Cara Mencegah Serangan Virus Ransomware – Ikuti Panduan Singkat Ini

Cara mencegah serangan ransomware.

Buat kamu pyang ering menggunakan internet, mesti lebih waspada terhadap ancaman Ransomware. Karena jenis virus komputer yang satu ini sangat berbahaya. Sebelumnya, mari kita lihat sekilas apa itu Ransomware.

Apa Itu Ransomware?

Ransomware merupakan sejenis virus yang menggunakan teknologi cryptovirology. Jenis virus komputer ini akan mengancam untuk mempublikasikan data komputer korban. Selain itu, biasanya Ransomware juga akan terus-menerus memblokir akses korban ke datanya kecuali membayar tebusan yang diminta peretas.

Tentu kamu tidak ingin data kamu diserang oleh virus komputer yang berbahaya ini. Toledor dalam mengklik link yang berbahaya dapat menyebabkan data kamu dienkripsi oleh hacker penyebar Ransomware. Tapi tak perlu cemas, karna kamu dapat memperkecil peluang hadirnya serangan virus Ransomware ke komputer atau laptop kamu dengan memperhatikan beberapa poin yang disebutkan di bawah ini.

Cara Mengamankan Komputer dari Serangan Ransomware

Selalu Perbaharui Antivirus Kamu

Cara pencegahan yang satu ini mungkin terdengar remeh buat beberapa orang, tapi jika kamu sayang akan data-data kamu, selalu mengecek apakah antivirus yang kamu pakai sudah diperbaharui. Setiap pembaharuan maupun upgrade antivirus biasanya memperkecil peluang data kamu terkena Ransomware.

Misalnya kamu menggunakan Windows Defender, pastikan Windows Defender kamu selalu aktif saat kamu terkoneksi ke internet. Biasanya Windows Defender sering melalukan pembaharuan guna mencegah serangan Ransomeware sekaligus memperbaharui daftar virus komputer terbaru yang akan diantisipasi di komputer berbasis Windows.

Loading...

Pindai dan Saring Surel Kamu

Trik yang sangat gampang untuk mengantisipasi link yang mengandung Ransomware pada surel atau imail yaitu dengan tidak memberinya peluang akses ke inbox surel kamu. Poin ini bisa kamu buat dengan memanfaatkan scanner isi email dan penyaringan surel. Cara ini semestinya mencegah berbagai jenis penipuan seperti mode phising dan serangan ransomware.

Lakukan Pencadangan Terhadap Data yang Penting

Mempunyai backup data yang bersifat pentin merupakan suatu trik yang dapat kamu lakukan guna mengantisipasi data agar tidak bisa dibobol virus Ransomware.

Mengetahui apa Saja yang Terkoneksi ke Jaringan Internet Kamu

Makin banyak data kamu terkoneksi dengan internet, berarti akan semakin tinggi kemungkinan terserang virus Ransomware. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui konektivitas komputer maupun server kamu. Ketahui dan pahami ke mana saja komputer dan server kamu terkoneksi. Hal ini perlu supaya lebih menghindari penyusupan Ransomware. Jaringan yang kamu gunakan merupakan faktor yang paling berpengaruh mengenai akses masuknya Ransomware.

Baca juga: Cara mengamankan Router WiFi.

Demikianlah sejumlah poin penting yang seharusnya kamu perhatikan sendan seksama kalau kamu ingin menjaga data penging kamu, Sekaligus mengantisipasi serangan Ransomware yang berbahaya bagi keamanan data. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *