Cara Memilih Keyboard Terbaik yang Sesuai dengan Kebutuhan Kamu

Cara memilik keyboard komputer yang bagus dan sesuai anggaran.

Perlu mengetahui banyak informasi untuk memilih keyboard terbaik untuk kamu. Terutama jika kamu masih belum pernah membandingkan produk keyboard sebelumnya. Tetapi jangan khawatir, artikel kali ini akan menjelaskan faktor-faktor penting dalam memilih keyboard yang sesuai dengan keperluan atau aktivitas rutin kamu. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli keyboard terbaik yang sesuai dengan keperluan kamu.

Perbedaan Keyboard Membran vs Keyboard Mekanik

Seperti yang yang dijelaskan dalam artikel sebelumnya, ada dua jenis keyboard yang dibedakan berdasarkan teknologi yang tertanam pada tombol-tombolnya. Sementara keyboard yang bagus untuk gaming bukan karena jenisnya membran ataupun mekanis. Akan tetapi, yang lebih cocok untuk gaming adalah keyboard dengan tombol responsif. Karena persyaratan utama tersebut lebih cenderung dimiliki oleh keyboard mekanik, gamers profesional pada umumnya lebih memilih yang jenis mekanik. Tapi bukan berarti keyboard membran tidak ada yang cocok untuk gaming.

Demikian juga dalam memilih keyboard untuk keperluan lain seperti programmer, desain grafis atau web desainer, ada tipe keyboard khusus yang lebih pantas untuk digunakan. Bahkan, ada juga jenis keyboar hibrida atau yang menggunakan teknologi mekanik dan membran sekaligus.

Cara kerja keyboard membran.Cara kerja keyboard membran lebih sederhana dibandingkan keyboard mekanik. Setiap tombol terletak di atas kerucut karet yang disebut dengan membran. Ketika tombol ditekan, kerucut karet tersebut penyet sampai tombol menyentuh papan elektronik di bawahnya.

Perbedaan antara keyboard mekanik dan keyboard membran.Sementara, cara kerja keyboard mekanik sedikit lebih rumit. Jika diibaratkan, tombol pada keyboard mekanik seperti topi, makanya disebut juga dengan keycap. Topi tersebut (tombol) terletak di atas saklar mekanik yang lebih rumit. Dan saklar inilah yang akan menyentuh papan elektronik setelah saklar tersebut mendapat tekanan yang cukup cukup.

Apa Keunggulan Keyboard Mekanik dan Keyboard Membran?

Keyboard membran secara umum lebih murah karena pembuatannya juga lebih mudah. Juga cenderung tidak berisik dan kerasnya suara ketikan tergantung seberapa cepat kamu mengetik atau seberapa kuat kamu menekan tombol.

Di sisi lain, keyboard mekanik jauh lebih nyaman digunakan karena kamu tidak perlu menekan tombol sampai ke bawah agar saklar melakukan kontak dengan papan elektronik. Dan keyboard mekanik juga lebih cepat dan lebih responsif. Jadi lebih unggul dalam hal produktifitas dan kenyamanan menetik.

Kelemahan keyboard mekanik adalah biaya produksi yang mahal, sehingga untuk mendapatkannya juga perlu mengeluarkan anggaran yang lebih tebal. Suara ketikannya juga bisa sangat keras berdasarkan jenis bahan saklar yang digunakan. Tapi tidak bisa dikatakan kekurangan juga karena banyak juga orang yang suka mendengar suara klik keyboard mekanik pada saat mengetik.

Jenis Switch Mekanik

Tampilan Switch Cerry MX yang terdapat pada keyboard mekanik.
Switch Cerry MX

Ada beberapa jenis switch (sakelar) yang bisa kamu dipilih jika kamu ingin membeli keyboard mekanik. Yang paling dikenal adalah jenis saklar Cherry MX yang sering dipasang pada keyboard berbagai merek. Kemudian diikuti oleh saklar buatan sendiri seperti yang dari Logitech dan Razer. Selain itu, ada juga saklar Kailh yang dibuat oleh Kaihua Electronics dari Cina yang lebih murah dari sakelar Cherry MX. Baca juga; cara import barang dari Cina.

Jika membahas mengenai switch pada keyboard mekanik, cirinya bisa jadi antara lain;

  • Berisik atau kalem. Sakelar yang lebih tenang menghasilkan lebih sedikit bunyi pada saat ditekan. Sedangkan yang berisik maksudnya menghasilkan suara klik yang terdengar setelah mencapai papan.
  • Linear atau Tactile. Beberapa model switch menawarkan umpan balik taktil. Yakni, ketika saklar taktil kontak dengan papan, kamu akan merasakan sedikit benjolan menandakan bahwa penekanan tombol sudah terdaftar. Sebaliknya, switch linear tidak memberikan umpan balik semacam itu.

Switch pada keyboard mekanik juga diberbeda dalam hal seberapa besar daya yang diperlukan untuk menekan tombol sampai berhasil kontak, jarak kedalaman turunnya tombol dan daya tahannya.

Jadi, Keyboard Seperti Apa yang Sebaiknya Kamu Pilih?

Intinya subjektif. Seperti yang disebutkan di atas, beberapa orang suka mendengar suara klik tombol pada mengetik, ada yang tidak suka berisik, bahkan ada yang lebih afdol atau lebih yakin jika merasakan tonjolan konfirmasi (tactile) setelah menekan tombol. Oleh karena itu, semuanya tergantung pada kenyamanan, selera dan anggaran dana yang kamu miliki. Jadi, bukan berarti keyboard gaming harus keyboard mekanik. Bukan berarti juga keyboard mekanik lebih berkualitas dari keyboard membran karena lebih mahal. Sementara mahalnya keyboard mekanik adalah karena mahalnya biaya pembuatannya.

Jika mengulas kekuatan penekanan dan jarak perjalanan tombol, perbedaannya agak kecil dan hampir tidak terasa. Kecuali kamu membandingkan dua jenis switch secara bersamaan. Dalam hal ini, switch yang lebih rendah lebih baik. Tetapi seharusnya tidak menjadi faktor penentu utama kecuali kamu adalah gamer profesional yang membutuhkan semua aspek keunggulan dan produktifitas pada sebuah keyboard.

Dan terakhir, ada juga pertimbangan daya tahan switch. Daya tahan terhadap penekanan sebanyak 50 juta kali pada switch atau sakelar Cherry MX standar sudah lebih dari cukup. Katakanlah aktivitas atau kerja kamu butuh menekan sepuluh ribu kali pada satu tombol setiap harinya. Untuk kebutuhan itu, sakelar Cherry MX akan tetap berfungsi lebih dari 10 tahun.

Jadi, pilihlah keyboard yang memiliki tombol yang paling nyaman buat kamu.

Lampu Latar Tombol

Cara memilik keyboard komputer yang bagus dan sesuai anggaran.
Lampu latar tombol keyboard komputer (pencahayaan tombol keyboard)

Pada umumnya keyboard gaming dilengkapi dengan lampu latar bawaan yang bersifat estetika dan fungsional. Fitur ini berguna untuk membantu pengamatandan juga agar lebih mudah menekan tombol secara benar pada kondisi ruangan gelap.

Untuk teknologi pencahayaan keyboard, lampu LED hanya dapat menampilkan satu warna. Sementara lampu yang mencakup seluruh spektrum warna yaitu lampu RGB. Keyboard yang dilengkapi dengan pencahayaan RGB lebih mahal karena fitur ini biasanya disertai dengan tingkat penyesuaian yang lebih besar dan lebih menarik.

Keyboard yang dilengkapi dengan lampu RGB

Jika hanya ingin agar bisa mengetik atau bermain game pada konisi cahaya redup, keyboard yang dilengkapi dengan lampu LED sudah lebih dari cukup. Tapi kembali lagi, semuanya tergantung pada keperluan dan anggaran dana.

Tombol yang Bisa Diprogram

Beberapa keyboard papan atas terutama yang berorientasi pada gaming, dilengkapi dengan beberapa tombol makro. Kadang-kadang hanya tombol makro khusus, hanya beberapa kunci utama dan ada juga yang lengkap semuanya.

Fungsi tombol makro sangat berguna untuk pemain games genre MMO dan MOBA yang sering menjalankan perintah kompleks secara real-time. Tapi, bisa juga bisa juga dimanfaatkan untuk berbagai jenis game komuter lainnya. Selain untuk gaming, sering juga dimanfaatkan oleh programmer, desain grafis atau pekerjaan-pekerjaan yang sering mengetik shortcut kompleks. Jadi, jika kperluannya bersifat profesional, fasilitas ini sangat diperlukan demi produktifitas dalam tugas di depan desktop.

Cara Memilih Keyboard Komputer

Perlu mempertimbangkan tombol yang responsif ketimbang memilih keyboard yang lengkap dengan fitur tapi tombolnya berat. Kemudian untuk alasan produktifitas, perlu memiliki tombol makro, karena bisa diprogram. Jika iging keyboard komputer yang gampang dibawa kemana-mana, pilihlah keyboard yang tidak disertai dengan pad, karena ukurannya lebih mini.

Kemudian pertimbangan yang tak kalah pentingnya, perlu mengetahui jenis switch yang terpasang pada sebuah perangkat keyboard jika kamu memilih keyboard mekanik. Walaupun murah tapi memakai switch Cherry MX, sudah memenuhi standard keyboard mekanik yang berkualitas.

Jenis aktivitas berkomputer dan kenyamanan kitalah yang menjadi faktor penting untuk menentukan keyboard seperti apa yang kita butuhkan. Kemudian, bandingkanlah berbagai merek keyboard yang memiliki spesifikasi sesuai dengan yang kamu butuhkan dan cocok dengan isi dompet kamu. Itulah tadi beberapa pertimbangan penting dalam memilih keyboard komputer yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan dan budget kamu. Semoga bermanfaat!

2 thoughts to “Cara Memilih Keyboard Terbaik yang Sesuai dengan Kebutuhan Kamu”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *