlu berkonsultasi dengan dokter untuk opsi perawatan tambahan. Misalnya, terapi perilaku kognitif untuk insomnia, obat-obatan yang bisa meredakan kecemasan atau pil tidur untuk insomnia. Semoga cara mengatasi susah tidur malam ini bermanfaat!

2 thoughts on “Cara Mengatasi Susah Tidur Karena Banyak Pikiran

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *