Cara Membuat Sambal Matah Khas Bali

Cara membuat sambal matah khas Bali.

Sambal Matah merupakan sambal mentah yang sangat disukai, khususnya orang-orang yang pernah berwisata ke Bali. Jenis sambal yang satu ini berasal dari dari pulau Bali. Sambal matah sangat cocok untuk teman ayam bakar atau ikan bakar. Cara membuat sambal matah sangat mudah, setelah bahan sudah siap diolah, tinggal menentukan akan dijadikan sambal matah segar atau matang.

Ada dua versi Sambal Matah, yang satunya sambal dengan irisan jahe dan yang satu lagi tanpa irisan jahe. Resep sambal matah yang akan diuraikan pada artikel ini adalah yang tanpa jahe.

Salah satu bahan sambal matah adalah terasi bakar. Sama seperti orang Indonesia yang berasal dari daerah lainnya, orang Bali juga suka menggunakan terasi, yang dikenal dengan sebutan sere di sana.

Jika kamu menyukai bawang merah pedas dan rasa serai, kamu pasti akan menyukai sambal ini. Sangat enak dikonsumsi dengan ikan atau daging panggang atau ikan bakar.

Resep Sambal Matah Khas Bali

Jarang orang Indonesia yang tidak suka makanan pedas. Jika kamu pernah ke bali, tentu kamu tau apa itu sambal matah. Sambal khas Bali ini sekarang masih menjadi salah satu jenis sambal yang difaforitkan dari banyaknya varian kuliner. Bahkan ada juga produk mie instan yang membuat varian rasa sambal matah!

Loading...

Mie instan rasa sambal matah.

 

Nah, jika kamu penasaran bagaimana cara membuat sambal matah, artikel ini akan mengulasnya secara singkat dan jelas. Sehingga kamu bisa membuat sambal matah khas Bali di dapur kamu sendiri.

Tampilan dan aroma sambal matah sangat mengundang air liur, apalagi jika kamu doyan makanan pedas. Ternyata cara membuat sambal matah mudah lho! Sebelum membuat sambal matah, persiapkan bahan-bahan yang diperlukan terlebuh dahulu.

Bahan Sambal Matah

  • 1 sendoh teh terasi bakar (sere), parut halus.
  • 15 tiung bawang merah, dikupas dan diiris sampai halus.
  • 4 siung bawang putih, diiris halus.
  • 75 ml minyak kelapa asli.
  • 15 cabai mata burung, diiris.
  • 5 lembar daun jeruk purut, iris halus.
  • 2 sendoh makan perasan jeruk nipis segar.
  • 1 sendoh teh terasi bakar (sere), parut halus.
  • 1 sendoh teh garam.
  • 1/4 kulit jeruk purut.
  • 4 tangkai serai, ambil bagian putih yang empuk, ditumbung sampai penyet dan iris halus.

Cara Membuat Sambal Matah

Nah, setelah selesai mempersiapkan bahan-bahan sambal matah yang disebutkan di atas tadi, tinggal campur semua bahan tersebut sampai merata kecuali minyak kelapa/minyak goreng. Selang beberapa menit, sambal matah sudah siap dihidangkan bersamaan dengan lauk bakar kesukaan kamu. Hanya jika kamu lebih suka sambal mentah.

Kamu juga bisa memilih sambal matah yang dimasak. Jika kamu lebih suka sambal matah yang matang, panaskan minyak kelapa di belangan sampai siap untuk menggoreng. Setelah itu, tunis semua bahan tadi ke dalam belanga sampai aromanya benar-benar harum.

Baca juga: Tips memasak.

Kamu juga bisa menambahkan tomat yang sudah dipotong-potong agar tampilannya lebih segar. Untuk menyeimbangkan rasanya, kamu bisa bubuhi garam atau gula agar rasa dan pedasnya sesuai dengan selera kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *