Cara Membuat Kentang Goreng ala French Fries

Cara membuat kentang goreng ala french fries.

Dengan resep kontang goreng sederhana, kamu juga bisa membuat kentang goreng ala frech fries yang enaknya tidak kalah dengan restoran kelas atas di Amerika. Untuk menghasilkan kualitas masakan yang bagus, kentang biasanya digoreng dua kali. Yang pertama digoreng dengan suhu yang lebih rendah, kemudian dikeringkan dan dibiarkan dingin sebelum dicelupkan ke dalam minyak yang lebih panas untuk membuat kentang goreng renyah hingga berwarna keemasan.

Resep kentang goreng sangat bervariasi. Tapi sebelum memasaknya, perlu diketahui bahwa satu kentang yang digoreng ala french fries biasanya cukup untuk satu orang. Tetapi kamu juga bisa menikmatinya lebih puas dengan memasaknya lebih banyak.

Pertimbangkan juga agar menyesuaikan mood kamu dalam memasak kentang goreng yang banyak dan waktu yang dibutuhkan. Biasanya 4 hingga 6 kentang yang dipotong-potong dan digoreng cukup untuk santapan 4 hingga 8 orang. Kentang goreng buatan sendiri juga bisa dijadikan suguhan istimewa disantap dengan kue hamburger, steak atau kerang kukus. Tapi sebelum mengikuti cara membuat kentang goreng ala french fries, ketahui terlebih dahulu apa itu french fries. Jika kamu sudah kenal french fries, kamu bisa langsung ke resep kentang goreng nya.

Apa itu French Fries?

Arti French Fries adalah kentang goreng. Makanan ini biasa disajikan restoran di Perancis, yang mana di negara tersebut makanan ini disebut dengan nama asli pommes frites. French fries sangat terkenal bahkan menjadi salah satu makanan favorit di Amerika. Sedangkan asal-usul istilah french fries sendiri berasal dari Amerika Serikat yang sampai sekarang masih menjadi perdebatan.

Dalam terminologi memasak, frenching memiliki arti memotong makanan dengan ukuran potongan memanjang. Jika kamu sering memasak sayur kacang panjang, ukuran potongan frenching kira-kira seperti itu. Banyak jenis kentang goreng yang dibedakan berdasarkan potongan dan bumbu nya. Sedangkan kentang goreng ala french fries adalah kentang goreng renyah yang ukuran potongan kentangnya kurang-lebih seperti yang sudah dijelaskan tadi.

Loading...

Ada juga pendapat lain yang mengatakan bahwa french fries pertama kali dikenalkan oleh Thomas Jefferson di Amerika setelah dari Paris. Sementara itu tidak ada perselisihan yang menyangkal pernyataan bahwa french fries adalah temuan orang Amerika. Jadi, banyak orang yang percaya bahwa french fries dinamai persis dengan negara dimana Jefferson menemukan kentang goreng.

Kesimpulannya, pengertian french fries bisa juga diartikan hanya kentang goreng. Tapi mengingan banyaknya jenis masakan kentang goreng, pada resep kali ini disebutkan dengan kentang goreng ala french fries supaya mengetahui bentuk potongan kentang goreng nya.

Resep Kentang Goreng Ala French Fries

Bahan makanan yang digunakan untuk memasak kentang goreng sebenarnya cukup sederhana. Di bawah ini adalah resep kentang goreng untuk membuat french fries.

  • 1/2 kg (setengah kilogram) kentang cokelat muda,
  • Minyak sayur untuk digoreng,
  • Garam dapur untuk ditaburi ke kentang goreng, dan
  • Kecap dan mayones untuk campur dan disajikan.

Cara Memasak Kentang Goreng

  • Tingkat kesulitan: Rendah
  • Waktu yang diperlukan: Sekitar 40 menit
    • Mempersiapkan: 20 menit
    • Menggoreng: 20
  • Porsi: Untuk 4 orang.

Ikuti panduan di bawah untuk membuat kentang goreng ala french fries. Tapi sebelum mulai menggoreng, kamu juga bisa mengikuti tips memasak dari Wongunik agar lebih praktis dan makanan lebih sehat.

  1. Kupas kentangnya dan dicuci bersih. Potong masing-masing kentang menjadi 5 atau 5 bagian, lalu balas potongannya agar membentuk batang-batang seukurang potongan sayur kacang panjang. Cara tersebut disebut juga dengan frenching. Semakin tipis potongan kentangnya maka semakin akan semakin garing setelah digoreng.
  2. Masukkan kentang yang sudah dipotong tersebut ke dalam mangkuk besar dan direndam dengan air dingin. Tutupi mangkuk tersebut lalu biarkan selama 2 atau 3 jam. Kamu juga bisa memasukkannya ke dalam kulkas dan membiarkan terendam semalaman jika tidak sempat menggoreng hari ini.
  3. Jika kamu sudah siap untuk mulai membuat kentang goreng, tiriskan airnya dan letakkan potongan-potongan kentang di atas 2 loyang yang dilapisi kertas tisu. Lap potongan kentang dengan tisu tersebut.
  4. Panaskan minyak sayur secukupnya hingga 150 derajat C dalam kuali.
  5. Goreng kentang sekitar 4 hingga 5 menit per sesi sampai lunak. Disarankan membagi kentang menjadi 3 atau 4 sesi penggorengan. Pastikan kentang yang digoreng tidak sampai berwarna cokelat.
  6. Angkat kentang goreng yang baru dimasak dan tiriskan di atas tisu kering.
  7. Setelah semua potongan kentang digoreng pada suhu 150 derajat C, kemudian naikkan panas kompornya sampai suhu minyak mencapai 200 derajat C.
  8. Pada saat minyak goreng sudah panas, goreng kembali potongan kentang tersebut dalam 3 atau 4 sesi penggorengan sampai warnanya seperti emas dan terlihat garing.
  9. Angkat kentang goreng dari minyak sayur dan tiriskan di atas kertas tisu yang kering.
  10. Taburi kentang goreng dengan garam dapur dan clupkan kecap-mayo sebelum mencicipi agar rasanya lezat.

Itulah tadi panduan cara membuat kentang goreng dengan mudah. Walaupun resepnya sederhana, tapi sangat nikmat dijadikan camilan saat bersantai atau menonton TV di rumah bersama anggota keluarga. Selamat menikmati kentang goreng buatan kamu sendiri! Ikuti terus resep-resep makanan terbaru dari Wongunik kategori DIY → Masak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *