Cara Menambah Ram Android agar Kinerja Lebih Cepat

Cara menambah RAM ANdroid.

RAM adalah komponen hardware penting pada ponsel cerdas dalam aktivitas multitasking. Kamu bisa menambah RAM Android jika ponsel kamu terasa lambat. Ponsel Android yang ideal untuk melakukan tugas berat dan multitasking setidaknya memiliki RAM sekitar 4GB. Smartphone yang hanya memiliki RAM 1GB sangat lambat dari segi kinerja. Sedangkan ponsel yang dilengkapi dengan RAM 6B sepertinya hanya mengalami peningkatan kinerja yang sedikit dibandingkan ponsel Android dengan RAM 4GB.

Saat ini, belum ada cara menambahkan RAM hp Android seperti menambahkan RAM ke perangkat PC atau laptop. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar produk smartphone Android menggunakan sistem pada chip. Artinya, CPU, GPU dan RAM nya terletak satu paket pada satu chip. Dengan demikina sangat tidak mungkin untuk menambah RAM Android secara fisik atau meng-upgrade chip ponsel Android.

Nah, walaupun kondisinya seperti itu untuk saat ini, kita masih bisa menambah kapasitas RAM pada Android. Salah satunya adalah dengan menggunakan kartu SD yang dibantu oleh aplikasi pihak ketiga. Cara menambah RAM Android dengan menggunakan kartu SD adalah dengan membuat ruang file swap. Cara ini sebenarnya tidak sama dengan meningkatkan RAM secara fisik. Melainkan, paling tidak bisa menggunakan sejumlah ruang partisi untuk digunakan sebagai memori virtual.

Hal yang penting diketahui dalam menambah RAM Android menggunakan kartu SD adalah bahwa peningkatan kinerja yang akan didapatkkan tergantung jenis kartu SD yang digunakan. Karena setiap jenis kartu SD memiliki kecepatan transfer tertentu. Untuk mendapatkan peningkatan kinerja ponsel setelah menambah ram Android, paling tidak Kartu SD kamu harus kelas 10. Akan tetapi, hasilnya akan jauh lebih baik jika menggunakan kartu SD jenis UHS-II atau UHS-III. Kartu SD paling cepat sekarang adalah Sony SF-G UHS-II U3, Toshiba Exceria Pro UHS-II U3, SanDisk Extreme PRO UHS-II U3 dan Lexar Professional 2000x UHS-II U3.

Cara Menambah RAM HP Android Menggunakan Kartu SD

Beberapa cara yang akan diuraikan pada artikel ini memerlukan root Android. Oleh karena itu, terlebih dahulu carilah panduan cara root Android jika perangkat kamu belum pernah di root. Untuk meningkatkan kinerja ponsel Android, sangat tidak disarankan menggunakan aplikasi task killer atau RAM booster. Karena banyak aplikasi-aplikasi tersebut yang cuma efek plasebo atau hanya ingin memanfaatkan unit kamu sebagai target iklan. Sementara kinerja yang ditingkatkan kecil sekali sedangkat aplikasi tersebut menguras sumber daya ponsel kamu untuk kepentingannya. Hal tersebut benar-benar membuat beban Android kamu malah lebih berat. Cache RAM sangat membantu sekali dalam kinerja Android. Oleh karena itu disarankan menggunakan alat seperti Trimmer (Fstrim) yang bisa mengembalikan kinerja ke chip NAND. Prinsip seperti ini kurang lebih sama dengan fungsi TRIM pada SSD komputer. Yang mana SSD jauh lebih cepat dibandingkan HDD.

Loading...

Cara Pertama: ROEHSOFT RAM Expander (Diperlukan Root)

  1. Harga ROEHSOFT Ram Expander adalah sekitar $5. Aplikasi ini adalah alat yang paling bagus untuk menambah RAM Android. Alat ini dilebgkapi dengan berbagai fitur yang kita butuhkan dan dengan GUI yang sangat cocok dengan Android. Satu-satunya kekurangan aplikasi ini adalahRAM Manager nya harus kompatibel dengan perangkat Android kamu.
  2. Untuk memeriksa apakah perangkat kamu kompatibel dengan RAM Manager alat ini, kamu bisa menggunakan aplikasi pengujian Memoryinfo and Swapfile. Kedua aplikasi tersebut akan memberi tahu apakah perangkat Android kamu mendukung partisi file swap dari kartu SD.Mengetes Swapfile pada hp Android.
  3. Jadi, cukup menginstal aplikasi pengujian yang bernama Memoryinfo and Swapfile. Setelah aplikasi tersebut berjalan, tekan tombol “Start RAMEXPANDER Test Here”. Kemudian, gunakan ponsel kamu sekitar 5 atau 10 menit agar aplikasi tersebut busa menganalisa bagaimana kinerja Android kamu yang terkait dengan memori RAM.
  4. Setelah penggunaan normal sekitar 5 menit, aplikasi pengujian Memoryinfo and Swapfile akan menampilkan hasil kinerja memori ponsel kamu. Jika semua prosesnya berjalan lancar, informasinya tidak akan menampilkan error apa pun. Tapi jika menampilkan info error pada hasil pengujian memori, kamu harus mencoba cara menambah RAM Android yang lain yang akan diuraikan pada artikel ini.
  5. Katakanlah hasil tes tadi baik-baik saja. Nah, kamu sekarang bisa mengunduh aplikasi ROEHSOFT Ram Expander yang disebutkan tadi. Pada saat aplikasi ini dijalankan akan meminta akses root.Meningkatkan RAM ANdroid menggunakan aplikasi ROEHSOFT Ram Expander.
  6. Pada layar akan ada ditampilkan berbagai informasi mengenai RAM dan kartu SD hp Android kamu dan beberapa ceklist pada bagian atas layar.
  7. Kemudian pertimbangkanlah opsi Autorun, karena opsi memungkinkan aplikasi berjalan secara otomatis pada saat ponsel Android kamu sedang boot (baru dihidupkan).
  8. Selanjutnya, tekan tombol “Optimal Value” pada sudut kiri bawah. Maka alat ini akan mengatur file paging ke kapasitas optimalnya secara otomatis. Jika kamu mau, kamu juga bisa meningkatkan slider secara manual untuk penyimpanan kartu SD yang ingin kamu alokasikan sebagai memori swap tambahan.
  9. Selanjutnya, tekan tombol “Swap active”. Opsi tersebut akan memulai proses peningkatan memori swap pada hp Android kamu. Kamu tidak akan melihat peningkatan jumlah kapasitas RAM di Settings ponsel kamu karena sebenarnya cara ini tidak menambahkan RAM secara fisik ke ponsel. Tapi, perangkat Android kamu akan terasa lebih cepat dan lebih lancar.
  10. Kamu bisa menguji apakah aplikasi ini berfungsi meningkatkan kinerja dengan memainkan game yang biasanya lelet pada ponsel kamu. Cara ini juga sangat berguna jika kamu sering main PUBG Mobile yang terbilang game berat. Baca juga; cara memainkan PUBG Mobile di PC. Tidak ada cara lain untuk memeriksa apakah aplikasi ini berfungsi sesuai dengan yang kita harapkan. Tapi jika penggunakan kamu kinerjanya terasa lebih baik dari sebelumnya, berarti aplikasi ini berfungsi atau cocok buat jenis hape Android kamu.

Cara kedua: Manambah RAM Android Menggunakan RAM Manager Pro (Butuh Root)

RAM Manager Pro adalah aplikasi yang mirip dengan ROEHSOFT Ram Expander. Tapi harganya lebih murah dan ada versi “basic” dengan fitur RAM unlocked. Jadi, kamu mungkin butuh yang versi pro agar hasil yang didapat sesuai dengan yang diharapkan.

Aplikasi penambah RAM ini dikembangkan berkat optimasi RAM yang sukses pada forum-forum XDA. Aplikasi ini memberi kamu berbagai profil RAM yang bisa kamu gunakan dan kamu bisa dengan mudah beralih dari profil RAM yang satu ke yang lain.

  1. Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi RAM Manager Pro pada ponsel Android kamu. Kemudian menjalankan aplikasi tersebut dan tekan tombol “VM Heap Size”.Meningkatkan RAM Android menggunakan aplikasi.
  2. VM Heap Size adalah memori maksimum yang bisa digunakan oleh satu aplikasi pada Android kamu. Jadi, jika ada aplikasi tertentu terlalu memakan jumlah RAM, contohnya Facebook, kamu bisa membatasi penggunaan RAM-nya.
  3. Terlebih dari itu, yang benar-benar kita perlukan untuk menambah RAM hp Android adalah fitur Swap File. Cara ini akan memungkinkan penggunaan kartu SD sebagai partisi file swap. Sehingga kamu bisa menggunakan banyak memori untuk melakukan aktivitas multitasking atau bermain game berat.
  4. RAM Manager Pro juga dilengkapi dengan berbagai profil seperti yang disebutkan sebelumnya. Kamu dapat menggunakan profil “Hard Gaming” jika kamu inngin memainkan game yang membutuhkan RAM maksimal, atau profil “Hard Multitasking” jika Android kamu terdapat aplikasi Facebook, Youtube, Twitter, Whatsapp dan apps berat lainnya yang secara bersamaan ingin kamu buka sekaligus. Kamu juga bisa menyeting profil khusus agar file swap dan penggunaan RAM sesuai dengan selera kamu.

Cara Ketiga: Cara Manual Menggunakan SD Card Partitioning Untuk Menambah RAM (Butuh Root)

  1. Pada cara menambah RAM Android yang satu ini, kamu membutuhkan pembaca kartu SD eksternal, dan alat seperti Mini Tool Partition Wizard.
  2. Hubungkan pembaca kartu SD eksternal kau ke PC atau laptop dan masukkan kartu SD kamu te alat tersebut.
  3. Luncurkan Mini Tool Partition Wizard (atau alat partisi lain yang sama) dan format kartu SD kamu.
  4. Kemudian, buatlah partisi pada kartu SD tersebut dengan menjadikan partisi tersebut menjadi partisi Primer FAT32, tetapi sisakan ruang kosong sekitar 1GB.Cara menambah ram hp Android dengan cara manual.
  5. Lalu, buatlah partisi lain, tapi jenis partisinya sebagai EXT2, EXT3 atau EXT4.  Setelah perubahan sudah dilakukan, masukkanlah kartu SD tersebut ke ponsel Android kamu.
  6. Setelah itu, download aplikasi yang bernama Link2SD dari Google Play ke perangkat Android kamu.
  7. Luncurkan aplikasi Link2SD tersebut dan izinkan akses root. Lalu pilih partisi EXT yang kamu buat tadi dan tautkan.
  8. Setelah selesai, unduh aplikasi Swapper For Root, buka, dan pilih jumlah RAM yang ingin kamu tingkatkan.
  9. Swapper For Root akan membuat file .SWP dan menambah RAM Android kamu. Cara yang ini bahkan akan menunjukkan peningkatan jumlah kapasitas RAM di Settings → About Phone atau di mana pun yang bisa menunjukkan informasi RAM hp Android kamu. Tapi walaupun demikian, seperti yang sudah disebutkan tai, cara menambah RAM Android ini hanya menukar partisi memori kartu SD menjadi RAM virtual, bukan RAM fisik yang sebenarnya, karena rata-rata teknologi RAM, CPU dan GPU smartphone sekarang masih satu paket dalam satu chip.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *