Cara Membuat Salad Buah Sederhana yang Enak dan Praktis

Cara membuat salad buah.

Salad buah adalah hidangan yang terbuat dari berbagai jenis buah. Biasanya disajikan cair, baik dalam bentuk jus buahnya sendiri atau diberi sirup. Salad buah dapat disajikan sebagai hidangan pembuka sebelum makan atau hidangan penutup setelah makan.

Makanan pendamping ini adalah hidangan yang luar biasa terutama jika kamu sudah makan malam dan menjadikan salad buah sebagai hidangan penutup yang ringan dan menyegarkan.

Tips Membuat Salad Buah yang Enak

Salad buah kurang enak jika buahnya menjadi lembek, tanpa rasa, berlendir karena dicampur pisang yang tenggelam ke bagian bawah kuahnya. Seharusnya cara membuat salad tidak memasukkan pisang ke resepnya. Karena pisang bisa bikin kuah salad buah berlendir. Berikut adalah beberapa tips membuat salad buah yang enak.

Lagi Musim Buah Apa?

Jika salad buah tanpa dicampur dengan buah persik, kamu juga bisa membuat salad buah dengan campuran buah yang cocok yang sedang musim. Misalnya mengupas dan mengiris buah grapefruit, jeruk merah, pomelo, buah naga atau buah apa saja yang sedang musim di daerah kamu.

Apakah Salad Buah yang Kamu Buat untuk Segera Dimakan atau Nanti?

Ada buah yang diproses untuk salad buah jadi kurang segar jika dibiarkan selang beberapa waktu terlebih dahulu sebelum dimakan. Misalnya buah beri yang dicampur dengan gula dan sirup jeruk. Atau buah apel yang berubah warna menjadi cokelat jika dibiarkan terlalu lama. Jadi, potonglah buah dan langsung membuat salad buah segera sebelum disajikan jika memungkinkan. Jika harus disajikan nanti, berikan semprotan lemon secukupnya setelah mengiris buah agar tampak segar lebih lama.

Loading...

Pilih Buah-Buahan yang Sewarna untuk Membuat Salad Buah

Agar salad buah buatanmu terlihat lebih cantik dan menggiurkan, gabungkan beberapa jenis buah yang warnanya tidak terlalu berbeda satu sama lain. Misalnya menggabungkan buah-buahan berwarna merah, oranye, merah muda, emas, ceri dan semangka. Atau menggabungkan nanas dengan mangga dan jeruk bali putih. Dan jangan kawatir membuat salad buah hanya menggabungkan dua atau tiga buah.

Padukan Buah Besar dan Kecil dan Jangan Berfokus pada Buah Saja

Iris grapefruit lebih besar dan iris kumquat setipis kertas (kumquat adalah jenis jeruk yang manis dan bisa dimakan bersamaan dengan kulitnya). Potongan pir dan buah delima panjang-panjang tipis. Intinya, potong dan iris buah-buahan dengan kreatifitas kamu. Semakin bervariasi ukuran dan tekstur buah yang diiris pada salad buah, semakin menarik untuk dilihat dan menggiurkan.

Begitu buah-buahan sudah selesai diiris, masukkan buah atau sayuran hijau agar salad buah buatanmu terlihat lebih cerah dan segar. Misalnya menambahkan daun mint dan daun kemanggi (biarkan utuh), sangat lezat dicampur ke salad buah. Atau menambahkan irisan buah pir, apel hijau atau melon. Jika salad buah kamu menggunakan irisan nanas dan mangga, tambahkan daun ketumbar utuh agar rasanya lebih nikmat dan terlihat segar.

Dandani Salad Buah Buatanmu

Salad buah yang didandani.
Rosemary Calvert via Getty Images

Salad buah cenderung membuat kuahnya sendiri dari carian buah-buahan yang diiris dan dicampur ke suatu wadah. Tetapi kamu juga bisa menambahkan kuah lain seperti perasan jus lemon dan beri gula secukupnya sampai manisnya enak di lidah. Boleh juga mengkombinasi jeruk dan buah-buahan manis atau madu asli dan jeruk nipis, terutama pada salad buah yang ada mangga nya, dengan menaburi sedikit cabai rawit. Selain itu, masih banyak ide kuah salad buah yang lain yang bisa kamu buat.

Lengkapi Buah-buahan yang Diperlukan Sebelum Membuat Salad Buah

Dengan melengkapi atau membeli semua buah-buahan yang kamu perlukan sebelum membuat salad buah, tentu proses pembuatannya jadi lebih cepat. Selain itu, buah-buahan yang sudah ada tidak harus layu karena dibiarkan terlalu lama, apalagi jika sudah diiris. Selain itu, buah-buahan kuah seperti melon atau nanas, butuh beberapa selang waktu sebelum dihidangkan, agar cairan buahnya sempat meresap ke irisan buah-buahan lain, sehingga rasanya nikmat saat disantap.

Cara Membuat Salad Buah Sederhana

Cara membuat salad buah yang enak dan praktis.
Getty Images

Sebenarnya tidak harus berpaku pada resep salad buah yang ada di bawah ini. Kamu juga boleh menambahkan buah favorit kamu yang lain dari daftar ini. Dibawah ini adalah cara membuat salad buah sederhana.

Bahan-Bahan Salad Buah untuk 4 Orang Dewasa

  • 1 apel merah atau hijau,
  • 2 jeruk keprok atau jeruk kecil, kupas,
  • 12 anggur hitam atau hijau,
  • 2 buah kiwi, kupas,
  • 1 nanas diiris besar-besar (nanas segar atau nanas kaleng),
  • 1 gelas jus jeruk segar tanpa pemanis, kamu juga bisa menggunakan jus anggur, jus nanas, atau jus apel.

Cara Mencampur Bahan Salad Buah

  1. Cuci apel dan potong menjadi empat bagian dengan membuang tengahnya yang berbiji. Lalu potong-potong.
  2. Belah jeruk keprok atau jeruk kecil menjadi beberapa bagian.
  3. Cuci anggur.
  4. Potong-potong buah kiwi menjadi irisan.
  5. Belah nanas potong-potong menjadi beberapa bagian.
  6. Tempatkan semua buah yang sudah diiris dan dipotong ke dalam mangkuk, lalu tambahkan jus jeruk dan aduk sampai rata.

Saran Penyajian

Disajikan polos atau diberi satu sendok es krim ke setiap bagian salad buah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *