Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Windows 10 dan 7

Sekarang, sudah banyak produk laptop yang dilengkapi dengan fitur boluetooth bawaan. Jika laptop atau desktop tidak ada bluetooth bawaan juga bisa dipasangkan dengan dongle bluetooth. Harga dongle bluetooth juga murah. Salah satu cara termudah untuk menghubungkan hardware nirkabel ke laptop Windows adalah melalui Bluetooth. Baik itu mouse, keyboard, speaker, atau hardware lainnya. Mudah memasang dan menyambung hardware melalui Bluetooth dan kualitas kinerjanya semakin canggih selama pengembangan bertahun-tahun. Artikel ini akan memandu kamu bagaimana cara mengaktifkan bluetooth di laptop Windows.

Jika laptop kamu tidak dilengkapi dengan bluetooth bawaan, ikuti tutorial cara memasang bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya.

Biasanya fitur bluetooth laptop yang aktif tetap mengkonsumsi daya baterai. Jika dibiarkan terus aktif, dapat menjadi masalah saat kamu menggunakan laptop jauh dari charger-nya. Selain itu, ada juga beberapa risiko keamanan yang berkaitan dengan membiarkan bluetooth selalu aktif. Oleh karena itu, secara default bluetooth laptop non-aktif. Cara mengaktifkan bluetooth laptop sangat mudah, dan berikut ini adalah beberapa petunjuk cepat bagaimana cara mengaktifkan bluetooth di laptop Windows.

1. Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Melalui Pengaturan Windows

Sebelum kamu bisa menggunakan fitur Bluetooth laptop kamu, kamu harus mengonfigurasi beberapa hal terlebih dahulu. Berarti harus membuka pengaturan Windows atau disebut dengan Windows Settings, atau Control Panel pada Windows 7 dan Settings app pada Windows 10.

Menghidupkan Bluetooth pada Windows 10

Langkah 1: Di Windows 10, Buka Action Center dan klik tombol “All settings“. Kemudian, buka Devices dan klik Bluetooth di sebelah kiri.

Loading...

Jendela pengaturan bluetooth pada Windows.

Langkah 2: Lalu alihkan Bluetooth ke posisi “On“. Setelah mengaktifkan Bluetooth, kamu dapat mengklik “Add Bluetooth or other devices.” Klik “Bluetooth” dan Windows 10 akan mulai mencari atau mendeteksi perangkat Bluetooth.

Cara menghidupkan bluetooth pada laptop.

Langkah 3: Misalnya kamu sudah memulai mode menyambung perangkat Bluetooth, kamu bisa melihatnya muncul di daftar perangkat yang tersedia. Pilih dan lanjutkan seperti yang diinstruksikan. Setelah kamu menghubungkan perangkat bluetooth, perangkat tersebut akan muncul di daftar peripheral yang terhubung.

Menghidupkan Bluetooth pada Windows 7

Biasanya, begitu adaptor Bluetooth diinstal dan dikonfigurasi pada sistem Windows 7, maka adaptor tersebut otomatis dihidupkan dan siap digunakan. Di beberapa model PC, misalnya laptop yang ada fitur Bluetooth bawaan, mungkin ada pintasan (shortcut key) keyboard yang bisa mengaktifkan atau menonaktifkan Bluetooth, atau mungkin ikon bluetooth pada system tray yang bisa melakukan fungsi yang sama.

Setiap model PC dan adaptor Bluetooth umumnya dilengkapi dengan utilitas untuk menghubungkan ke perangkat Bluetooth. Namun secara umum, kamu bisa mengklik tombol Start dan kemudian klik kanan pada opsi “Devices and Printers.” Pilih “Add a device,” dan klik “Next.” Atau, kamu bisa membuka Control Panel dan mengakses “Hardware and Sound” dan kemudian “Devices and Printer” untuk memulai. Ikuti instruksi yang muncul untuk memasang perangkat bluetooth kamu.

2. Mengaktifkan Bluetooth di Laptop Melalui Tolmbol Bluetooth di Action Center

Pada laptop Windows 10, sangat mudah untuk menghidupkan dan mematikan Bluetooth hanya dengan membuka Action Center dan mengklik tombol Bluetooth. Tombolnya adalah yang memiliki ikon Bluetooth, bersama dengan label “Not connected” jika kamu saat ini sedang tidak menggunakan perangkat Bluetooth atau indikasi perangkat utama yang saat ini terpasang dan sedang digunakan. Jika tombol tersebut berwarna abu-abu, berarti Bluetooth non-aktif.

Setelah kamu memasang perangkat Bluetooth seperti mouse atau keyboard ke laptop Windows kamu, hal tersebut akan secara otomatis terhubung setiap kali keduanya dihidupkan dan masihi dalam jarak jangkauan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, saat kamu tidak aktif menggunakan Bluetooth, kamu dapat mematikannya untuk menghemat masa pakai baterai dan menghindari kemungkinan terkena serangan hacker via bluetooth.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *