5 Cara Membersihkan Sepatu Suede dengan Mudah

Cara membersihkan sepatu suede yang kotor.

Tidak ada hal yang lebih buruk daripada berinvestasi dalam bentuk sepatu suede yang cantik, tapi kotor dan ternoda, padahal baru dipakai hanya beberapa kali setelah beli. Jadi, bagaimana cara membersihkan sepatu suede yang kotor?

Baca terus artikel ini untuk mengetahui cara mencegah dan menghilangkan noda pada sepatu suede kesayangan kamu.

Cara Membersihkan Noda pada Sepatu Bahan Suede

Segera setelah kamu baru beli sepatu suede baru, kamu harus merawatnya dengan semprotan anti air, karena cara ini akan menghentikan warna yang keluar dan mencegah agar noda tidak masuk dengan mudah.

Ada banyak produk pelindung suede yang tersedia dijual di supermarket atau toko-toko tertentu. Tetapi pastikan kamu terlebih dahulu mengujinya pada area kecil yang tidak mencolok untuk memastikan tidak kentara terlihat di sepatu suede kamu.

Oleskan atau semprotkan bahan tersebut ke sepatu suede kamu pada ruangan yang berventilasi udara yang lancar dan ingat untuk mengoleskannya kembali setiap enam bulan sekali. Akan tetapi, selalu baca label pelindung suede untuk memeriksa cara penggunaannya yang tepat.

Loading...

Jaga Agar Tetap Kering

Tipd lain untuk mencegah noda pada sepatu suede adalah dengan tidak mengenakannya di laur ruangan saat hujan. Suede merupakan bahan kulit asli yang sifatnya lunak dan tidak cocok untuk dikenakan di saat kondisi cuaca basah.

Cara Membersihkan Sepatu Suede yang Kotor

Jika sepatu suede kesayangan kamu kotor, jangan kuati. Biarkan sepatu suede kamu mengering secara alami, jangan menggunakan radiator atau pengering, sebelum membersihkan kotoran tersebut.

Jika terkena noda berupa kotoran yang bisa kamu singkirkan, seperti lumpur, pastikanlah sepatu kamu sudah kering sepenuhnya dan kemudian bersihkan menggunakan brush yang lembut. Disarankan untuk menggunakan brush khusus suede dalam membersihkan noda lumpur yang menempel pada sepatu suede.

Oenting untuk membersihkan sepatu suede yang kotor dengan cara menyikatnya ke arah urat alami bahan kulitnya, agar menjaga tampilan aslinya yang terlihat halus.

Jika perlu, kamu juga bisa menggunakan larutan pembersih yang busanya tidak keras dan sikat berkualitas bagus untuk membersihkan kotoran sebelum mengeringkannya secara alami. Tapi sebelum mulai membersihkan secara menyeluruh, sangat disarankan untuk menguji terlebih dahulu pada area yang tidak mencolok.

Baca Label Pabrikan Sepatu Suede

Sebagai bahan kulit alami, semua barang yang dilapisi bahan suede sifatnya berbeda satu sama lain. Suede bisa jadi terbuat dari kulit kambing, kulit domba, kulit rusa atau kulit sapi. Jadi, pastikanlah kamu memeriksa cara merawatnya yang biasanya tercantum pada label pabrikan sepatu suede yang kamu miliki. Ada juga bahan suede sintetis yang sifatnya jauh berbeda dengan suede alami. Sekali lagi, pastikan kamu membaca label pabrikan sebelum membersihkannya, untuk mengetahui bagaimana cara merawat dan membersihkan sepatu suede yang kamu miliki.

Opsi Terakhir – Hubungi Profesional

Jika kamu tiak menemukan label pabrikan yang mencantumkan cara membersihkan sepatu suede yang kamu miliki, opsi terakhir adalah dengan membawanya ke dry cleaner atau laundry. Biasanya, penyedia jasa laundry yang profesional bisa mengenali jenis dan sifat bahan-bahan pakaian, termasuk sepatu. Jadi mereka tentu mempelajari cara khusus untuk membersihkan pakaian dan sepatu tertentu.

Jika sepatu suede kamu terkena noda yang susah hilang dan kamu tidak dapat membersihkannya sendiri, menghubungi profesional seperti jasa laundry terpercaya bisa menjadi solusi terbaik. Terutama jika sepatu suede kamu mengalami perubahan warna yang parah. Biaya jasa profesional khusus bahan suede mungkin mahal, tetapi hal tersebut sepadan dengan harga suede yang relatif mahal dan perawatannya yang bisa dibilang harus hati-hati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *