Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD pada Android

Pada saat ini, keluaran hape Android terbaik menyediakan ruang penyimpanan lebih banyak. Namun, untuk ponsel Android keluaran lama, kapasitas penyimpanan internal nya kadang lama tidak mencukupi kebutuhan. Jadi, perlu untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD.

Di samping itu, kalau mau ganti hape Android, perlu juga mempertimbangkan kapasitas ruang penyimpanan internal-nya (storate). Standar ponsel Android saat ini rata-rata memiliki kapasitas penyimpanan seluas 32GB.

Sebagian besar ruang penyimpanan internal (internal storage) digunakan oleh sistem operasi dan perangkat lunak bawaan. Setelah itu, kamu mulai menambahkan aplikasi yang kamu download dari Play Store atau dari sumber lain. Pemotretan mencetak dari hp atau pengambilan gambar video juga secara default file-nya akan tersimpan di memori internal.

Dengan demikian, resiko kehabisan ruang penyimpanan internal bisa terjadi. Terkadang jika memori internal sudah terlalu penuh bisa mengakibatkan Android kamu jadi lelet. Nah, oleh karena itu, perlu mengetahui cara memindahkan aplikasi ke kartu SD pada ponsel Android kamu.

Pastikan Ponsel Android Kamu Memiliki Slot Kartu SD

Untungnya sebagian besar model perangkat Android menyediakan slot kartu microSD untuk penambahan memori eksternal. Hal ini memungkinkan pengguna Android untuk memperluas ruang penyimpanan internal dengan memindahkan aplikasi ke memori eksternal (microSD) yang tersedia. Kamu bisa memasang kartu SD berkapasitas 32GB. Harganya juga cukup murah sekarang dibandingkan dengan harga microSD beberapa tahun lalu.

Loading...

Ada juga memori eksternal berkapasitas 64GB jika memang dibutuhkan. Bahkan sekaran sudaha ada microSD yang berkapasitas 128GB atau lebih. Tapi pastikan juga budget cukup untuk membelinya. Dengan memindahkan aplikasi ke kartu SD kamu, ruang penyimpanan internal kamu jadi sedikit lega untuk melakukan aktivitas lain. Contohnya, memotret, ngeprint dari hp atau mengambil gambar video tanpa harus kawatir kehabisan memori internal.

Di bawah ini panduan singkat cara memindahkan aplikasi ke kartu SD dengan menggunakan fitur-fitur manajemen aplikasi bawaan Android sendiri.

Yang Perlu Diketahui Mengenai Menambah Penyimpanan pada Android

Pertama, tidak semua perangkat Android bisa memindahkan aplikasi yang diinstal ke kartu microSD. Tetapi bagi model hape Android yang mendukung hal tersebut, caranya cukup singkat dengan menggunakan pengaturan pengelola aplikasi. Sebagian besar ponsel Android unggulan saat ini telah tidak mendukungan pemindahan aplikasi ke memori eksternal. Karena memang tidak dilengkapi dengan slot microSD. Unggulan hape Android terakhir yang mendukung cara tersebut adalah LG G4 dan Samsung Galaxy S5. Sementara, cara memindahkan aplikasi dari memori internak ke kartu SD biasanya masih bisa dilakukan di ponsel Android kelas menengah atau bawah.

Walaupun ponsel Android kamu bisa digunakan untuk memindahkan aplikasi ke microSD, sayangnya tidak semua aplikasi bisa dipindahkan. Contohnya aplikasi Android berkapasitas besar seperti game yang meninggalkan sebagian besar datanya di penyimpanan internal. Salah satunya adalah game Asphalt 8 yang hanya bisa dipindahkan sekitar 64MB ke kartu microSD. Sementara sisanya masih cukup besar, yaitu 1.4GB di memori internal. Disamping itu semua, memindahkan aplikasi dari memori internal ke kartu SD sangat bermanfaat untuk menghemat ruang storage bawaan kamu. Terutama jika kamu memiliki banyak aplikasi yang terpasang dan harus memindahkan aplikasi sebanyak mungkin ke kartu SD kamu.

Pindahkan Aplikasi ke Kartu SD Menggunakan Application Manager

1. Buka Pengaturan (Settings) di ponsel Android kamu. Setelah itu kamu akan melihat menu pengaturan Application Manager.

Buka Settings lalu pilih Application Manager

2. Tekan Aplikasi (Apps) yang terletak di urutan ketiga pada daftar pengaturan Android.

Pilih Aplikasi Android yang ingin di pindahkan ke memori eksternal.

3. Pilih aplikasi yang ingin kamu pindahkan ke kartu SD.

Pilih Aplikasi Android yang ingin di pindahkan ke memori eksternal.

3. Tekan Penyimpanan (Storage).

Tekan Change lalu pilih Transcend SD Card

5. Klik Ubah (Change) kalau memang ada opsi-nya.

Jika kamu tidak melihat opsi Change (Ubah), aplikasi yang dipilih tidak bisa dipindahkan ke kartu SD. Jika, kamu tidak dapat menemukan opsi yang satu ini, kemungkinan besar perangkat Android kamu tidak mendukung fitur pemindahan penyimpanan file aplikasi.

6. Tekan Pindahkan (Move).

Tekan tombol move yang terlihat pada pojok kanan.

Jika Anda ingin memindahkan aplikasi tersebt kembali ke memori internal hp Android kamu, tekan tombol Change (Ubah) lagi dan pilih Internal Storage (Penyimpanan Internal).

Gunakan Kartu SD sebagai Penyimpanan Internal

Jika hp Android kamu tidak mendukung aplikasi yang bisa dipindahkan ke kartu SD, ada opsi lain. Cara yang satu ini pertama kali diperkenalkan di Android Marshmallow, yang mungkin menjadi solusi yang tepat untuk memindahkan aplikasi ke kartu SD di ponsel Android kamu. Fitur ini disebut juga dengan Adoptable atau Flex Storage yang memungkinkan kamu memformat kartu microSD kamu agar berfungsi sebagai memori internal tambahan. Sekali lagi, tidak semua perangkat yang ada slot microSD mendukung fitur ini. Untuk hp Android bermerek Motorola, HTC, Huawei dan Nvidia, semuanya bisa mengaktifkan fitur Flex Storage. Sementara hp Android Samsung dan LG menghapus fitur ini.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum mengaktifkan fitur flex storage. Sebaiknya dipastikan dulu bahwa kartu SD kamu merupakan microSD tercepat. Hal ini berguna agar kinerja ponsel Android kamu berjalan lancar walaupun aplikasinya berjalan melalui kartu SD. Setidaknya kartu SD kamu adalah microSD kelas 10 atau UHS-I dan UHS-3. Sebelumnya, ketahui dulu bahwa data apa pun yang ada di kartu SD akan dihapus terlebih dahulu dengan cara memformatnya dan mengubah fungsi seolah-olah memori internal.

Nah, dari titik itu, kartu SD tersebut tidak akan bisa digunakan di ponsel Android lain. Kecuali kamu memformat ulang lagi, agar bisa kembali normal sebagai media penyimpanan eksternal. Terakhir, perlu juga diingat bahwa jika kamu menghapus kartu microSD yang sudah diubah fungsikan di ponsel kamu, kamu akan merusak fungsi aplikasi atau konten apa pun yang telah kamu pindahkan. Tapi jangan kawatir jika sudah dipindahkan ke memori internal seperti semula.

Memindahkan Aplikasi Android ke MicroSD dengan Cara Flex Storage

1. Buka fitur pengaturan hp Android kamu.

Buka Settings atau Pengaturan hp Android kamu.

2. Tekan Penyimpanan (Storage).

Pilih storage dengan cara menekan opsi tersebut.

3. Pilih kartu SD kamu.

Pilih kartu SD yang ingin di format

4. Tekan tombol menu di sudut kanan atas yang bergambar titik tiga.

Pilih menu yang terdapat pada bagian pojok kanan.

5. Pilih Pengaturan Penyimpanan.

Setelah itu pilih Storage Settings (Pengaturan Penyimpanan)

6. Tekan opsi Format as Internal (Format sebagai Penyimpanan).

Pilih opsi Format Sebagai Penyimpanan.

7. Tekan tombol Hapus & Format (Erase & Format). Jika sistem di ponsel kamu mendeteksi bahwa kecepatan kartu microSD kamu terlalu lambat, maka ponsel kamu akan memberikan peringatan di tahap ini bahwa menggunakan fitur ini akan menurunkan kinerja secara keseluruhan.

Tekan erase & Format untuk mengganti fungsi microSD sebagai memori internal.

8. Sekarang, tekan Move  (Pindah). Setelah membuat pilihan ini, kamu akan menekan tombol Next (berikutnya) dan memulai transfer aplikasi ke kartu SD pada Android kamu. Sistem ponsel Android kamu akan menunjukkan kira-kira berapa lama waktu mentransfer data dari memori internal ke memori eksternal kamu.

Pilih opsi Move Now lalu tekan tombol Next.

9. Tekan Done (Selesai).

Tekan Done (Selesai) untuk menyudahi pemindahan aplikasi ke kartu SD.

Nah, sekarang kartu SD (memori eksternal) kamu akan terdaftar tepat di bawah penyimpanan internal dan sistem hp Android kamu akan menggunakan kartu SD tersebut sebagai penyimpanan internal tambahan untuk kedepannya. Jadi, manfaat yang dirasakan langsung dari memindahkan aplikasi ke microSD adalah semakin meningkatnya kinerja hp kamu “jika menggunakan salah satu kelas microSD tercepat. Baca juga: cara mengubah Android menjadi seperti Windows.

Jika diibaratkan di dunia komputer atau laptop, perlu mengganti hard disk versi HDD menjadi SSD agar kinerja komputer semakin cepat. Demikianlah cara memindahkan aplikasi ke kartu SD yang paling mungkin untuk dilakukan. Tapi tidak menutup kemungkinan juga jika ternyata ada yang menemukan cara lain, contohnya menggunakan aplikasi (kalau ada). Jika sobat Wongunik ada masukan atau hanya sekedar berkomentar, jangan sungkan-sungkan untuk berkomentar di kolom komentar di bawah.

3 thoughts to “Cara Memindahkan Aplikasi ke Kartu SD pada Android”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *