Cara Membersihkan Tas Kulit Agar Terlihat Mengkilap dan Bersih

Cara membersihkan tas kulit agar tampilannya tidak jadi pucat.

Membeli tas kulit asli adalah investasi fashion, karena selain bagus dan tahan lama, tampilan kamu juga jadi elegan. Akan tetapi, perlu tau cara membersihkan tas kulit agar lebih tahan lama dan tampilannya juga tidak memudar. Baik itu tas hobo, tas genggam atau tas tote berbahan kulit asli, atau berbagai jenis tas untuk pria dan wanita, jika dirawat dengan benar, tampilannya akan terlihat tetap keren dan tahan selama bertahun-tahun. Ketahui juga berbagai jenis tas wanita.

Hal yang paling penting diketahui dalam cara membersihkan tas kulit: tidak mengggunakan pembersih yang mengandung bahan amonia atau pemutih. Bahan-bahan tersebut dapat merusak permukaan tas kulit kamu. Tidak dianjurkan juga membersihkan tas kulit dengan merendam dan mencucinya dalam air, karena endapan air dapat menodai bahan kulit sehingga lecet dan menginggalkan bercak.

Cara Aman Membersihkan Tas Berbahan Kulit

Kembali ke topik pembahasan kita mengenai cara membersihkan tas kulit. Kosongkan semua isi kantong tas dan goyangkan tas tersebut dengan posisi terbalik untuk menghilangkan debu dan kotoran dari dalam kantong tas. Jika tas kulit kamu ada lapisan dalam, balikkan lapisan tersebut dan bersihkan menggunakan kuas besar. Jika lapisan dalam tas kulit kamu tidak bisa ditarik, kamu bisa menggunakan vacuum untuk menyedot debu dan kotorannya.

Untuk membersihkan bahan leather atau kulit asli, campurkan larutan air hangat dan sabun cuci piring cair. Celupkan kain lembut ke dalam larutan tersebut, peras dan bersihkan permukaan luar tas kulit kamu. Gunakan satu lagi kain bersih yang dibasahi untuk mengelap bekas sabun yang masih ada di permukaan leather. Setelah selesai, lap permukaan leather menggunakan handuk kering.

Noda selalu ada pada tas leather jika sering dipakai, bahkan saat kamu juga berhati-hati menggunakannya agar terhindar dari debu dan kontoran. Untuk membersihkannya, gunakan salah satu dari alat di bawah ini dan langsung mulai bersihkantas kulit kesayangan kamu.

Loading...

Penghapus Cat Kuku atau Alkohol Gosok

Cara yang satu ini adalah cara terbaik untuk menghilangkan noda dan tinta yang menempel di permukaan leather. Celupkan kapas ke dalam penghapus cat kuku atau alkohol gosok dan bersihkan noda dengan perlahan. Jangan menggosoknya, karena dapat membuat noda tinta menyebar. Usap dengan lembut sampai noda hilang. Setelah beres, lap dengan kain bersih yang lembab dan keringkan menggunakan handuk kering.

Baking Soda atau Tepung Jagung

Untuk membersihkan tas kulit dari noda minyak, taburkan baking soda atau tepung jagung ke area permukaan leather yang terkena noda minyak. Gosok dengan lembut menggunakan kain lembab. Setelah itu, diamkan selama beberapa jam atau semalaman. Soda atau tepung akan menyerap minyak yang menempel pada permukaan leather tas. Sesudah beres, bersihkan bekas soda dan tepung jagung menggunakan kain lembut yang kering.

Jus Lemon dan Krim Tartar

Campur jus lemon dan krim tartar dengan rasio perbandingan 1:1 sehingga menjadi berbentuk pasta. Oleskan campuran tersebut ke area permukaan leather yang bernoda dan diamkan selama 30 menit. Gunakan kain lembab untuk menghilangkan pasta campuran tersebut. Jus lemon dan krim tartar memiliki efek pemutihan ringan, jadi hanya gunakan cara yang satu ini pada tas kulit berwarna terang.

Oleskan Leather Conditioner

Setelah kamu selesai membersihkan tas kulit kesayangan kamu, oleskan leather conditioner agar bahan leather nya tidak mengering dan pecah. Hal tersebut sekaligus membuat tas kulit kamu lebih lama tahan terhadap noda. Kamu dapat membeli leather conditioner di toko-toko aksesoris, toko online, atau membuatnya sendiri.

Untuk membuat leather conditioner, campurkan 1 bagian cuka ke 2 bagian minyak biji rami (linseed oil atau flaxseed oil). Oleskan ke permukaan leather, diamkan selama sekitar 15 menit dan gosok dengan kain lembut sampai permukaan leather tampak bersinar. Dengan mengetahui cara membersihkan tas kulit yang baik dan benar dapat membuat tas kulit kamu terlihat lebih cantik, bersih dan tahan lama terhadap noda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *