Cara Efektif Mempersiapkan Tes GMAT Agar Diterima Program MBA

Kamu mungkin baru saja menyelesaikan program sarjana. Lalu, kamu berencana langsung mengikuti program MBA di Eropa, Amerika, atau di salah satu universitas terkemuka yang berbahasa pengantar English. Akan tetapi seharusnya kamu mengetahui bahwa untuk mengikuti program MBA, ada banyak hal yang harus kamu persiapkan dan pertimbangkan.

Seperti yang biasaanya diketahui oleh lulusan-lulusan sarjana yang ingin melanjutkan pendidikan, ketika ingin mendaftar program pascasarjana, misalnya ke Eropa, calon mahasiswa akan dimintai hasil standardized test atau sering juga disebut dengan admission test. Misalnya, hasil tes GMAT, GRE, LSAT, atau sejenisnya. Masing-masing jenis admission tes memiliki tujuan yang berbeda. Kalau GRE biasanya diperlukan untuk seleksi program engineering, sains. Sedangkan GMAT biasanya diperlukan untuk program manajemen atau bisnis. Untuk hukum biasanya menggunakan LSAT. Jadi, kalau kamu ingin mengambil program MBA, kamu seharusnya ambil test GMAT.

GMAT dan GRE adalah tes penerimaan mahasiswa yang berbeda dari segi format pertanyaan dan batas waktu untuk setiap section ujiannya. Nah, mengkhususkan waktu untuk mempersiapkan tes GMAT lebih baik daripada berspekulasi pada ujian yang sebenarnya. di sini kita akan mengulas secara singkat bagaimana mempersiapan diri dalam menghadapi ujian GMAT.

Tips Mempersiapkan Diri Menghadapi Tes GMAT

1. Praktik untuk Menjawab Contoh Pertanyaan GMAT

Pada ujian GMAT, ketepatan dan kecepatan dalam menjawab setiap pertanyaan sangat ditekankan. Jadi, persiapkanlah diri kamu dengan praktik atau latihan menjawab contoh-contoh soal GMAT. Selain itu, pelajari juga bagaimana memanfaatkan waktu dengan bijaksana dalam menjawab soal-soal latihan pertanyaan GMAT. Rata-rata dalam menjawab soal verbal GMAT butuh waktu sekitar 1¾ menit atau sekitar 105 detik. 2 menit untuk masing-masing pertanyaan kuantitatif, dan sekitar 2,5 menit untuk soal penalaran terintegrasi. Ketika kamu ikut tes GMAT, sisa waktu akan ditampilkan di layar dan kamu bisa mengetahui sisa waktu.

2. Cari Buku atau Video GMAT Prep

Kamu bisa mencari berbagai sumber penyedia eBook atau video tutorial GMAT prep. Cara ini akan memandu kamu dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi GMAT sekalian belajar dengan video tutorial untuk penyelesaian soal GMAT. Buku GMAT prep biasanya menyediakan kunci jawaban dan menguraikan cara menjawab soal.

3. Baca Aturan yang Berlaku dalam Menjawab Pertanyaan GMAT

Tentu kamu bisa mencari tahu apa saja aturan dan instruksi yang akan kamu ikuti ada ujian GMAT yang sesungguhnya nanti. Aturan dan panduan tersebut menjelaskan hal-hal apa saja akan bisa kamu gunakan dalam menjawab soal GMAT. Jika kamu membaca instruksinya dengan terburu-buru, bisa jadi kamu melewatkan petunjuk penting, dan tentu skor GMAT kamu jadi kurang bagus.

4. Baca Setiap Soal dengan Saksama

Dalam latihan menjawab contoh soal GMAT, perhatikan apa yang diperditanyakan. Jangan hanya membaca sekilas, melainkan memahami pertanyaan secara menyeluruh dari awal hingga akhir kata.

5. Jangan Boros Waktu dalam Menjawab Setiap Pertanyaan

Jika kamu tidak tahu jawaban yang benar untuk stu soal, atau belum paham cara menyelesaikan soal pada contoh pertanyaan GMAT, coba lewati menjawabnya. Jika terlalu dipaksakan, kamu akan menghabiskan waktu terlalu banyak untuk satu soal. Trik ini memungkinkan kamu untuk paling tidak sampai pada soal yang terakhir. Setelah sampai pada soal yang terakhir, barulah kamu boleh kembali ke soal yang belum kamu jawab. Pilihlah jawaban yang benar ketika kamu sudah yakin itu benar. Kemudian, pindah ke soal berikutnya dengan cepat.

6. Pastikan Jawaban Kamu Tepat Sebelum Mengkonfirmasi

Pada tes kuantitatif GMAT yang sebenarnya, nantinya kamu perlu mengklik tombol konfirmasi pada sistemnya untuk memberikan jawaban. Jadi, pastikanlah jawaban kamu benar, karena nanti kamu tidak bisa mengubah jawaban kamu.

Sebagian besar orang yang baru pertama kali mengikuti tes GMAT terlalu tegang dalam menghadapi ujian GMAT yang sebenarnya. Tetapi jika kamu memberi waktu untuk persiapan ujian GMAT, kemungkinan besar kamu akan lebih rileks dan alhasil dapat berpikir secara efektif dan akurat dalam menjawab semua pertanyaan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *