Cara Menambah Follower Instagram dengan 8 Strategi Jitu

Instagram adalah salah satu situs jejaring sosial paling populer saat ini. Jumlah pengguna Instagram sangat banyak dan minatnya pun berbeda-beda. Itulah sebabnya cara menambah follower Instagram merupakan hal prioritas bagi pemilik merek dan perorangan yang berwirausaha ataupun yang menjalankan usaha sampingan.

Jika kamu tau cara menambah follower Instagram, kamu bisa membangun audiens yang tertarget di bidang tertentu dalam waktu singkat. Akun Instagram yang memiliki jumlah followers tertarget yang banyak bisa dimanfaatkan untuk branding bahkan bisa juga digunakan untuk berjualan dengan potensi pembeli sesuai dengan market yang kamu targetkan.

Apapun latar belakang dan bidang usaha yang kamu jalankan, kamu bisa membuat orang tertarik untuk menjadi follower akun Instagram kamu. Walaupun kamu menggunakan Instagram sebagai akun resmi untuk usaha kamu, kamu tidak perlu terlalu serius atau terlalu kaku dalam membuat postingan. Kamu bisa memposting hal-hal lucu, foto-foto menarik, atau gambar-gambar yang menginspirasi orang, agar orang merasa bahwa ada manfaatnya untuk menjadi follower kamu di Instagram. Terlepas dari itu, cara menambah follower Instagram butuh beberapa kiat khusus yang akan diutarakan di bawah ini. Tips menambah follower Instagram ini akan menguraikan bagaimana berinteraksi, terhubung, berbagi cerita atau pengalaman dengan orang-orang yang mengikuti akun Instagram kamu.

Berikut adalah delapan tips jitu untuk meningkatkan jumlah follower Instagram menjadi ratuan ribu bahkan jutaan.

1. Pilih Tema dan Tetap Konsisten

Apapun tujuan kamu dalam mengelola akun Instagram, baik untuk personal branding ataupun untuk mempromosikan merek atau produk kamu, pilihlah tema tertentu agar akun kamu terlihat berbeda. Kamu bisa memilih tema humor, olah raga, kata-kata mutiara, atau hal-hal yang lebih sesuai dengan tujuan kamu. Misanya kamu memilih tema yang terkait hal-hal humor. Maka tetaplah konsisten untuk memposting berbagai foto lucu, video lucu, atau gambar yang disertai dengan kata-kata atau cerita lucu yang bisa membuat orang tertawa.

Loading...

Menentukan tema agar bisa menambah follower Instagram.

Buatlah segala sesuatu uang kamu posting di Instagram memiliki tujuan yang konsisten, misalnya untuk membuat orang tertawa. Dengan tema yang konsisten, orang-orang pun tau untuk apa mereka mengikuti akun Instagram kamu, yaitu agar mereka tidak ketinggalan postingan-postingan lucu dari kamu dan mereka pun tidak sungkan-sungkan untuk terlibat. Terlibat disini artinya, memberi like, berkomentar, atau mau repost postingan kamu. Jika kamu tidak konsisten dengan tema yang kamu pilih, orang-orang bisa bingung untuk apa mereka mengikuti akun Instagram kamu.

2. Gunakan Filter Foto yang Tepat untuk Akun Instagram Kamu

Setelah menentukan tema Instagram yang sesuai dengan tujuan kamu, perlu juga menggunakan filter foto yang tepat. Dengan menggunakan filter foto yang tepat dan menerapkannya secara konsisten, tampilan akun Instagram kamu terlihat lebih bagus dan profesional. Selain itu, menggunakan filter foto yang disukai berdampak pada keterlibatan followers dan ketertarikan orang-orang yang baru melihat untuk mengklik tombol follow.

Menggunakan filter Instagram untuk menambah pengikut.

Dibawah ini adalah 10 rekomendasi filter foto Instagram yang paling disukai saat ini:

  1. Juno
  2. Hefe
  3. Normal (Tanpa Filter)
  4. Lark
  5. Ludwig
  6. Kelvin
  7. Amaro
  8. X-Pro II
  9. Lo-fi
  10. Mayfair

TrackMaven mengadakan sebuah penelitian terhadap berbagai akun Instagram untuk emncari tahu bagaimana pengaruh filter Instagram terhadap keterlibatan audiens. Penelitian tersebut menemukan bahwa filter Mayfair, Hefe dan Ludwig paling mendorong interaksi pada akun instagram.

Pengaruh filter Instagram terhadap keterlibatan followers.

Tetapi yang terpenting mengenai filter Instagram yang cocok buat akun kamu adalah filter yang paling disukai followers kamu. Oleh karena itu, pertimbangkanlah filter Instagram mana yang paling cocok untuk meningkatkan keterlibatan audiens kamu.

3. Tentukan Jam Posting yang Tepat

Setelah menentukan tema dan fileter Instagram yang tepat, saatnya kamu menentukan jam posting yang tepat. Ada baiknya menunda postingan Instagram jika jam-nya tidak tepat. Karena tujuan utama kita dalam setiap postingan Instagram adalah untuk menambah follower baru.

Menentukan jam yang tepat adalah dengan menganalisa bagaimana keterlibatan audiens kamu di masa lalu. Hal tersebut bisa dianalisa jika akun Instagram kamu sudah dikelola dalam kurn waktu tertentu dan kamu sudah membuat postingan secara konsisten. Idealnya membuat postingan beberapa kali dalam sehari. Nah, dari situ kamu bisa menganalisa hari apa, postingan mana, jam berapa yang paling banyak interaksi. Tentu beda hari beda juga jam posting yang tepat untuk menambah jumlah pengikut Instagram.

Mengunggah konten menarik pada jam yang tepat adalah cara meningkatkan jumlah pengikut Instagram.

Jumlah follower Instagram kamu tidak akan bertumbuh dengan pesat jika kamu tidak memposting secara rutin. Audiens kamu mengklik tombol follow berarti mereka mengharapkan mengharapkan atau tidak ingin ketinggalan postingan terbaru dari kamu. Jadi, rajin-rajinlah membuat postingan Instagram yang menarik dan bermanfaat agar semakin banyak orang yang mengharapkan postingan terbaru dari kamu.

Ketertarikan orang-orang terhadap akun Instagram kamu bisa dilihat dari jumlah interaksi di setiap postingan. Dari situ kamu bisa menganalisa postingan mana dan seperti apa yang paling banyak like dan komentar. Setelah mengetahui medel konten seperti apa yang paling mereka sukai, buatlah konten sejenis itu sebanyak mungkin, dan jadwalkan hari dan jam postingan yang tepat, agar setiap postingan efektif meningkatkan jumlah follower Instagram. Misalnya, jika konten meme lucu kamu lebih banyak mendapatkan interaksi dari audiens, buatlah beberapa meme lucu untuk diposting di hari dan jam tertentu. Jika kamu sering mengedit filter foto dan video di PC, ketahui juga cara upload foto ke Instagram lewat PC agar tidak perlu repot lagi memindahkannya ke hp saat ingin memosting.

4. Gunakan Tagar yang Tepat

Menyertakan tagar yang tepat agar mendapatkan followers Instagram yang tertarget.

Tujuan kita dalam mengelola akun Instagram adalah untuk melibatkan audiens secara teratur sekaligus meningkatkan jumlah followers. Memposting foto atau video terbaru yang menarik perhatian adalah syarat utama. Tetapi seiring berjalan waktu kamu pasi akan menyadari bahwa tagar (hastag) foto adalah hal yang sangat penting diterapkan di postingan. Jadi, menggunakan hastag yang tepat adalah salah satu cara menambah follower Instagram yang tidak boleh kamu abaikan.

Membahas soal hastag, sama halnya dalam strategi menambah pengikut Twitter. Memberi hastag di foto dan video yang kamu posting memudahkan orang untuk menemukan konten yang mereka cari dengan kata kunci tertentu. Jadi, perlu mengetahui tagar mana yang harus kamu sertakan di setiap postingan Instagram. Menggunakan tagar agar lebih mudah menjangkau follower baru yang tertarget.

Jika kamu menggunakan tagar yang sedang populer secara umum, kemungkinan besar postingan kamu akan mendapatkan suka atau komentar tambahan diluar dari followers kamu. Tapi jika tagar yang kamu gunakan tidak sesuai dengan tema dan niche (ceruk) akun kamu, tidak akan mendapatkan keterlibatan audiens jangka panjang, pengikut baru tidak tertarget, dan yang terpenting, followers dengan tipe tersebut tidak akan meningkantkan penjualan.

Oleh karena itu, cari dan dan gunakanlah tagar yang paling relevan dengan niche atau produk kamu. Untuk mencari tagar yang relevan dengan niche atau produk butuh penelitian dan menganalisaan yang sesuai agar penggunaan tagar yang tidak hanya merepresentasikan merek yang kamu miliki, tetapi juga tagar yang berkaitan dengan hal yang sedang dicari orang banyak di Instagram.

5. Gunakan Fitur Geotag Instagram

Cara menambah follower Instagram berdasarkan lokasi menggunakan geotag.

Selain tagar, kamu juga bisa membuat posting Instagram kamu agar dapat ditemukan sesuai lokasi dengan menyertakan geotag (tag lokasi). Geotag bisa berupa nama kota, negara atau daerah tempat tinggal kamu atau lokasi tempat usaha kamu. Atau bisa juga tempat di mana potingan foto atau video kamu ambil.

Location juga tidak hanya mengandung feed Instagram, tetapi juga mengandung Story sama seperti tagar. Jadi, kamu bisa memanfaatkan fitur ini dengan menggunakan stiker lokasi dalam Story Instagram kamu.

Fitur geotag Instagram merupakan nilai tambah bagi usaha lokal. Dengan memposting foto atau video yang disertai dengan geotag lokasi usaha secara teratur, besar kemungkinannya untuk menggapai calon pelanggan yang tempat tinggalnya atau sedang berada di lokasi sekitar usaha lokal tersebut.

Intinya, menyertakan geotag di setiap postingan foto atau video adalah cara menambah follower Instagram yang lokasinya sesuai dengan yang kamu targetkan.

6. Bagikan Konten yang Menyenangkan dan Layak untuk Dibagikan

Setelah mempelajari dan mengatur semua strategi optimasi akun Instagram yang disebutkan tadi, kini saat ke inti yang paling penting. Dalam digital marketing, termasuk di Instagram, “Content is the King”. Ya, Konten adalah Raja, yang artinya adalah, konten kamulah yang menentukan keberhasilan kamu dalam mengeksekusi berbagai cara menambah follower Instagram kamu.

Konten yang kamu bagikan tidak hanya harus menyenangkan dan menarik, tetapi juga harus estetis dan memang layak untuk dibagikan. Tidak akan ada audiens kamu yang akan screenshot meme keren dengan kata-kata yang lucu jika kamu membuat watermark logo bisnis terlalu gamblang di seluruh gambar meme tersebut. Tentu tidak ada yang suka membagikan atau mem-viralkan meme seperti itu.

Bagikan postingan keren di Instagram untuk menarik perhatian audiens kamu.

Mungkin ada audiens kamu yang tertarik dan ingin repost gambar cantik kamu di Instagram, tetapi karena gambar tersebut mengandung iklan atau promo yang dicetak terlalu besar, tentu audiens tersebut akan urung niat melakukan repost. Sebaliknya, jika audiens kamu memposting ulang meme keren lucu yang kamu buat, berarti audiens tersebut mengkreditkan akun kamu. Dalam arti lain, saat mereka melakukan repost terhadah postingan keren kamu di Instagram, mereka sebenarnya mengembangkan akun kamu yang manfaatnya adalah untuk kamu sendiri.

7. Ikuti Tren Terkini untuk Menambah Follower Instagram Kamu

Ketika ada trending topik yang sedang viral dimana-mana, selaraskan konten kamu dengan topik tersebut tanpa mengesampingkan tema yang sudah kamu tentukan. Boleh juga menyertakan tagar yang sedang tren agar dapat meningkatkan keterlibatan audiens. Cara ini sebenarnya lebih cocok untuk branding ketimbang menambah follower Instagram yang tertarget. Tapi tidak ada salahnya juga dilakukan selama kamu berbuat dan berbagi hal positif.

Ramaikan perayaan atau acara yang sedang tren dengan postingan yang relevan untuk meningkatkan keterlibatan dan jangkauan akun Instagram kamu. Saat hari dan tanggalnya sesuai, kamu juga dapat berpartisipasi dalam salah satu tagar hari-hari besar yang lagi trending, misalnya #IdulFitri dan lain sebagainnya. Tandai hari-hari besar yang relevan di kalender kamu agar kamu bisa dengan mudah mempersiapkan konten yang relevan di postingan Instagram.

8. Luangkan Waktu untuk Memonitor Follower Instagram Kamu

Tidak cukup hanya mengetahui cara menambah follower Instagram. Percuma rasanya jika follower bertambah banyak dalam waktu singkat tapi tidak memantau laju pertumbuhannya. Oleh karena itu, pelajarilah seperti apa laju pertumbuhan pengikut Instagram kamu serta seberapa besar keterlibatan mereka terhadap konten-konten yang kamu posting.

Dengan mendaftar akun Instagram Business, kamu bisa memonitor dasbor Instagram Analytics kamu untuk mendapatkan wawasan yang sangat berharga secara gratis. Di dasbor tersebut kamu bisa melihat berapa banyak orang yang memeriksa profil kamu, berapa banyak orang membuka postingan kamu, postingan mana yang paling menarik dan dari mana asal lokasi mayoritas folower kamu.

Data yang kamu dapatkan dari dasbor Instagram Business bisa kamu gunakan untuk mendiagnosis dimana kelemahan akun Instagram kamu dan apa yang bisa kamu maksimalkan untuk menambah jumlah follower Instagram kamu. Dari situ kamu bisa menganalisa pola pada postingan mana yang paling menarik dan cobalah untuk mengulangi tipe postingan seperti itu sebanyak mungkin di kemudian hari.

Kembangkan Cara Menambah Follower Instagram yang Menguntungkan buat Bisnis Kamu

Strategi di atas merupakan cara yang paling efektif untuk menggunakan Instagram dalam menjangkau audiens yang tertarget yang berpotensi menjadi follower yang menguntungkan buat bisnis kamu. Berarti, keberhasilan online marketing melaui Instagram tidak selalu diukur dengan jumlah angka pengikut. Seperti halnya dalam jejaring sosial mana pun, strategi yang paling efektif adalah menjadi otentik dan bersosial.

Baik sebagai pelaku wiraswasta ataupun usaha sampingan, kamu bisa memanfaatkan Instagram sebagai media untuk memasarkan produk atau jasa. Jika kamu fokus pada keterlibatan pengguna, bukan hanya follower, kamu bisa menjadikan Instagram sebagai media marketing yang efektif untuk memasarkan produk dan branding merek kamu yang dapat menghasilkan aliran pendapatan yang menjanjikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *