5 Cara Mempercepat Koneksi Internet Broadband

Cara mempercepat koneksi internet broadband.

Untuk mempercepat koneksi internet broadband, terlebih dahulu perlu mengetahui penyebab melambatnya koneksi. Banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Praduga penyebab yang pertama kali terpikir saat koneksi internet sedang lambat adalah buruknaya kualitas sinyal penyedia broadband yang kita pakai. Sementara penyebab melambatnya koneksi internet tidak selalu bersumber dari penyedia layanan broadband. Bisa jadi disebabkan oleh pengaturan perangkat seperti komputer atau ponsel kita yang mengalami bermasalah. Atau mungkin disebabkan oleh hardware nirkabel atau perangkat PC atau ponsel yang sudah tua sudah tidak sepenuhnya berfungsi menangkap sinyat internet sebagaimana mestinya.

Pada artikel ini, kita akan mengulas lima cara mempercepat koneksi internet broadband. Tapi sebelumnya perlu mengetahui pengertian internet broadband, khususnya bagi yang belum tau arti broadband. Jika kamu sudah tau apa itu internet broadband, kamu boleh melewati subjudul pengertian internet broadband di bawah.

Pengertian Internet Broadband

Broadband adalah bentuk akses Internet yang paling banyak digunakan karena kecepatan aksesnya yang tinggi. Layanan internet broadband ditawarkan dalam empat jenis koneksi, antara lain; DSL (igital Subscriber Line), fiber optic, internet kabel dan juga satelit (VSAT). Koneksi internet jenis dial-up yang lama adalah layanan internet non-broadband dan satu-satunya. Layanan internet broadband zaman sekarang jauh lebih murah dibandingkan zaman internet non-broadband walaupun koneksi internet broadband jauh lebih cepat.

Mempercepat Koneksi Internet

Pada saat koneksi internet broadband kita lambat, kita sering salah menduga penyebabnya. Memang koneksi internet lambat bisa bikin jengkel dan menghalangi kelancaran aktivitas. Ada banyak kemungkinan yang bisa memperlambat kecepatan koneksi internet, mulai dari perangkat keras yang sudah tua hingga masalah kabel yang berkualitas buruk dan masih banyak lagi. Jika kamu menggunakan koneksi WiFi dan terasa lambat dari biasanya, kamu bisa menggunakan alat penguat sinyal WiFi untuk mempercepat koneksi WiFi. Ada beberapa cara yang mungkin cocok untuk masalah koneksi internet kamu;

1. Amankan Wi-Fi

Mengamankan jaringan WiFi dengan menggunakan password.

Loading...

Jika kamu mengakses internet menggunakan koneksi Wi-Fi sendiri, pastikan jaringannya menggunakan kata sandi. Jika tidak, siapa pun bisa menggunakan jaringan WiFi kamu. Orang-orang akan dengan mudah masuk ke jaringan WiFi kamu tanpa kamu sadari. Alhasil menyebabkan kecepatan internet menjadi lambat.

Sebagian besar penyedia layanan internet sekarang menyediakan router yang dilindungi dengan kata sandi secara otomatis. Tetapi jika belum terlindungi dengan kata sandi atau password, segeralah mengamankan jaringan internet kamu dengan fitur pengaturan password WiFi.

Untuk Mengamankan jaringan WiFi dengan kata sandi, ikuti tips di bawah ini:

  • Buka pengaturan router kamu dengan memasukkan alamat IP-nya ke browser. Alamat IP biasanya dari router icontohnya: 192.168.0.1.
  • Mungkin perlu log in terlebih dahulu menggunakan kata sandi admin dan nama pengguna pada router yang digunakan. Jika tidak bisa log in, cobalah tanyakan ke operator layanan internet kamu untuk mendapatkan instruksi lebih lanjut. Pada pengaturan tersebut, kamu bisa mengatur kata sandi untuk mengamankan jaringan Wi-Fi kamu.

2. Pindahkan Router

Banyak faktor-faktor yang dapat memperngaruhi kekuatan sinyal internet broadband nirkabel. Sinyal internet lambat yang dipancarkan melalui router bisa disebabkan oleh penghambat seperti dinding, pintu, atau penghambat-penghambat lain. Jadi, jika sinyal internet kamu lambat dan tidak bisa diandalkan, coba pindahkan router kamu ke posisi yang lebih sedikit hambatan. Posisi router lebih bagus ditempatkan pada tempat yang lebih tinggi seperti di atas rak buku atau ditempelkan di dinding bagian atas.

Jika kamu ingin memaksimalkan cakupan sinyal router ke seluruh ruangan rumah bertingkat, cobalah tempel router kamu di antar lantai seperti di atas tangga. Dimana pun posisi yang lebih cocok menurut kamu, usahakanlah agar tidak menempatkan router di atas lemari.

3. Bersihkan Komputer atau Ponsel

Ada banyak jenis software atau aplikasi yang bisa mengakses internet secara otomatis. Beberapa diantaranya mungkin tanpa sepengetahuan kamu. Contohnya fitur update Windows atau Android, antivirus, update keamanan, pop-up media player, aplikasi chatting, Skype, situs web yang sedang terbuka, dan masih banyak lagi. Semua hal pada perangkat yang bisa akses internet secara otomatis dapat memperlambat kecepatan internet kamu. Baca juga artikel Wongunik lainya; cara mempercepat Windows 10.

Untuk meningkatkan kecepatan internet kamu, cari dan matikan beberapa software atau aplikasi yang tidak diperlukan. Untuk menonaktifkan software atau apps agar tidak mengakses internet, ikuti langkah di bawah ini:

  • Jika menggunakan PC atau laptop, tekan ALT + CTRL + DEL untuk memunculkan jendela task manager agar bisa melihat semua program yang sedang berjalan. Disitu kamu bisa memilih software mana saja yang perlu ditutup. Kemudian buka juga Activity Log untuk melihat daftar software yang berjalan. Tutup yang tidak penting.
  • Jika menggunakan Android, buka pengaturan (settings), ke Application Manager, lalu klik aplikasi yang tidak diperlukan koneksinya. Setelah jendela App info terbuka, tekan Force stop.

Kamu mungkin perlu juga menghapus file-file yang sudah lama dan menghapus history browser. Cara ini bisa dilakukan melalui opsi menu browser kamu.

4. Gunakan Adaptor Powerline

menggunakan adaptor powerline untuk menigkatkan kecepatan sinyal internet nirkabel.

Adaptor Powerline menggunakan saluran listrik rumah untuk meningkatkan sinyal internet dari ruangan ke ruangan. Alat yang menggunakan teknologi sinyal terbaru ini sangat berguna untuk mempercepat koneksi internet kamu jika ada beberapa ruangan di rumah yang kurang mendapatkan sinyal nirkabel.

5. Mengganti Broadband

Jika koneksi internet kamu masih lambat setelah melakukan berbagai cara mempercepat koneksi internet, pertimbangkanlah untuk beralih layanan penyedia broadband lain yang lebih cepat. Sebelum mengganti, carilah informasi pengalaman pengguna melalui media-media yang mempublikasikan ulasan pelanggan. Pastikan juga penyedia internet broadband yang kamu lirik menyediakan layanan di daerah kamu.

Perusahaan penyedia layanan broadband yang bagus harus bisa melakukan tes sinyal di daerah kamu dan memberi informasi pernyataan resmi mengenai kecepatan internet yang akan kamu nikmati setelah berlangganan. Tapi jika setelah berlangganan ternyata kecepatan internet broadbandnya tidak sesuai dengan pernyataan resmi tersebut, kamu “berhak” membatalkan kontrak. Broadband fiber optic seperti IndiHome atau RackH bisa jadi opsi yang bagus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *