Cara Mempercepat Koneksi WiFi dengan Mempertahankan Kualitas Sinyal

berbagai cara mempercepat koneksi WiFi dengan mempertahankan kualitas sinyal.

Untuk mempercepat koneksi WiFi, pertama-tama, kamu butuh mencari tahu apa penyebab melemahnya kualitas sinyalnya. Nah, sebelum kamu menentukan cara yang paling cocok untuk kamu, pertama-tama, lakukan langkah-langkah yang diuraikan di bawah ini, untuk mengetahui penyebab melambatnya kualitas sinyal WiFi.

Mencari Tahu Penyebab Internet Lambat

Sebelum kamu memperbaiki masalah koneksi WiFi, kamu perlu mengetahui berbagai penyebab jaringan nirkabel yang lambat. Salah satu masalah yang paling umum adalah jarak pancaran sinyal WiFi. Jika masalahnya adalah jarak, mungkin kamu perlu Router N nirkabel terbaru untuk mempercepat koneksi WiFi dengan menambah kekuatan sinyal hingga jarak puluhan meter. Namun, jangkauan sinyal WiFi sangat bervariasi tergantung susunan dan bentuk bangunan. Contohnya dinding yang dilapisi plester lebih memperlambat sinyal WiFi dibandingkan dengan dinding yang dilapisi drywall biasa.

Setel Ulang Koneksi WiFi

Untuk mengatur ulang koneksi WiFi, mematikan power router dan modem. Tunggu beberapa menit kemudian nyalakan kembali. Terkadang koneksi internet WiFi bisa jadi mengalami kelebihan beban, seperti mendownload file besar atau terlalu banyak perangkat yang mencoba terhubung dalam waktu yang bersamaan.

Atur Ulang Posisi Perangkat

Jika memungkinkan, pindahkan router atau modem atau laptop atau komputer desktop kamu agar lebih dekat ke perangkat yang menyiarkan sinyal WiFi. Bisa jadi sinyal Wi-Fi sedang mengalami masalah hambatan pada saat melalui tembok tumah/bangunan. Jadi, jika kamu mengalami masalah koneksi Wi-Fi yang lambat, salah satu kemungkinan masalahnya adalah jarak atau rintangan.

Ubah Saluran (Channel) pada Router

Jika kamu tidak tahu cara mengubah saluran pada router atau perangkat keras lainnya, baca buku manualnya atau cari tutorial melalui Google. Secara default, biasanya router akan memilih frekuensi yang paling tidak ramai. Jika kamu ingin mempercepat koneksi WiFi, mengubah saluran pada router kemungkinan dapat membantu menghindari kemacetan sinyal.

Loading...

Router atau Booster Nirkabel Tambahan

Jika semua langkah troubelshooting gagal, mungkin butuh router kedua atau booster nirkabel untuk memperluas jangkauan sekaligus memperkuat sinyal Wi-Fi kamu. Tapi sebelumnya ketahui terlebih dahulu router seperti apa yang sesuai engan kebutuhan kamu.

Wi-Fi lambat memang sangat mengganggu. Namun, dengan melakukan langkah-langkah di atas kamu bisa mencari tahu cara yang tepat untuk meningkatkan koneksi WiFi kamu.

Tips Memperkuat Sinyal Wifi

Berikut ini tujuh cara meningkatkan sinyal Wi-Fi. Sebagian diantaranya gratis tanpa pengeluaran dan beberapa tips memerlukan hardware tambahan. Sebelum kamu menyerah untuk memakai Wi-Fi dan beralih ke koneksi internet kabel teruslah ikuti panduan yang akan diuraikan di bawah. Kemungkinan salah satu panduan yang akan diuraikan di sini dapat membantu memperluas jangkauan router nirkabel kamu.

Jika kamu mengandalkan WiFi dalam bekerja, streaming video atau bermain game online, meningkatkan sinyal WiFi akan sangat membantu agar kinerjanya lancar dan bebas dari stres. Salah satu cara mempercepat koneksi WiFi di bawah mungkin bisa membantu.

Posisikan Router kamu di Tepat yang Tepat

Sebelum kamu mengeluarkan uang untuk mempercepat koneksi WiFi, kamu seharusnya terlebih dahulu memeriksa apakah router nirkabel kamu ditempatkan di posisi ang tepat. Router mengirim sinyal Wi-Fi ke semua arah dengan jarak yang merata. Oleh karena itu, menempatkan router sedekat mungkin ke perangkat penerima sinyal seperti ponsel atau laptop mungkin bisa membantu mempercepat koneksi WiFi.

Modem Internet kamu terhubung ke router. Jadi, perlu mempertimbangkan lokasi kabel atau telepon; kabel jika memakai koneksi Internet kabel atau telepon jika memakai Internet DSL. Jangkauannya mungkin membatasi penempatan router kamu.

Jika memang router kamu masih bisa ditempatkan di posisi yang lebih baik, kamu mungkin perlu mencobanya. Kemudian ketahui juga apakah cara ini memperbaiki masalah koneksi WiFi yang lambat. Jika tidak, kamu bisa mencoba cara mempercepat koneksi WiFi yang lain.

Buat Titik Akses Virtual

Jika perangkat kamu menggunakan minimal Windows 7, kamu bisa memanfaatkan fitur WLAN terbaru untuk membuat Wireless Hosted Network. Maksudnya disini adalah membuat adaptor nirkabel kamu menjadi router nirkabel virtual, bahkan ketika kamu terhubung ke jaringan nirkabel lain. Pengguna Wi-Fi lain dapat terhubung ke router virtual dengan mendapatkan akses Internet melalui koneksi host.

Ini bisa menjadi solusi sementara atau permanen untuk memperluas atau memperkuat sinyal Wi-Fi ke komputer di luar area cakupan router. Jika kamu memiliki PC Windows atau laptop yang bisa terkoneksi ke router, dan masalahnya adalah jarak komputer yang terlalu jauh, kamu bisa memanfaatkan fitur Wireless Hosted Network sebagai “repeater” (pengulang). Cara yang ini bukan merupakan solusi mempercepat koneksi WiFi yang terbaik. Tapi sangat bermanfaat jika kamu ingin kinerja yang maksimal pada jarak komputer yang jauh terhadap router.

Pada komputer yang menggunakan OS Windows, sambungkan ke jaringan nirkabel kamu. Kemudian kamu dapat menggunakan utilitas seperti Connectify (screen shot di bawah) untuk membuat router virtual, daripada menggunakan Command Prompt yang agak ribet. Kemudian, pada komputer atau perangkat yang mengalami masalah koneksi, hubungkan ke router virtual yang baru saja dibuat, bukan router yang sebenarnya.

Menggunakan Connectivity untuk membuat virtual router.

Upgrade Router Nirkabel

Perkembangan teknologi WiFi terus meningkat seperti teknologi hardware lainnya. Seiring waktu, produk Wi-Fi semakin menjangkau tingkat teknologi jaringan yang lebih tinggi. Teknologi WiFi dikembangkan IEEE (konsorsium rekayasa). Standard pertama adalah 802.11b, kemudian disusul dengan 802.11g dan terus meningkatkan kecepatan dan jangkauan sinyal. Hingga saat ini, teknologi WiFi yang paling standard adalah 802.11n, yang memiliki kecepatan dan jangkauan sinyal jauh lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Seperti yang diinformasikan di berbagai media, standard WiFi biasanya disebut dengan nirkabel B, nirkabel G dan sebagainya.

Intinya, jika kamu masih menggunakan nirkabel B atau G, kamu mungkin harus mempertimbangkan untuk upgrade ke nirkabel N. Seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah, biasanya router nirkabel N dilengkapi dengan tiga antena. Upgrade ke router nirkabel tipe N mungkinj cukup meningkatkan jangkauan router untuk menjangkau komputer atau perangkat nirkabel seperti ponsel, printer, dll, yang mengalami masalah koneksi ke WiFi.

Router nirkabel tipe N

Jika kamu belum yakin standar nirkabel mana yang kamu gunakan, lihatlah pada router di atas. Mungkin bisa memberi kamu petunjuk jenis router buat kamu. Kalau masih belum yakin juga, coba cari tahu nomor model dan cari d internet untuk menemukan detail produk router yang sedang kamu gunakan.

Untuk jangkauan dan kinerja yang optimal, kamu bisa mempertimbangkan router dan adaptor nirkabel pada komputer menjadi nirkabel N. Router khusus yang datang memiliki fitur antena hi-gain mampu meningkatkan jangkauan.Menampar

Antena Router yang Lebih Bagus

Tidak semua antena router sama. Vendor Wi-Fi biasanya memperlengkapi produknya dengan antena yang lebih murah. Untuk mempercepat koneksi WiFi kamu, coba tertimbangkan memperlengkapinya dengan antena tambahan untuk meningkatkan kualitas dan jangkauan sinyal. Umumnya, antena yang lebih bagus dapat menambah jangkauan dan kinerja yang lebih baik.

Yang perlu diingat saat memilih antena router adalah kapasitas gain-nya (diukur dengan satuan dBi). Artinya, semakin tinggi gain sebuah antena router berarti semakin banyak sinyal yang bisa ditransmisikan atau diterima. Kamu mungkin lebih cocok menggunakan antena non-directional (tidak terarah) yang mengirim dan menerima sinyal ke segala arah, yang disebut juga dengan omni-directional. Untuk adaptor nirkabel, kamu bisa mempertimbangkan antena terarah. Karena antena adaptor nirkabel hanya perlu terarah ke router nirkabel.

Sebelum membeli, periksa toko router atau adaptor apakah produknya mendukung antena pengganti. Misalnya D-Link yang menawarkan Antena Xtreme N 2.4GHz (ANT24-0230), seperti gambar di bawah ini. Produk ini bekerja dengan baik bersamaan dengan adapter desktop dan router tipe Xtreme N dan RangeBooster N.

Antena tambahan untuk router.

Ada juga banyak perusahaan yang menawarkan antena universal. Jika kamu menggunakan nirkabel N, pastikan antena yang ingin kamu beli cocok. Carilah adaptor nirkabel yang dilengkapi antena gain tinggi, bukan membeli antena yang hanya bisa terhubung ke adaptor. Jika kamu mempertimbangkan antena tunggal, pastikan memiliki konektor yang sama dengan adaptor atau router kamu.

Untuk upgrade antena router tidak memerlukan alat apa pun. Biasanya dilengkapi dengan sekrup yang bisa tiputar pakai tangan dan cukup mudah. Jika tidak, berarti tidak mudah untuk dilepas atau diganti.

Jika kamu membeli laptop keluaran terbaru, berarti kamu juga membeli adaptor nirkabel baru dengan antena yang jauh lebih baik. Jika demikian, cukup hanya menancapkan ke port USB.

Pada kasus upgrade PC desktop biasanya juga mudah. Jika kamu membeli antena router, cabut yang lama dan pasang yang baru. Tapi jika kamu membeli adaptor baru juga, kamu harus membuka casing komputer untuk  adaptor PCI. Adaptor USB lebih mudah untuk dipasang yang hanya perlu menghubungkannya ke port.

Gunakan Repeater Wi-Fi

Cara lain untuk mempercepat koneksi Wi-Fi adalah dengan menggunakan repeater atau penguat sinyal WiFi terbaik. Caranya hampir sama seperti membuat jalur akses virtual pada komputer Windows yang sudah dibahas sebelumnya. Kamu boleh membeli repeater nirkabel dan meletakkannya di antara router nirkabel dan komputer yang mengalami masalah koneksi ke WiFi. Komputer yang bermasalah dapat terhubung secara nirkabel ke repeater, dan repeater juga terhubung secara nirkabel ke router.

Coredy E300 Mini cocok digunakan sebagai extender tambahan untuk ruangan khusus.

Perlu diingat bahwa ini bukan cara yang terbaik. Karena kecepatan koneksi antara komputer dan router terpotong hampir setengahnya. Kalau hanya untuk membuka situs mungkin tidak terlalu bermasalah. Tetapi kecepatannya yang lambat akan terasa pada saat bermain game online, mengunduh file besar, atau mentransfer file antar komputer. Tapi cara yang satu ini mungkin bermanfaat untuk mendapatkan sinyal sampai ke komputer melalui repeater, daripada tidak dapat sinyal sama sekali.

pada saat memilih repeater, kamu akan menemukan banyak penjual yang menyebutnya dengan penambah jarak sinyal atau extender. Kalau kamu tidak masalah untuk melakukannya sendiri, pertimbangkan software DD-WRT gratis yang bisa kamu pasang ke router untuk mendapatkan berbagai fitur keren lainnya secara gratis.

Gunakan Jaringan Powerline

Wi-Fi bukan satu-satunya jenis jaringan tanpa kabel untuk rumah. Ada juga jaringan powerline yang distandarkan oleh HomePlug Powerline Alliance. Teknologi ini memungkinkan transfer data pada seluruh sistem listrik rumah kamu. Sehingga gamu bisa listrik menjadi port jaringan atau titik akses nirkabel tambahan.

Memperluas jaringan kamu dengan adapter powerline bisa mempertahankan kecepatan dan kinerja WiFi ketimbang menggunakan repeater nirkabel seperti yang kita bahas sebelumnya. Namun, kinerjanya bervariasi tergantung pada kondisi saluran listrik, perangkat listrik lain yang dicolokkan, dan adaptor powerline yang digunakan. Walaupun demikian, cara mempercepat koneksi WiFi yang satu ini mungkin cocok jika kamu tidak ingin memasang kabel di sekitar rumah.

Pasang Router atau Titik Akses Lain

Kamu bisa menggandakan cakupan nirkabel WiFi dengan menginstal router nirkabel atau titik akses nirkabel (AP) lain di sekitar rumah. Pertimbangkan cara yang ini jika cara yang pertama tidak berhasil mempercepat koneksi WiFi. Cara ini perlu menghubungkan setiap router tambahan atau AP kembali ke router utama. meJadi, tugas ini sedikit lebih rumit ketimbang opsi lain yang telah didiskusikan. Tapi cara ini adalah pendekatan yang lebih murah untuk memperluas cakupan sinyal WiFi.

Kamu boleh membeli router nirkabel biasa seperti yang sudah kamu miliki, atau AP nirkabel yang masih sama tetapi tidak memiliki kemampuan routing. Jika kamu memiliki router cadangan atau mungkin sudah upgrade dari nirkabel G ke N, pertimbangkan untuk menggunakan yang lama. Perlu memasang kabel Ethernet (Cat 5 atau 6) yang cukup untuk menjangkau router atau AP tambahan.

Sebelum memasang router atau AP nirkabel tambahan, perlu mengkonfigurasi pengaturan nirkabel dan jaringan. Penjual router atau AP mungkin menyediakan CD atau buku manual untuk pengaturan pemasangan. Perlu diingat untuk mengatur router tambahan atau AP tambahan ke saluran yang berbeda dari router utama. Namun keduanya dapat diatur dengan nama jaringan yang sama (SSID). Jika menggunakan AP, kamu perlu mengaktifkan DHCP sehingga secara otomatis mendapat alamat IP.

2 thoughts to “Cara Mempercepat Koneksi WiFi dengan Mempertahankan Kualitas Sinyal”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *