Cara Membersihkan Layar Hp Touchscreen dengan Aman

Cara membersihkan layar hp cukup praktis dan sederhana. Kamu tidak memerlukan kit pembersih khusus atau paket pembersih hp lainnya untuk membersihkan layar sentuh tablet atau ponsel dengan aman. Kamu bisa membersihkannya menggunakan bahan yang mungkin sudah kamu miliki di rumah. Tapi, sebelum mengetahui cara membersihkan layar hp, kamu harus tahu apa yang harus dihindari. Banyak jenis kain dan larutan pembersih yang dapat merusak layar sentuh hp kesayangan kamu.

Setelah kamu memahami apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan saat membersihkan layar hp, layar sentuh hp atau tablet kamu aman. Proses pembersihannya pun tidak lama, hanya butuh beberapa detik saja. Adapun pembersihannya berguna untuk menghilangkan penumpukan minyak, debu dan kotoran lain yang menempel di permukaan layar hp kamu saat menggunakannya dengan jari sepanjang hari.

Yang Perlu Dihindari Saat Membersihkan Layar Hp Touchscreen

Sebelum kita membahas cara cepat dan mudah membersihkan layar sentuh perangkat ponsel dengan aman, mari kita terlebih dahulu bahas beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat membersihkan layar sentuh ponsel.

  1. Jangan menggunakan bahan kimia yang keras, termasuk Windex, atau apapun yang mengandung amonia, atau pembersih berbahan alkohol. Jika diperlukan cairan, kamu hanya perlu menggunakan sedikit air bersih yang dioleskan menggunakan kain basah. Bisa juga dapat menggunakan pembersihan khusus, seperti iKlenz, yang direkomendasikan oleh Apple, tetapi jika sulit mendapatkannya, tidak harus juga.
  2. Jangan menggunakan kain abrasif (kain sintetik yang keras), handuk kertas atau kertas tisu. Karena bahan-bahan tersebut dapat menggores layar sentuh hp. Goresan yang ditimbulkan kecil, tapi menumpuk seiring waktu, merusak dan menumpulkan layar. Melainkan, gunakanlah kain mikrofiber, yang dirancang khusus untuk membersihkan permukaan benda yang sensitif.
  3. Jangan menggunakan air terlalu banyak. Jika air diperlukan untuk membersihkan layar hp, kamu harus sedikit melembabkan kain mikrofiber ketimbang menaruh air langsung ke atas layar hp. Jika menggunakan air dalam volume besar, bisa melumpuhkan ponsel kamu.
  4. Jangan menekan layar hp terlalu keras saat membersihkannya, karena dapat merusak perangkat hp.

Proses membersihkan layar hp agak berbeda jika kamu menggunakan pelindung layar seperti anti gores. Cara yang dibagikan di bawah ini adalah untuk membersihkan layar hp jenis kaca. Jika layar hp kamu ditutupi dengan pelindung layar berbahan plastik, aturan pembersihannya lebih longgar dan dapat menggunakan jenis solusi pembersihan layar yang lain.

Gunakan Kain Microfiber

Cara membersihkan layar hp menggunakan kain microfiber.

Loading...

Untuk membersihkan layar hp, yang kamu butuhkan hanyalah kain microfiber. Untuk layar yang lebih kotor, kamu mungkin membutuhkan sedikit air bersih dan tidak perlu menggunakan sabun.

Istilah “kain microfiber” mungkin terdengar agak mewah atau asing. kain microfiber sangat umum dan harganya juga murah. Jika kamu memiliki kacamata, biasanya dilengkapi juga dengan kain microfiber yang terdapat di dalam kotak kaca mata. Kain tersebut berguna untuk membersihkan kacamata. Kain microfiber dapat digunakan juga untuk membersihkan permukaan kaca sensitif dengan aman tanpa meninggalkan goresan. Baik itu kacamata ataupun layar sentuh berbahan kaca pada ponsel. Jika kamu tidak memiliki kain mikrofiber, kamu bisa menggunakan kapas atau kain katun atau ujung kaos berbahan katun. Tetapi membersihkan layar hp menggunakan kain katun tidak sebersih menggunakan kain microfiber.

Mengapa harus kain mikrofiber agar layar hp lebih bersih? Microfiber mengandung serat yang sangat kecil yang tidak akan menggores layar sentuh hp. Selain itu, juga menarik debu dan minyak, membersihkannya dari layar hp tanpa harus menggosoknya dengan tekanan kuat.

Cara Membersihkan Layar Hp

Jika kamu sudah memiliki kain yang sesuai untuk membersihkan layar ponsel kamu, prosesnya sangat sederhana:

  1. Matikan perangkat hp kamu. Langkah ini sebenarnya tiak harus, tetapi jika kamu perlu menggunakan air atau cairan pembersih, disarankan untuk mematikan hp kamu. Paling tidak, mematikan layar hp memungkinkan kamu untuk melihat kotoran lebih mudah.
  2. Usap permukaan layar secara horizontal atau vertikal satu arah berulang kali menggunakan kain microfiber. Misalnya, usap mulai dari sisi kiri layar ke arah sisi kanan layar. Selanjutnya, gerakkan kain microfiber tersebut sedikit lebih rendah dan ulangi proses tersebut untuk membersihkan seluruh layar. Beberapa rekomendasi orang lain menyarankan untuk menggosoknya dengan gerakan melingkar kecil. Cara tersebut dapat membantu menghilangkan lebih banyak kotoran yang membandel, jika terlalu banyak kotoran menempel di layar hp kamu. Tetapi jika tidak hati-hati menggosoknya, atau terlalu keras menggosoknya dengan tekanan, dapat menekankan kotoran tersebut ke layar hp sehingga layar tergores. Walaupun debu mungkin tidak terlihat sepintas, bisa jadi debu tersebut bersifat keras atau tajam yang dapat merusak struktur layar hp jika terlalu keras digosok. Untuk lebih aman, lebih baik menyapu kotoran dari layar hp dengan usapan yang lembut.
  3. Jika perlu, gunakan sedikit air bersih (jangan tambahkan sabun atau apa pun ke air) agar membuat permukaan kain agak lembab. Gunakan bagian kain yang lembab untuk membersihkan layar.
  4. Setelah benar-benar bersih, usap kembali seluruh layar dengan bagian kering kain mikrofiber agar kembali kering. Jika masih ada sisa air menempel, diamkan hp kamu agar layarnya kembali kering dengan udara. Jangan terlalu memaksa mengeringkannya menggunakan kain.

Dalam membersihkan layar hp biasanya cukup mematikan power perangkat dan mengusapnya dengan kain microfiber, maka debu dan minyak terangkat dalam beberapa detik.

Nah, untuk membersihkan kain mikrofiber itu sendiri agar mencegah penumpukan kotoran, rendam kain microfiber tersebut dengan air hangat dan bersabun, bilas dengan lembut dan biarkan mengering. Jangan gunakan bahan kimia keras apa pun untuk membersihkan kain microfiber. Karena dapat merusak kain.

Tips Membersihkan Layar Hp Lainnya

Anda dapat membeli alat pembersih yang harganya mahal seperti iKlenz dan Monster CleanTouch. Tetapi kain mikrofiber sederhana dan air juga sudah lebih dari cukup untuk membersihkan layar hp touchscreen.

Ingatlah untuk mencuci tangan secara teratur agar layar hp kamu terjaga kebersihannya. Lebih sedikit kadar minyak di tangan, berarti lebih sedikit noda dan kotoran menempel pada layar sentuh hp.

Bagaimana selama ini kamu membersihkan layar hp kamu? Apakah kamu lebih suka menggunakan cairan pembersih? Jangan sungkan-sungkan untuk meninggalkan komentar dan jika ada cara membersihkan layar hp lainnya, silahkan bagikan juga. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *