ad banner

Wongunik.com

Buat hari-harimu lebih bermakna!

Tiba-Tiba Drive C Penuh di Windows 10? Ini Cara Membersihkannya!

Banyak hal yang bisa membuat drive C penuh secara tiba-tiba padahal tidak ada menyimpan atau membuat file berukuran besar di Windows 10. Bukan tanpa alasan drive C tiba-tiba penuh di Windows 10. Tapi sebelum membahas penyebabnya, perlu diketahui bahwa saat hard drive penuh, apalagi drive C, komputer bisa jadi beroperasi lambat dan tentunya kamu jadi tidak dapat menyimpan file atau data baru.

Penyebab Drive C Tiba-tiba Penuh

Ada beberapa hal yang memungkinkan Drive C penuh tanpa kamu sadari. Antara lain;

  1. Serangan virus atau malware.
  2. Kerusakan sistem file pada hard drive.
  3. Terlalu banyak file cache (file sementara).
  4. File sudah di delete tapi Recycle Bin tidak dibersihkan.

Dan masih banyak kemungkinan lain penyebab drive C penuh. Lantas, bagaimana cara membersihkan local disk C Windows 10 yang penuh? Sementara di drive C banyak file sistem yang tidak boleh dihapus sembarangan jika tidak ingin sistem komputer-nya rusak. Nah, artikel ini akan mengulas beberapa solusi yang mungkin bisa kamu lakukan.

Cara membersihkan Local Disk C Windows 10

1. Scan Komputer Menggunakan Antivirus

Jika ruang penyimpanan yang digunakan pada Drive C ukurannya tidak sesuai dengan ukuran file dan folder yang tersimpan di situ, perlu mencurigai ada sesuatu yang mengambil tempat di drive C. Salah satunya yang perlu dicurigai adalah virus atau beberapa software berbahaya yang secara tidak sadar kamu instal dari tautan email atau dari tempat lain.

Jalankan software anti-virus di komputer Windows 10 kamu dan scan drive kamu secara menyeluruh untuk melacak jika ada program yang mencurigakan. Jika ditemukan, hapus instalasinya dan hapus semua file residu yang tertinggal. Jika kamu belum memiliki software antivirus, disarankan menggunakan Kaspersky atau Malwarebytes.

Loading...

2. Kosongkan Recycle Bin

Walaupun kamu sudah menghapus semua file yang tidak kamu perlukan lagi, sebagian besar mungkin masih berada di recycle bin. Ibaratnya kamu menaruh sampah ke keranjang sampah tapi membiarkannya tetap di situ tanpa membuangnya keluar dari keranjan sampah tersebut. Recycle bin yang tidak pernah dibersihkan bisa menghabiskan sisa ruang drive C sampai tidak ada tersisa.

Untuk membersihkan Recycle Bin, caranya:

  • Cari ikon recycle bin di desktop, dan double klik untuk membukanya.
  • Jika kamu melihat ada file yang pernah kamu delete di situ, tekan tombol Ctrl dan A pada keyboard secara bersamaan untuk memilih atau memblok semua file tersebut.
  • Lalu klik kanan dan pilih opsi Delete. Atau tekan tombol Delete pada keyboard.

3. Hapus File Sementara di Windows 10

File-file sementara yang ada di Windows 10 biasanya berupa file-file sisa. Misalnya file instalasi Windows, log upgrade, cache browser, dan cache lainnya. Untuk menghapus file sementara dari Drive C:

  • Jalankan “Run” dengan cara mencarinya menggunakan pencarian yang berada di sebelah tombol logo Windows pada taskbar sebelah kiri.
  • Ketikkan %temp% pada kotak Run.
  • Setelah folder “temp” terbuka, tekan Ctrl dan A pada keyboard secara bersamaan dan tekan Delete.
  • Jika ada yang masih tertinggal atau tidak bisa di hapus, lewati saja, mungkin sistem masih menggunakannya. Bisa dicoba lagi setelah restart Windows.

4. Hapus File Cache yang Dibuat oleh Software Tertentu

Ada software-software tertentu yang membuat file cache di Drive C dengan ukuran yang sangat besar. Misalnya saja Adobe Premiere Pro. Saya sering menggunakan Adobe Premiere Pro untuk mengedit video. Ketika selesai menggunakannya, Drive C menjadi penuh. Dan saat diperiksa, file cache-nya bisa lebih dari 50GB. Kadang tidak menyisakan ruang sama sekali. Nah, kamu perlu menghapus semua file chache yang dibuat software tersebut jika sudah selesai menggunakannya.

5. Perluas Ukuran Ruang Penyimpanan Drive C

Jika semua upaya di atas sudah dilakukan tapi sepertinya sisa ruang kosong di Drive C tinggal sedikit, coba cari tahu apakah drive C dan D pada Windows 10 kamu merupakan partisi yang berada pada satu hard drive secara fisik. Jika demikian, tentunya kabar baik buat kamu, karena kamu masih bisa memperluas ukuran penyimpanan drive C di Windows 10 tanpa harus uninstal software. Tapi jika Drive C dan D pada komputer kamu berbeda hard drive secara fisik, mau tidak mau kamu harus unistal beberapa software yang kamu rasa tidak kamu perlukan lagi. Agar Drive C memiliki ruang kosong.

Nah, itulah tadi beberapa kiat yang paling membantu untuk membersihkan Drive C yang penuh. Mungkin masih banyak cara-cara yang lain, tapi cara-cara yang disebut diatas adalah cara-cara yang paling aman tanpa resiko kerusakan sistem di Windows 10. Perlu mempertimbangkan matang-matang cara-cara yang lainnya selain yang disebutkan di atas. Karena Drive C berkaitan dengan file-file sistem Windows 10 yang bila salah sedikit dalam menghapus file-nya, tentu berakibat fatal terhadap sistem Windows 10.

Demikianlah cara membersihkan Drive C penuh di Windows 10, semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *