Cara Memasang Bluetooth di Laptop yang Tidak Ada Bluetoothnya

Meskipun sebagian besar produk laptop terbaru, bahkan juga PC desktop sekarang hadir dengan dukungan bluetooth, terkadang dari kmasih memerlukan upgrade bluetooth. Jika laptop tidak ada bluetooth-nya, jangan khawatir. Baca terus artikel ini untuk mengetahui cara memasang bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya. Panduan ini juga berlaku ke komputer mana pun.

Mengapa Perlu Memasang Bluetooth ke Laptop?

Mungkin kamu tidak terlalu membutuhkan bluetooth di komputer kamu. Terutama jika terbiasa transfer data menggunakan kabel USB, misalnya memindahkan foto dari hp ke komputer. Tapi, rata-rata periferal dan aksesori atau hardware komputer yang bagus saat ini lebih nyaman dan praktis menggunakan bluetooth untuk tersambung ke komputer.

Dengan memasang bluetooth di laptop kamu, kamu dapat menjalankan audio tambahan dari laptop ke speaker bluetooth atau hardware yang lain. Apalagi laptop yang dirancang agar mobile lebih nyaman tersambung ke hardware eksternal secara nirkabel. Sehingga, kamu tetap leluasa memindahkan laptop kamu ke mana saja di ruangan kamu. Bluetooth juga berguna saat menggunakan headphone nirkabel, headset gaming, pengontrol game, dan periferal lainnya.

Periksalah Apakah Laptop Kamu Sudah Dilengkapi dengan Bluetooth Bawaan

Sebelum melanjutkan, disarankan agar memeriksa laptop kamu apakah sudah ada bluetoothnya. Jika kamu menggunakan laptop yang ssudah lama kamu pakai, kamu mungkin benar menganggap bahwa laptop kamu tidak mendukung bluetooth bawaan. Namun, jika kamu memiliki laptop keluaran lebih baru, kemungkinan besar lebih praktis karena sudah dilengkapi dengan bluetooth buil-in. Walaupun demikian, panduan ini juga berguna untuk PC desktop yang biasanya tidak dilengkapi dengan bluetooth bawaan.

Sangat mudah untuk memeriksa apakah laptop Windows kamu sudah ada bluetooth. Kamu bisa memeriksa Bluetooth dengan membuka Control Panel → Network and Internet → Network Connections. Jika ada switch bluetooth terpasang dan dikonfigurasi dengan benar, kamu akan melihat entri untuk “Bluetooth Network Connection” di samping koneksi jaringan lain seperti Ethernet dan Wi-Fi.

Loading...

Atau, kamu dapat membuka Device Manager dengan meng-klik Start dan cari “device manager”. Kemudian cari entri “Bluetooth”. Device Manager akan menunjukkannya jika laptop kamu memiliki perangkat Bluetooth bawaan.

Disarankan juga untuk memeriksa stats laptop kamu untuk memastikan. Mungkin saja vendor hardware di belakang menggunakan driver khusus atau alat lain yang perlu kamu unduh agar bisa mengaktifkan koneksi bluetooth. Jika kamu sudah mengaktifkan bluetooth di laptop kamu tapi tidak berfungsi, sedikit searching di Google untuk mencari apakah laptop kamu memerlukan driver khusus, BIOS, atau pembaruan lainnya agar bisa menggunakan Bluetooth bawaan tersebut.

Namun, jika ternyata laptop kamu tidak ada bluetoothnya, ikuti panduan cara memasang bluetooth di laptop yan gtidak ada bluetoothnya di bawah ini.

Memasang Bluetooth di Laptop

Jika laptop tidak memiliki Bluetooth bawaan, maka kamu harus menambahkannya. Cara memasang bluetooth di laptop yang tidak ada bluetoothnya cukup mudah dan tidak perlu mengeluarkan banyak uang.

Langkah 1: Beli Alat yang Kamu Butuhkan

Setelah kamu memastikan bahwa laptop kamu membutuhkan Bluetooth, saatnya memeriksa apakah memiliki port USB. Jika tidak ada, kamu membutuhkan port USB dan pertimbangkan untuk mendapatkan hub USB yang berkualitas atau bisa juga menggunakan USB expansion card.

Jika port USB tidak jadi masalah lagi, satu-satunya alat yang kamu butuhkan adalah adaptor Bluetooth USB. Pada tutorial ini, contohnya adalah dongle USB Kinivo BTD-400 yang terbilang sudah bagus dan harganya murah.

Langkah 2: Instal Bluetooth Dongle

Jika kamu ingin menginstal bluetooth dongle di Windows 8 atau 10, prosesnya sangat sederhana: cukup tancapkan. Windows menyertakan driver Broadcom Bluetooth yang diperlukan oleh dongle dan akan menginstalnya secara otomatis saat mengenali perangkat baru yang ditancapkan.

Jika kamu menginstalnya pada versi Windows yang lebih lama, kamu harus menginstal driver bluetooth. Kamu memerlukan driver jika panel Device Manager terlihat seperti di bawah ini setelah kamu mencolokkan bluetooth dongle.

Cara memasang bluetooth dongle di laptop.

Jika diperlukan, kamu bisa mengunduh driver bluetooth dongle dari situs resmi produsennya atau langsung menginstalnya dari cd yang disediakan saat membeli bluetooth tersebut. Unduh versi yang cocok untuk sistem operasi yang kamu gunakan (apakah kamu menjalankan Windows 32-bit atau yang 64-bit), jalankan penginstalnya, dan kamu siap menggunakannya.

Langkah 3: Sambungkan Hardware yang Menggunakan Koneksi Bluetooth

Sekarang setelah bluetooth dongle kamu sudah terpasang, kamu siap untuk memasangkan perangkat yang bisa koneksi menggunakan bluetooth. Disini juga akan dicontohkan proses menghubungkan sebuah speaker bluetooth portabel ke laptop Windows.

Setelah memasukkan bluetooth dongle (dan driver yang diinstal sudah sesuai), ikon Bluetooth akan muncul di system tray seperti yang terlihat pada screenshot di bawah ini. Klik kanan ikon tersebut dan pilih “Add a Bluetooth Device” dari menu tersebut.

Ikon bluetooth pada sistem tray Windows.

Jika kamu menggunakan Windows 8 atau 10, kamu akan melihat layar seperti di bawah ini. Tekan tombol “Pair” untuk hardware eksternal yang ingin kamu sambungkan via bluetooth.

Menyambung hardware eksternal menggunakan bluetooth.

Jika kamu menggunakan Windows 7 atau versi yang lebih lama, kamu akan melihat layar seperti screenshot di bawah ini. Pilih perangkat yang ingin kakmu hubungkan dan kemudian klik “Next.”

Menyambung hardware ke laptop menggunakan bluetooth pada Windows 7.

Setelah menentukan pilihan kamu, Windows akan berkomunikasi dengan perangkat tersebut kira-kira setengah menit untuk secara otomatis menyelesaikan proses pemasangan. Setelah itu, perangkat kamu siap untuk digunakan!

Proses pairing perangkat bluetooth ke laptop.

Anda bisa mengelola perangkat bluetooth kamu dengan mengakses menu bluetooth melalui system tray atau melalui Control Panel → All Control Panel Items → Devices and Printers. Jika proses memasang bluetooth di laptop kamu berhasil, laptop kamu dapat mengenali atau membaca dan berinteraksi dengan bluetooth dongle yang kamu gunakan dan semua perangkat bluetooth bisa disambungkan ke laptop kamu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *