3 Cara Main Mobile Legends di PC atau Laptop – Terbukti Lancar

Main ML di smartphone sering layarnya jadi ketutupan jari jempol. Karena kontrolnya juga terdapat di layar yang mana juga menampilkan keseluruhan proses permainan. Tentu akan sangat mengganggu jika area basis medan pertempuran yang ingin dipantau eh, ketutupan jari. Sehingga tak sedikit pemain yang mencari di mesin pencari dengan kata kunci download mobile legends untuk PC di mesin pencari. Mobile Legends adalah game mobile jenis MOBA 5 vs 5 yang sangat seru dimainkan. Game ini mirip dengan permainan MOBA lainnya, contohnya seperti Arena of Valor. Mungkin versi resmi untuk PC belum ada. Tapi jangan kawatir, masih ada cara main Mobile Legends di PC agar kontrol permainan lebih leluasa.

Saat kamu memainkan game Mobile Legends, kamu memiliki tujuan untuk menghancurkan dan mengalahkan markas tim lawan sekaligus sambil melindungi basis tim kamu sendiri. Karena permainan seru ini adalah permainan tim, setiap pemain perlu aktif berkomunikasi dengan rekan satu tim guna membuat rencana serangan dan bertahan yang bagus. Tetapi layar hape yang kecil sering bikin pemain kesulitan dalam mengamati markas dan dalam melakukan berbagai tugas (roleplay). Sehingga, banyak pemain yang penasaran apakah ada cara main ML di PC. Penulis sendiri membuktikan bahwa main Mobile Legends di laptop jauh lebih asyik dan lebih leluasa. Tentu sangat berbeda sekali pengalaman bermainnya jika dibanginkan dengan menggunakan ponsel. Nah, artikel ini akan mengulas bagaimana cara main mobile legends di PC.

Sebelum itu, disarankan untuk menentukan salah satu cara main ML di PC yang paling cocok dan sesuai dengan spek kompi atau laptop kamu. Atau jika cara yang satu tidak berhasil, jangan kuatir, kamu bisa coba cara yang lain yang paling cocok buat kamu.

1. Main ML di PC atau Laptop Menggunakan ApowerMirror

Pilihan pertama yang mungkin paling praktis untuk main Mobile Legends di PC adalah dengan menggunakan ApowerMirror. Software ini dikembangkan dengan tujuan untuk membantu pengguna Android atau iOS mencerminkan layar hape mereka ke PC atau laptop. Jadi, kamu bisa melakukan streaming konten di Android atau iOS seperti foto, video, musik, dan termasuk juga game ke PC. Selain itu, software ini juga memungkinkan pengguna hape untuk mengontrol Android atau iOS menggunakan mouse dan berbagai jenis keyboard komputer.

Software ini mengusung alat bawaan yang sangat berguna bagi para gamer. Misalnya, jika kamu menemukan strategi yang efektif saat bermain game, kamu dapat merekamnya atau mengambil tangkapan layar lalu menyimpan atau dibagikan ke akun media sosial. Jadi, alat ini cocok buat kamu yang biasanya menggunakan hape Android atau iOS untuk main Mobile Legends. Mari kita simak cara main Mobile Legends di PC menggunakan ApowerMirror.

Loading...

1. Kunjungi website resmi ApowerMirror dan klik tombol download untuk mendapatkan software ini ke PC atau laptop kamu.

2. Jalankan programnya dan hubungkan hape Android atau iOS kamu ke PC.

Cara 1: Via kabel USB

Buka Pengaturan (Settings) → Opsi Pengembang (Developer Options) → Debugging USB (USB Debugging). Kemudian, gunakan kabel USB untuk menghubungkan handphone kamu ke PC atau laptop. Aplikasi ApowerMirror akan dodownload ke handphone kamu secara otomatis. Setelah berhasil terhubung, tekan “START NOW” (mulai sekarang) untuk mencerminkan atau merefleksikan layar handphone kamu ke PC. Setelah semuanya rampung, kamupun bisa main Mobile Legends di PC dengan mengontrol Android kamu menggunakan mouse dan keyboard.

Pengaturan ApowerMirror untuk menghubungkan PC ke handphone via USB.

Cara 2: Via WiFi

Hubungkan handphone ke PC atau kamu menggunakan jaringan WiFi. Kemudian, jalankan aplikasi ApowerMirror dan klik tombol cermin biru untuk mencari perangkat. Setelah itu, pilih komputer di kolom WiFi yang namanya dimulai dengan “Apowersoft”.

Pengaturan ApowerMirror untuk menghubungkan PC ke handphone via WiFi.

Setelah selesai menyeting semua langkah tadi, buka aplikasi Mobile Legends di handphone kamu dan nikmati main ML di PC menggunakan mouse dan keyboard kamu.

Cara main ML di PC menggunakan ApowerMirror.

Catatan: Fungsi kontrol menggunakan mouse dan keyboard hanya berfungsi untuk perangkat Android. Pengguna iOS juga dapat mengalirkan gameplay Mobile Legends ke PC. Caranya, pada handphone iPhone, buka pusat kontrol dengan menggesernya dari bagian bawah perangkat. Kemudian, klik AirPlay/AirPlay Mirroring dan pilih opsi yang muncul yang dimulai dengan nama “Apowersoft”. Setelah itu kamu dapat menampilkan gameplay Mobile Legends pada layar PC atau laptop kamu dengan tampilan lebih besar.

2. Cara Main Mobile Legends di PC Menggunakan MEmu

Selain menggunakan software mirroring, kamu juga dapat menggunakan emulator Android. Salah satu emulator Android terbaik adalah MEmu. Dengan menggunakan emulator Android gratis ini, PC atau laptop Windows kamu bsia menginstal dan menjalankan aplikasi Android layaknya seperti smartphone pada umumnya. Dengan demikian, kamupun dapat menginstal dan memainkan berbagai game Android favorit kamu yang didownload dari Play Store, nah, termasuk juga Mobile Legends. Tapi perlu diperhatikan dulu bahwa software ini membutuhkan komputer dengan kinerja tinggi atau laptop spek yang mumpuni. Jika tidak, MEmu yang kamu jalankan akan mengalami kelambatan dari waktu ke waktu. Nah, ketahui persyaratan minimum PC atau laptop agar bisa menjalankan MEmu.

 Persyaratan Minimum Spek PC untuk Menggunakan MEmu:

  • CPU x86/x86_64 (baik bermerek Intel atau AMD)
  • Windwos XP SP3, Windows 7, 8, 8.1 atau 10.
  • DirectX 11 atau OpenGL 2.0
  • Hardware Virtualization Technology harus diaktifkan di BIOS
  • Minimum RAM 2GB
  • Minimum sisa ruang hard disk yang belum terpakai 2GB

Spek PC atau laptop yang direkomendasikan:

  • CPU Intel i5-8400
  • RAM: 16GB
  • Kartu VGA: Nvidia GeForce GTX 1050
  • OS: Windows 10

Nah, setelah kamu memastikan spek PC atau laptop kamu memenuhi persyaratan minimum seperti yang disebutkan di atas, kamupun dapat mengikuti cara menginstal Mobile Legends di PC menggunakan MEmu. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Cari software MEmu di browser PC kamu, download dan instal di PC atau laptop kamu.
  2. Setelah kamu selesai menyeting penginstalan, pilih bahasa dan klik Install.
  3. Tekan tombol Launch dan lanjutkan ke Google Play Store.
  4. Seperti layaknya membuka Play Store di handphone Android, cari aplikasi Mobile Legends dan instal seperti biasa.
  5. Masuk ke akun Mobile Legends kamu dan kemudian mulai main ML di PC.

Cara main Mobile Legends di PC menggunakan MEmu.

3. Main Mobile Legends di PC atau Laptop Menggunakan BlueStacks 4

BlueStacks 4 adalah emulator Android yang paling populer yang memungkinkan pengguna Windows dan Mac untuk memiliki perangkat Android virtual di PC atau laptop. Ya, layaknya seperti perangkat Android, semua apps bisa diinstal, seperti MEmu juga. Bluestacks 4 mampu menjalankan berbagai apps dan game yang biasanya berat dimainkan di handphone. Jadi, opsi ini adalah cara memainkan Mobile Legends di PC atau laptop dengan layar yang lebih luas. Selain itu, juga lebih lancar tanpa terganggu oleh stack karena spek handphone yang kurang mumpuni.

Keuntungan menggunakan Bluestacks 4 ialah dukungan pengaturan menggunakan akun Google Play. Dengan demikian, semua game atau aplikasi yang pernah kamu instal di handphone menggunakan akun lama juka akan ditampilkan di Bluestacks 4 yang kamu instal di PC atau laptop. Cara yang satu ini bukan hanya opsi terbaik sebagai cara main ML di PC, tapi juga sebagai alternatif yang bagus untuk menggunakan berbagai aplikasi Android di PC. Tapi sebelum menginstal Bluestacks 4, pastikan spek komputer kamu mampu menampungnya.

Memang emulator ini bisa dibilang kurang cocok untuk PC atau laptop ber-spek rendah. Tapi masih perlu juga untuk kamu ketahui cara download Mobile Legends di PC menggunakan BlueStacks 4, karena aplikasi ini sangat bagus dan populer di pasaran. Sehingga banyak juga panduan-panduan Bluestacks yang bisa kamu ikuti jika ada kendala tertentu.

Persyaratan Minimum Spek PC untuk Menginstal Bluestacks 4

  • Menggunakan Microsoft Windows 7 atau yang lebih tinggi.
  • CPU Intel atau AMD.
  • RAM PC setidaknya 2GB RAM
  • Sisa Ruang Disk HDD yang belum terpakai setidaknya 5GB
  • Harus punya akses Administrator di PC
  • Driver grafis Microsoft terbaru atau vendor chipset.

Spek PC atau laptop yang direkomendasikan:

  • Windows 10
  • CPU Intel atau AMD Multi-Core dengan skor Single Thread PassMark lebih besar dari 1000 dan ekstensi virtualisasi diaktifkan di BIOS.
  • Kartu grafis Intel, Nvidia, ATI, Onboard, atau Discrete dengan skor PassMark lebih besar dari 750.
  • RAM 8GB atau lebih tinggi.
  • SSD (Fusion atau Drive Hibrida)
  • Koneksi internet untuk mengakses game, akun Play Store, dan berbagai konten.
  • Driver grafis Microsoft terbaru atau dari vendor chipset.

Nah, setelah kamu pastikan PC atau laptop kamu memenuhi persyaratan minimum di atas, langsung saja instal Bluestacks 4 di PC kamu. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Klik file Bluestacks 4 yangkamu download untuk menginstalnya di komputer kamu.
  2. Setelah selesai menginstal, masuk menggunakan akun Google kamu untuk mengakses Google Play Store. Atau kamu bisa buat akun Google baru jika diperlukan.
  3. Di Play Store, cari aplikasi Mobile Legends dan tekan tombol Install seperti biasa.
  4. Atur game ini seperti yang biasa kamu lakukan pada handphone Android asli dan mulai main Mobile Legends di PC atau laptop kamu.

Cara download Mobile Legends untuk PC menggunakan Bluestacks 4.

Kesimpulan

Itulah tadi ketiga cara mudah untuk downlod Mobile Legends untuk PC dan bisa langsung main ML di komputer kamu. Sebenarnya bukan hanya Mobile Legends saja yang bisa kamu mainkan, kamu juga bisa menikmati game dan aplikasi Android lainnya asalkan spek PC kamu masih bisa menampung apps yang kamu inginkan. Tapi jika kamu tidak mau repot-repot mengatur konfigurasi emulator atau menyeting kontrol gaming di emulator, direkomendasikan mengguanakn ApowerMirror. Karena menggunakan software ApowerMirror tidak perlu lagi mengatur kontrol game. Tinggal main ML di PC seperti mengontrol menggunakan handhone seperti biasa. Atau mungkin kamu lebih nyaman menggunakan mouse dan keyboard. Selain itu, kamu juga bisa merekam tampilan layar saat memainkan game dengan hanya satu klik kapan pun kamu mau. Itulah tadi cara main Mobile Legends di PC, semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *