Strategi Melunasi Hutang Kartu Kredit dalam Waktu Kurang dari 3 Tahun

Tombol berbagi:

Utang tidak pernah pernah membuat rasa tenang dalam hidup. Namun, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melepaskan diri dari beban hutang. Komitmen dan perencanaan melunasi hutang anda jauh lebih bermanfaat daripada terus memikirkannya.

Postingan kali ini akan membuka beberapa tips bagaimana anda dapat membayarkan hutang kartu kredit dalam waktu kurang dari 3 tahun. Setelah membaca tips ini mungkin anda akan sadar, sebenarnya ada cara-cara yang lebih mudah dibandingkan dengan cara-cara yang pernah anda pikirkan.

1. Mengkonsolidasikan Beberapa Kartu Kredit Jika Memungkinkan

Cara yang satu tidak cocok jika anda hanya mempunyai satu kartu kredit. Tetapi jika anda memiliki banyak kartu kredit, kamu bisa mempertimbangkan cara ini. Berurusan dengan banyak tagihan akan menjadi lama dalam melunaskan hutang kartu kredit.

Dalam mengkonsolidasikan beberapa kartu kredit, hal tersebut bisa dilakukan tergantung saldo masing masing kartu. Konsolidasikanlah kartu kredit yang masih bisa, tetapi juga jangan terlalu dekat dengan batas maksimum. Disamping itu, mengkonsolidasikan kartu kredit ideal untuk kartu dengan bunga yang lebih rendah.

Perhatikan juga jika ada biaya, atau bahkan hadiah untuk mentransfer saldo ke kartu kredit yang lain. Jika dikenakan biaya, seharusnya jangan melakukannya jika terlalu mahal. Perhatikan juga kalau ada salah satu kartu kredit anda yang memiliki program penawaran hadiah untuk mentransfer saldo dari kartu kredit yang lain. Ini tentunya bisa menjadi uang tambahan biat kamu yang bisa membantu untuk melunasi utang kartu kredit.

Dengan hanya satu atau dua kartu kredit yang harus dilunasi dapat membuat pelunasan jauh lebih sederhana, cepat, dan lebih murah dibanding mengikuti saldo dari banyak kartu kredit. Mengecek pembayaran minimum dari banyak kartu kredit juga memakan waktu lama. Untuk itu, Luangkanlah waktu untuk mengkonsolidasikan beberapa kartu kredit.

Trik: Tentukan satu kartu kredit utama anda. Dan yang kedua bisa digunakan untuk belanja kebutuhan sehari-hari. Seperti makanan, gas, sembako atau kebutuhan sejenis lainnya yang lagi ada promo. Kemudian, setel kartu kredit yang kedua tersebut menjadi pembayaran auto-debet.

Mengapa perlu membuat pembayaran auto-debet? Pembayaran otomatis atau auto-debet tidak perlu buang waktu membayar melalui ATM atau online. Intinya kurang lebih sama dengan mengkonsolidasikan beberapa kartu ke kartu utama. Mengecek hutang pada kartu yang terlalu banyak tentu tidak produktif.

2. Cobalah Membayar Saldo Penuh Yang Anda Belanjakan Setiap Bulan

Buatlah komitmen untuk berusaha melunasi jumlah hutang kartu kredit yang belanjakan setiap bulan ketika tagihan masuk. Jangan biarkan hutang terus bertambah sementara anda terus bekerja hanya untuk membayar cicilan kartu kredit dan bunganya yang menumpuk. Jika dibiarkan menumpuk, tentu bisa menjadi pergumulan yang susah diakhiri. Usahakanlah sebisa mungkin membayar penuh pengeluaran sebulan yang dibelanjakan menggunakan kartu kredit pada saat tagihan masuk.

Jika cara ini belum bisa anda lakukan, maka pertimbangkanlah alasannya. Mungkin anda perlu memotong biaya atau perlu mempertimbangkan kartu lain. Atau, lihat untuk apa dana kartu kredit tersebut anda belanjakan.

3. Bayar Lebih Cicilan Minimum Kartu Kredit Anda

Disini maksudnya anda perlu melebihkan pembayaran minimum jika harus menyicil. Setiap nominal lebih yang anda bayarkan setiap bulannya akan terasa lumayan banyak yang telah anda lunasi jika diakumulasikan. Cara ini tidak hanya mengurangi sisa jumlah saldo kartu kredit anda, tetapi juga mengurangi jumlah beban bunga.

4. Potong Pengeluaran untuk Layanan yang Tidak Anda Gunakan

Jika anda biasanya berlangganan prabayar, contohnya paket internet, namun berlebihan karna tidak semuanya dipakai, layanan berikutnya, kurangilah quotanya. Evaluasilah seberapa banyak layanan atau paket berlangganan bulanan yang sudah-sudah. Dengan cara ini, pengeluaran anda akan lebih hemat dan tepat guna. Dengan demikian, cara ini akan mempermudah anda dalam melunasi hutang kartu kredit anda.

5. Evaluasi Kembali Kemajuan Finansial Anda pada Interval Tertentu

Melakukan evaluasi keuangan anda secara rutin dapat membantu anda adalm melihat upaya yang anda lakukan dalam melunasi cicilan kartu kredit. Dengan demikian, anda akan tahu apa yang berlu diembangkan, apa yang perlu dikurangi, dan bagaimana seharunya gaya hidup yang sesuai dengan penghasilan anda.

Oleh karena itu, tntukanlah interval untuk mengevaluasi keuangan pribadi anda. Bisa sekali dalam 3 atau 6 bulan. Dengan cara ini, anda bisa lebih memahami kemajuan dan enyesuaikan kembali rencana pengeluaran dan penyicilan anda.

Mulailah Rencana Pelunasan Hutang Anda Hari Ini

Cara terbaik untuk melunaskan hutang adalah dengan langsung memutuskan untuk memulai. Lakukanlah langkah-langkah di atas dan amati jumlah hutang dan pengeluaran anda. Cobalah strategi di atas dan lihat mana yang cocok untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *