Membuat Tulisan Cantik untuk Hp Android Menggunakan Huruf Keren

Salah satu hal yang paling menarik dari Android adalah begitu mudahnya disesuaikan menurut keperluan dan selera kita. Huruf digital yang kita temui pada hp ataupun komputer dikenal dengan sebutan font. Kamu bisa mengubah font hp kamu agar lebih nyaman saat kamu gunakan. Selain itu, kamu juga bisa membuat status keren di akun media sosial menggunakan huruf keren atau menambahkan watermark untuk foto atau gambar menggunakan berbagai font keren . Artikel ini akan membagikan cara membuat tulisan cantik untuk hp Android kamu menggunakan font atau huruf keren.

Istilah-Istilah yang Berkaitan dengan Huruf Keren

Jenis-jenis font huruf keren.

Sebelum mengulas cara membuat tulisan cantik untuk Hp Android, mari terlebih dahulu mengenal beberapa istilah yang berkaitan dengan huruf keren untuk perangkat digital. Pada artikel ini, akan sering dipakai istilah-istilah sebagai berikut:

Font

Font adalah gambaran grafis teks yang dicirikan berdasarkan jenis huruf, warna huruf dan desain-nya (termasuk juga simbol atau karakter). Jadi, setiap huruf yang kamu lihat baik di perangkat hp atau di komputer memiliki jenis font tertentu. Beda gaya huruf berarti beda jenis font. Umumnya, jenis-jenis font bersifat universal, dengan demikian, kamu bisa mengenali jenis font yang biasa digunakan perangkat-perangkat digital atau pada tulisan yang dicetap di buku, brosur atau surat kabar.

Kaligrafi

Kaligrafi adalah seni visual yang berkaitan dengan tulisan cantik yang desain dan penulisan hurufnya menggunakan jenis alat tulis ujung lebar seperti kuas atau alat tulis besar lainnya. Saat ini, membuat tulisan cantik dengan gaya huruf keren menggunakan seni kaligrafi juga bisa di hp dengan bantuan aplikasi kaligrafi. Artikel ini juga akan mengulas beberapa aplikasi kaligrafi terbaik yang bisa kamu gunakan di hp Android kamu.

Loading...

Tipografi

Tipografi adalah seni dan teknik membuat huruf keren sehingga tulisan jadi menarik dan tetap dapat dibaca saat ditampilkan. Artikel ini juga akan mengulas beberapa aplikasi tipografi yang bisa kamu gunakan untuk membuat seni tulisan dengan huruf keren.

Beberapa Hp Android Sudah Memiliki Berbagai Jenis Font Bawaan

Android stock (masih) belum menyediakan pengaturan untuk menyesuaikan font sistem. Tapi ada produsen hp Android yang sudah menyesuaikan Android agar mendukung fitur font atau bisa mengganti berbagai huruf keren. Misalnya seperti Samsung, HTC dan LG sudah memperlengkapi produksi hp Android mereka dengan pengaturan font.

Cara mengganti jenis huruf hp Android berbeda-beda tergantung pada pabrikan dan seri Android kamu. Tetapi opsi mengganti font Android biasanya terdapat di Pengaturan (Settings), pada bagian Tampilan (Display). Dari situ kamu bisa mengubah font hp kamu serta ukuran huruf nya.

Misalnya, hampir semua perangkat Android merek Samsung dilengkapi dengan pengaturan untuk mengubah gaya font. Secara Default, smartphone Samsung telah menginstal beberapa jenis font tambahan. Jika kamu mau gaya huruf keren lain untuk font hp kamu, bisa mendapatkan secara online melalui Galaxy Store (banyak, ada yang gratis atau berbayar).

Cara mengubah font hp Android pada pengaturan.

Untuk mengubah font Android kamu, buka Pengaturan (Settings) → Tampilan (Display) → Ukuran dan gaya font (Font size and style). Tekan nama font yang kamu inginkan dan konfirmasi bahwa kamu ingin mengaturnya sebagai font sistem Android kamu. Mengganti font cukup mudah, tidak perlu me-reboot Android. Font yang kamu pilih akan ditampilkan di seluruh antarmuka hp Android kamu.

Mengubah Font Android Menggunakan Launcher dan Aplikasi

Jika secara default hp kamu tidak ada pengaturan untuk mengubah font sistem, maka kamu butuh mengistal aplikasi khusus untuk mengubah font Android kamu. Biasanya pengaturan tambahan seperti mengubah gaya huruf Android disediakan oleh aplikasi launcher. Launcher akan mengubah tampilan layar beranda hp kamu biasanya mempengaruhi elemen UI (User Interface) lainnya di seluruh sistem. Tapi perlu diingat bahwa launcher diibaratkan sebuah sampul untuk buku yang bermanfaat untuk mengubah tampilan cover buku. Artinya, font yang diubah tidak akan mengubah font sistem Android, melainkan mengubah font yang terlihat di launcher (sampul).

Dengan menyesuaikan font menggunakan aplikasi launcher, kamu akan sering mengubah gaya tampilan interface hp sesuai selera kamu. Jika secara default hp kamu tidak dilengkapi pengaturan untuk mengubah font, masih ada aplikasi launcher terbaik yang disebutkan di bawah ini agar bisa mengubah font hp secara manual. Di bawah ini akan dibahas launcher yang paling direkomendasikan.

1. Apex launcher

Salah satu launcher pihak ketiga yang paling populer adalah Apex Launcher. Di bawah ini adalah cara mengubah font di layar home ponsel Android setelah men-download dan menginstal Apex Launcher dari Google Play. Perlu dicatat ahwa cara ini hanya akan mengubah font di dalam launcher (peluncur) itu sendiri, bukan di sistem Android, dan harga aplikasinya cukup mahal.

  1. Buka Settings Apex Launcher.
  2. Tekan opsi “Home Screen“.
  3. Tekan opsi “Layout and Style“.
  4. Terakhir, tekan opsi “Label Font” dan pilih font mana yang ingin kamu gunakan untuk layar home hp kamu.

Jika kamu ingin mengubah font di drawer aplikasi kamu, ada cara lain untuk melakukannya menggunakan Apex Launcher:

  1. Buka Settings Apex Launcher.
  2. Tekan opsi “App Drawer“.
  3. Tekan opsi “Drawer Layout & Icons“.
  4. Terakhir, gulir ke bawah lalu tekan opsi “Label Font” dan pilih font mana yang ingin kamu gunakan untuk apps drawer hp Android kamu.

Selanjutnya, kamu dapat mengubah font untuk folder yang ada di hp Android kamu dengan cara di bawah ini menggunakan Apex Launcher:

  1. Buka Settings Apex Launcher.
  2. Tekan opsi “Folder“.
  3. Terakhir, gulir ke bawah lalu tekan opsi “Label Font” dan pilih font yang ingin kamu gunakan untuk folder di hp kamu.

2. Go Launcher

GO Launcher adalah peluncur yang cocok untuk pengguna Android yang suka menyesuaikan tampilan dan setingan ponsel. Salah satunya mengaturan tulisan cantik di hp dengan mengubah font. Untuk mengubah gaya font di GO Launcher, lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Copy file font TTF atau OTF kamu ke hp milik kamu.
  2. Tekan lama di mana saja pada layar beranda (home) dan pilih “GO Settings.”
  3. Pilih FontSelect Font.
  4. Pilih font kamu, atau tekan “Scan” untuk menambahkan file yang tersimpan di perangkat Android kamu.

Cara ini tidak akan mengubah font di seluruh sistem, tetapi akan mengubahnya di seluruh aplikasi, mencakup menu dan aplikasi yang akan sering berinteraksi dengan kamu.

3. Action Launcher: Pixel Edition

Peluncur yang bagus lainnya untuk menyesuaikan antarmuka Android adalah Acion Launcher: Pixel Edition. Untuk mengubah font hp kamu menggunakan Action Launcher, masuk ke Settings (Pengaturan) dan kemudian pilih AppearanceFont. Kemudian pilih font yang kamu sukai. Pilihan font-nya tidak banyak pada aplikasi ini, hanya font sistem dan beberapa variasi, tetapi masih mendingan daripada tidak bisa membuat tulisan cantik untuk hp sama sekali.

  1. Masuk ke Settings (pengaturan) Action Launcher.
  2. Geser ke AppearanceFont.
  3. Pilih font yang kamu sukai dan kamu sudah bisa gunakan.

4. Smart Launcher 5

Smart Launcher 5 adalah salah satu peluncur terbaik yang memungkinkan pengguna bisa memilih font baru untuk perangkat Android. Untuk mengubah font hp kamu menggunakan launcher ini, buka Settings dan kemudian pilih Global appearanceFont. Ada beberapa pilihan font yang sangat bagus untuk membuat tulisan cantik untuk hp di Smart Launcher. Jadi, launcher ini cocok untuk pengguna yang ingin mengekspresikan diri. Tapi, sekali lagi, perubahan font hanya berdampak pada huruf yang tampak di launcher ini.

  1. Masuk ke Settings Smart Launcher 5.
  2. Gulir ke Global appearanceFont.
  3. Pilih font yang ingin kamu gunakan dan selesai.

5. iFont

iFont bukanlah sebuah launcher, melainkan aplikasi khusus yang berguna untuk mengubah font Android di sistemnya. Aplikasi ini 100% gratis dan cocok atau kompatibel dengan berbagai hp yang di-root merek Samsung, Motorola, Xiaomi Meizu, Sony, Huawei dan HTC.

Jika kamu belum pernah rooting Android kamu, gunakan tab iFont’s Online untuk menelusuri daftar jenis font yang tersedia. Untuk menggunakan jenis font yang kamu sukai, lakukan langkah berikut:

  1. Aktifkan instalasi apps dari sumber yang tidak dikenal “Unknown Sources.” Untuk bisa mengaktifkannya biasanya di SettingsSecurity.
  2. Buka iFont dan buka tab “RECOM” atau “FIND” untuk mencari font.
  3. Tekan nama font yang ingin kamu instal.
  4. Tekan tombol “Download“.
  5. Tekan tombol “Set” untuk menginstal font tersebut.
  6. Buka SettingsDisplayFont Size and Style. Font yang baru diinstal akan muncul di daftar.
  7. Tekan font yang baru tersebut untuk menggunakannya sebagai font sistem hp kamu.
  8. Font langsung diterapkan di hp kamu. Tidak perlu reboot (restart).

Kamu juga dapat meng-copy font TrueType (TTF) dari laptop atau komputer kamu dan paste kan ke direktori /sdcard/ifont/custom. Font yang kamu copy tersebut akan muncul di tab Custom. Tetapi untuk dapat menginstal dan menggunakan font tersebut, hp kamu harus sudah pernah di root sebelumnya.

Sayangnya, Samsung One UI sepertinya tidak mendukung iFont lagi (tidak tahu pastinya, mungkin kamu bisa membuatnya berfungsi). Oleh sebab itu, kemungkinan besar hp Samsung keluaran terbaru tidak cocok dengan iFont. Namun, ada alternatif lain, yaitu menggunakan Wings Samsung Fonts.

Tentu tidak sedikit orang yang puas dengan menggunakan font default Android. Tapi membuat tulisan cantik untuk hp menggunakan huruf keren merupakan bagian dari daya tarik fleksibilitas Android. Itulah kelebihan Android yang mengadopsi lisensi open source, artinya siapapun bisa mengubahnya sesuai selera dan kebutuhan. Berita baiknya lagi adalah, apa pun jenis hp Android yang kamu miliki, pasti ada cara untuk mengubah font-nya. Dan sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara membuat tulisan cantik untuk hp kamu tampilkan.

Orang yang sedikit paham teknologi dapat mengubah font secara manual pada hp Android yang di root menggunakan Android Debug Bridge (ADB). Tetapi artikel ini tidak akan menjelaskan secara terperinci mengenai cara melakukannya.

10 Aplikasi Kaligrafi Terbaik untuk Membuat Tulisan Cantik di Android

Apakah kamu ingin belajar kaligrafi agar bisa membuat tulisan cantik untuk hp dalam bentuk seni visial? Jika tertarik, kamu bisa aplikasi kaligrafi dengan mudah pada hp android kamu untuk mempelajari kaligrafi. Mempelajari kaligrafi secara konvensional memang tidak mudah, sehingga banyak orang harus kuliah di unversitas terbaik demi mendapatkan pengajaran dari tutor dan dosen terbaik untuk mempelajari kaligrafi. Tapi kamu bisa dengan mudah mempelajarinya menggunakan aplikasi kaligrafi terbaik di hp.

Dan yang tak ketinggalan pentingnya, sebagai nilai plus, bagi para blogger atau vlogger yang mendapatkan uang dari YouTube atau dari website atau blog pribadi, bisa membuat gambar sampul artikel atau video dengan mudah dan “unik”. Perlu dicatat bahwa di dunia online, “konten unik” sangat diperlukan vlogger dan blogger demi menjaga originalitas dan daya saing karya tulisan dan video yang dibuat.

Aplikasi kaligrafi yang direkomendasikan disini akan membantu kamu mengetahui cara membuat huruf keren dengan seni kaligrafi, dan mendesain tulisan tanpa harus jadi ahli visual design communication terlebih dahulu. Anda tidak perlu khursus untuk mengetahui berbagau desain kaligrafi, cukup gunakan aplikasi kaligrafi yang direkomendasikan di bawah ini. Kamu bisa mempelajari seni tulisan Cina dan Arab Kuno dan dengan mudah langsung membuatnya di hp Android. Berikut 10 aplikasi kaligrafi terbaik yang paling direkomendasikan.

Ketahui juga daftar aplikasi keyboard keren terbaik untuk membantu kamu dalam mengetik di hp.

1. Focus N Filters

Membuat tulisan tangan cantik di hp menggunakan Focus N Filters.

Aplikasi Focus N Filters  adalah aplikasi seni nama kaligrafi yang luar biasa untuk pengguna hp. Kamu bisa membuat seni nama dengan gaya kaligrafi profesional secara instan dan mudah di hp. Aplikasi ini gratis dan mudah digunakan untuk membuat gambar profil seni untuk dibagikan di akun media sosial kamu. Ada banyak koleksi stiker, huruf keren, warna teks, dan fitur lainnya. Sehingga bisa digunakan untuk membuat font kaligrafi yang unik dengan ciri khas kamu yang belum pernah dibuat orang. Cocok untuk membuat tanda tangan dan logo di hp untuk merek, nama, atau cover video klip atau presentasi.

2. Name Art – Stylish

Menambahkan tulisan cantik ke foto di hp jadi lebih mudah dan cepat menggunakan Name Art – Stylish.

Aplikasi Name Art – Stylish adalah aplikasi kaligrafi yang sangat bagus untuk membantu kamu membuat nama dengan tulisan keren penuh gaya di ponsel kamu. Ada lebih dari 100 gaya font unik yang dapat digunakan untuk membuat nama dengan gaya yang berbeda. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk membuat tulisan cantik dengan huruf keren. Membuat tulisan cantik berupa teks atau gambar untuk dibagikan ke aplikasi jejaring sosial jadi sangat mudah. Dengan aplikasi ini, kamu bisa menambahkan tulisan ke foto sebagai watermark.

3. Caligraphy Name

Membuat tulisan tangan keren di hp menggunakan aplikasi Caligraphy Name.

Aplikasi caligraphy name bisa membantu pengguna Android membuat tulisan cantik dengan bantuan 100 lebih gaya font unik model caligraphy. Kamu bisa menulis nama kamu pada latar belakang dan gradien yang indah menggunakan aplikasi ini. Juga menyediakan opsi untuk membuat nama dengan seni kaligrafi untuk akun jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest, dll. Diperlengkapi dengan banyak koleksi simbol cantik, latar belakang dan gradien yang kamu gunakan dengan mudah untuk membuat tulisan cantik gaya kaligrafi buatan kamu secara gratis dan instan.

4. Stylish Name Maker

Membuat tulisan huruf cetak pada foto menggunakan Stylish Name Maker.

Aplikasi Stylish Name Maker adalah alat kaligrafi seni nama untuk smartphone yang membantu kamu menambah tulisan cantik pada foto atau gambar. Merupakan aplikasi pembuat nama yang sempurna dalam menulis huruf keren di foto dengan model font fantasi, unik dan bergaya. Dilengkapi dengan banyak koleksi gambar, sehingga kamu bisa memilih gambar sebelum menuliskan nama kamu dengan gaya huruf keren. Uniknya, kamu bisa pakai ini sebagai aplikasi generator meme untuk membuat meme lucu teman kamu dan dibagikan ke media sosial. Cukup pilih foto teman kamu dari galeri hp dan buat tulisan lucu di atasnya.

5. Caligraphy Art

Membuat tulisan keren dengan huruf cantik dan menambahkan emoticon menggunakan aplikasi Caligraphy Art.

Aplikasi Caligraphy Art membantu pengguna meniru tulisan tangan mirip seperti di kehidupan nyata. Kamu bisa mengubah sudut, ketebalan dan warna huruf keren. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menggambar huruf-huruf cantik di hp dengan cepat dan mudah. Kamu dapat membuat tulisan dengan gaya unik dengan berbagai gaya huruf yang ada di aplikasi ini. Termasuk juga teks simbol dekoratif, emoji dan sketsa. Sehingga kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini sebagai penambah emoji untuk menambahkan emoji ke tulisan yang kamu buat. Dilengkapi dengan 16 tinta, 4 kuas dengan 9 ukuran pena untuk digunakan membuat karya kaligrafi virtual di hp Android kamu.

6. Smoke Effect Name Art

Membuat efek asap ke foto dan menambahkan huruf keren menggunakan hp.

Aplikasi Smoke Effect Name Art adalah alat kaligrafi virtual unik untuk pengguna smartphone yang membantu kamu untuk membuat efek asap pada teks dengan mudah. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu bisa membuat nama kamu bergaya artistik sebagai ciri khas watermark punya kamu. Bisa juga digunakan sebagai aplikasi edit foto untuk menambahkan efek asap pada foto dan memberikan tampilan baru pada gambar. Ada banyak latar belakang asap terdapat pada aplikasi ini. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi ini sebagai aplikasi gambar kartun untuk membuat versi kartun foto kamu.

7. Cool Fancy Text Generator

Membuat tulisan terbalik atau huruf keren lain menggunakan Cool Fancy Text Generator.

Cool Fancy Text Generator adalah aplikasi yang membantu untuk membuat huruf keren di hp. Alat ini gratis dan mudah digunakan. Dilengkapi dengan opsi untuk mengubah huruf biasa ke berbagai huruf keren berbagai gaya seni kaligrafi. Juga dilebgkapi dengan alat generator seni kata, generator huruf, aplikasi pembuat font unik di mana kamu bisa buat font keren khas kamu secara gratis.

8. Calligraphy & Lettering

Membuat huruf keren menggunakan aplikasi Calligraphy & Lettering.

Aplikasi Calligraphy & Lettering membantu kamu menambahkan seni kaligrafi cantik ke pesan teks di hp. Alat ini gratis dan ada juga disediakan opsi fitur berbayar agar aplikasi ini lebih lengkap. Kamu bisa memilih salah satu fitur berbayar yang ditawarkan sesuai dengan keperluan kamu. Sehingga kamu bisa membuat tulisan cantik untuk hp lebih mantap. Aplikasi ini dilengkapi juga dengan koleksi huruf keren yang sudah dirancang. Dengan demikian, kamu memilih jenis huruf cantik dengan beberapa sentuhan gaya dan opsi tipografi dengan mudah.

9. Fonty

Membentuk font buatan sendiri menggunakan aplikasi Fonty di ponsel.

Fonty adalah aplikasi kaligrafi yang banyak digunakan. Alat ini bisa membantu kamu menggambar dan membuat font di hp untuk keperluan seni menulis di hp. Dilengkapi juga dengan kustomisasi font tanpa batas dan gratis. Aplikasi ini merupakan editor font yang memberi kamu keleluasaan berkreasi dalam membuat tulisan cantik untuk hp, misalnya membuat tulisan tangan yang unik di Android kamu. Kamu juga bisa menggambar, menggunakan bentuk, memotong dan menyambung tulisan menggunakan aplikasi ini. Salah satu fitur terbaik dari aplikasi ini adalah adanya opsi simpan otomatis dan draft (konsep) agar kreasi yang belum selesai kamu kerjakan tidak hilang jika hp kamu tiba-tiba mati karena kehabisan daya baterai. Ketahui juga cara menghemat baterai Android.

3 Aplikasi Tifografi Terbaik untuk Membuat Huruf Keren pada Teks

Tipografi adalah seni merepresentasikan teks dalam format visual yang estetika. Desain modern, produksi video, pengembangan game dan apps memberikan perhatian yang lebih pada tipografi. Tipografi yang baik dapat meningkatkan penjualan, pengunjung dan mendapatkan perhatian. Lewatlah sudah zaman dimana tipografi hanya terbatas pada mesin software berkinerja tinggi seperti Photoshop atau Correl Draw. Di bawah ini akan diulas secara singkat beberapa aplikasi tipografi terbaik untuk hp yang bisa digunakan untuk membuat tulisan cantik menggunakan huruf keren.

1. PicLab Typography

PicLab Typography membantu kamu membuat tulisan cantik untuk hp.

Aplikasi hebat ini memungkinkan kamu bisa menerapkan karya seni ke gambar, teks, poster atau logo. Kamu dapat mengimpor file, lalu menambahkan tulisan cantik menggunakan berbagai gaya font yang tersedia. Dilengkapi dengan banyak efek pencahayaan dan tekstur. Kamu juga bisa membuat atau menghias garis pinggir gambar (border) dan stiker. Satu-satunya kekurangan aplikasi ini adalah adanya watermark lisensi yang tertempel pada pekerjaan tipografi kita. Tetapi kamu dapat menyingkirkan watermark tersebut dengan upgrade ke versi premium seharga $1 sejak artikel ini dibuat.

2. Text On Photo

Seperti namanya, Text On Photo adalah aplikasi yang membantu kamu untuk manambahkan tulisan cantik ke foto atau gambar. Aplikasi ini memungkinkan kamu menambahkan huruf keren, kutipan, judul dan stiker keren ke foto atau gambar. Kamu bisa langsung membagikan hasil editan kamu ke Instagram, Facebook, Twitter dll atau aplikasi pesan instan seperti WeChat atau Whatsapp.

3. Phonto

Membuat tulisan cantik untuk hp pakai aplikasi Phonto.

Phonto membantu pengguna untuk membuat huruf keren yang unik dengan mudah di hp. Ini adalah aplikasi ternama yang memungkinkan kamu untuk menambahkan tulisan cantik pada foto atau gambar dan membuatnya jadi unik. Aplikasi ini gratis dan mudah digunakan, dilengkapi dengan 400 lebih jenis font berbagai ukuran, warna dan opsi lain yang dapat mengebuah dan menyesuaikan font sesuai keinginan. Yang tak kalah bagusnya, juga menyediakan opsi untuk mengubah latar belakang teks, menambahkan bayangan teks, mengatur jarak tulisan dan fitur-fitur huruf keren lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *