5 Cara Mempercepat Hp Android yang Lemot Tanpa Bantuan Aplikasi

Aplikasi Resmi Google untuk Android

Baru-baru dipakai, hp Android kamu pasti berjalan dengan lancar dan langsung merespon terhadap setiap sentuhan. Tapi seiring waktu hp Android mulai menunjukkan usianya. Semakin lama kamu menggunakan perangkat Android baik ponsel maupun tablet, sentuhan jari yang kamu buat ke layar sentuhnya tidak merespon dengan cepat. Terkadang malah menunggu agak lama agar aplikasi yang kamu sentuh dapat terbuka pada layar Android kamu. mari kita simak satu-persatu kelima cara mempercepat hp Android yang lemot.

Mempercepat Hp Android yang Lemot

Sebelum kamu putuskan untuk membeli ponsel Android baru (baca juga daftar hp Xiaomi terbaik), coba dulu lima tips yang akan diuraikan di bawah. Kelima cara mempercepat hp Android yang lemot disini tidak memerlukan aplikasi tambahan atau pembantu untuk memperlancar kinerja ponsel pintar kamu. Tips di bawah ini layak untuk dicoba.

Cara pertama: Hapus Data Data Cache

Hampir semua aplikasi yang terpasang pada perangkat Android menyimpan data kecil (cache). Hal ini berguna untuk mempercepat kinerja hp Android kamu ketika kamu membuka kempali aplikasi tersebut. Tapi, jika terus-menerus dibiarkan begitu saja tanpa menghapusnya, kinerja hp Android akan menjadi lambat. Karena, pada saat perangkat kamu hampir kehabisan penyimpanan data, data cache tadi akan membuat kinerja Android kamu jadi lemot. Berikut ini adalah cara membersihkan data cache agar ponsel kamu kembali segar.

Mempercepat ponsel Android yang lemot - Buka pengaturan.1.Navigasikan ke Pengaturan atau Settings pada ponsel kamu. kamu bisa menemukan menu Settings pada halaman aplikasi.Cara mempercepat ponsel Android – Sentuh Storage

2. Setelah terbuka, tekan opsi Storage (Penyimpanan).

Cara Mempercepat ponsel Android yang lemot – Sentuh Cached data.

3. Sentuh Cached data.

Percepat ponsel Android kamu – Pilih OK.

4. Kemudian, pilih OK

Cara Kedua: Nonaktifkan Animasi pada Ponsel Android

Animasi membuat semua transisi dan interaksi dengan sistem Android Anda terlihat lebih lancar. Tapi ketika hp kamu mulai melambat, animasi tersebut terlihat seperti video yang gerakannya terhenti. Jika animasi tidak bekerja dengan lancar lagi, mematikan fitur ini dapat membantu mempercepat hp Android yang lelet karena membebaskan beban pemrosesan animasi. Ikuti panduan di bawah untuk menonaktifkan fitur animasi pada perangkat kamu.

Mempercepat ponsel Android yang lemot – Buka pengaturan.

1. Buka fitur Settings (Pengaturan).

Cara Mudah Mempercepat perangkat Android – Sentuh About phone.

2. Sentuh About phone.

Sentuh Build Number sebanyak 7 kali.

3. Ketuk “Build number” sebanyak tujuh kali. Setelah itu, kamu akan melihat pesan bahwa kamu berhasil mengaktifkan Opsi Pengembang (Developer Options).

Cara mempercepat smartphone Android yang lemot – Ketuk Developer Options

4. Kembali ke Settings (Pengaturan) dan Ketuk Developer Options.

Memperbaiki hp Android yang lambat – Mengatur Skala Animasi Jendela

5. Ketuk Window animation scale dan pilih “Animastion off”.

Ulangi langkah kelima di atas.

6. Ulangi langkah kelima tadi pada opsi pengaturan kedua opsi yang terlihat pada gambar diatas.

Cara Ketiga: Hapus Aplikasi atau Bloatware yang Tidak Digunakan

Perangkat Android kamu mungkin memiliki sejumlah aplikasi yang kamu pasang atau apps pabrikan (bawaan) dari produsen ponsel tersebut, yang sama sekali tidak kamu digunakan lagi. Bahkan ada bloatware yang mengendap di hp Android kamu selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun. Bloatware adalah perangkat lunak atau software atau aplikasi yang kegunaannya berkurang karena membutuhkan ruang disk dan memori yang berlebihan. Tapi jika semua aplikasi yang ada pada Android kamu penting dan sering digunakan, mau tidak mau harus ganti ponsel Android baru atau memindahkan aplikasi ke kartu SD agar ruang penyimpanan kamu longgar. Sehingga kinerja ponsel Android kamu menjadi lancar.

Kamu mungkin pernah menambahkan beberapa aplikasi tapi sudah tidak terpakai dan masih memakan ruang penyimpanan pada ponsel kamu. Kondisi seperti itu bisa memperlambat perangkat kamu kurangnya ruang penyimpanan yang tersedia tidak lagi memadai untuk kinerja Android. Panduan di bawah adalah cara cara memperlonggar ruang penyimpanan hp Android.

Mempercepat ponsel Android yang lemot – Buka pengaturan.

1. Buka Pengaturan (Settings)

Mempercepat Ponsel Android dengan mudah – Ketuk Apps.

2. Sentuh Apps.

Memperbaiki hp Android yang lambat – Pilih OfficeSuite

3. Cari aplikasi yang ingin kamu copot dan sentuh opsi-nya seperti yan gterlihat pada gambar di atas. Setiap aplikasi menampilkan jumlah ruang penyimpanan yang digunakan tepat bawah nama aplikasi tersebut. Sehingga kamu bisa tahu seberapa banyak yang ruang penyimpanan yang akan kamu kosongkan.

Memperlancar hp Android yang lambat – Uninstall OfficeSuite.

4. Ketuk “Uninstall” dan pilih OK untuk mengonfirmasi.

5. Ulangi Langkah 4 tadi pada opsi aplikasi yang tidak diperlukan lainnya sampai semuanya terhapus.

Cara Keempat: Kurangi Widget yang Aktif

Widget adalah fitur yang sangat berguna pada sistem Android yang memungkinkan kamu untuk melihat dan berinteraksi dengan apps pada halaman beranda tanpa harus membuka  aplikasi-nya. Tapi kinerja widget pada Android lebih cepat jika hp Android kamu masih baru. Semakin lama, widget bisa memperlambat kecepatan kinerja perangkat kamu. Oleh karena itu, kamu bisa memilah-milah widget mana saja yang tidak terlalu penting. Nah, saatnya untuk mengurangi atau menghapus widget tersebut. Ikuti panduan di bawah ini.

Cara mempercepat hp Android yang lemot – Temukan widget yang mau dihapus.

1. Navigasikan ke widget yang ingin kamu hapus.

Memperlancar kinerja ponsel Android – Tekan lama widget tersebut.

2. Tekan lama pada widget tersebut. Opsi Remove (Hapus) dan App Info (Info Aplikasi) akan muncul di bagian atas layar kamu.

3. Setelah itu, seret widget tersebut untuk menghapusnya dan lepaskan.

Cara Kelima: Optimalkan Browser Chrome pada Hp Android Kamu

Sekitar 90 persen pengguna perangkat Android lebih memilih menggunakan browser Chrome. Nah, cara yang satu ini akan membantu mempercepat akses website di ponsel kamu. Sebaga tambahan, cara mempercepat hp Android yang lemot ini akan menghemat penggunaan data internet jika paket internet kamu bukan paket unlimited.

Mode Penghemat Data di Chrome untuk Android memungkinkan Google untuk mengompresi halaman yang Anda lihat sekitar 30 persen dan hingga 50 persen untuk video, yang berarti lebih sedikit penggunaan data dan penjelajahan yang lebih cepat.

Memperlancar kinerja Android yang lemot – Temukan browser Chrome.1. Navigasikan ke browser Chrome dan jalankan aplikasi tersebut.

Sentuh menu bertanda titik 3 pada pojok kanan atas.

2. Lihat pada bagian pojok kanan dan ketuk tombol menu bertanda titik tiga di sudut kanan atas.

Mempercepat kinerja ponsel Android yang lambat – Pilih opsi Settings

3. Pilih opsi Settings (Pengaturan).

Cara mempercepat hp Android yang lemot – Hidupkan fitur Data Saver.

5. Alihkan tombol yang ada di sudut kanan atas untuk mengaktifkan mode penghemat data pada browser Chrome kamu. Hal ini juga akan mempercepat kinerja Android pada saat menjelajahi internet menggunakan Chrome.

Demikianlah kelima cara mempercepat hp Android yang lemot. Semoga bermanfaat! Jika kamu ada cara lain atau mau sekedar bertanya, kamu boleh berkomentar di kotak komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *