Wongunik.com

Buat hari-harimu lebih bermakna!

Apakah Kamera Tembus Pandang Benar-benar Ada? Ini Jawabannya!

Mengingat topik kamera tembus pandang, ada kontroversi beberapa tahun lalu mengenai beberapa model kamera Sony keluar tanpa filter IR karena kesalahan produksi. Filter IR merespon warna lebih baik, tapi karena kamera ini dapat melihat NIR (700 hingga 900nm) dengan cukup baik, pakaian jadi terlihat transparan terhadap radiasi NIR (Near Infrared), terutama yang ada dibalik pakaian wanita pada saat itu. Banyak operator kaget karena mereka bisa melihat bra dan bagian tubuh yang lain di balik pakaian wanita. Gambar yang muncul di kamera “cukup” tembus pandang.

Bahan-bahan tersebut susah ditemukan untuk saat ini, tetapi kamera-kamera tersebut masih ada dan masih dicari oleh para kolektor. Atau kamu bisa menggunakan kamera keamanan murah yang warna hitam dan putih. Karena jenis kameranya selalu peka terhadap infra merah. Tapi tidak bisa dijadikan kamera tembus pandang pakaian lagi. Karena saat ini teknologi bahan pakaian semakin berkembang berkaitan perihal mode yang takut dilihat tembus pandang.

Sementara, seperti gambar di bawah inilah tampilan gambar hasil airport scanner menggunakan kamera inframerah, berdasarkan pernyataan TSA (Transportation Security Administration).

Hasil Airport Scanner berdasarkan TSA.

Akan tetapi, Cristina Silva, seorang Associated Press MSN, melalui sott.net (1 Feb 2011), menduga bahwa gambar airport scan diatas diduga propaganda. Coba bandingkan gambar di bawah ini, mana yang asli dan mana yang direkayasa.

Loading...

Baca juga: 10 bentuk kamera tersembunyi paling unik.

Sumber: Unknown via Sott.net

Nah, sekarang mari kita simak hasil DIY yang dibuat oleh Kedar Nimbalkar, seorang pemuda asal India lulusan MET Bhujbal Knowledge City.

Membuat Kamera Infra Merah Tembus Pandang Murah

Dia mengatakan bahwa jenis kamera apa saja, baik kamera ponsel, kamera digital ataupun DSLR bisa dijadikan kamera termal inframerah dengan praktek hack yang sangat mudah (buatnya) dan murah, namun bermanfaat.

Dia menjelaskan bahwa setiap sensor kamera memiliki kemampuan untuk melihat inframerah, yaitu bagian termal (panas) cahaya. Akan tetapi filter penghambat inframerah dalam kamera digital melindungi sensor CCD (charge-coupled device) dari pembakaran karena cahaya inframerah berenergi tinggi, seperti sinar matahari. Nah, jika kita menyingkirkan filter pemblokiran inframerah tersebut, kamera juga akan dapat melihat bagian inframerah dari spektrum cahaya! Yang menariknya, setelah melakukan peretasan yang dilakukan oleh Kedar (yang akan dipandunya juga), dia bisa melihat objek panas lebih bersinar hanya dengan menggunakan kamera biasa. Karena objek panas, apapun itu, memancarkan lebih banyak energi inframerah. Dan ada banyak hal lain yang bisa kita (ya siapa saja) lakukan, seperti melihat pakaian tembus pandang dan benda gelap tapi bagian dalamnya tersirat dengan jelas seperti yang dibuktikannya di videonya.

Jika kamu mencari kamera Seek Thermal termurah, harganya sekitar $200 atau sekitar Rp. 2.800.000 jika dirupiahkan. Nah, coba bandingkan dengan DIY di bawah ini yang bisa didapatkan hanya dengan modal $10 (termasuk video HD) yang tidak bisa didapatkan dari kamera Seek Thermal yang jauh lebih mahal. Dengan mengikuti panduan membuat kamera tembus pandang dari Kedar Nimbalkar yang akan dijabarkan di bawah, kamu akan memiliki kemampuan untuk melihat tembus pandang dan juga mengetahui suhunya layaknya menggunakan kamera standar seperti Fujifilm X-T1, Sony X-ray, Seek, atau kamera pencitraan termal Flir One. Tapi biaya yang diperlukan tidak semahal membeli kamera-kamera tersebut, jauh lebih murah.

Cara Membuat Kamera Tembus Pandang – Tutorial

Langkah 1: Pahami Teorinya

Setiap kamera digital memiliki sensor CCD yang mampu melihat bagian inframerah dari spektrum cahaya. Tetapi karena paparan cahaya inframerah yang lama dapat menyebabkan kerusakan permanen pada sensor, filter pemblokiran inframerah digunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Jika kita melepas filter inframerah dari lensa, sangat mungkin kita bisa melihat keindahan inframerah!

1. Pada gambar pertama ini, kamu bisa melihat gambar normal vs gambar inframerahnya.

Gambar normal versus gambar versi inframerah.
Gambar Normal vs. Gambar Inframerah.

2. Pada gambar kedua, ada berbagai filter lensa nm yang digunakan untuk mengarsipkan berbagai efek.

Berbagai variasi nm yang terdapat pada filter lensa kamera.

Jadi, secara teori kamu bisa menggunakan kamera apa saja untuk peretasan ini, mau itu kamera DSLR, kamera ponsel atau Dashcam seharga $10 seperti yang digunakan Kedar Nimbalkar pada tutorial cara membuat kamera tembus pandang.

Catatan: semakin murah harga kameranya, semakin mudah mengerjakannya.

Langkah 2: Modif Kamera Kamu

1. Buka kamera kamu.

Buka casing kamera kamu.

2. Lepaskan sensor CCD dengan melepaskan kabel flex.

Buka sensor CCD.

3. Lepaskan mekanisme lensa dari sensor.

Lepaskan mekanisme lensa dari sensor.

Sekarang tahap ini kamu telah berhasil memisahkan lensa dari sensor CCD.

4. Di bagian lensa, lepaskan lensa collimating.

Lepaskan lensa collimating pada kamera.

5. Anda akan melihat filter pemblokiran inframerah yang tampak kemerahan.

Tampilan filter inframerah pada kamera.

6. Lepaskan filter inframerah menggunakan obeng.

Lepaskan filter inframerah kamera menggunakan obeng.

7. Masukkan kembali lensa collimating ke posisinya semula.

Masukkan kembali lensa collimating ke posisi semula.

8. Pasang kembali kamera dengan benar.

Memasang kembali kamera dengan benar setelah diotak-atik.

 

Langkah 3: Hasil Gambar Dari Kamera Thermal Infrared

Si bawah ini adalah contoh-contoh gambar yang diambil menggunakan kamera tembus pandang hasil rekayasa yang kamu buat tadi. Kamu pasti akan mendapatkan hasil gambar yang sama juga jika kamu tes.

Besi solder yang dipanaskan

Besi solder yang dipanaskan.

Pupil mata yang terlihat fokusnya memandang objek di kejauhan.

Mata terfokus pada jarak yang sangat dekat.

Melihat sirkuit di Harmony Hub

Melihat dengan kamera tembus pandang.

Lihat nomor di benda-benda kecil jadi lebih mudah dan jelas.

Ketahui juga berbagai jenis lensa kamera.

Langkah 5: Mengetahui Manfaat dan Fitur Kamera Tembus Pandang Buatan Sendiri

  1. Jauh lebih murah daripada kamera termal yang paling murah, yaitu kamera Seek Thermal yang harganya di kisaran $200. Sementara Kedar membuat kamera teresbut hanya dengan modal $10.
  2. Lamu bisa merekam video 1080p, yang tidak mungkin dilakukan dengan kamera termal yang dijual dipasaran hingga saat ini!
  3. Kamu dapat mengambil gambar berresolusi tinggi.
  4. Jika kamu ingin kamera termal RGB serupa, kamu bisa menggunakan aplikasi kamera termal di Android.

Jika kamu mengerti bahasa inggris, mari simak video di bawah ini supaya lebih jelas bagaimana cara membuat kamera tembus pandang dan seperti apa hasil tangkapan gambar menggunakan kamera tembus pandang buatan sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *