Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Menggunakan 3 Strategi Jitu

Cara mendapatkan uang dari YouTube dengan mudah.

Lebih dari lima miliar video YouTube ditonton di seluruh dunia setiap harinya. Dan video-video tersebut tidak hanya sekedar ditonton, tapi info yang terkandung pada video-video tersebut juga dilahap oleh YouTubers. Fenomena yang konstan tersebut menjadi peluang yang sangat menjanjikan bagi para pelaku vlog untuk mendapatkan uang dari YouTube. Rata-rata satu sesi video YouTube ditonton sekitar 40 menit oleh satu orang penonton. Nilai tersebut naik 50% dari tahun sebelumnya, menurut Omnicore.

Walaupun ada cara untuk menghasilkan uang dari blog, butuh waktu yang lama agar bisa mendapat untung. Tapi lain ceritanya dengan vlog sejak zaman kepopuperan YouTube seperti saat ini. Video yang menarik dan bermanfaat pasti dicari orang yang membutuhkannya. Siapa saja bisa membuat video yang layak ditonton, asalkan tau caranya. YouTube bukan hanya untuk pembuat film amatiran atau orang-orang tertentu saja. Musisi, TV swasta, usaha kecil, perusahaan dan individu menemukan nilai uang terkandung dalam setiap konten video keren yang mereka buat yang di publikasikan channel YouTube mereka.

Mulai Dengan Membuat Channel Youtube Kamu

Channel YouTube yang “aktif dan atraktif” adalah media branding yang kuat bagi pengguna dan dapat memperluas jangkauan ke pemirsa baru. Channel YouTube juga dapat membangun basis pelanggan bersponsor atau dibayar oleh perusahaan lain yang ingin mengiklankan produk atau jasa mereka melalui YouTube. Jika kamu ingin membuat Channel YouTube, kamu bisa memulainya secara mudah dengan membuat akun Google terlebih dahulu.

Sebelum meluncurkan channel YouTube untuk tujuan menghasilkan uang, terlebih dahulu kamu perlu memutuskan keuntungan apa yang ingin kamu dapatkan. Apakah kamu ingin menggunakan YouTube sebagai media mempromosikan produk atau jasa kamu sendiri, mempromosikan usaha kecil kamu, atau, apakah kamu ingin video-video kamu menghasilkan uang dari pendapatan iklan langsung (AdSense) dari YouTube? Setelah menentukan, buatlah sebuah nama channel yang keren, mudah dilafalkan dan mudah diingat. Tidak ada salahnya juga membuat sebuah channel menggunakan nama kamu sendiri jika kamu ingin memperkuat personal branding kamu.

3 Cara Menghasilkan Uang dari YouTube

Ada tiga cara menghasilkan uang dari YouTube, antara lain; menjadi pengiklan, menjadi platform periklanan atau menggandeng sponsor. Sebagai pengiklan, kamu membayar YouTube untuk Preroll, Bumper, atau TrueView yang membuat video kamu ditampilkan di hadapan calon pelanggan yang tertarget berdasarkan kriteria tertentu. Sedangkan jika channel kamu khusus jadikan sebagai platform periklanan, kamu menerbitkan video yang cukup hanya ditonton pemirsa demi menampilkan iklan video singkat milik orang atau perusahaan lain. Cara ini disebut juga dengan YouTube Partner (Mitra YouTube). Dan yang terakhir dan tak kalah jitunya adalah dengan cara menggandeng sponsor pihak luar. Yaitu mempromosikan produk atau layanan perusahaan milik orang lain melalui konten video atau “deskripsi video”.

Loading...

Di bawah ini kamu akan melihat rincian dari ketiga cara mendapatkan uang dari YouTube yang disebutkan tadi. Ketiga cara tersebut disebut juga dengan strategi monetisasi vlog. Untuk lebih jelas lagi, kita akan membahas 3 channel terkenal yang pernah sampai artikel ini dibuat menghasilkan uang banyak dari Youtube. Ketiga channel tersebut adalah Clash Royale (TruView Ads), T-Series (program YouTube Partner) dan Marques Brownlee (link sponsor (Affiliasi)).

Pelajari cara mendapatkan uang dari YouTube jika kamu ingin menjadi vlogger terkenal dan sukses seiring dengan menguatnya branding channel YouTube kamu.

1. Menjadi Pengiklan

Sebagai pengiklan di YouTube, kamu mengisi channel YouTube kamu dengan iklan video yang kamu buat sendiri. Perbedaan antara iklan YouTube dan iklan TV adalah bahwa kamu berpeluang besar menampilkan iklan video kamu ke segmen audiens yang lebih spesifik (tertarget) dan engagement audiens nya lebih tinggi (lebih sering terlibat). Kamu perlu membayar ke YouTube agar bisa menghosting iklan video kamu di channel YouTube punya orang lain, yang memiliki audiens persis seperti yang kamu targetkan.

Channel yang akan meng-host iklan video kamu bisa dari pihak yang nama channel-nya sudah terkenal hingga ke pengguna perorangan yang punya konten video sudah ditonton oleh audiens yang memiliki kriteria yang sesuai dengan target kamu. Itulah alasan kenapa setiap channel YouTube yang ingin menjadi YouTube Partner (akan dibahas di strategi berikutnya), konten video miliknya harus sudah ditonton minimal 4000 jam tonton secara total. Barulah layak mendaftar menjadi YouTube Partner.

Kemungkinan besar alasan dibuatnya persyaratan tersebut adalah; machine learning YouTube harus terlebih dahulu mengevaluasi seperti apa kriteria audiens yang sering masuk suatu channel baru yang punya konten video. Kemudian algoritma tersebut melakukan data mining terhadap channel tersebut. Hal ini akan sangat menguntungkan bagi para calon pengiklan dan channel yang terlibat dalam hal meningkatkan ke-efektifan iklan video dan penghasilan yang akan diperoleh Mitra YouTube.

Saat beriklan di YouTube, perlu diketahui bahwa kamu memainkan permainan panjang. Mungkin terasa berat untuk membayar orang lain demi slot klip video pembuka yang tidak menjamin akan dilihat oleh calon pembeli tertarget, apalagi mendapatkan klik ke situs atau toko online kamu yang berpeluang dikonversi menjadi pelanggan jangka panjang.

Akan tetapi, penelitian menunjukkan bahwa iklan video di YouTube membayar berdasarkan total lamanya waktu audiens melihat iklan TrueView (akan dijelaskan di bawah) peluangnya 10 kali lebih mungkin agar audies mengambil tindakan yang diminta oleh iklan ketimbang inisiatif sendiri. Artinya, iklan video jenis TrueView memberi YouTuber keleluasaan untuk memilih iklan video mana yang ingin mereka tonton dan kapan. Dengan demikian, pengiklan tidak akan membayar penayangan yang tidak diinginkan YouTuber.

Berikut adalah ikhtisar dari tiga opsi periklanan di YouTube yang bisa kamu pilih:

Iklan TrueView

  • Contoh channel yang melakukannya: Clash Royale
  • Penghasilan: $2.600 – $41.600 per bulan

Apakah kamu punya kisah hebat untuk diceritakan dan juga ada kaitannya dengan produk atau jasa kamu? Jika iya, maka TrueView sangat cocok untuk kamu. Iklan TrueView bisa menjadi peluang buat kamu untuk membuat berbagai klip video kreatif berkualitas tinggi yang lebih lama, yang akan muncul berdekatan dengan video YouTube yang sudah ditonton audiens yang sesuai dengan kriteria target kamu. Iklan jenis ini ada dua bentuk, yakni In-Stream dan Discovery.

Iklan Video In-Strem diputar tepat sebelum video yang ingin ditonton pengguna YouTube, “dalam aliran” video tersebut. Pengguna dapat memilih untuk melewati iklan video ini setelah lima detik diputar, seperti yang ditunjukkan pada gambar bawah ini, dan melompat ke konten video. Iklan In-Strem bisa berdurasi 12 detik hingga 6 menit.

Contoh iklan video YouTube TrueView jenis In-Stream.

Iklan Video Discovery muncul pada sidebar kanan konten video yang ingin ditonton pengguna, tepat di bawah video “Up Next” yang disarankan. Tampilannya seperti yang terlihat di bawah ini.

Iklan TrueView janes Discovery pada YouTube.

Karena alasan waktu yang kamu alokasikan untuk format iklan video seperti ini, disarankan agar memanfaatkan jenis iklan ini untuk tujuan brand development (pengembangan merek) ketimbang demi mendapatkan klik ke channel, blog, atau toko online kamu. Iklan jenis ini sangat cocok untuk menghasilkan pendapatan lewat brand awareness jangka panjang melalui cerita yang tidak ingin dilewati orang. Alhasil audiens mengingat merek kamu saat berikutnya mereka menelusuri produk atau layanan kamu.

Baik iklan video jenis In-Stream atau Discovery adalah jenis iklan pay-per-view (bayar-per-tayang). Artinya, kamu membayar YouTube dengan tarif tetap untuk setiap tampilan iklan video kamu. Dan Return on Investment (ROI) nya dapat diukur di Google AdWords. YouTube menghitung satu “tampilan” setelah iklan tersebut 30 detik ditonton, atau terjadinya klik pada saat iklan video diputar. Jika video kurang dari 30 detik, penayangan yang termasuk dihitung berbayar adalah dari orang-orang yang menonton iklan sampai habis.

Clash Royale, sebuah aplikasi game mobile terkenal telah yang memproduksi iklan TrueView. Iklan-iklan nya secara konsisten masuk dalam daftar 10 besar iklan YouTube paling banyak ditonton pada tahun 2017. Iklan yang dipublikasikan pada akhir Desember 2016 yang berjudul “The Last Second” memperoleh tampilan lebih dari 110 juta di akhir tahun 2017. Kampanye tersebut berkontribusi pada strategi pemasaran YouTube yang membuat penghasilan sekitar $2,6 ribu per bulan, seperti yang beritakan oleh SocialBlade.

Iklan Video Preroll

Seperti iklan In-Stream, iklan Preroll diputar dalam aliran sebelum konten video pilihan ditonton pengguna. Perbedaannya jenis iklan ini tidak dapat dilewati setelah lima detik. jenis iklan video ini juga berjalan sekitar 15 sampai dengan 20 detik.

Karena tampilan iklan diperlukan dalam format iklan seperti ini, pengiklan membayar per klik. Jadi, perlu membuat nilai klik sepadan dengan harga yang dibayar. Iklan preroll dengan call-in-action yang menarik dapat mengarahkan pemirsa ke halaman tertentu di website atau toko online kamu yang berpotensi menjadi penghasilan utama lewat penjualan.

Kamu juga dapat memanfaatkan opsi remarketing (pemasaran ulang) YouTube yang memungkinkan kamu mengirim kembali video baru ke pengguna yang sudah terlibat dengan channel YouTube kamu. Strategi remarketing sangat efektif diterapkan dengan metode inbound marketing campaign.

Opsi remarketing tersebut dapat membantu kamu untuk mempelajari latar belakang dan minat orang lebih lanjut pada saat mereka menerima video baru yang mengarahkan ke halaman baru.

Iklan Video Bumper

Bumper adalah iklan video terpendek yang dapat kamu terapkan. Iklan berdurasi enam detik ditampilkan tepat sebelum konten yang dipilih pemirsa (sama seperti dua opsi di atas). Tetapi jenis iklan video ini lebih cocok untuk membangun brand awareness dalam waktu singkat di sela-sela video panjang, atau diantara playlist YouTube yang sedang didengarkan pengguna.

Meskipun jenis iklan video ini singkat, YouTube membuktikan bahwa 90% iklan bumper diingat oleh pemirsa. Iklan Bumper dijual melalui sistem bayaran cost-per-minute (CPM). Berarti pengiklan membayar untuk setiap 1.000 pemutaran iklannya di YouTube.

Jadi, bagaimana kita bisa melacak kinerja ketiga jenis iklan video yang disebutkan di atas? Setelah membuat channel YouTube dan mengunggah konten video kamu, kamu bisa masuk ke akun Google AdWords dan menghubungkannya ke kampanye video kamu. Di AdWords, pilih jenis campaign, format iklan, anggaran, dan ditujukan kepada pemirsa seperti apa video kamu akan diputar di YouTube.

Kamu dapat menargetkan pemirsa yang sangat spesifik, dan menganailas tingkat konversi setiap video tersebut secara terpisah untuk mengetahui seberapa banyak usaha dan penghasilan yang kamu buat.

2. Menjadi Platform Periklanan

Jika periklanan diibaratkan dengan sebuah lari maraton, dua strategi berikutnya adalah sprint dan sebagainya. Ketika kamu berpikir tentang cara mendapatkan uang dari YouTube, kamu mungkin memikirkan opsi-opsi yang akan disebutkan di bawah. Dalam opsi nomor 2 ini, kamu yang dibayar untuk meng-host iklan orang lain, atau posisi kamu kebalikan dari opsi nomor 1 di atas.

Kelebihan opsi ini dibandingkan dengan opsi pertama tadi adalah bahwa kamu bisa menjadikan konten video kamu menjadi ruang iklan yang dapat menghasilkan uang lebih cepat dan langsung masuk ke rekening Adsense kamu. Cara yang satu ini membutuhkan banyak usaha pembuatan konten berkualitas dan menarik demi pendapatan yang terbilang layak untuk dijadikan penghasilan utama.

Berikut ini adalah opsi platform periklanan yang bisa kamu pilih:

Program YouTube Partner (YPP)

  • Contoh channel yang melakukannya: T-Series
  • Penghasilan: $ 723.500 – $11,6 juta per bulan

YouTube Partner Program (YPP) memungkinkan channel untuk memonetisasi konten video mereka dengan menayangkan iklan yang dibuat oleh pengguna YouTube lainnya secara otomatis.

Seperti yang disebutkan diatas tadi, salah satu persyaratannya (yang paling rumit) adalah dengan mengharuskan channel telah memiliki pencapaianjam tonton minimal 4.000 jam tonton dan sudah punya 1.000 subscribers dalam 12 bulan terakhir. persyaratan tersebut terasa lebih ringan dibandingkan sebelum tahun 2018 yang mengharuskan channel mencapai total tampilan video sebanyak 10.000 kali. Setelah kamu lolos dua persyaratan tersebut, kamu bisa mendaftar untuk menjadi Youtube Partner melalui langkah-langkah berikut:

  • Di sisi kanan atas beranda YouTube kamu, klik ikon akun dan pilih “Creator Studio”.
  • Kemudian di sisi kiri, klik “Channel” dan pilih “Status and features”.
  • Di bawah kotak “Monetization,” klik “Enable.”
  • Kamu akan diminta untuk menyetujui Ketentuan YPP (YPP Terms). Kemudian kamu mendaftar akun AdSense sehingga kamu dapat menerima pendapatan melalui akun YouTube yang dimonetisasi.
  • Tetapkan preferensi hosting iklan kamu dan ikuti petunjuk cara mengirimkan channel kamu untuk ditinjau oleh pihak official AdSense.

Biasanya, YouTube mengirim email mengenai keputusan apakah kamu diterima menjadi YPP atau tidak dalam kurun waktu sekitar satu minggu setelah mendaftar, jadi bersabarlah menunggu. Jika kamu masih dalam tahap ingin menjadi YPP dan sedang berusaha mencapai 4000 jam tonton dan mendapatkan 1000 subscribers, postinglah video secara produktif. Jika kamu hanya memiliki satu atau dua video saja di channel YouTube, tentunya masih butuh usaha produksi video lebih banyak lagi. Tidak ada ketentuan baku seberapa banyak video yagn dibutuhkan agar bisa diterima YPP. Yang terpenting dan yang perlu diterapkan adalah membuat video berkualitas dan menarik yang tidak melanggar Ketentuan YPP.

Kisah T-Series Menghasilkan Uang Melalui Program YPP

T-Series adalah contoh channel yang baik dalam hal kuantitas dan konsistensi yang dapat menjadikan channel kamu dicari oleh para pengiklan di YouTube. Perusahaan rekaman dari India ini memposting banyak video musik untuk lagu-lagu yang ditulis dan dikumandangkan di Bollywood. Walaupun perusahaan ini didirikan pada tahun 1984 dan gabung ke YouTube sekitar 10 tahun lalu, dengan strategi video musik yang dibuatnya bisa menempatkan posisinya melengserkan PewDiePie (channel YouTube yang berfokus pada video game) dan menjadi channel YouTube yang paling terkenal di dunia dengan subscribers lebih dari 95 juta.

T-Series menghasilkan uang tidak kurang dari $724.000 per bulan hanya dari channel YouTube-nya, berdasarkan informasi yang didapat dari SocialBlade. Yang mana penghasilannya lebih banyak didapatkan dari program YouTube Partner.

Dengan menerbitkan beberapa video dalam seminggu, kamu dapat membangun jumlah penonton agar memenuhi syarat untuk YPP dan menghasilkan uang. Lebih banyak video yang kamu buat dalam seminggu juga lebih bagus. YouTube membagi pendapatan iklan 55-45 dengan mitranya. Artinya, 45% untuk Google dan 55% untuk kamu. Berarti pengiklan yang berinvestasi $1.000 dalam menayangkan iklan di channel kamu berpotensi penghasilan $550 untuk kamu.

Presiden T-Series sempat berpendapat bahwa channel YouTube mereka tidak akan menghasilkan uang yang layak. Melainkan sebelumnya mereka hanya berspekulasi bahwa channel YouTube  mereka paling tidak dapat meningkatkan peluang penambahan jumlah penonton. Malah faktanya jauh melebihi harapan, selain meningkatkan followers, juga menghasilkan pendapatan yang melebihi penghasilan yang mereka buat melalui cara convensional.

3. Menggandeng Sponsor Pihak Luar (Affiliate)

  • Contoh channel yang melakukannya: Marques Brownlee
  • Penghasilan: $6.900 – $109.800 per bulan

Untuk dapat menggandeng sponsor biasanya tidak harus memenuhi persyaratan yang terlalu rumit seperti yang disebutkan di strategi-strategi sebelumnya. Banyak perusahaan atau pelaku startup yang menawarkan kerjasama afiliasi via affiliate network untuk memasarkan produk baru mereka. Akan tetapi, jika channel YouTube kamu terlihat meyakinkan, profesional dan terdiri dari video-video berkualitas yang sudah ditonton jutaan orang, tentu prusahaan-perusahaan besar sekelas Indosat, Telkomsel dll, akan dengan sendirinya berinisiatif menghubungi kamu untuk tujuan mensponsori channel atau video kamu di YouTube. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas satu per satu.

Link Afiliasi

Sebagai afiliasi, tidak perlu harus persyaratan YPP yang sudah disebutkan di atas. Cara termudah menggandeng sponsor adalah dengan bergabung ke program affiliate network bergengsi seperti CJ (global), Maxbounty (global), Indoleads (Indonesia), dsb. Disitu banyak perusahaan dari berbagai level menawarkan kerja sama afiliasi. Dan untuk pasar Indonesia, kamu bisa lebih mendapatkan uang dari YouTube dengan menggunakan affiliate eksklusif dari Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dsb. Atau jika audiens YouTube kamu banyak orang Amerika atau Inggris, kamu bisa gabung ke program Amazon Affiliate. Jika kamu adalah seorang travel vlogger, kamu bisa memasang link affilite situs-situs travel seperti Traveloka, Hotels, Airbnb, dsb.

Mungkin jika kamu adalah seorang blogger, istilah affiliate sudah tidak asing lagi bagi kamu. Akan tetapi, belum tentu yakin bahwa cara mendapatkan uang dari YouTube menggunakan program affiliate sangat ampuh untuk mendulang dolar. Menggunakan cara ini berarti kamu sendirilah yang berinisiatif membawa tautan affiliasi ke deskripsi video kamu sendiri. Cara ini adalah opsi bagus untuk channel YouTube yang menawarkan video review dan tips atau trik. Jenis konten video seperti itu lebih cocok digunakan untuk merekomendasikan “produk baru” ke pemirsa.

Ubah deskripsi video YouTube kamu menjadi penempatan tautan link affiliasi produk berbayar dengan sedikit penjelasan mengenai video yang kamu tayangkan. Contohnya kurang lebih seperti yang dibuat oleh channel Marques Brownlee. Lihat gambar di bawah ini:

Contoh link afiliasi pada deskripsi video YouTube.

Jika tipraktekkan dengan baik dan terencana rapi, mengadopsi affiliate marketing ke channel YouTube kamu bisa menghasilkan lebih banyak uang ketimbang kedua cara sebelumnya. Kamu bisa mendapat komisi dari hasil penjualan  berbagai jenis produk dan jasa dari berbagai merek.

Video Bersponsor

Kepribadian vlogger YouTube Marques Brownlee mempromosikan tautan afiliasi seperti yang ditampilkan pada gambar di atas. Videonya mengulas produk ponsel Samsung Galaxy di YouTube. Dengan dilakukan secara konsisten dan tekun, menjadikan periklanan afiliasi sebagai aliran pendapatan yang sempurna. Karena selain menghasilkan uang melalui tautan afiliasi, tidak menutup kemungkinan juga dari banyaknya video yang dia unggah ada beberapa video yang disponsori langsung oleh pemegang merek tertentu dan secara efektif diulas oleh Marques kepada audiens. Selain itu, Marques juga mengatakan bahwa dia juga mendapatkan uang dari YouTube via  program YouTube Partner, berdasarkan informasi yang didapat dari Recode.

Jadi, disamping menghasilkan uang di YouTube melalui program YPP, dia juga mendapatkan penghasilan tambahan melalui program affiliate marketing sekitar $6.900 per bulan, menurut SocialBlade.

Menghasilkan Uang dari YouTube dengan Strategi Gabungan

Menjadi seorang vlogger adalah salah satu jenis bisnis online yang sekarang ini sudah tidak asing lagi bagi para online marketer. Nah, setelah sekian panjang membaca beberapa strategi menghasilkan uang lewat YouTube di atas, kamu pasti mendapatkan gagasan yang baru. Yaitu menghasilkan uang dari YouTube dengan menggabungkan ketiga cara tersebut sekaligus. Jika kamu merasa mampu memproduksi video-video menarik untuk ditayangkan di YouTube, tunggu apa lagi!

Siapapun, kapanpun dan dimanapun kamu bisa memulai produksi video. Milikilah PC yang cocok untuk render video sekaligus software edit video yang paling kamu sukai. Akan tetapi perlu dicatat bahwa segala sesuatu tidak akan berbuah manis jika tidak dilakukan dengan kerja keras dan sesuai passion. Oleh karena itu, temukanlah dimana passion kamu dan mulailah membuat video yang sesuai dengan yang kamu minati. Jika kamu lebih tertarik akan dunia gaming, tidak ada salahnya membuat video-video menarik mengenai ulasan video game, penjelasan gameplay atau gamestory, dan lain sebagainya.

Itulah tadi ketiga cara mendapatkan uang dari YouTube. Kami bisa menentukan cara yang mana yang paling sesuai untuk kamu. Selamat mencoba dan sukses selalu!

5 thoughts to “Cara Mendapatkan Uang dari YouTube Menggunakan 3 Strategi Jitu”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *