ad banner

Wongunik.com

Buat hari-harimu lebih bermakna!

Cara Membuat Tulisan Melingkar di Photoshop CC

Kamu mungkin sudah sering melihat tulisan melingkar yang dibuat pada brosur atau logo. Tulisan melengkung seperti itu biasanya dibuat dengan menggunakan software desain grafis tertentu. Salah satu software yang biasa digunakan adalah Adobe Photoshop. Mungkin kamu menemukan banyak cara membuat tulisan melingkar di Photoshop. Namun dalam tutorial ini, cara yang ditunjukkan adalah cara yang tepat, mudah dan cepat untuk membuat tulisan melengkung secara rapi dengan bantuan ellipse path. Tulisan yang ditambahkan atau ditempatkan di path akan mengikuti bentuk jalur. Jalur dapat dibuat menggunakan tool tertentu yang disediakan, atau jalurnya juga dapat dibuat dari seleksi bagian gambar tertentu di kanvas.

Sebelum Adobe Photoshop CS, membuat tulisan melingkar atau pola melingkar apa pun terbilang cukup sulit dan memakan waktu. Huruf-huruf dibuat lalu diputar sesuai dengan pola yang diinginkan. Fitur path dalam Adobe Photoshop CS dan versi yang lebih baru membantu memudahkan kita dalam membuat tulisan melingkar dan sangat singkat. Artikel ini akan memandu bagaimana cara membuat tulisan melingkar di Photoshop. Dan tidak diragukan lagi ini adalah cara yang benar dalam membuat teks melingkar di Photoshop.

Cara yang Benar Membuat Tulisan Melingkar di Photoshop

Pada tutorial Photoshop kali ini, kita akan membuat teks melingkar atau cara melingkari tulisan pada lencana logo. Jadi, sebelum melengkungkan teksnya, mungkin kamu perlu menyiapkan lencana (badge) dan gambar logo-nya. Tetapi jika kamu hanya perlu membuat teks melingkar di Photoshop tanpa perlu lencana dan logo, kamu boleh melompat langsung ke langkah 9.

Berikut di bawah ini adalah langkah-langkah cara membuat teks melingkar di Photoshop.

Loading...

Mempersiapkan Lencana Sebelum Melengkungkan Teks

Langkah 1. Siapkan Background

Jika kamu memulai pengerjaan kamu dengan kanvas kosong, buka software Photoshop CC kamu dan buat file baru dengan mengklik menu File dan kemudian pilih New. Atau kamu juga bisa menekan pintasan Ctrl + N pada keyboard. Di kotak dialog New yang muncul, isi nilai parameter seperti yang ditampilkan pada gambar di bawah, atau kamu mungkin ingin menentukan ukuran yang kamu inginkan. Tetapi jika kamu ingin tulisan melingkar-nya memiliki gambar background, klik FileOpen → cari lokasi file gambar background dan klik dua kali pada file gambar tersebut.

Buka gambar di Photoshop

Sekarang kamu memiliki layer background di kanvas.

Layer background di Photoshop CC.

Langkah 2. Tambahkan Layer Baru

Kemudian, tambahkan layer baru dengan pintasan Shift + Ctrl + N pada keyboard. Atau juga bisa menambahkan layer baru melalui menu dengan mengklik Layer → New → Layer.

Tambahkan layer baru di Photoshop.

Setelah mengklik opsi Layer, kamu akan dimintai untuk memberikan nama pada layer baru yang akan ditambahkan.

Beri nama pada layer baru di Photoshop CC.

Kemudian pastikan pengerjaan kamu sekarang pada layer baru tersebut dengan mengkliknya.

Mengerjakan layer baru.

Langkah 3. Buat Bentuk Lingkaran

Pada layer tersebut, buat bentuk lingkaran menggunakan Ellipse Tool. Untuk mengaktifkan alat lingkaran, lihat caranya seperti yang ditampilkan pada gambar di bawah ini.

Buat bentuk lingkaran baru di Photoshop.

Kemudian, mulailah menggambar sebuah lingkaran pada layer tersebut.

Gambar sebuah lingkaran di Photoshop.

Pada Options Bar, atur parameter bentuk lingkaran sesuai dengan yang kamu inginkan.

Menyeting gambar lingkaran di Photoshop

Langkah 4. Sesuaikan Posisi Lingkaran ke Tengah

Geser posisi lingkaran tepat di tengah dengan cara mengklik Path Alignment Tool pada Options bar, dan pada menu drop-down-nya, pilih Align to Canvas.

Align to Canvas di Photoshop CC

Masih menggunakan Path Alignment Tool, klik Horizontal Center, dan kemudian Vertical Center juga.

Cara menggeser gambar tepat ke tengah di Photoshop.

Kemudian, gambar bentuk lingkaran sudah berada di tengah kanvas seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Kita akan menjadikan bentuk lingkaran tersebut menjadi lencana logo nantinya.

Bentuk lingkaran di tengah canvas Photoshop CC.

Langkah 5. Atur Opacity Layer Lingkaran menjadi 50%

Sesuaikan Opacity layer lingkaran sesuai dengan keinginan kamu. Pada tutorial ini, opacity-nya dikurangi menjadi 50%.

Mengurangi Opacity layer lingkaran.

Langkah 6. Seret File Gambar Logo dari Folder di Komputer ke Kanvas

Langkah selanjutnya, ke komputer dan cari dimana kamu menyimpan file logo kamu (atau file gambar apa pun yang ingin kamu jadikan sebagai subjek utama). Kemudian drag & drop file gambar tersebut seperti yang diilustrasikan pada gambar di bawah ini.

Drag & drop file gambar ke kanvas Photoshop.

Langkah 7. Ubah Ukuran Gambar Logo

Setelah kamu menyeret dan menempatkan file gambar logo ke kanvas, ubah ukurannya secara langsung dengan mengklik salah satu sudut gambar dan geser mouse sambil menekan tombol Shift + Alt pada keyboard secara serentak agar rasio ukuran tinggi dan lebarnya tetap sama.

Tips: Untuk mempertahankan rasio aspek saat mengubah ukuran gambar di Photoshop, tekan tombol Shift + Alt pada keyboard Anda secara bersamaan.

Cara resize gambar yang benar di Photoshop.

Langkah 8. Pindahkan Logo ke Tengah

Kamu mungkin ingin agar gambar subjek tepat di tengah lencana. Jadi, dengan menggunakan Move Tool (V) pindahkan gambar logo sampai pas di tengah kanvas. Untuk memastikannya tepat di tengah kanvas, geser subjek sampai kamu melihat 2 garis bersilang seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Pindahkan layer ke tengah kavas di Photoshop.

Cara Membuat Tulisan Melingkar di Photoshop

Langkah 9. Tambahkan Path Ellipse

Pada tahap ini kita akan menambahkan tulisan melengkung ke lencana logo. Tapi pertama-tama, kita perlu membuat path ellipse sebelum membuat teks melingkar. Untuk menambahkan path ellipse atau lingkaran di Photoshop, aktifkan Ellipse Tool (U), lalu Pilih Path di menu drop-down pertama pada bilah opsi, dan mulai menggambar jalur elips di kanvas. Kemudian, selaraskan jalur ke tengah kanvas dengan cara yang sama seperti pada gambar kedua di langkah 4 di atas.

Menambahkan Path Ellipse ke Kanvas di Photoshop

Langkah 10. Mulai Menambahkan Tulisan Melingkar ke Path

Kemudian lihat tab Paths di sebelah tab Channels, klik tab tersebut. Di situ kamu dapat melihat path ellipse yang baru saja ditambahkan, klik Work Path. Kemudian, aktifkan Horizontal Type Tool (T), tentukan titik mana kamu ingin mulai membuat tulisan pada path dan mulailah mengetikkannya untuk membuat tulisan melingkar di Photoshop.

Membuat tulisan pada Path di Photoshop

Jika kamu ingin menambahkan lebih banyak tulisan ke Path tersebut, klik Work Path pada tab Paths, tentukan titik awal di mana kamu ingin mengetiknya. Ikuti langkah-langkah yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini.

Tambahkan tulisan melingkar lebih banyak pada path.

Sekarang kamu memiliki dua bagian tulisan di path ellipse tersebut. Dan setiap tulisan yang kamu tambahkan ke path menjadi layer pada tab Leyers.

Cara membuat tulisan melengkung di Photoshop

Langkah 11. Flip atau Balikkan Teks (jika perlu)

Klik layer teks yang ingin kamu balikkan, kemudian aktifkan Direct Selection Tool (A) dan seret teks tersebut ke bagian dalam Path.

Cara membalikkan tulisan di Photoshop.

Langkah 12. Atur Ukuran Teks, Gaya, Warna dan Tata Letaknya

Pada menu, buka Window → Character untuk membuka dialog baru yang akan kamu gunakan untuk mengatur teks. Kemudian, klik dua kali pada layer teks yang ingin kamu edit dan setel parameternya di jendela dialog Character.

Jendela dialog pengaturan teks di Photoshop.

Jika kamu perlu menyesuaikan posisi seluruh teks melingkar agar sesuai dengan lencana, blok semua layer teksCtrl + Ttekan dan tahan tombol Shift + Alt secara bersamaan → seret mouse ke atas atau ke bawah kiri sampai kamu mendapatkan posisi yang tepat seperti yang kamu inginkan.

Mengatur posisi teks melingkar pada path di Photoshop.

Langkah 13. Atur Posisi Tulisan Melingkar

Jika kamu perlu mengatur posisi teks melingkar tersebut agar sesuai dengan lencana, blok semua layer teks → Ctrl + T → tekan dan tahan tombol Shift + Alt secara bersamaan → seret mouse ke atas atau ke bawah kiri sampai kamu mendapatkan posisi yang tepat seperti yang kamu inginkan.

Mengatur posisi tulisan melingkar di Photoshop.

 

Kamu bisa bermain pada langkah 12 dan 13 berulang kali hingga mendapatkan tampilan tulisan melingkar yang tepat sesuai keinginan kamu. Atau tambahkan lebih banyak bentuk lain pada lencana logo agar editan kamu lebih elegan dan menarik.

Cara membuat text melingkar di Photoshop.

Langkah 14. Simpan Gambar Kamu

Buka FileSave as → Pilih jenis file pada drop-down Save as type dan tentukan ke lokasi folder mana file gambar tersebut ingin kamu simpan.

Itulah cara membuat tulisan melingkar di Photoshop. Semoga membantu! Jika kamu ada pertanyaan atau ingin menambahkan tips mengenai cara membuat teks melingkar di Photoshop Photoshop, silakan tinggalkan komentar di bawah. Terima kasih telah membaca artikel ini, dan sampai jumpa di tutorial Photoshop berikutnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *