Cara Membersihkan Kaca Jendela Agar Kinclong Tanpa Noda

Menggunakan handuk atau kaos bekas untuk mengusap kaca jendela.

Membersihkan kaca jendela sampai kinclong bisa menjadi tantangan tersendiri. Untuk mencapai kaca jendela bebas dari debu atau kotoran yang menempel, butuh cara yang tepat. Sering orang menghabiskan waktu berjam-jam untuk menyemprot dan mengusap kaca jendela tapi setelah kering, hasilnya sama kotor dengan sebelumnya, bahkan lebih parah kotornya karena bekas usapan saat membersihkan terlihat jelas. Cara membersihkan kaca jendela sampai kinclong tidak harus menggunakan alat pembersih yang mahal. Cukup menggunakan alat dan kiat yang benar agar membuat tugas bersih-bersih lebih sederhana dan cepat selesai.

Cara Membersihkan Kaca Jendela

Nah, di bawah ini ada beberapa tips agar kaca jendela kamu terlihat kinclong berkilau setelah dibersihkan. Langsung saja ikuti caranya.

1. Bersihkan Kaca Jendela Saat Kondisi Cuaca Berawan

Bersihkan kaca jendela saat kondisi cuaca berawan.
Alexey Krylatyh / Getty Images

Mungkin kamu berpikir seharusnya sebaliknya, saat terik matahari, karena kamu bisa lebih jelas melihat kotoran pada kaca jendela kamu. Karena sinar matahari lebih terang saat kondisi terik matahari. Namun, sinar matahari yang terlalu terik akan mengeringkan cairan pembersih kaca terlalu cepat. Sehingga meninggalkan garis-garis bekas usapan. Jika kamu sabar menunggu sampai kondisi berawan untuk mencuci kaca jendela rumah kamu, usaha pembersihan kamu tidak akan sia-sia dan kaca jendela kamu akan kinclong saat sudah kering dari cairan pembersih.

2. Gunakan Kaos Bekas yang Tidak Digunakan Lagi

Menggunakan handuk atau kaos bekas untuk mengusap kaca jendela.
Gravity Images / Getty Images

Kaos yang sudah tidak digunakan lagi bisa dimanfaatkan sebagai kain lap. Terutama untuk membilas kaca jendela yang kondisinya sangat kotor. Bahan kaos cocok digunakan karena berserat dan bisa menyerap cairan untuk membersihkan kaca jendela. Sehingga kamu tidak perlu menyirami kaca jendela dengan cairan pembersih yang percikannya beresiko menodai car rumah kamu. Gunakan kaos bekas untuk melakukan bilasan pertama pada kaca jendela yang terlalu kotor. Selain itu, menggunakan kaos bekas juga lebih ekonomis ketimbang menggunakan handuk kertas. Sehingga kamu bisa berhemat dan uang yang tadinya untuk beli handuk kertas bisa digunakan untuk membeli keperluan lainnya. Dan yang terpenting, bagus untuk lingkungan karena kaos bekas tidak langsung dibuang jadi sampah seperti handuk kertas.

3. Hindari Agar Cairan Pembersih Kaca Tidak Menetes ke Kayu

Hindari agar cairan pembersih tidak mengenai kayu kosen jendela.
Mosiunterwegs / Pixabay

Banyak bahan pembersih kaca jendela dapat menyebabkan kerusakan pada area bingkai kayu atau kosen jendela. Oleh karena itu, sebisa mungkin, cegah tetesan cairan pembersih kaca agar tidak mengenai kayu kosen agar tidak merusak. Peras kain kecil yang dibasahi di wadah berisi cairan pembersih sampai keadaannya lembab tidak terlalu basah, lalu usap kaca yang ingin dibersihkan. Jika ada cairan yang menetes di atas kayu atau kosen jendela, langsung gunakan kain kering untuk mengelapnya. Jika kamu menggunakan semprotan pembersih kaca, jangan semprotkan terlalu banyak sekaligus agar cairannya tidak merembes dan menetes ke kosen kayu. Melainkan, semprotkan ke kaca jendela sedikit-sedikit lalu usap kaca menggunakan squeegee dari atas ke bawah.

Loading...

4. Usap Kaca Jendela Dari Atas ke Bawah

Usap kaca jendela dari atas ke bawah.
Comstock Images / Getty Images

Jika kamu ingin kaca jendela atau cermin kamu bebas dari noda kotoran, bersihkan dari atas ke bawah. Karena larutan pembersih menetes ke bawah. Intinya, manfaatkan gravitasi agar tetesan cairan pembersih menetes ke bawah, ke area yang belum kena usap. Mulailah mengusap jendela kamu dari bagian kaca paling atas dan turunkan alat pengusap ke bawah untuk memastikan tidak ada tetesan cairan pembersih tertinggal di permukaan kaca yang sudah dibersihkan dengan sempurna.

5. Gunakan Squeegee

Gunakan squeegee agar membersihkan kaca jadi lebih mudah.
Skeeze / Pixabay

Squeegee adalah semacam alat penyapu yang terbuat dari karet. Hasil membersihkan kaca jendela menggunakan alat sederhana ini sungguh menakjubkan. Terkadang usapan pertama yang menggunakan kain tidak menghilangkan semua larutan pembersih dan harus kembali dibersihkan lagi. Bahkan bisa sampai berulang-ulang tidak kinclong juga. Namun hasilnya tentu sangat berbeda jika menggunakan squeegee saat membersihkan kaca jendela. Selain lebih mudah saat mengusap setiap bagian kaca, kamu juga lebih gampang menjangkau area kaca yang tinggi (jika kaca jendela kamu tinggi).

6. Gunakan Koran

Membersihkan kaca menggunakan koran.
Tim Winter / Getty Images

Beberapa tips di luar sana mungkin yakin dengan menggunakan koran untuk memoles permukaan kaca. Memang bisa berfungsi dengan baik, tetapi banyak orang tidak nyaman menggenggam kertas koran di tangan, apalagi dibasahi. Koran juga setelah basah akan jadi sampah setelah digunakan membilas kaca. Belum lagi harus mencari koran kesana-kemari jika beruntung ketemu penjual koran. Tetapi jika kebetulan tidak ada handuk atau kaos bekas, koran juga patut dicoba. Dan jika kamu tidak nyaman menggenggam kertas koran, kamu bisa mengenakan sarung tangan.

7. Bersihkan Sudut Jendela Menggunakan Cotton Bud

Membersihkan sudut jendela kaca menggunakan cotton bud.

Tidak peduli seberapa keras usaha kamu membersihkan kaca jendela, sisa-sisa kotoran pasti akan tampak menumpuk di sudut kaca. Karena kain lap atau squeegee susah menjangkau sudut jendela, kecuali jika kamu menggunakan alat yang tepat, yaitu cotton bud. Ya, alat pembersih telinga. Cotton bud juga sangat cocok digunakan untuk membersihkan area sudut yang sulit dijangkau di rumah kamu. Karena ukurannya kecil, jadi bisa menjangkau sudut jendela rumah.

8. Cobalah Cairan Pembersih Kaca Jendela Buatan Sendiri

Cobalah buat cairan pembersih kaca buatan kamu sendiri agar lebih hemat.
Natali_Mis / Getty Images

Terkadang cairan pembersih kaca buatan sendiri bisa lebih bagus dibandingkan yang dibeli jadi. Selain lebih ekonomis, tidak mengandung bahan kimia yang tidak kamu kenal. Untuk membuat pembersih kaca buatan sendiri, campur 1 gelas alkohol, 1 gelas air dan 1 sendok makan cuka. Menggunakan alkohol isopropil dan cuka putih untuk membuat pembersih kaca semprot lebih hemat biaya dan hasilnya juga tidak kalah dengan pembersih kaca komersial yang bermerek. Selain untuk kaca jendela, bagus juga digunakan untuk mengkilatkan ubin, krom dan permukaan lainnya.

Itulah tadi cara mudah membersihkan kaca jendela sampai kinclong. Jika kamu punya cara jitu lain untuk membuat kaca benar-benar kinclong cemerlang, jangan-sungkan-sungkan untuk membagikannya di kolom komentar di bawah. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *