Cara Membuat Donat Kentang Empuk dan Mengembang Sempurna

Cara membuat donat kentang empuk dan mengembang sempurna.

Donat kentang adalah kue yang disukai anak-anak, disebut juga dengan spudnut. Rasanya yang manis dibuat dengan bahan kentang tumbuk atau agar lebih praktis menggunakan tepung kentang, bukan tepung. Donat kentang mulai dikenal sejak pertengahan tahun 1900-an, dan resep donat kentang pertama diterbitkan pada tahun 1938. Sampai saat ini, donat kentang masih menjadi salah satu makanan favorit yang enak dan bergizi, terutama di Amerika Serikat. Di Indonesia, donat kentang juga tidak kalah favorit. Banyak ibu-ibu rumah tangga pengusaha jajanan atau penjual kue mencari resep dan cara membuat donat kentang yang enak dan unik.

Selain rasanya yang enak, donat kentang juga bergizi karena kentang yang merupakan bahan utamanya kaya akan kandungan gizi. Kentang mengandung karbohidrat, serat, protein, enzim, antioksidan, kalium, folat, vitamin B6, dan itamin C. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menyajikan donat kentang sebagai hidangan sarapan pagi atau cemilan sehari-hari untuk menambah tenaga. Apalagi jika donat kentang buatanmu empuk, tentu akan menambah selera untuk melahapnya habis dengan mudah.

Nah, artikel ini akan membagikan cara membuat donat kentang empuk dengan mudah. Sehingga kamu dapat membuat donat kentang sendiri di rumah tanpa repot-repot harus mencarinya ke toko-toko kue dan belum tentu ada dijual disana.

Jika kentang adalah makanan favorit kamu, ketahui juga cara membuat kentang goreng untuk menambah koleksi resep masakan kamu sehari-hari. Atau jika kamu hobi membuat kue untuk cemilan sehari-hari atau untuk dijual, baca juga:

Di bawah ini adalah bahan-bahan dan proses yang diperlukan untuk membuat donat kentang empuk dan mengembang.

Loading...

Daftar Bahan untuk Membuat Donat Kentang Mengembang

  • 1 bungkus (¼ ons) ragi kering aktif,
  • 1 cangkir buttermilk (mentega susu) hangat (43°C hingga 45°C),
  • 1 ½ cangkir kentang tumbuk hangat (tanpa tambahan susu atau mentega),
  • 3 telur,
  • ⅓ cangkir mentega yang sudah dilelehkan,
  • 3 gelas gula, dibagi,
  • 4 sendok teh baking powder (bubuk pengembang),
  • 1½ sendok teh baking soda,
  • 1 sendok teh garam,
  • 1 sendok biji pala,
  • 6 cangkir tepung serbaguna,
  • Minyak goreng untuk menggoreng donat kentang,
  • ½ sendok teh bubuk kayu manis,
  • Mangkuk besar, dan
  • Alat pemotong donat atau doughnut cutter (opsional/tidak harus). Jika diperlukan, beli alat pemotong donat bila kamu ingin membuat donat kentang dalam jumlah yang banyak.

Arahan Mengolah Bahan dan Cara Memasak Donat Kentang

  1. Sediakan mangkuk besar dan larutkan ragi ke mentega susu hangat pada mangkuk tersebut. Kemudian tambahkan kentang, telur dan mentega. Tambahkan 2 gelas gula, baking powder, baking soda, garam, pala, dan 3 cangkir tepung. Kocok sampai halus merata. Aduk campuran bahan-bahan tersebut sampai membentuk adonan lunak. Jangan diremas. Tutup dan dinginkan selama 2 jam.
  2. Bagi adonan tersebut menjadi empat bagian. Gulung setiap bagian menjadi setebal ½ inci lalu bentuk sampai berbentuk lingkarang dengan lubang atau plong di tengah.
  3. Panaskan minyak goreng pada penggorengan menggunakan kompor gas atau kompor listrik sampai suhunya mencapai 200°C. Lalu goreng donat mentah tersebut, hingga warnanya berubah menjadi cokelat keemasan di bagian bawah dan atas. Tiriskan di atas tisu kertas. Gabungkan sisa gula dan bubuk kayu manis, lalu celupkan donat ke dalam campuran bubuk campuran gula kayu manis tersebut selagi masih hangat.
  4. Donat kentang empuk buatanmu siap disajikan.
Donat kentang siap dihidangkan untuk sarapan pagi atau camilan.
Getty Images

Catatan

Susu mentega yang dihangatkan wujudnya tampak mengental.

Kandungan Nutrisi

Setiap donat kentang yang dibuat dengan bahan diatas mengandung 335 kalori, 12g lemak (3g lemak jenuh), 34mg kolesterol, 285mg natrium, 51g karbohidrat (26g gula, 1g serat) dam 5g protein.

Itulah tadi cara membuat donat kentang empuk sederhana yang bisa kamu praktekkan sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *